Lompat ke konten

KOL (Key Opinion Leader) Specialist: Tugas, Gaji, Jenjang Karir, dan Skill yang Dibutuhkan

KOL specialist

Apabila Anda sering bersinggungan dengan dunia sosial media, influencer, dan kolaborasi antar-brand, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah KOL (Key Opinion Leader) specialist. Sederhananya, KOL specialist bertugas untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk/layanan perusahaan. 

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan peran KOL untuk memasarkan suatu brand sesuai dengan kesepakatan, aturan, dan perjanjian yang sudah dibuat. Akan tetapi, pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab KOL specialist sebenarnya lebih dalam daripada itu.

Agar tidak salah kaprah, pahami dahulu tentang tugas, jenjang karir, hingga skill yang dibutuhkan oleh seorang KOL specialist. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa Itu KOL Specialist dalam Marketing?

KOL specialist adalah seseorang yang bertugas untuk membangun kolaborasi dan menganalisis kebutuhan pasar dengan kerja sama bersama pihak/media/komunitas tertentu. KOL adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar/signifikan di komunitas atau bidang tertentu, seperti ekonomi, bisnis, pendidikan, hiburan, dsb.

KOL berbeda dengan influencer. KOL merupakan seseorang yang ahli di suatu bidang yang ditandai dengan adanya karya, penghargaan, dan pembuktian lainnya. Sementara itu, influencer terbentuk akibat adanya fenomena online sehingga seseorang dikenal berkat suatu fenomena atau konten yang dibuat. 

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa KOL specialist memutuskan untuk berkolaborasi dengan influencer, blogger, YouTuber, Selebgram, TikTokers, dan sebagainya. Pemilihan KOL ini tentunya perlu memperhatikan pertimbangan matang berdasarkan analisis data yang ada. 

KOL (Key Opinion Leader) Specialist adalah seorang profesional yang bertugas untuk 

Tugas utama KOL specialist adalah memanfaatkan sepenuhnya pengaruh KOL untuk memasarkan sebuah brand. Biasanya, KOL specialist bekerja bersama atau berada di bawah naungan divisi sales/marketing. Hal ini lantaran tugas mereka tidak jauh berbeda dalam rangka meningkatkan penjualan brand

Tugas dan Tanggung Jawab KOL Specialist

Setelah membaca pengertian di atas, mungkin muncul pertanyaan tentang KOL specialist kerjanya apa. Nah, berikut ini ada beberapa tugas dan tanggung jawab utama seorang KOL specialist yang akan Anda kerjakan nantinya jika terjun ke dunia ini. Mari simak pembahasan lebih lengkapnya pada poin-poin di bawah ini: 

1. Bangun Kolaborasi Baik dengan KOL dan Berbagai Pihak 

Tugas utama KOL specialist adalah membangun kolaborasi baik dengan KOL dan berbagai pihak yang ikut ambil andil. Kolaborasi ini bisa tercipta berkat adanya penyampaian visi misi perusahaan, tujuan kerja sama, dan brief yang jelas. 

Maka dari itu, untuk menjalankan tugas ini, Anda harus mempunyai kemampuan content planning dan content creation yang baik. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengomunikasikan dengan mudah apa keinginan yang ingin dicapai oleh brand melalui pengaruh dari KOL. 

2. Identifikasi KOL yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Berikutnya, job desk KOL specialist adalah menyesuaikan KOL dengan kebutuhan perusahaan. Dalam memilih seorang pemengaruh, tentunya diperlukan analisis mendalam dan disesuaikan dengan tujuan marketing (pemasaran). 

Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang pembukaan kelas online (online class). Nah, jika Anda ingin berkolaborasi dengan KOL, tentunya pihak yang dipilih adalah seseorang yang ahli di bidang pendidikan. Tujuannya agar tercipta keselarasan antara tujuan perusahaan dengan KOL. 

3. Menyusun dan Menciptakan Ide Kampanye Pemasaran 

Job desk KOL specialist berikutnya yang tidak kalah penting adalah menyusun dan menciptakan ide kampanye (campaign) pemasaran. 

Penyusunan kampanye ini berupa pembuatan ide konten, jenis konten yang akan ditayangkan, gaya penyampaian, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus membuat brief yang jelas agar tujuan marketing perusahaan bisa tercapai maksimal. 

Rata-rata Gaji KOL Specialist

Rata-rata gaji KOL specialist berkisar di antara Rp4.000.000,00 s.d. Rp7.000.000,00 per bulannya. Nominal gaji ini tentunya disesuaikan kembali dengan keterampilan dan kemampuan Anda, kebijakan perusahaan, UMR, dan aspek lainnya. 

Anda bisa mendapatkan gaji lebih tinggi dari rata-rata tersebut selama dibuktikan dengan portofolio dan pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Dengan begitu, Anda akan memiliki nilai plus di hadapan perusahaan dan KOL. 

Jenjang Karir KOL Specialist

Job desk KOL specialist ternyata bisa membawa Anda untuk memiliki jenjang karir lainnya, loh. Anda bisa bekerja di beberapa bidang pekerjaan di bawah ini selain fokus berkolaborasi dengan KOL:

1. Social Media Marketer

Jenjang karir KOL specialist yang pertama adalah menjadi seorang social media marketer. Pada dasarnya, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan sosial media untuk menjadi KOL specialist. Hal ini lantaran Anda berhubungan banyak dengan analisis data sosial media, tren, hingga target audiens.

Dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki, Anda bisa lebih fokus mengelola sosial media untuk keperluan bisnis atau organisasi dengan metode social media marketing. Anda akan bertugas dalam membuat dan menjadwalkan unggahan konten, mengukur ROI (Return of Investment), menganalisis tren berdasarkan SEO, SEM, dan sebagainya. 

2. Product and Brand Manager

Berbekal ilmu yang dimiliki sebagai KOL specialist, Anda juga bisa terjun ke bidang pekerjaan sebagai product and brand manager. Di jenjang karir ini, Anda bertugas untuk mengelola dan mengembangkan identitas brand agar mencerminkan tujuan, nilai, dan visi sebuah brand

Anda juga berperan untuk mengatur strategi pemasaran, manajemen produk, hingga pengelolaan citra brand

3. Digital Marketing Consultant

Jenjang karir KOL specialist berikutnya bertugas dalam memberikan masukan atau arahan terhadap sebuah brand agar penjualan meningkat. Masukan ini berupa pemasaran secara online karena memanfaatkan metode digital marketing

Anda akan membantu sebuah brand dalam mengoptimalkan pemasaran mereka, menyusun strategi pemasaran yang efektif, memanfaatkan tools digital marketing untuk tingkatkan konversi, dan mengevaluasi hasil pemasaran yang sudah dilakukan. 

Skill yang Dibutuhkan oleh KOL Specialist

KOL specialist yang banyak dibutuhkan oleh brand atau organisasi tertentu perlu memiliki beberapa skill (kemampuan) di bawah ini: 

1. Kemampuan Negosiasi

Skill utama yang dibutuhkan oleh KOL specialist adalah kemampuan dalam bernegosiasi. Negosiasi diperlukan agar tercipta keselarasan dan kesepakatan antara KOL, brand, dan media/pihak ketiga yang terkait. 

Tujuannya agar setiap pihak merasakan keuntungan (benefit) masing-masing dan tujuan tiap pihak pun tercapai. Misalnya, Anda bekerja sama dengan seorang KOL yang aktif di bidang ekonomi dan bisnis. 

Nah, Anda ingin layanan brand Anda dikenal oleh lebih banyak konsumen. Oleh karena itu, Anda berkolaborasi dengan KOL untuk memperkenalkan dan memasarkan layanan produk Anda. Sebagai imbalannya, Anda memberikan benefit berupa kompensasi atau hal lain sesuai kesepakatan. 

2. Komunikatif dan Adaptif

 kemampuan dalam berbicara dengan jelas dan persuasif juga sangat penting. Kamu harus mampu mengartikulasikan visi perusahaan dan tujuan kampanye dengan jelas kepada para KOL, sehingga mereka dapat memahami dan menyampaikan pesan secara efektif kepada audiens mereka. Komunikasi yang persuasif akan membantu dalam negosiasi kesepakatan dan menjaga hubungan kerja yang saling menguntungkan.

3. Pemahaman Analisis Data

Sebagai seorang KOL Specialist, kemampuan analisis menjadi pondasi penting dalam menghadapi tantangan yang ada. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, data menjadi aset berharga yang dapat membantu mengambil keputusan yang tepat. Oleh karena itu, memahami dan menguasai kemampuan analisis menjadi kunci kesuksesanmu.

Melalui analisis data, kamu dapat mengidentifikasi tren dan pola perilaku konsumen. Dengan pemahaman yang mendalam tentang preferensi dan kebutuhan target audiens, kamu dapat memilih KOL yang paling sesuai untuk mencapai hasil yang diharapkan. Kemampuanmu untuk melihat peluang dan mengantisipasi perubahan pasar akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Itulah sekilas pembahasan tentang KOL specialist mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, jenjang karir, hingga skill yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan tersebut. Pastikan Anda memahami terlebih dahulu tentang KOL dan KOL specialist agar tidak salah kaprah, ya!

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *