Lompat ke konten

Tips Live Streaming untuk Pemula agar Penjualan Sukses

live streaming

Aktivitas live streaming belakangan ini mulai digandrungi banyak orang karena tawarkan keuntungan banyak dan mudah dilakukan, khususnya bagi peningkatan penjualan bisnis.. Terlebih lagi sudah banyak platform/aplikasi yang memiliki fitur live gratis bagi para penggunanya. 

Siapa pun bisa memulai live streaming termasuk Anda. Sebagai pemula, tentu Anda harus mempersiapkan diri lebih matang agar bisa meningkatkan engagement, menjangkau audiens/konsumen lebih luas dan beragam, hingga menjadi media pemasaran produk/layanan milik Anda sendiri.

Lalu, bagaimana tips live streaming untuk pemula agar penjualan sukses? Artikel berikut ini akan memberikan beberapa tips efektif yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Tips Live Streaming untuk Pemula

Tips live streaming untuk pemula di bawah ini bisa dilakukan untuk berbagai tujuan. Mulai dari entertainment (hiburan) hingga penjualan produk/layanan. Anda bisa menerapkan tips-tips yang ada untuk live jualan baju, live jualan skincare, dan masih banyak lagi. Mari simak tips lebih lengkapnya pada pembahasan berikut ini:

1. Tentukan Topik/Tema yang Akan Dibawa saat Live Streaming

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah Anda sudah memiliki topik atau tema yang akan dibawakan saat live streaming. Tema menjadi bagian yang cukup penting karena Anda akan lebih fokus dalam menyampaikan informasi dan membuka forum diskusi bersama pada viewers atau penonton. 

Misalnya, Anda sebagai pebisnis makeup akan mengeluarkan produk baru yaitu liptint. Nah, topik yang bisa dibawa berupa shade liptint apa saja yang tersedia, kandungan dalam produk tersebut, testimoni, dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya topik tersebut, viewers pun akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait brand dan produk Anda. Penonton juga bisa mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibawakan atau berkaitan dengan perusahaan Anda. 

Pembuatan tema/topik juga berkaitan tentang beberapa hal yang bisa atau tidak bisa diutarakan. Misalnya, tidak membahas tentang kekerasan atau SARA, menggunakan bahasa yang sopan, dan sebagainya. 

2. Pilih Platform Streaming Sesuai Kebutuhan

Sekarang ini sudah banyak platform streaming gratis yang bisa Anda akses dengan mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan akun bisnis Anda di platform tersebut. 

Platform streaming juga umumnya sudah menyediakan beragam fitur pendukung untuk melengkapi aktivitas streaming Anda. Fitur tersebut seperti live chat, stiker, gift, collab, raise hand, dan masih banyak lagi. 

Nah, dalam memilih platform yang sesuai, Anda perlu menetapkan dahulu tujuan live streaming yang akan dilakukan. Jika ingin bersifat entertainment sambil berjualan, Anda bisa memilih live streaming di aplikasi TikTok. Apabila ingin fokus berjualan, Anda bisa mencoba platform streaming Shopee Live. 

3. Buat Jadwal Rutin Live Streaming

Tips berikutnya adalah jangan lupa untuk membuat jadwal rutin live streaming. Tujuan utama melakukan streaming tidak hanya untuk meningkatkan penjualan. Akan tetapi, lebih daripada itu, bagaimana Anda bisa menarik perhatian penonton dengan konten yang ditayangkan. 

Caranya adalah dengan membuat jadwal rutin semisal 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, dan sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan. Anda pun perlu menetapkan jam dan durasi live streaming agar penonton bisa meluangkan waktunya untuk menyaksikan tayangan Anda. 

Selain itu, pastikan live streaming dilakukan tepat waktu, ya! Tujuannya agar penonton tidak menunggu terlalu lama dan berujung kecewa. 

4. Persiapkan Peralatan Pendukung Live Streaming

Apabila tema, jadwal, dan persiapan live streaming sudah matang, sekarang waktunya Anda untuk menyiapkan peralatan pendukung. Pada dasarnya, peralatan yang dibutuhkan untuk live streaming tidaklah merepotkan. 

Anda hanya memerlukan smartphone atau gadget dengan kamera berkualitas baik. Selain itu, pastikan Anda berada di ruangan yang tidak terlalu ramai dengan pencahayaan yang baik. 

Jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menggunakan kamera, tripod, hingga ring light agar kualitas konten live lebih maksimal. 

Selain peralatan, hal yang utama untuk diperhatikan adalah kestabilan koneksi internet. Koneksi internet sangat memengaruhi kualitas video dan keberjalanan live streaming Anda. Tujuannya agar penonton tidak kecewa karena video buram atau suara terputus-putus. 

5. Ajak Interaksi Dua Arah dengan Viewers (Penonton) 

Tips live streaming untuk pemula berikutnya adalah bagaimana Anda bisa membangun interaksi dua arah dengan penonton. Anda bisa memaksimalkan fitur live chat agar bisa membaca komentar yang masuk. 

Kemudian, Anda dapat merespons komentar atau pertanyaan yang diberikan agar penonton merasa lebih dekat dengan Anda. Tidak hanya itu saja, interaksi ini juga berfungsi untuk mengetahui apakah penonton menyimak live Anda dengan maksimal. 

6. Bangun Self-Branding Unik dan Menarik 

Biasanya, penonton memutuskan untuk menonton live streaming karena tema yang dibawakan menarik dan streamer (moderator) pembawa live memiliki branding yang unik. Branding unik di sini berkaitan dengan pembawaan yang Anda tampilkan di depan layar dan ciri khas yang ditunjukkan. 

Misalnya, Anda memiliki self-branding yang jenaka dan gemar berguyon (bercanda). Nah, Anda dapat mengombinasikan ciri khas tersebut ketika membawakan informasi saat live agar lebih diingat oleh penonton. 

Alhasil, jika self-branding Anda sesuai dengan selera penonton, mereka pun berpeluang untuk hadir terus di live Anda bahkan mengajak rekan lainnya. Tentunya hal ini akan memengaruhi penjualan bisnis karena semakin banyak orang yang mengenal kanal live streaming Anda. 

7. Promosikan Live Streaming Anda 

Tips terakhir adalah jangan lupa untuk mempromosikan live streaming Anda, ya. Sebagai pemula, tentu belum banyak orang yang akan tahu tentang channel Anda. 

Anda bisa mengajak rekan-rekan atau saudara untuk menonton acara Anda. Selain itu, maksimalkan juga media sosial yang dimiliki untuk mempromosikan live streaming beserta jadwalnya. Tips ini juga akan bermanfaat agar Anda bisa meningkatkan audiens tanpa buzzer

Rekomendasi Platform untuk Live Streaming

Agar live streaming Anda bisa meningkatkan penjualan, berikut ada beberapa rekomendasi platform untuk live yang bisa diakses secara gratis: 

1. TikTok Live

Platform yang pertama ini memungkinkan Anda untuk meraih audiens yang lebih beragam dari berbagai latar belakang. TikTok sebagai aplikasi video singkat ingin meningkatkan interaksi antara audiens dan host live streaming melalui fitur pendukung yang optimal. 

Untuk menggunakan TikTok Live, pastikan Anda memiliki pengikut minimal 1.000 followers, ya. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan fitur TikTok dengan berbagai tools pendukungnya, seperti live chat, gift, coins, dan masih banyak lagi. 

2. Youtube Live

Youtube sebagai aplikasi berbagi video pertama di dunia juga menyediakan fitur live streaming untuk para penggunanya. Youtube Live memudahkan Anda untuk mengakses fitur live melalui perangkat yang sudah terhubung dengan kamera. 

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari menjadi streamer Youtube, loh! Cukup menarik, bukan? 

Nah, Anda bisa mengakses YouTube Live jika Anda sudah memiliki setidaknya 50 subscribers di akun Anda. 

3. Instagram Live

Instagram yang merupakan produk dari META juga menyediakan fitur Instagram Live. Fitur ini bisa diakses gratis oleh siapa pun tanpa persyaratan. Artinya, Anda tidak perlu memiliki jumlah minimal followers tertentu untuk bisa memulai live streaming

Anda bisa memanfaatkan beragam fitur Instagram Live seperti Q&A, collaboration dengan followers, like, dan masih banyak lagi. 

4. Shopee Live

Platform Shopee sebagai e-commerce terbesar di Asia juga menyediakan fitur Shopee Live bagi para pebisnis. Anda bisa memanfaatkan fitur keranjang yang memudahkan pelanggan langsung melakukan transaksi saat live berlangsung.

Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa memberikan kupon khusus bagi penonton yang menyaksikan live streaming akun Anda. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri agar penonton yang hadir pun banyak dan penjualan meningkat. 

Itulah beberapa tips live streaming untuk pemula agar penjualan sukses. Pastikan Anda menyiapkan strategi optimal agar live streaming berjalan maksimal dan menguntungkan.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *