Reel Instagram adalah fitur untuk membuat video singkat berdurasi 15 detik dan paling lama hingga 90 detik. Apabila diperhatikan, sekilas Instagram Reels mirip dengan Tik Tok, namun dikemas dalam fungsi pengeditan yang cukup berbeda dan mudah dilakukan, terutama bagi pengguna yang masih awam soal video editing.
Reels Instagram adalah salah satu media untuk membantu mempromosikan produk jualan agar bisa lebih dilirik oleh banyak pengguna sosial media Instagram. Lalu, apa pengertian dari Reels dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk marketing produk? Baca penjelasan selengkapnya di sini!
Pengertian Reels Instagram
Reels Instagram adalah sebuah fitur baru di Instagram yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat video berdurasi singkat, yakni mulai 15 detik hingga paling lama 90 detik. Dalam Instagram Reels, pengguna dapat mengedit footage videonya langsung di aplikasi Instagram, hingga menambahkan latar belakang audio (musik) dengan sangat mudah.
Reels IG adalah salah satu solusi paling pas untuk mempromosikan barang jualan karena durasinya ideal untuk membuat iklan. Saat ini pun fitur tersebut sudah banyak digunakan oleh para influencer bidang apapun untuk mengiklankan usahanya maupun membuat konten tertentu dengan tujuan marketing produk ataupun lainnya.
Bagi influencer maupun pengusaha, fitur ini dapat membantu menjangkau lebih banyak audiens dan kemungkinannya muncul di explore juga cukup besar dibandingkan konten dalam bentuk IG story. Inilah mengapa fitur baru dari Instagram tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan iklan paling praktis sekaligus gratis.
Contoh konten yang dapat dibagikan melalui Reels IG adalah kuliner, make up, skincare, review produk, travelling, dan lain-lain termasuk berjualan. Sudah pernah menggunakannya untuk kepentingan beriklan?
Tips Membuat Reels Instagram
Baru pertama kali menggunakan Reels dan ingin memanfaatkannya sebagai media promosi? Yuk, simak beberapa tips membuat Reels Instagram yang menarik serta berkualitas berikut ini!
1. Ambil footage video paling bagus
Tips membuat Reels Instagram adalah mengambil footage video yang mungkin lebih dari satu kali. Jadi, footage video adalah kumpulan rekaman mentahan yang nantinya akan dibuat sebagai konten utuh, dengan cara digabungkan antara beberapa footage terbaik.
Dalam pengambilan rekaman video, lakukan pada tempat dengan pencahayaan bagus supaya memperoleh hasil gambar lebih jernih dan tampak segala detailnya. Misalnya di outdoor atau luar ruangan, maupun di dalam ruangan (indoor) dengan pencahayaan tambahan. Tak ada salahnya melakukan take video beberapa kali, kemudian nanti dipilih yang paling bagus.
2. Edit kumpulan footage video secara manual di reels
Selanjutnya setelah mengumpulkan beberapa footage, pilihlah mana hasil rekaman terbaik dan cocok untuk dijadikan konten iklan. Setiap footage setidaknya dipilih satu saja, kemudian nantinya akan digabungkan dengan rekaman terbaik lainnya agar menjadi iklan promosi yang utuh.
Cara mengedit videonya bisa langsung lewat aplikasi Instagram, yakni pada fitur Reels. Potonglah rekaman sesuai kebutuhan atau pada adegan terbaik, lakukan ini sampai mendapatkan konten video yang bagus. Ingat bahwa durasi maksimal Reels Instagram adalah 90 detik, jadi sebaiknya tidak lebih dari itu supaya kontennya tetap dapat diunggah.
Jika ingin hasilnya bagus, boleh saja menggunakan efek transisi, menambahkan filter, layout, dan lain-lain. Selain konten promosi dalam bentuk video, pengguna juga dapat menggunakan foto saja namun hanya berupa transisi.
3. Edit menggunakan video editor supaya hasilnya semakin bagus
Tidak ingin mengeditnya di aplikasi Instagram karena terasa kurang maksimal? Tak ada salahnya mengeditnya melalui aplikasi video editor karena fiturnya mungkin lebih lengkap! Contohnya seperti CapCut, InShot, VN Video Editor, Filmora, Kine Master, Adobe Premiere, ataupun lainnya.
Mengedit kumpulan footage di aplikasi video editor sangat membantu konten kreator untuk memaksimalkan tampilan kontennya. Sebab dalam aplikasi tersebut memungkinkan pembuat konten untuk menambahkan overlay, stiker, audio, voice over, efek transisi lebih beragam, dan sebagainya sesuai kebutuhan sebelum diunggah ke Reels.
4. Pastikan membuat konten berkualitas dan HD (High Definition)
Tips membuat IG Reels adalah memastikan bahwa konten yang diunggah berkualitas, informatif, serta gambar dan videonya HD (High Definition). Bagaimanapun juga, konten iklan dengan kualitas terbaik pasti lebih nyaman ditonton dibandingkan jika membuatnya secara asal dan tidak memperhatikan nilai estetika.
Cara membuat konten video dengan kualitas gambarnya HD, yakni dengan mengaturnya langsung di aplikasi Instagram. Pergilah ke Settings, Account, Data Usage, lalu pilih Upload at Highest Quality.
Selain terkait nilai estetika, konten iklan tetap harus berbobot dan informatif, artinya tetap jelas apa yang disampaikan. Hindari membuat konten di Reels dengan tujuan menyinggung brand kompetitor maupun menggunakan kata-kata kasar dan vulgar karena dikhawatirkan melanggar aturan di Instagram dan menyusahkan bisnis.
Cara membuat Reels Instagram supaya lebih hidup, tak ada salahnya menambahkan caption dan voice over dalam konten. Sebenarnya tujuan menambahkan kedua komponen tersebut bukan hanya sebagai pelengkap, tetapi karena tidak semua orang menyalakan audio ketika menonton sebuah konten.
Terutama bagi konten yang tidak ditambahkan voice over, tambahan caption sangat membantu audiens dalam memahami isinya. Meskipun begitu, tidak semua harus terdapat caption. Contoh konten yang bisa jadi membutuhkannya, misalnya masak-masakan, unboxing product, ataupun tutorial tertentu.
Selanjutnya mari membahas voice over untuk lebih menghidupkan konten. Adanya voice over untuk mendeskripsikan konten melalui suara, dapat membuat seolah-olah pembuat konten berinteraksi langsung dengan para audiens. Selain itu, penyampaiannya pun jadi lebih jelas sekaligus menyenangkan.
Fungsi caption dalam IG Reels adalah sebagai penjelasan tambahan terkait konten video yang dibuat. Cara membuat Reels Instagram untuk meningkatkan engagement, yaitu dengan merancang copywriting menarik untuk membuat caption.
Meskipun tidak semua orang membaca caption pada kolom keterangan postingan, namun sebaiknya tetap gunakan teknik copywriting menarik untuk membuatnya. Caranya dengan membuat kalimat persuasif seperti CTA (Call To Action), misalnya memberikan penawaran menarik tertentu, hingga mengajak audiens untuk melakukan sesuatu.
Oleh karena itu, sebaiknya juga mempelajari apa saja yang menjadi metrik sosial media, terutama engagement agar dapat menentukan strategi marketing. Adanya metrik media sosial sangat membantu menganalisa kebiasaan audiens di Instagram.
7. Jangan lupa menambahkan latar belakang audio
Cara membuat Reels Instagram agar kontennya lebih hidup lagi, jangan pernah lupa menambahkan latar belakang audio atau musik. Tambahkanlah musik latar belakang musik yang mendukung suasana agar audiens tidak bosan ketika menontonnya. Jika terkait promosi, maka pilihan musiknya sebaiknya menyenangkan atau menggugah semangat.
Latar belakang audio terdapat pada bagian atas yang berbentuk not balok. Apabila sudah menggunakan voice over, latar belakang audio sebenarnya tak masalah tidak ditambahkan. Namun jika ingin menggunakannya, pastikan volume suara voice over jauh lebih besar dibandingkan musik.
Cara Memanfaatkan Reels Instagram untuk Marketing Produk
Setelah mempelajari tips membuat Reels menarik di Instagram untuk keperluan promosi, mari membahas lebih lanjut terkait pemanfaatannya. Begini cara memanfaatkan Reels Instagram untuk pemasaran produk supaya lebih maksimal sekaligus mampu menjangkau lebih banyak audiens.
1. Buat konten berkualitas tapi orisinil
Cara memanfaatkan Reels Instagram untuk marketing produk yang pertama, yaitu harus membuat konten berkualitas tetapi sifatnya orisinil atau tidak menjiplak dari konten kreator lain. Membuat konten menjiplak tetapi tak disertai IB (inspired by) justru dapat menimbulkan permasalahan lain ke depannya, sehingga berakibat audiens kecewa dengan video iklan yang disajikan.
Cara membuat konten orisinil namun berbobot dan penyampaian informasinya jelas, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan inspirasinya. Salah satunya dapat mencari ide dari Reels yang sedang populer.
2. Tonjolkan kelebihan produk dan cara penggunaannya
Karena kaitannya dengan marketing produk, maka jangan pernah lupa menonjolkan kelebihan produk serta cara penggunaannya. Menunjukkan kedua hal tersebut dapat membantu meningkatkan engagement sekaligus brand awareness agar lebih dikenal oleh publik.
Kemaslah konten iklan semenarik mungkin serta mampu menarik perhatian para audiens sambil menonjolkan detail produk. Selain itu, berinteraksilah dengan para audiens dengan menanggapi maupun menjawab pertanyaan mereka demi meningkatkan peluang penjualan.
3. Buat copywriting menarik
Cara memanfaatkan Reels Instagram untuk keperluan membuat iklan produk, yaitu membuat copywriting menarik pada caption. Copywriting menarik mampu meningkatkan peluang produk jualan jadi cepat laku dan banyak orang tertarik untuk mencobanya.
Maka dari itu, cara membuat copywrting menarik adalah harus mengandung unsur ajakan (persuasif), misalnya ada kalimat CTA (Call To Action). Membuat kalimat CTA tak perlu bertele-tele, namun dapat membuat audiens melakukan suatu tindakan, seperti share video, save, memberikan likes, hingga melakukan pembelian.
4. Ikuti tren saat ini
Mengikuti tren populer saat ini sangat membantu menaikkan jumlah viewers pada Reels, apalagi jika kontennya menarik, informatif, serta gambarnya berkualitas terbaik. Sebelum membuat kontennya, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu tentang tren seperti apa yang saat ini sedang naik daun.
Kumpulkan hasil riset tersebut, kemudian buatlah brief content agar tahu apa yang harus dilakukan dalam pembuatan video, misalnya mempraktikkan adegan tertentu atau lainnya. Setelah itu, jadwalkan kapan waktu paling tepat untuk memposting konten Reels supaya ramai penontonnya.
5. Fiturkan reels ke grid post
Jika ingin Reels dapat ditonton banyak orang dan pengunjung profil baru, sebaiknya fiturkan Reels ke grid post. Sehingga nantinya video tersebut akan muncul bersebelahan dengan postingan feeds lainnya dalam profil.
Tidak semua orang ketika membuka profil akun jualan langsung masuk ke tab Reels, sebab kebanyakan lebih memilih langsung melihat ke grid post. Meskipun ini merupakan hal sepele, namun tak ada salahnya memfiturkan Reels ke grid post demi mencari peluang lebih banyak penonton.
Jika ingin mempraktikkan fitur tersebut, terdapat trik untuk membuat postingannya jadi semakin menarik. Caranya dengan mengambil thumbnail terbaik yang membuat audiens penasaran untuk menontonnya.
Sudah memahami seputar Reels Instagram serta cara memanfaatkannya untuk keperluan pemasaran produk. Yuk, coba praktikkan sekarang! Pastikan untuk membuat konten Reels Instagram yang menarik dan berkualitas supaya peluang dilirik oleh audiens jadi lebih besar.