Lompat ke konten

Daftar Pelabuhan Internasional di Indonesia

Pelabuhan internasional

Dikenal dengan julukan negara maritim, tak heran Indonesia memiliki banyak pelabuhan. Bahkan hampir di setiap provinsi di Indonesia memiliki pelabuhan.  Baik itu untuk melakukan transaksi nasional maupun internasional, berskala besar ataupun kecil.

Nah, Anda mungkin penasaran sebenarnya pelabuhan mana di Indonesia yang merupakan pelabuhan internasional. Berikut daftar pelabuhan internasional di Indonesia. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Pelabuhan Tanjung Priok 

ervcrpRdUb4hSo6a51oVBb4TFqXYoW2jLLNRX2acsUP7ivWJij ZpaQFvXrpjHnTH rrXZIBhPyIEg drePmNq7jsubJClo DivpdkiRpMCl4L5axRRJndr

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan internasional paling sibuk dan paling besar di Indonesia. Pelabuhan ini berada di ibu kota negara tepatnya Tanjung Priok, Jakarta Utara. Port of Tanjung Priok sendiri mampu menyelesaikan hingga lebih dari 30 % komoditi non migas juga lebih dari 50 % dari semua arus barang yang masuk atau keluar dari pelabuhan satu ini.

Memiliki fasilitas intermodal yang lengkap, Port of Tanjung Priok membuat distribusi logistic menjadi lebih mudah dilakukan. Seluruh pelabuhan di Indonesia bahkan sudah terhubung dengan Port of Tanjung Priok ini. 

Port of Tanjung Priok memiliki lokasi yang cukup strategis yaitu berada di hinterland, sebuah kawasan dengan kegiatan industri dan perdagangan. Tak heran, Pelabuhan Tanjung Priok sendiri menjadi salah satu pelabuhan utama di pulau Jawa. 

Dengan fasilitas memadai dan teknologi modern keluaran terbaru, Pelabuhan Tanjung Priok bisa dijadikan sebagai direct call dari perdagangan internasional, yaitu pusat perdagangan internal utama berbagai kapal termasuk kapal pesiar. Melayani arus keluar masuk berbagai barang mulai dari barang konvensional, barang curah hingga container, Port of Tanjung Priok memiliki 5 terminal untuk kegiatan ekspor impor. Berikut daftarnya:

  1. Multi Terminal Indonesia (MTI)
  2. Terminal Petikemas Koja (TPK Koja)
  3. Jakarta International Container Terminal I (JICT I)
  4. Jakarta International Container Terminal II (JICT II)
  5. Mustika Alam Lestari (MAL)

Tak heran, pelabuhan satu ini menjadi pioneer perekonomian Indonesia. Port of Tanjung Priok memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana 65 % berasal dari kegiatan ekspor dan impor di Pelabuhan Tanjung Priok. 

2. Pelabuhan Soekarno-Hatta

thZB9gZ0y pHLSzYeI6LipLcD8HHxywHqhH6ZUEUk0l2prBsJR T8mS4X0Yhf5nBi E8d1S9jLpJtwaq3Af8ax3LtigA0HzcuX01kkhJoEh0wDLyUuiY2 JDeqmPogRzsKP6kf6p5tiLNGCp9y3WBvPlQV2J1d8YlxNlFwzEi22aHTJuNri2iieVon e 9dQ

Kali ini tidak di Pulau Jawa, Pelabuhan Soekarno-Hatta yang merupakan salah satu pelabuhan internasional Indonesia berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Merupakan pelabuhan utama, Port of Makassar memiliki luas gudang hingga 11.400 m2, panjang dermaga 2.520 m, luas lapangan penumpukan hingga 63.819 m2 dan berada di -16 mWLS kedalaman air. 

Hampir sama dengan Port of Tanjung Priok, Pelabuhan Soekarno-Hatta merupakan pelabuhan utama sebagai gerbang yang berada di pulau Sulawesi. Biasanya menjadi penghubung ekspor dan impor dari kawasan Indonesia Timur. 

Terdapat fasilitas cukup lengkap mulai dari 4 unit reach stacker, 3 unit wheel loader, 2 unit excavator, 2 unit mobile crane, 3 unit grab, dan 6 unit hopper. Dengan penunjang terbaik itu tak heran Port of Makassar menjadi penghubung antara berbagai negara untuk melakukan transaksi perdagangan. Dengan begitu urusan bisnis ekspor dan impor menjadi lancar dan lebih terkendali. Port of Makassar ini menjadi salah satu yang mendukung perekonomian negara Indonesia dari segi ekspor dan impor bisnis internasional

3. Pelabuhan Harbour Bay

iKq51LQ N2JohvGJGGmG2BDkGByj1yyfVPNSFb3NKX ILLJqACOBcrG0Z1fSjZhGeL9udviIGyTUW9 bh7Lm7DL3WGU7jHcR7ayvP0bWxASzjxg2EHznxO48X7huc

Jika sebelumnya merupakan pelabuhan yang mengantarkan barang, maka HarBour Bay adalah terminal internasional untuk mengangkut penumpang dengan tujuan Singapura dan Malaysia. Terletak di Jalan Duyung, Batu Ampar, Terminal Internasional Harbour Bay terhubung langsung dengan Harbour Bay Mall.

Pelabuhan ini memiliki lokasi yang cukup strategis, yaitu berada di kawasan bisnis Jodoh dan Nagoya, sehingga lebih nyaman ketika hendak berkunjung ke Singapura atau melakukan perjalanan sebaliknya. 

Mengenai pengelolaannya sendiri, BP Batam telah melakukan perjanjian kerjasama dengan PT Citra Tritunas. Tidak perlu khawatir kelaparan, sebab di sepanjang dermaga terdapat berbagai tenant yang siap memanjakan lidah Anda. 

Fasilitas yang memadai ini diakui oleh wisatawan yang melakukan perjalanan. Banyak sekali ulasan positif yang hadir di website maupun di agen travel. Dengan adanya pelabuhan ini, menambah devisa negara dari adanya wisatawan yang masuk dan keluar Indonesia. 

4. Pelabuhan Batam-Center

X9W1pp2YXVFyIJsKB

Berdekatan dengan Harbour Bay, Pelabuhan Batam Center merupakan pelabuhan untuk arus ekspor dan impor barang-barang. Berada di Jalan Engku Putri, Batam Center, pelabuhan ini merupakan pelabuhan internasional sebagai gerbang utama yang cukup sibuk di Batam. 

Menggunakan kapal feri, pelabuhan ini melayani pengiriman barang ke SIngapura dan Malaysia. Operator pelabuhan dipegang oleh PT Synergi Tharada dengan panjang 2700 m, lebar 100 m, dan kedalaman 4 sampai dengan 6 m WLS. Kolamnya bahkan berukuran 460 m2. 

Untuk dapat menemukan pelabuhan internasional Anda bisa mengaksesnya melalui Mega Mall Batam Center.  Selain mengangkut barang, terminal ini juga bisa mengangkut orang, oleh karena itu tak jarang didapati banyak wisatawan mancanegara yang memadati Mega Mall Batam Center. 

5. Pelabuhan Tanjung Perak

blD52SWzkDVxvq3EOQQQV7kkbn7vGNMe Ir7VCKoR393nlifvhSnaOUhZyeywOYtxpZ5j8UmtszAeRIqMik7nsCg 5vbvZCTIe1my7GV3 dBDLXIRCZJZ4eRWPYBNkahNj9lrcjmHBm3vaK0PosQaJ yIqK9MH8OvXlMdKSWK71fynm

Terakhir, pelabuhan internasional di Indonesia adalah Pelabuhan Tanjung Perak. Port of Tanjung Perak ini merupakan yang terpadat di Surabaya, Jawa Timur. Bahkan menjadi yang paling padat kedua setelah Port of Tanjung Priok. Bisa dibayangkan seberapa padatnya.

Port of Tanjung Perak merupakan tempat dimana barang dan distributor barang dari kawasan Timur berkumpul menjadi satu. Memiliki terminal penumpang yang cantik bernama Gapura Surya Nusantara menjadi salah satu yang termewah di Indonesia. Bisa memanjakan mata para wisatawan baik wisatawan macanegara maupun domestic.

Dengan perkembangan yang begitu pesat, Port of Tanjung Perak ditopang oleh kehadiran Terminal Pelabuhan Teluk Lamongan. Memiliki teknologi canggih dengan fasilitas memadai, keduanya saling terhubung dengan sistem monorel peti kemas yang merupakan pertama di dunia. 

Sebagai wisatawan mancanegara, Anda tidak perlu khawatir sebab para penumpang dapat mengakses fasilitas hotel kapsul sebagai salah satu pilihan apabila Anda belum mengetahui kemana kaki tertuju.  Tak hanya itu, terdapat juga North Quay yaitu sebuah tempat dengan pemandangan begitu cantik yang menyuguhkan hamparan laut dari rooftop. Banyak juga menu hidangan yang bisa dinikmati. 

Port of Tanjung Perak ini berada di tempat cukup strategis berada di hinterland membuatnya menjadi Pusat Pelayanan Interinsuler Kawasan Timur Indonesia. Tak hanya melayani ekspor dan impor, Pelabuhan Tanjung Perak juga melayani pengiriman dalam negeri. Di sebelah pelabuhan ini, terdapat pelabuhan pendukung yaitu Pelabuhan Ujung. 

Berbagai fasilitas dan teknologi canggih yang dimiliki Port of Tanjung Perak ini tak heran membuatnya menjadi super sibuk. Banyak aktivitas dilakukan di sana artinya banyak kegiatan ekonomi yang kemudian hidup. Tentu mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia juga dalam hal ekspor dan impor. 

Nah, berikut di atas merupakan 5 pelabuhan internasional di Indonesia yang wajib Anda ketahui. Kelima pelabuhan tersebut memiliki perannya masing-masing dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tentu untuk lebih mendukung lagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, perlu terus adanya perbaikan fasilitas serta mengikuti kecanggihan teknologi supaya bisa terus berkembang.

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *