Lompat ke konten

Blue Ocean Strategy: Pengertian, Konsep, dan Contohnya

blue ocean strategy

Dalam dunia persaingan bisnis, ada banyak pendekatan atau metode yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan dan bersaing dengan kompetitor. Salah satu metode yang cukup “ekstrim” untuk dicoba adalah Blue Ocean Strategy. 

Strategi ini dikatakan ekstrim karena Anda harus menentukan dan mencari sendiri jenis pasar dan target konsumennya. Dengan kata lain, Anda perlu membangun semua konsep bisnis dari awal untuk menciptakan suatu inovasi yang berbeda.

Nah, agar lebih jelasnya, artikel berikut ini akan menyajikan informasi tentang Blue Ocean Strategy mulai dari pengertian, konsep, hingga contoh implementasinya. Mari simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy adalah strategi atau pendekatan bisnis dengan mencari dan membangun ruang pasar sendiri yang belum ada kompetitor lainnya. Dalam hal ini, pebisnis berfokus untuk menentukan target pasar sendiri tanpa terpengaruh dengan pesaing lainnya.

Oleh karena itu, bisnis yang dibangun berlandaskan Blue Ocean Strategy memang haruslah menghasilkan inovasi produk/layanan baru yang belum pernah ada di pasaran sebelumnya. Anda perlu menawarkan hal unik kepada konsumen agar bisa menciptakan segmen pasar tersendiri. 

Konsep Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy memiliki 4 konsep dasar yang perlu dipertimbangkan sebelum bisa membangun pangsa pasar sendiri, yaitu: 

1. Eliminate

Konsep pertama adalah Anda perlu mengeliminasi hal apa saja yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan dalam pasar. Dalam hal ini, analisis pasar dan analisis SWOT sangat diperlukan sebagai acuan dalam proses memilah data. 

2. Reduce

Setelah mengeliminasi, Anda perlu mempertimbangkan untuk menghapus atau menghilangkan hal-hal yang tidak diperlukan atau tidak efisien dari produk yang dimiliki. 

Tujuan reduce ini adalah untuk menghitung biaya produksi berdasarkan hasil eliminasi data dan penghilangan fitur yang tidak perlu. Dengan demikian, biaya produksi akan lebih rendah dan margin keuntungan bisa lebih besar. 

3. Raise

Berikutnya, Anda perlu menonjolkan dan memaksimalkan fitur yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Pemaksimalkan fitur ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi dan nilai unik di pasar. Dengan begitu, peluang konsumen untuk tertarik dengan produk Anda pun akan lebih besar. 

4. Create

Terakhir, tahap penting dalam konsep Blue Ocean Strategy adalah bagaimana Anda bisa menciptakan ide/inovasi produk dan layanan. Untuk bisa membangun pasar sendiri, pastinya Anda harus menawarkan fitur layanan terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy sendiri merupakan metode bisnis terbaru dibandingkan Red Ocean Strategy yang sudah konvensional. Berikut adalah beberapa perbedaan kedua konsep tersebut:

Blue Ocean StrategyRed Ocean Strategy
Kondisi PasarPenciptaan produk baru membuat kondisi pasar Blue Ocean Strategy tidak memiliki kompetitor atau kompetitor sulit memasuki pasar bisnisKondisi persaingan pasar cukup ketat karena hanya berbeda di penentuan harga dan strategi pemasaran
Sistem Bisnis dan PemasaranSistem bisnis yang dilakukan berfokus pada diferensiasi produk. Sementara itu, strategi pemasaran yang diterapkan pun lebih gencar dan unik karena belum memiliki target pasar yang tetapSistem bisnis berfokus pada pencarian bahan baku murah dan diferensiasi produk
Target Pasar dan Tingkat PermintaanTarget pasar dan tingkat permintaan produk/layanan belum ada dan belum stabilTarget pasar dan tingkat permintaan sudah jelas

Contoh Blue Ocean Strategy

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan besar yang menerapkan Blue Ocean Strategy. Salah satu contohnya adalah Uber. 

Uber adalah aplikasi layanan transportasi online pertama dan terbesar garapan perusahaan asing. Uber menawarkan konsep layanan ojek online mudah melalui aplikasi dengan harga terjangkau. 

Uber dikatakan menerapkan konsep Blue Ocean Strategy karena sebelumnya tidak ada kompetitor di bidang serupa di pasar Indonesia. Pada awalnya pun Uber harus membangun segmen pasar tersendiri mulai dari pengenalan produk dan layanan, strategi pemasaran yang masif, pemberian diskon, dan masih banyak lagi.

Barulah setelah Uber mengalami kejayaannya, muncul kompetitor lain yaitu Gojek sebagai aplikasi transportasi online pertama buatan anak bangsa, yaitu Nadiem Makarim. 

Demikianlah pembahasan terkait Blue Ocean Strategy mulai dari pengertian, konsep, hingga contoh perusahaan yang menerapkan strategi tersebut. Anda pun bisa menerapkan strategi ini selama mempertimbangkan beberapa hal sesuai visi dan misi bisnis, ya.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *