Lompat ke konten

10 Aplikasi Keuangan Masjid Gratis

Aplikasi Keuangan Masjid

Pengelolaan keuangan masjid kini sebagian pihak sudah meninggalkan cara tradisional seperti buku nota atau kas karena kurang praktis. Saat ini sudah banyak hadir aplikasi keuangan masjid gratis untuk manajemen finansial secara lebih mudah, tidak membuang banyak waktu, serta tak menimbulkan limbah kertas. Perhitungannya pun dilakukan secara otomatis, tidak lagi menggunakan kalkulator atau manual.

Ada beberapa aplikasi pengelolaan keuangan masjid yang bisa dipakai secara gratis untuk para takmir dengan fitur lengkap, sehingga pengaturan finansial jadi lebih terstruktur. Apa saja aplikasinya? Simak ulasan lengkapnya pada bacaan di bawah ini.

1. Aplikasi Manajemen Masjid (AMM)

Aplikasi Manajemen Masjid (AMM) adalah salah satu software terbaik untuk manajemen finansial di masjid karena fiturnya sesuai dengan kebutuhan. AMM dikembangkan oleh Kementerian Agama bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) guna mempermudah pekerjaan takmir untuk pengelolaan jamaah, keuangan, perencanaan dakwah, serta potensi ziswaf.

AMM termasuk canggih teknologinya karena sudah mampu membuat perencanaan kegiatan kemudian mempublikasinya secara otomatis kepada para jamaah. Selain mampu mengelola keuangan masjid dengan baik sesuai Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) saja, AMM pun mampu mendata jumlah kehadiran shalat jamaah, dan menyajikan fitur lengkap lainnya yang pasti dibutuhkan takmir agar dapat dilaksanakan secara lebih cepat sekaligus praktis.

2. Aplikasi Catatan Keuangan

Selanjutnya ada alternatif lain untuk takmir supaya dapat mengatur finansial masjid, yakni aplikasi bernama Catatan Keuangan. Aplikasi tersebut sebenarnya dirancang untuk manajemen finansial rumah tangga serta pribadi, namun tidak ada salahnya digunakan untuk membantu para takmir masjid mengingat fitur di dalamnya cukup lengkap.

Aplikasi Catatan Keuangan dirancang dengan desain user interface yang ringan, bahkan bisa dioperasikan oleh siapapun meskipun masih awam. Melalui aplikasi tersebut, dapat diketahui besar jumlah pemasukan serta pengeluaran yang dikategorikan berdasarkan kelompok tertentu beserta rincian catatannya.

Anda dapat melihat langsung seberapa banyak pengeluaran yang juga disajikan dalam bentuk grafik. Hal ini sangat memudahkan untuk merangkumnya menjadi suatu laporan finansial setiap hari, mingguan, bulanan, maupun dalam setahun.

3. Masjidku

Masjidku adalah salah satu contoh aplikasi keuangan masjid gratis yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh para takmir. Program tersebut dapat diaplikasikan langsung di PC/laptop, Android, serta iOS hanya bermodalkan koneksi internet dan tidak perlu memasang software pendukung lainnya. Tampilan user interface dari aplikasi ini terbilang ringan, sederhana, sekaligus mudah dimengerti.

Mempunyai sistem keamanan yang sangat baik dan dirancang menggunakan framework codeigniter, Masjidku dapat diandalkan sebagai aplikasi administrasi keuangan. Menariknya lagi, program ini bisa multi user sesuai kebutuhan dan jabatan kepengurusan yang membentuk kepanitiaan. Tak hanya itu saja, banyak fitur unggulan lainnya seperti fitur chat dengan jamaah-takmir, pelaporan keuangan yang mudah, hingga pengelolaan kegiatan agar lebih rapi sekaligus terjadwal.

4. Moneydance

Moneydance merupakan salah satu alternatif lainnya untuk mengatur keuangan masjid dengan baik yang dapat dioperasikan pada Mac OS, Windows, maupun Linux. Fitur unggulannya salah satunya dari tampilannya, yakni menggunakan single window interface supaya lebih rapi dan tidak membingungkan penggunanya. Hal paling penting adalah aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

Aplikasi Moneydance mampu mengelola keuangan masjid karena dilengkapi fitur catatan pengeluaran, pemasukan, hingga rincian laporan keuangan yang dirangkum secara rapi. Cara kerja Moneydance mirip sekali dengan buku cek/nota, jadi siapapun yang pernah secara manual memakai buku tersebut, maka tidak akan kesusahan mengoperasikan Moneydance.

5. Buddi

Rekomendasi aplikasi gratis untuk pengelolaan keuangan masjid yaitu Buddi, yang merupakan software open source untuk perencanaan sekaligus pembuatan anggaran. Buddi dapat dioperasikan pada sistem Windows, Mac OS, maupun Linux. Menariknya lagi aplikasi gratis ini dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa sesuai kebutuhan lalu dapat dipakai oleh siapapun meski tak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi maupun bidang finansial lainnya.

Mengapa Buddi sangat cocok untuk membantu takmir mengelola anggaran masjid? Tentu saja karena fitur di dalamnya sangat lengkap, antara lain pencatatan pengeluaran-pemasukan, pelaporan finansial, pelacakan akun rekening bank. Mungkin tampilannya agak rumit bagi sebagian orang, namun tak perlu khawatir karena sudah terdapat buku panduannya secara online.

6. GnuCash

Apabila Anda sedang mencari aplikasi gratis untuk mengelola keuangan, termasuk masjid maka GnuCash dapat dijadikan pilihan. Apalagi GnuCash kompatibel untuk perangkat Windows, Linux, dan MacOS. Tampilan user interfacenya sangat sederhana dan mungkin kurang terlihat modern seperti aplikasi sejenisnya, namun penggunaannya tidak rumit sama sekali, bahkan sangat membantu takmir untuk mengatur keuangan masjid.

Fitur di dalam GnuCash bisa dikatakan lumayan lengkap, sehingga tidak ada salahnya menjadikannya sebagai alternatif pilihan mengelola finansial. GnuCash mempunyai fitur unggulan, antara lain catatan pemasukan, catatan pengeluaran, perencanaan anggaran, hingga pelacakan nomor rekening. 

7. TurboCASH

TurboCASH adalah software akuntansi yang usianya sudah cukup tua karena sudah dirilis sejak tahun 1985 dengan pilihan 23 bahasa untuk dioperasikan. Meskipun usianya sudah cukup tua, software keuangan ini pun mempunyai komunitas sendiri, jumlah anggotanya kurang lebih sekitar 100 ribu orang dari seluruh dunia.

Software TurboCASH dirancang guna membantu pengaturan sekaligus pengelolaan finansial di suatu UMKM, namun dapat dijadikan sebagai alternatif pengelolaan keuangan masjid. Menariknya lagi, aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis pada berbagai sistem operasi, baik Windows, Mac OS, maupun Linux. Dengan begitu pengaturan finansial masjid oleh takmir dapat dilakukan secara tepat dan cepat.

8. Mint

Intuit merilis aplikasi keuangan gratis bernama Mint, namun dapat juga dijadikan sebagai software alternatif untuk mengatur keuangan masjid karena mempunyai fitur lumayan lengkap. User interface Mint sangat ringan dan tidak membingungkan, jadi dapat dioperasikan oleh siapapun usernya tanpa harus mempunyai latar belakang pendidikan khusus.

Aplikasi Mint dapat membantu takmir masjid mengelola finansial secara lebih rapi karena terdapat fitur berupa pembuatan anggaran, pengeluaran, skor piutang, sampai tagihan rutin. Tak hanya itu saja, Mint juga membantu Anda membuat suatu pengingat lalu datanya dapat terhubung pada web serta aplikasinya. Sistem keamanannya pun terjamin, jadi tidak salahnya mencoba mengoperasikannya.

9. Google Sheets

Google Sheets adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh google dan dapat diakses secara gratis, hanya membutuhkan koneksi internet saja. Tampilannya berupa tabel-tabel dengan sejumlah fitur lengkap, mulai dari rumus, mata uang, perhitungan cepat, dan lain sebagainya. Meskipun harus membuat tabelnya secara manual, namun pengoperasiannya pun mudah dilakukan.

Apabila tertarik menggunakannya, Anda dapat mengakses Google Sheets di website. Mengoperasikannya di handphone mungkin agar terlihat simpel, sebenarnya kurang direkomendasikan karena fiturnya jadi terbatas. Namun, Anda dapat mengoperasikannya pada perangkat manapun, baik Windows, Mac OS, Android, maupun iOS.

10. Microsoft Excel

Alternatif aplikasi lainnya untuk mengatur finansial masjid adalah Microsoft Excel. Sekilas memang tampilannya mirip dengan Google Sheets beserta fitur di dalamnya, namun  perbedaannya adalah perihal aksesnya. Microsoft Excel dapat diakses secara online pada perangkat Windows, Android, iOS.

Disajikan dalam tampilan berupa tabel-tabel, memudahkan Anda membuat laporan keuangan dengan mudah sekaligus menghitungnya. Dengan begitu, pengerjaannya jadi semakin cepat karena sangat praktis.

Itulah aplikasi keuangan masjid yang bisa diakses secara gratis. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan fiturnya.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.