Lompat ke konten

Cara Menjual Pulsa HP bagi Pemula

Cara Menjual Pulsa HP Pemula

Bisnis pulsa sampai saat ini terbukti tak pernah sepi karena pada era kemajuan teknologi saat ini, orang-orang pasti membutuhkan pulsa sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi maupun untuk membeli paket data internet. Tak bisa dipungkiri lagi jika internet merupakan kebutuhan pokok sehari-hari, jadi pasti dicari kapanpun. 

Keuntungan berjualan pulsa, antara lain tak butuh modal besar, mudah mendapatkan pelanggan, dan bisa dilakukan kapan saja. Tertarik menjalankan bisnis menarik ini? Jika masih pemula, coba ikuti cara mudah berjualan pulsa seperti berikut ini.

1. Lakukan Riset Pasar

Bisnis pulsa termasuk paling mudah dijalankan karena tak membutuhkan terlalu banyak modal tetapi mudah menjangkau pasar. Meskipun begitu, Anda pun tetap perlu melakukan riset pasar supaya dapat menemukan harga jual yang pas sekaligus bersaing. Apabila tak melakukan riset harga kemudian hanya asal-asalan, tentu nantinya lebih susah menghadapi persaingan dengan kompetitor.

Cobalah melakukan riset harga pulsa di konter, marketplace, maupun penyedia jasa isi pulsa rumahan, kemudian bandingkan. Ambillah harga rata-rata atau mungkin sedikit lebih murah supaya tetap bisa dijual secara bersaing. Sebagian orang mungkin tak mempermasalahkan harga, namun jika sudah terlihat lebih mahal maka mereka akan memilih agen lain.

Selain itu, cara menjual pulsa HP bagi pemula yaitu pasanglah harga paling murah terlebih dahulu sebagai bentuk promosi. Misalnya jika konter biasanya mematok Rp12.000 untuk pulsa Rp10.000, maka cobalah menjualnya Rp11.000 terlebih dahulu sebagai permulaan.

2. Siapkan Modal dan Perlengkapan Lainnya

Cara menjual pulsa HP bagi pemula selanjutnya yaitu perlu menyiapkan modal serta perlengkapannya. Seperti telah dijelaskan bahwa modal jualan pulsa sebenarnya tidak banyak, bahkan mulai Rp100.000 saja sudah bisa mulai menjalankannya. Hanya butuh HP dan pembukuan keuangan sederhana saja jika menekuni bisnis tersebut.

Mengingat modal serta perlengkapannya yang murah sekaligus mudah didapat, persaingannya mungkin sedikit lebih susah. Meskipun begitu, tak ada salahnya mencobanya terlebih dahulu sebagai bisnis sampingan untuk anak sekolahan, guru honorer, ibu rumah tangga, maupun profesi lainnya. Keuntungannya bisa dikatakan lumayan apabila berhasil menemukan banyak pelanggan tetap.

Tingkat kerugian berjualan pulsa pun tidak terlalu besar apabila dimulai dengan modal sedikit. Mungkin kendalanya terletak pada mereka yang seringkali kasbon atau berhutang, namun sebaiknya hal tersebut dihindari dengan cara bersikap tegas.

3. Promosikan ke Orang Terdekat

Kendala bagi para pemula tentang cara berjualan pulsa HP, kebanyakan merasa kesusahan saat mempromosikan dagangannya karena tidak selalu ramai, bahkan sama sekali tak ada yang beli. Maka dari itu, solusi cara menjual pulsa HP bagi pemula yaitu mempromosikannya dulu kepada orang terdekat, misalnya teman, keluarga, rekan kerja, dan lain-lain.

Mempromosikan jualan pulsa ke orang terdekat mempunyai peluang lebih besar dan gampang laris manis. Hal ini karena mereka secara tidak langsung dapat membantu mempromosikan jualan Anda kepada orang-orang di sekitarnya. Teknik ini dinamakan the word of mouth marketing strategy atau strategi pemasaran dari mulut ke mulut.

Mengapa strategi pemasaran mulut ke mulut sangat ampuh? Hal ini karena ketika seseorang memiliki usaha kemudian mempromosikannya kepada orang terdekatnya, maka ketika ia puas pasti merekomendasikan dagangan Anda kepada yang lainnya.

4. Tegaskan agar Jangan Ada yang Berhutang

Masalah yang kerap kali ditemui oleh pedagang pulsa adalah banyak orang yang tak segan berhutang atau kasbon. Kebiasaan kasbon tersebut justru dapat menyusahkan Anda sebagai pedagang. Oleh karena itu, cara menjual pulsa HP bagi pemula yaitu selalu bersikap tegas dan tak memperbolehkan berhutang bagi siapapun.

Bagi pemula, cara berjualan pulsa HP meskipun baru pertama kali tak perlu ditakutkan. Justru dengan bersikap tegas demi menghilangkan kebiasaan pelanggan yang kasbon, merupakan hal paling penting guna menghindari kerugian. Tentu saja alasannya karena tak semua orang dapat membayar hutangnya tepat waktu, bahkan jadi susah saat hendak menagihnya.

Bersikap tegas berarti harus teguh pendirian dan prinsip tegas tersebut berlaku bagi semua pembeli. Meskipun begitu, tetap kedepankanlah sopan santun supaya pelanggan tetap bertahan.

5. Layani Konsumen dengan Sikap Sopan dan Ramah

Cara berjualan pulsa HP bagi pemula, meskipun bukan konter besar tetap utamakanlah sikap sopan dan ramah kepada siapapun pembelinya. Melayani secara maksimal dengan sikap positif membuat pelanggan merasa nyaman dan diperhatikan, sehingga mereka merasa tidak ragu ketika nantinya ingin membeli pulsa lagi di tempat Anda.

Cara melayani mereka secara maksimal adalah dengan berusaha sebisa mungkin membalas pesan secara cepat, apalagi mereka yang membeli pulsa biasanya butuh cepat saat itu juga. Sehingga ketika Anda sangat responsif membalas pesan, dapat membuat mereka senang setiap kali bertransaksi di sana.

Selain itu, meskipun sebagian orang membeli dengan nominal sekecil apapun tak perlu meremehkannya. Tetap layanilah dengan baik-baik dengan bahasa sopan serta santun. Ketika stoknya sedang tidak ada pun, beritahukan menggunakan kalimat yang sopan agar tidak menyinggung.

6. Jual Produk PPOB Lainnya

Berjualan pulsa HP memang terbilang menguntungkan, apalagi jika dilakukan secara konsisten. Meskipun begitu, jualan pulsa faktanya tak selamanya selalu ramai karena kebanyakan orang lebih membutuhkan pengisian paket data internet, top up e-wallet, token listrik, dan lain sebagainya. Maka dari itu, cobalah terapkan inovasi terbaru seperti menjual produk PPOB lainnya.

PPOB (Payment Point Online Banking) adalah layanan pembayaran memakai sistem perbankan online, misalnya pembayaran tagihan listrik (prabayar dan pascabayar), pulsa, voucher telepon, PDAM, dan multifinance. Pembayaran untuk layanan PPOB ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama jika mereka tak mempunyai fasilitas berupa mobile banking ataupun jauh dari bank untuk membayar kebutuhan tersebut.

Selain PPOB, menyediakan pengisian saldo e-wallet maupun jasa top up game tak ada salahnya. Justru semakin laris manis ketika Anda menyediakan layanan tersebut, mengingat saat ini bermain game dan belanja online sudah menjadi kebiasaan.

7. Cari Agen Pulsa Termurah atau Gunakan Aplikasi

Cara menjual pulsa HP bagi pemula yang perlu dilakukan adalah mencari agen pulsa termurah, atau bisa juga memakai aplikasi jualan pulsa terpercaya. Mencari agen pulsa termurah sekaligus terpercaya sangat membantu dalam mendapatkan harga termurah pula, sehingga ketika dijual pun tak perlu takut kalah saing karena tetap terjangkau. 

Tak ada agen pulsa sekitar domisili tetapi masih ingin berjualan? Cobalah memakai aplikasi konter pulsa yang terpercaya, contohnya PayFazz, KonterGo, United Pay, Kioser, dan sebagainya. Pendaftaran dan transaksinya sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

8. Konsisten Meski Belum Banyak Pelanggan

Cara berjualan pulsa HP agar tetap bertahan adalah tetap konsisten meskipun belum mempunyai banyak pelanggan. Tak ada satupun usaha yang benar-benar menunjukkan hasil instan, sehingga cobalah tetap bersabar dan terus melakukan promosi supaya lebih banyak orang tertarik untuk membeli.

Bersikap konsisten tak hanya ketika sedang sepi pelanggan saja, begitupun ketika sudah ramai dan punya banyak pelanggan. Sering menghilang saat telah mempunyai banyak pelanggan, justru membuat bisnis Anda susah bertahan karena mereka lebih memilih membeli di tempat lain.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.