Lompat ke konten

7 Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Contoh Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa di Indonesia semakin beragam seiring perkembangan zaman, mulai dari keuangan, kesehatan, transportasi, telekomunikasi, pendidikan, logistik, dan properti. Kebutuhan masyarakat juga kian bertambah, sehingga mereka tidak hanya membutuhkan barang-barang saja, tetapi juga pelayanan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, adanya perusahaan jasa sangat mempermudah banyak orang untuk menjalankan aktivitasnya.

Berbeda dengan perusahaan pada umumnya, perusahaan jasa tidak memberikan produk berupa barang kepada masyarakat, tetapi berupa pelayanan yang tak berwujud fisik. Mereka tidak memiliki patokan harga secara umum, lebih disesuaikan kepada konsumen melalui jenis pelayanannya. Misalkan transportasi kereta api, mereka menyediakan kereta api untuk mengantarkan Anda dari tempat pemberangkatan ke tempat tujuan, harganya tergantung ke mana Anda hendak pergi.

Mengingat keberadaannya sangat penting, jadi kira-kira, apa saja contoh perusahaan jasa yang ada di Indonesia? Berikut ini adalah penjelasan mengenai perusahaan jasa dan contohnya.

Mengenal Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu jenis bisnis yang bukan menyediakan produk barang berwujud kepada konsumennya, tetapi berupa pelayanan sebagai cara untuk memperoleh keuntungan.

Keberadaannya meskipun produknya tak berwujud, tetapi sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna menunjang kebutuhan sehari-hari mereka. Meskipun begitu, perusahaan tersebut wajib memiliki barang, alat, atau media untuk mempermudah usahanya untuk melayani masyarakat.

Perusahaan jasa dan contohnya sangat beragam di Indonesia, mereka menjalankan perannya masing-masing untuk memberikan pelayanan kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan. Contohnya yaitu transportasi, kesehatan, telekomunikasi, keuangan, properti, pendidikan, dan logistik.

Tidak ada patokan harga secara umum, jadi harga yang diberikan disesuaikan jenis pelayanannya kepada masyarakat, jadi pengalaman setiap orang akan berbeda ketika merasakan layanan tersebut pula.

Lakukan analisis SWOT perusahaan jasa untuk mengevaluasi kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang dihadapinya.

Macam-macam Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa dan contohnya di Indonesia bisa dibilang cukup banyak, semua itu disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat. Apalagi sifat bisnis tersebut memang sangat membantu kehidupan sehari-hari, bahkan membuat pelaksanaan kegiatan jadi lebih praktis dan mudah.

Berikut ini adalah macam-macam perusahaan jasa dan contohnya yang perlu diketahui.

1. Jasa Kesehatan

Perusahaan jasa dan contohnya yang pertama yakni kesehatan. Pelayanan kesehatan tidak mungkin tidak dibutuhkan oleh masyarakat, sebab pelayanan bidang medis kapanpun pasti banyak dicari untuk memberikan penanganan ketika sedang terserang suatu penyakit atau membutuhkan penyembuhan untuk kondisi medis tertentu.

Contohnya pada masa pandemi, pelayanan di bidang kesehatan tidak bisa disepelekan. Apalagi mengingat bahwa para tim medis benar-benar besar dan penuh perjuangan. Maka dari itu, pelayanan bidang kesehatan ini memegang peranan penting dalam melayani masyarakat di Indonesia, misalnya melalui konsultasi medis, pengobatan, terapi, perawatan medis, pendampingan, bersalin, dan lain sebagainya.

2. Jasa Keuangan

Selanjutnya, contoh perusahaan jasa lainnya adalah bidang keuangan. Jasa keuangan memegang peranan sangat penting bagi perekonomian negara, khususnya sebagai alat tukar atau pembayaran. Adanya perusahaan finansial ini sangat membantu banyak orang untuk mengatur finansialnya secara lebih baik dan terarah, jadi pasti dibutuhkan.

Pelayanan di keuangan sudah sangat familiar dan sama pentingnya dengan kesehatan, banyak pula contohnya bisa ditemukan di sekitar dan setiap daerah pun memilikinya. Beberapa diantaranya, yaitu perbankan dan pegadaian. Adapun saat ini teknologi semakin canggih, hingga muncul dompet digital sebagai wadah untuk menyimpan uang sekaligus mempermudah melakukan transaksi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Jasa Transportasi

Jasa transportasi juga memegang peranan tak kalah penting pada kehidupan sehari-hari, bahkan sudah sangat familiar di masyarakat. Perkembangannya pun juga semakin pesat menyesuaikan dari kebutuhan masyarakat, sehingga aksesnya juga mulai meluas. Contohnya antara lain kereta api, bis, kapal laut, pesawat, helikopter, dan kendaraan bermotor.

Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan jasa transportasi bukan hanya bertugas mengantarkan orang lain saja dari suatu tempat ke tempat lainnya, tetapi juga mengantarkan barang atau makanan pada jangkauan tertentu. Maka dari itu, adanya layanan transportasi sangat mempermudah masyarakat menempuh tujuannya dalam waktu lebih singkat.

4. Jasa Telekomunikasi

Jasa telekomunikasi berhubungan dengan kebutuhan komunikasi dan jangkauannya bisa dikatakan cukup luas. Perusahaan jasa dan contohnya dalam bidang komunikasi, antara lain penyedia operator jaringan seluler, penerjemah, kepenulisan, logistik atau kurir, dan lainnya.

Tanpa adanya layanan telekomunikasi, akan susah bagi setiap orang untuk melakukan kegiatan komunikasi jarak jauh ataupun aktivitas apapun yang membutuhkan jasa tersebut bagi kehidupan sehari-hari maupun kepentingan bisnis. Contohnya perusahaan operator penyedia operator seluler, sehingga setiap orang dapat menggunakan layanan mereka untuk menghubungi orang lain pada jarak yang jauh maupun demi melaksanakan kepentingan bisnis, pekerjaan, dan sebagainya.

5. Jasa Pendidikan

Jasa pendidikan termasuk cukup populer digunakan dan semakin berkembang pesat pada era digital seperti ini. Pendidikan sangat penting untuk menunjang perkembangan sekaligus mengasah kemampuan diri supaya dapat mempersiapkan bekal ilmu dalam kehidupan. Meskipun tidak harus berbentuk sekolah, keberadaannya juga tak dapat disepelekan begitu saja.

Contoh jasa pendidikan yaitu bimbingan belajar, kursus, dan pelatihan secara online maupun offline. Bidangnya tak hanya seputar pelajaran, tetapi tergantung pilihan dari masing-masing konsumen, misalnya kursus komputer, les matematika, dan lain sebagainya yang gunanya untuk menambah ilmu sekaligus membantu mengasah kemampuan.

6. Jasa Properti dan Real Estate

Jasa properti dan real estate akhir-akhir ini memang sedang populer, apalagi semakin banyak penduduk, maka semakin banyak pula tanah dan bangunan dibutuhkan sebagai tempat tinggal. Adanya bisnis properti tersebut mampu membantu menyediakan kebutuhan akan tempat hunian, renovasi rumah, tanah, perkantoran, perkebunan dan lainnya kepada konsumen. Sehingga, apabila Anda termasuk sedang membutuhkannya dapat menghubungi pihak jasa properti dan real estate.

Properti lebih mengacu kepada hak kepemilikan tanah dan/atau bangunannya. Sedangkan real estate adalah subjek dari properti tersebut, yaitu berupa tanah dan bangunan yang digunakan.

7. Jasa Perbaikan dan Kebersihan

Contoh perusahaan jasa lainnya yaitu perbaikan dan kebersihan, di mana sangat dibutuhkan oleh banyak individu maupun perusahaan untuk melakukan perbaikan barang maupun membersihkan suatu area tertentu. Banyak sekali contoh jasa ini di Indonesia, misalnya servis AC, cleaning service, pembersihan kolam renang, perawatan taman, dan lain sebagainya.

Biasanya, jasa perbaikan dan kebersihan seperti ini banyak dibutuhkan pada daerah perkotaan maupun perkantoran. Mungkin Anda pernah menggunakannya?

Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Berikut ini adalah perusahaan jasa dan contohnya yang ada di Indonesia. 

1. Jasa Kesehatan

  • BPJS Kesehatan (Badan Penyedia Jasa Sosial). Fungsinya untuk memberikan jaminan sekaligus layanan kesehatan bagi masyarakat.
  • Rumah sakit dan puskesmas. Fungsinya untuk membantu memberikan perawatan medis, penanganan, maupun pengobatan bagi siapapun yang memiliki kondisi medis tertentu.
Jasa Kesehatan

2. Jasa Keuangan

  • Bank. Memiliki fungsi mengatur perekonomian negara maupun perihal alat tukar atau pembayaran. Contohnya Bank Mandiri, BSI, BNI, BRI, BCA, BTN, dan lain-lain.
  • Pegadaian. Adanya pegadaian mampu membantu perihal pengadaan dana menggunakan jaminan, maupun layanan lainnya.
  • Penyedia layanan investasi (reksa dana, saham, emas, kripto, forex, atau lainnya), misalnya Ajaib, Bibit, Stockbit, Indodax, dan sebagainya. Gunanya memfasilitasi para investor untuk menginvestasikan uangnya.
Jasa Keuangan

3. Jasa Transportasi

Transportasi darat, laut, dan udara. Misalnya PT Garuda Indonesia (pesawat), PT Kereta Api Indonesia (kereta api), Blue Bird (taxi), Yamaha (kendaraan bermotor), Honda (kendaraan bermotor), GoJek (ojek online), Grab (ojek online), Maxim (ojek online), dan lainnya. Tujuannya untuk mempermudah perpindahan dari satu titik ke titik lainnya.

Jasa Transportasi

4. Jasa Telekomunikasi

  • PT XL Axiata Tbk (provider XL)
  • PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)
  • PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
  • PT Indosat Ooredoo (provider Indosat)
  • PT POS Indonesia (kantor pos)
  • JNE, SiCepat, J&T, Wahana, Lion Parcel (kurir)
Jasa Telekomunikasi

5. Jasa Pendidikan

  • Sekolah, kampus, pondok pesantren
  • Bimbingan belajar online. Contohnya Ruangguru, Quipper, Zenius (penyedia bimbingan belajar online)
  • Kursus. Contohnya Purwadhika, Coursera, Shift Academy, edX
Jasa Pendidikan

6. Jasa Properti dan Real Estate

  • PT Bakrieland Development Tbk
  • PT Alam Sutera Realty Tbk
  • PT Bumi Citra Permai Tbk
  • PT Bumi Serpong Damai Tbk
  • PT Ciputra Development Tbk
Jasa Properti dan Real Estate

7. Jasa Perbaikan dan Kebersihan

PStrt6KJMlbIoDdD67jkBnR8EC7RXswf6z0Dk83TTbRfdn7eRlkcf0F1c

  • Hydro Clean (layanan membersihkan tungau dan debu)
  • Rumah Bersih (layanan pembersihan rumah)
  • Cleanwell (layanan pembersihan tungau dan fogging)

Itulah perusahaan jasa dan contohnya di Indonesia. Tanpa disadari, mungkin Anda pernah mencoba salah satunya atau bahkan hampir semuanya.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.