Lompat ke konten

10 Ide Bisnis untuk Anak SD dengan Modal Kecil

Ide Bisnis untuk Anak SD

Berwirausaha sejak usia dini, yaitu pada usia pelajar tak banyak yang berani melakukannya. Padahal sebenarnya, banyak peluang bisnis dengan modal kecil dapat dilakukan meskipun untuk anak usia sekolah dasar.

Menjalankan bisnis kecil-kecilan pada usia sekolah dasar sangat bagus dampaknya bagi diri sendiri khususnya, sebab dapat membantu mengasah pola pikir sekaligus melatih kemandirian agar terbiasa berusaha melakukan apapun sendiri. Selain itu, manfaat dari berwirausaha sejak dini juga mendatangkan keuntungan, yaitu menambah uang jajan.

Tidak perlu berhutang kepada orang tua, teman, atau bank, sebab beragam ide bisnis untuk anak SD bisa dilakukan hanya dengan modal kecil. Memanfaatkan keadaan sekitar rumah dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Misalnya berjualan pulsa, kerajinan tangan, menjual makanan ringan, maupun menjual jasa untuk masyarakat.

Masih usia sekolah dasar namun ingin menjalankan bisnis untuk menambah uang jajan? Tidak ada salahnya, cobalah ide bisnis untuk anak SD dengan modal kecil berikut ini sebagai inspirasi.

1. Berjualan Pulsa dan Paket Data Internet

Pulsa dan paket data internet pasti dibutuhkan oleh siapapun, sehingga bisa jadi peluang bisnis untuk anak SD. Hal ini karena modalnya tidak terlalu besar, tetapi keuntungannya terbilang lumayan besar jika punya banyak pelanggan dan konsisten melakukannya.

Cara memulai bisnis ini yaitu dengan mendaftar sebagai agen di aplikasi konter pulsa di website atau melalui ponsel pintar. Mencari pelanggannya pun juga relatif lebih mudah karena semua orang pasti membutuhkan pulsa dan paket data internet, misalnya menjual kepada teman sekelas maupun orang-orang lain yang ada di sekolah.

Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan harga pulsa jauh lebih murah di bawah pasaran ketika menggunakannya untuk diri sendiri. Jadi, tak ada salahnya mencoba berjualan pulsa sebagai usaha kecil-kecilan anak SD.

2. Menjual Kerajinan Tangan

Saat menginjak sekolah dasar, biasanya sering diajarkan membuat kerajinan tangan oleh guru kesenian. Membuat kerajinan tangan ini baik untuk mengasah kreativitas anak.

Namun ternyata, kerajinan tangan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis untuk anak SD. Terutama jika hasil karyanya tergolong menarik dan memiliki nilai jual, tentu banyak orang berminat untuk membelinya. Contohnya membuat kerajinan tangan berupa pajangan dari barang bekas, membuat sapu tangan custom nama orang, patung tanah liat, tempat alat tulis dari kaleng atau botol bekas, maupun bentuk kerajinan lainnya.

Memulai bisnis dengan menjual suatu kerajinan tangan, bisa dari melirik barang bekas di sekitar. Pastikan barang-barang tersebut dibersihkan terlebih dahulu supaya lebih higienis.

3. Berjualan Makanan Ringan atau Snack

Berjualan makanan ringan atau snack merupakan bisnis yang banyak dilakukan oleh pelajar maupun guru honorer untuk mendapatkan tambahan uang karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Bahan-bahannya pun dapat ditemukan dengan mudah di rumah maupun warung terdekat.

Apabila masih SD dan ingin berjualan makanan ringan atau snack, mulailah dari menjual makanan yang bahan-bahannya ada di rumah. Misalnya membuat tempe mendoan, bakwan, makaroni bumbu, ataupun mie lidi. Anak-anak SD pun pasti menyukainya karena biasanya murah dan rasanya enak.

Keuntungan yang didapat dari berjualan makanan ringan atau snack biasanya cukup banyak, apalagi jika dalam satu hari semua dagangan laku. Jadi, untuk mencari aman sebaiknya menjual produk yang tahan lama seperti mie lidi, makaroni bumbu, keripik, ataupun snack bungkusan lainnya. Menjualnya bisa dititipkan di kantin sekolah maupun menawarkannya kepada teman sekelas.

4. Bisnis Penyewaan Buku dan Majalah Anak

Masih usia sekolah dasar tetapi ingin menjalankan usaha tanpa modal? Cobalah membuka bisnis penyewaan buku dan majalah anak, terutama jika memiliki koleksi banyak bacaan menghibur dan bermanfaat.

Apabila memiliki banyak koleksi seperti novel, buku komik, dan majalah anak menganggur di lemari, hal ini merupakan peluang bagus untuk membuka bisnis. Sebab sebagian besar anak sekolah sangat senang membaca buku hiburan untuk bersenang-senang.

Mempromosikan usaha ini bisa melalui teman sekelas. Namun perlu diketahui bahwa saat memutuskan membuka penyewaan buku, berikan jaminan tertentu agar buku yang disewakan tidak raib begitu saja ataupun rusak. Sebab, bisnis ini rawan terjadi hal tidak menyenangkan karena konsumen ada saja yang lari dari tanggung jawab karena ingin memiliki bacaan tersebut secara permanen.

5. Menjual Koran dan Kertas Bekas

Banyak tumpukan koran dan kertas bekas di rumah? Jadikan saja peluang bisnis. Keuntungannya bisa digunakan sebagai tambahan uang jajan, apalagi menjual koran dan kertas bekas ini dapat dilakukan tanpa modal sepeserpun, cocok sekali untuk anak SD.

Cobalah mencari kertas dan koran bekas tak terpakai di sekitar rumah. Kemudian kumpulkan secara rapi dalam kardus, lalu jual barang-barang tersebut ke pengepul.

Menjalankan usaha ini membawa banyak manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan rumah. Selain membuat rumah menjadi lebih bersih dan tidak menjadi sarang tikus serta serangga, keuntungannya bisa dijadikan tambahan uang jajan.

Sebenarnya, tak hanya koran dan kertas saja yang bisa dijual. Botol plastik ataupun kaca masih berbentuk utuh juga bisa dijual supaya tidak terlalu menumpuk di rumah.

6. Berjualan Minuman Segar

Menjajal bisnis minuman segar merupakan peluang bagus sebagai bisnis anak SD. Selain modalnya kecil, banyak orang juga menyukainya. Terutama ketika siang hari di mana cuaca sangat panas, banyak orang mencari minuman dingin untuk melepas dahaga.

Berjualan minuman segar bisa jadi peluang bisnis ketika memasuki bulan puasa karena banyak orang mencari hidangan yang manis dan segar untuk berbuka. Apalagi usaha ini dapat dimulai hanya dengan modal ringan, misalnya untuk membeli plastik, sedotan, minuman bubuk kemasan, teh, gula, maupun sirup.

Berjualan minuman segar juga bisa dilakukan di sekolah ataupun sekitar rumah. Membuatnya menjadi es mambo juga ide menarik sebagai variasi. Bisnis seperti ini sangat disukai oleh anak sekolahan karena kebiasaan mereka senang mengkonsumsi makanan segar dan manis, namun dengan harga terjangkau bagi semua kalangan.

7. Jual Aksesoris atau Pernak-Pernik Unik

Menjual berbagai aksesoris atau pernak pernik unik, seperti gantungan kunci, gelang, kalung manik-manik, kuncir rambut unik, mainan squishy, ataupun stiker bisa juga dijadikan ide bisnis untuk anak SD dengan modal kecil. Apalagi anak SD biasanya sangat suka mengoleksi barang-barang lucu.

Di toko online banyak dijual aksesoris maupun pernak-pernik dengan harga sangat terjangkau lalu nantinya bisa dijual kembali kepada teman-teman di sekolah. Sehingga, ide bisnis ini sangat cocok jika dilakukan oleh anak SD karena modalnya tidak terlalu besar.

8. Jasa Titip (Jastip) untuk Berbelanja Sembako atau Belanjaan Lainnya

Bagi anak SD yang suka bermain jauh dan pandai bicara tetapi juga ingin mencari uang tambahan, bisa melakoni usaha jasa titip atau jastip. Tak perlu barang-barang seperti oleh-oleh maupun pakaian branded, bisa juga menawarkan jasa titip belanja sembako atau belanjaan lainnya.

Bisnis ini tanpa modal dan bisa dilakukan oleh anak SD. Caranya pun mudah, hanya berbelanja barang titipan dari orang lain seperti tetangga, orang tua, atau kerabat. Kemudian menetapkan ongkos kirim sebagai keuntungannya.

9. Menjadi Reseller Masker atau Membuatnya Sendiri

Pada masa pandemi seperti ini, masker sebagai penangkal virus sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak orang menjadikannya peluang bisnis dengan menjadi reseller masker.

Sebagai pelajar sekolah dasar, keadaan seperti ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Akan tetapi, tetap bersikaplah secara jujur ketika menjual masker supaya banyak pelanggan membeli karena percaya terhadap produk yang dijual sesuai dengan standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan atau sudah memiliki izin edar.

Apabila tak punya banyak modal untuk menyetok masker medis, bisa juga membuatnya sendiri dari kain. Namun tetap pastikan bahwa masker kain sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan agar tetap aman saat digunakan.

10. Jasa Mencuci Motor ataupun Sepatu

Jasa mencuci motor ataupun sepatu biasa dilakukan oleh sebagian anak SD demi menambah kebutuhan uang jajan. Bahkan bisnis ini hanya berbekal modal kecil, misalnya sabun cuci khusus, lap kain, selang air.

Jasa cuci motor ataupun sepatu dapat dilakukan di rumah sendiri ataupun mendatangi rumah ke rumah. Melakukannya bisa saat akhir pekan maupun ketika waktunya liburan, sehingga tidak akan mengganggu waktu belajar.

Itulah 10 ide bisnis untuk anak SD dengan modal kecil. Tak perlu banyak meminta kepada orang tua, sebab meskipun masih SD sudah bisa mencari tambahan uang jajan sendiri sekaligus melatih jiwa kewirausahaan dan kemandirian sejak dini.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.