Pernah dengar pepatah yang mengatakan bahwa kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari akan berdampak besar pada kesuksesan? Jika pernah, hal tersebut tidak sepenuhnya salah.
Tanpa disadari, ternyata kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari bisa meningkatkan nilai pada diri sendiri dan berpengaruh terhadap perjalanan karier seseorang. Lantas, kebiasaan apa saja yang bisa berdampak pada karier untuk bisa diterapkan?
Daripada penasaran, artikel di bawah ini akan membahas informasi terkait hal tersebut lebih lanjut. Mari simak pembahasan di bawah ini!
1. Disiplin Waktu
Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh seseorang adalah mengenai pengaturan atau manajemen waktu. Dalam satu hari, terdapat waktu 24 jam untuk bisa digunakan secara maksimal. Namun, tidak semua orang bisa menerapkannya.
Setiap harinya, Anda dihadapkan pada dua opsi dalam menjalani hari. Apakah Anda ingin bersantai-santai dan menunda pekerjaan atau Anda ingin produktif dan menyelesaikan tanggung jawab yang ada?
Nah, jika Anda ingin sukses dalam karier, Anda harus bisa disiplin dalam waktu. Disiplin dalam hal ini berkaitan dengan manajemen waktu, membuat skala prioritas untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan, hingga membuat daftar rencana terkait kegiatan yang akan dilakukan dalam satu hari.
Selain itu, disiplin waktu juga berkaitan dengan ketepatan waktu dalam hal kehadiran di kantor atau tempat kerja, ketepatan pengumpulan tugas, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda pun dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tidak terlambat.
Penilaian Anda di kantor atau tempat bekerja pun bisa terus meningkat dan memengaruhi karier Anda ke depannya.
2. Mudah Menerima Saran dan Kritik Orang Lain (Introspeksi Diri)
Terkadang, seseorang hanya bisa menilai tetapi kurang siap apabila dinilai oleh orang lain. Namun, apabila Anda ingin sukses dalam karier, Anda perlu membiasakan diri untuk menerima saran dan kritik dari orang lain.
Bagaimana caranya? Caranya bisa dimulai dengan berdiskusi bersama rekan atau kerabat terkait tugas atau pekerjaan yang Anda lakukan. Anda dapat menanyakan perihal kekurangan, evaluasi, atau masukan terhadap pekerjaan Anda.
Apabila dirasa saran tersebut membangun Anda, Anda bisa menerimanya dan menerapkannya pada diri sendiri.
3. Selalu Belajar Hal Baru
Perlu diingat bahwa tidak ada batasan dalam mempelajari hal baru. Semua orang bisa mengakses informasi baru yang sama guna meningkatkan kemampuan dalam diri. Kebiasaan kecil inilah yang bisa berdampak besar pada karier Anda ke depannya.
Belajar tidak harus selalu di instansi pendidikan tertentu. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, Anda bisa belajar banyak hal baru dari internet atau sosial media. Selain itu, lingkungan sekitar juga bisa menjadi sumber informasi dan wawasan yang tidak banyak orang tahu.
Banyak mengobrol dan berdiskusi seputar topik tertentu dengan rekan atau kerabat bisa memperkaya pengetahuan Anda, loh! Tidak hanya itu, Anda pun bisa menggali informasi baru bahkan dari orang yang baru atau tidak dikenal.
Informasi tersebut bisa Anda terapkan pada pekerjaan sehingga menciptakan inovasi baru pada pekerjaan Anda. Sangat menarik, bukan? Ternyata dengan memiliki keingintahuan yang tinggi bisa berdampak besar pada masa depan Anda.
4. Berani Menyampaikan Pendapat
Tidak semua orang berani menyampaikan pendapatnya terlebih ketika pendapat tersebut bertentangan dengan semua orang. Jika Anda memiliki keberanian ini, kebiasaan tersebut bisa sangat berdampak besar pada karier.
Dalam dunia pekerjaan, tentu diperlukan evaluasi dan inovasi baru setiap saatnya. Tujuannya adalah agar operasional perusahaan pun bisa berjalan efektif dan mendapatkan penghasilan maksimal.
Oleh karena itu, diperlukan seseorang yang berani menyampaikan pendapat mengenai proyek atau tugas tertentu agar lebih efisien dalam pelaksanaannya. Dengan memiliki keberanian ini, Anda akan dianggap sebagai orang yang percaya diri dan yakin terhadap apa yang akan disampaikan dan dilakukan.
Berani menyampaikan pendapat bukan berani menolak pendapat yang sudah ada. Jadi, Anda pun perlu menerima berbagai pendapat atau sanggah terhadap pernyataan yang disampaikan. Dengan begitu, akan tercipta diskusi yang harmonis guna mencapai kesepakatan bersama.
5. Tidak Pernah Menunda Pekerjaan
Salah satu penghambat kesuksesan seseorang adalah dari seringnya menunda pekerjaan. Tugas yang seharusnya bisa selesai dalam 1 hari, tetapi terus ditunda hingga baru diselesaikan mendekati batas waktu atau deadline.
Memang ada beberapa tipe individu yang baru bisa mengerjakan tugas mendekati batas waktu disebabkan beberapa alasan tertentu. Namun, akan lebih baik apabila Anda menyelesaikan sebelum waktunya.
Dengan menunda pekerjaan, hal tersebut menandakan bahwa Anda tidak disiplin dalam waktu. Akibatnya, Anda akan keteteran atau kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan lainnya.
Maka dari itu, penting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Tujuannya agar Anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengevaluasi kembali tugas yang dikerjakan.
Dari hal tersebut, Anda dapat melihat apakah ada hal yang kurang, hal terlewatkan, atau bahkan belum tersampaikan sama sekali. Sebagai hasilnya, tugas Anda pun akan menjadi lebih sempurna ketika dikumpulkan.
Dari 5 kebiasaan kecil yang berdampak besar pada karier di atas, apakah Anda sudah menerapkan salah satunya? Apabila belum, sekarang saat yang tepat untuk mulai kebiasaan kecil tersebut karena sangat bermanfaat bagi pengembangan diri dan karier.