Lompat ke konten

7 Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Pulsa dan kuota data kini seolah sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Apalagi dengan pandemi covid19 yang mendorong semua hal dilakukan di rumah saja, permintaan terhadap handphone dan kuota data kini semakin meningkat. 

Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi ladang usaha yang menguntungkan. Berikut ini 7 keuntungan usaha konter pulsa yang patut untuk Anda perhitungkan:

1. Modal Relatif Kecil

Untuk memulai bisnis pulsa, Anda hanya memerlukan uang 100.000 saja. Hal ini tentunya dengan catatan Anda memulai bisnis ini dengan tanpa menggunakan lapak dan hanya bermodalkan handphone saja. 

Lain ceritanya jika Anda ingin membuka konter pulsa dengan lokasi tetap. Untuk membuka usaha konter pulsa yang seperti ini, tentu membutuhkan modal yang lebih besar. Modal ini digunakan untuk membeli berbagai peralatan seperti, meja etalase, membeli voucher dari pabrik, menyewa lapak dan lain sebagainya. 

Sisi positifnya adalah lapak jual beli pulsa bisa dibuka dimanapun termasuk depan rumah Anda sendiri. Dengan demikian, Anda bisa lebih berhemat biaya sewa lapak. 

2. Bisa Digabung Dengan Bisnis Lain

Salah satu kelebihan usaha konter pulsa adalah, bisnis tersebut tidak memerlukan tempat yang luas sehingga bisa digabung dengan usaha lain. Beberapa usaha yang bisa dijadikan satu dengan konter pulsa adalah:

  • Jasa fotocopy
  • Jasa pengetikan dan editing
  • Toko kelontong
  • Usaha Wifi
  • POM Mini
  • Jasa token PPOB lainnya
  • Toko alat tulis
  • Top up game dan dompet digital.
  • Usaha mitra bank seperti BRI Link
  • Toko aksesoris handphone dan lain-lain.

Bahkan apabila konter pulsa milik Anda sering dikunjungi orang, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengiklankan usaha Anda lainnya yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan usaha jual beli pulsa. 

Contohnya, suami atau saudara Anda memiliki usaha rental motor, maka dia bisa memasang iklan usahanya di konter milik Anda.

3. Promosi Relatif Mudah

Kelebihan lain dari usaha konter pulsa adalah pr

omosi yang relatif mudah karena produk pulsa dan kuota data adalah produk yang kini sudah banyak diketahui publik. Jadi, Anda tidak perlu promosi gencar lagi. 

Kalaupun perlu promosi, biasanya untuk memperkenalkan produk kartu baru perusahaan dan Anda akan difasilitasi oleh perusahaan terkait sehingga yang perlu Anda lakukan adalah memajang poster yang diberikan perusahaan di depan konter Anda.

4. Metode Pembukuan Yang Mudah

Metode kerja konter pulsa sama seperti perusahaan dagang lainnya. Hanya saja metode pembukuan konter pulsa lebih mudah. Sebab, Anda tidak perlu menghitung harga pokok penjualan (HPP) atau harga kulakan karena umumnya harga pulsa atau kuota data untuk level konter sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. 

Anda juga bisa membeli pulsa dari aplikasi pihak ketiga terutama untuk pembelian secara digital. Namun demikian, harga pulsa di aplikasi tersebut sudah tertera dan tinggal Anda mau mengambil laba berapa. 

Asalkan Anda bisa mencatat transaksi-transaksi seperti ini dengan baik, Anda tinggal menghitung berapa jumlah pendapatan Anda dalam sebulan. 

5. Kebutuhan Akan Pulsa dan Kuota Data Akan Tetap Tinggi

Kebutuhan akan pulsa dan kuota data tetap akan tinggi atau setidaknya tidak akan mati segera. Hal ini karena zaman menuntut banyak hal untuk serba online mulai dari belajar hingga bekerja dan menonton film kini bisa dilakukan dengan online. 

Belum lagi Pemerintah Republik Indonesia memang menargetkan pertumbuhan ekonomi digital negeri ini sehingga infrastruktur penunjang ekonomi digital seperti, tower BTS, penyedia sinyal 5G dan lain-lain akan terus dibangun. 

Kebutuhan akan pulsa juga seiring dengan peningkatan jumlah smartphone dan laptop yang akan dijual. Jika produksi kedua gawai ini terus berkembang, maka kebutuhan terhadap pulsa dan kuota data juga terus berkembang. 

6. Potensi Keuntungan Yang Cukup Tinggi

Potensi keuntungan usaha konter pulsa cukup tinggi. Biasanya, sekali jual kartu perdana baru atau menjual pulsa dan kuota saja penjual hanya mengambil margin 2.000 rupiah. Akan tetapi jika satu hari saja ada 20 transaksi yang berhasil, Anda bisa memperoleh laba bersih sebesar 1 juta rupiah setiap harinya. 

Jumlah ini tentunya bisa lebih besar jika Anda menggabungkan usaha ini dengan usaha-usaha lain seperti yang telah disebutkan di atas dan bersedia menjual pulsa di luar jam operasional konter. 

7. Risiko Rendah

Dengan modal minim, bisa digabung dengan bisnis lain dan potensi keuntungan yang cukup tinggi serta berkelanjutan, boleh dikatakan usaha konter pulsa adalah salah satu usaha dengan risiko rendah. 

Risiko yang harus Anda hadapi hanyalah risiko bencana alam (yang bisa datang tanpa diduga) dan risiko pembeli beli pulsa tapi lupa dibayar. Untuk mengatasi hal ini, singkirkan rasa sungkan Anda, catat setiap piutang pulsa di buku berbeda dan tagihlah uang pulsa yang belum dibayar tersebut. Karena terkadang pembeli terlalu meremehkan utang pulsa di konter. 

Tapi, disisi lain Anda juga harus menyadari bahwa dengan kelebihan-kelebihan ini kini banyak bertebaran usaha konter pulsa lainnya. Belum lagi peluang bisnis ini juga bisa berkurang akibat adanya WiFi dan kemampuan pembeli untuk membeli pulsa dari aplikasi di smartphone. 

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *