Lompat ke konten

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Endorsement

tips memilih influencer

Sebagai seseorang yang aktif bermedia sosial, pastinya Anda sudah tidak asing dengan tren influencer. Influencer adalah individu atau kelompok tertentu yang bisa memberikan pengaruh terhadap cara berpikir dan tindakan orang lain. 

Dalam hal ini, influencer memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan informasi atau menjual produk/layanan tertentu melalui sebuah konten. Nah, sebagai pebisnis, Anda bisa loh bekerja sama dengan influencer untuk endorsement

Namun, sebelum bekerja sama, Anda harus tahu tips memilih influencer yang tepat untuk endorsement. Tujuannya tentu agar product knowledge dan penjualan kepada konsumen bisa lebih maksimal. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

Seberapa Besar Pengaruh Influencer terhadap Sebuah Bisnis?

Influencer memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap sebuah bisnis. Melalui konten atau informasi yang disampaikan oleh influencer, lebih banyak orang (viewers) yang akan mengenal bisnis dan produk/layanan yang Anda tawarkan. 

Hal ini bisa terjadi karena tentunya influencer sudah memiliki audiensnya tersendiri. Audiensnya ini berupa seberapa banyak followers yang dimiliki oleh seorang influencer di sosial media mereka, seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan sebagainya. 

Semakin besar jumlah followers seorang influencer, semakin besar juga pengaruhnya pada bisnis. Pasalnya, biasanya audiens akan lebih percaya terhadap produk/layanan yang digunakan oleh influencer

Terlebih jika influencer tersebut memang ahli di bidang tertentu, seperti lifestyle, olahraga, kecantikan, kesehatan, teknologi, dan sebagainya. Dengan begitu, bisnis pun berpeluang untuk menjangkau pasar yang tepat sasaran, lebih cepat, dan bahkan lebih luas. 

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Endorsement

Menyimak pembahasan di atas, pastinya Anda harus memilih influencer yang tepat untuk endorsement agar tujuan Anda pun tercapai. Bagaimana caranya? Mari simak tipsnya pada penjelasan di bawah ini: 

1. Pilih Influencer yang Menguasai Bidang Selaras dengan Bisnis Anda

Tips memilih influencer pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan keahlian influencer dengan bidang bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar influencer yang dipilih pun bisa menyampaikan informasi secara akurat.

Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang kosmetik dan kecantikan. Nah, Anda perlu memilih influencer yang aktif membagikan informasi tentang kosmetik dan kecantikan pula. Dengan begitu, audiens pun akan lebih memercayai produk yang dikenalkan dan ditawarkan oleh influencer tersebut. 

2. Ketahui dan Pelajari Engagement atau Insight Influencer

Ada begitu banyak influencer di dunia maya yang memiliki julukan tersendiri. Misalnya, influencer yang aktif di Instagram dikenal dengan Selebgram, mereka yang aktif di TikTok dikenal dengan sebutan TikTokers, dan sebagainya. 

Nah, setiap sosial media ini pastinya akan memiliki engagement dan insight yang berbeda. Engagement ini berkaitan dengan seberapa besar interaksi influencer bersama audiensnya. Selain itu, jumlah pengunjung konten, jumlah likes, hingga jumlah interaksi pun sangat memengaruhi baik atau tidaknya engagement seorang influencer

Dalam mencari selebgram untuk endorse misalnya, Anda bisa melihat seberapa besar engagement yang dimiliki oleh akun tersebut. Biasanya, pemilik akun tersebut sendirilah yang membagikan informasi tentang tinggi rendahnya engagement dan insight yang mereka miliki. 

3. Kenali Pola Perilaku atau Sikap Influencer

Jika Anda ingin bekerja sama dengan influencer marketing, Anda harus tahu bagaimana sikap mereka terhadap audiens atau publik. Hal ini berkaitan dengan sentimen audiens apakah positif atau negatif. 

Influencer yang memiliki sentimen audiens negatif tentunya perlu diperhatikan kembali apakah cocok untuk diajak kerja sama dalam endorsement. Sentimen di sini berhubungan dengan keakuratan informasi yang disampaikan, pola interaksi dengan audiens, hingga jenis konten yang dibuat apakah melanggar peraturan atau menyinggung SARA. 

4. Sesuaikan Konten Influencer dengan Ciri Khas Bisnis

Sebuah bisnis pastinya memiliki ciri khas tertentu. Misalnya, Anda menjalankan bisnis mainan anak-anak. Pastinya Anda akan mencari influencer yang fokus membuat konten tentang parenting atau tips mengurus anak dan sejenisnya. 

Begitu pula dengan bidang bisnisnya. Anda pun bisa mempertimbangkan untuk mengajak influencer yang membuat konten entertainment untuk meningkatkan jumlah penjualan. Semuanya kembali lagi sesuai kebutuhan bisnis Anda. 

5. Sesuaikan Rate Card Influencer dengan Budget Perusahaan

Tips memilih influencer yang terakhir adalah cari tahu informasi tentang rate card influencer yang dituju. Biasanya, Anda akan diarahkan untuk menghubungi pihak tertentu dan diberikan informasi seputar harga jasa influencer marketing yang harus dibayar. 

Rate card ini pun disesuaikan dengan jenis media sosial, jenis konten, jenis pemasaran, dan durasi pemasaran. Semakin kompleks pemasaran yang akan Anda lakukan, semakin mahal pula rate card yang ditawarkan oleh influencer

Di mana Bisa Mencari Influencer untuk Endorsement?

Setelah menerapkan tips memilih influencer di atas, sekarang saatnya Anda mencari influencer yang tepat untuk endorsement. Bagaimana caranya? 

1. Menghubungi Agensi

Cara mencari influencer yang pertama adalah dengan menghubungi agensi tertentu. Agensi biasanya memiliki sejumlah individu yang bekerja sebagai influencer dengan jumlah followers yang cukup banyak. 

Anda bisa memilih siapa influencer yang ingin menawarkan produk/layanan bisnis. Tentunya Anda harus memperhatikan tips-tips di atas agar mereka bisa lebih maksimal dalam menawarkan produk bisnis, ya. 

2. Berinteraksi Langsung dengan Calon Influencer yang Dipilih

Cara berikutnya adalah dengan menghubungi langsung influencer yang menurut Anda tepat dan menarik perhatian. Cara ini akan lebih efektif karena Anda sudah tahu tipe konten dan tipe pemasaran yang dilakukan oleh influencer tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips memilih influencer yang tepat untuk endorsement yang bisa Anda terapkan pada bisnis. Pastikan Anda menyesuaikan kebutuhan pemasaran dengan influencer pilihan Anda, ya.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *