Lompat ke konten

Cara Membuat Lokasi di Google Maps untuk Bisnis

Google Maps

Sebagai pemilik bisnis, kemudahan pencarian lokasi bisnis menjadi cukup krusial bagi keberlangsungan perusahaan. Semakin mudah lokasi bisnis dan informasi tentang perusahaan ditemukan, semakin tinggi juga peluang pelanggan untuk meningkat. 

Itulah mengapa sekarang ini sangat penting untuk membuat lokasi di Google Maps untuk bisnis. Selain memberikan gambaran dan alamat lengkap terkait lokasi bisnis, Google Maps juga menyajikan informasi lengkap seputar bisnis, mulai dari nama perusahaan, nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga review pelanggan yang pernah berkunjung.

Nah, sekaranglah saatnya bagi Anda untuk membuat lokasi di Google Maps dengan cara yang mudah. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Pentingnya Membuat Lokasi untuk Bisnis

Sebelum membuat lokasi di Google Maps, ada beberapa manfaat mengenai betapa pentingnya pembuatan lokasi ini. Mari simak pembahasannya berikut ini: 

1. Permudah Konsumen untuk Datang ke Lokasi Bisnis dan Mendapatkan Informasi

Pada era modern sekarang ini, konsumen sangat bergantung pada informasi yang tersedia di internet. Ketika konsumen tertarik dengan bisnis Anda dan ingin mengunjungi langsung lokasi bisnis, tentunya mereka akan mencari tahu lokasi tepat bisnis Anda.

Tujuannya adalah agar mereka mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi, nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga foto lokasi bisnis Anda. Dengan membuat lokasi untuk bisnis ini, berarti Anda sudah mempermudah konsumen dalam mencari kebutuhan yang mereka perlukan terhadap product knowledge atau brand awareness bisnis Anda. 

2. Tingkatkan Engagement dan Pengunjung Bisnis

Membuat lokasi untuk bisnis di Google Maps berpeluang besar untuk meningkatkan engagement dan pengunjung bisnis baik secara online maupun offline. Informasi yang tertera di Google Maps bisa diarahkan untuk datang ke website perusahaan Anda. 

Setelah konsumen mengunjungi website bisnis dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka bisa melanjutkan proses transaksi pembelian. Lebih dari itu, mereka bisa mendatangi langsung lokasi bisnis Anda jika diperlukan. 

3. Dapatkan Review Pelanggan untuk Tingkatkan Kepercayaan Bisnis

Review pelanggan yang tertera di Google Maps sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan dan loyalitas bisnis. Semakin baik review pelanggan sebelumnya, semakin besar pula peluang pengunjung datang ke bisnis Anda. 

Review ini berupa ulasan deskripsi dan penilaian dengan jumlah bintang. Hal ini bisa dijadikan acuan oleh calon konsumen berikutnya apakah akan melanjutkan transaksi di perusahaan Anda atau tidak. 

Cara Membuat Lokasi di Google Maps

Untuk merasakan manfaat membuat lokasi untuk bisnis di atas, sekarang coba ikuti beberapa cara membuat lokasi di Google Maps di bawah ini: 

1. Cara Membuat Lokasi di Google Maps Via Android/IOS

Anda bisa membuat lokasi di maps menggunakan perangkat android atau IOS. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android atau iOS;
  2. Klik opsi “Beri kontribusi”;
  3. Kemudian, klik opsi “Tambahkan tempat”
  4. Ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di layar dan masukkan informasi yang diminta, seperti nama bisnis, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan menentukan titik lokasi bisnis. 

2. Cara Membuat Lokasi di Google Maps Via Komputer/Laptop

Anda juga bisa membuat lokasi toko di Google Maps menggunakan komputer/laptop melalui beberapa cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps di komputer atau laptop Anda;
  2. Telusuri alamat atau lokasi yang belum tercantum di Google Maps;
  3. Lalu, klik opsi “Tambahkan tempat yang belum tercantum” atau “Add a missing place”;
  4. Isi rincian tempat seperti nama tempat, kategori, alamat, titik di Google Maps, dan rincian lainnya yang diminta;
  5. Terakhir, klik opsi “Submit”.

Solusi Jika Lokasi Bisnis Tidak Muncul di Google Maps

Dalam proses pembuatan lokasi bisnis, kerapkali informasi yang dimasukkan tidak muncul di Google Maps. Berikut ada beberapa solusi dan penyebab dari tidak munculnya lokasi bisnis di Google Maps: 

1. Pastikan Akun Bisnis sudah Terverifikasi

Penyebab yang sering terjadi terkait lokasi bisnis tidak muncul di Google Maps adalah akun bisnis Anda belum terverifikasi. Ketika Anda sudah melakukan cara lokasi di Google Maps di atas, Anda harus menunggu sampai proses tersebut diverifikasi oleh pihak Google.

Pihak Google akan melakukan penyesuaian data apakah sudah memenuhi syarat untuk ditampilkan di Google atau tidak. Solusinya adalah pastikan Anda sudah mengisi data dengan lengkap dan sesuai fakta. Hindari memasukkan informasi palsu atau tidak sesuai. 

2. Tunggu Proses Perubahan Lokasi Bisnis hingga 3 Hari

Apabila Anda pernah membuat lokasi di Gmaps sebelumnya dan ingin mengedit/mengubahnya, pastikan Anda mengawasi perubahan tersebut selama kurang lebih 3 hari. Pihak Google akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan perubahan yang Anda buat. 

Setelah 3 hari, perubahan informasi terkait lokasi bisnis Anda akan berubah sesuai informasi yang sebenarnya. 

3. Ikuti dan Taati Pedoman Informasi Bisnis

Terakhir, solusi jika lokasi bisnis tidak muncul di Google Maps adalah selalu mematuhi pedoman informasi bisnis Google. Hindari pemberian informasi palsu yang bisa merugikan banyak pihak. 

Itulah beberapa cara membuat lokasi di Google Maps untuk bisnis secara manfaatnya bagi operasional perusahaan. Jika lokasi bisnis tidak muncul di Google Maps, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar informasi perusahaan bisa tetap bisa diakses pengunjung.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *