Lompat ke konten

Contoh Promosi Hotel yang Menarik dan Cara Menyusunnya

Contoh Promosi Hotel

Promosi hotel adalah satu-satunya cara yang harus dilakukan jika sudah jarang melihat orang berkunjung untuk menginap. Sebagai pemilik properti, harus paham bagaimana caranya mengiklankan penginapan agar dilirik banyak orang. Melakukannya pun bisa lewat media online maupun cetak.

Daripada semakin hari mengalami kerugian karena sepi pengunjung atau tak ada yang menginap, sebaiknya coba baca tips kali ini dari Magnate tentang cara membuat iklan hotel. Lihat juga contoh promosi hotel berikut sebagai referensi.

Cara Menyusun Promosi Hotel yang Menarik

Pentingnya menyusun kalimat iklan yang menarik tak hanya berlaku saat mengiklankan produk properti tanah ataupun kuliner saja, hal ini pun juga berlaku untuk promosi hotel. Terutama ketika sedang sepi, tentu saja jika tak segera mempromosikannya justru semakin menambah kerugian yang jumlahnya tidak sedikit.

Anda seorang pemilik properti hotel ataupun jenis penginapan lainnya dan mengalami masalah sepi orang menginap? Lihat cara membuat susunan kalimat iklan hotel di bawah ini!

1. Berikan nama dan lokasi hotel secara jelas

Penyebab penginapan jadi sepi bisa jadi bukan hanya karena pandemi, tetapi mungkin informasi yang diberikan kurang jelas. Misalnya nama dan lokasi yang kurang sesuai, biasanya justru membuat calon pengunjung jadi ragu untuk datang.

Berdasarkan nama, mungkin jarang terjadi orang mempertimbangkan nama sebelum menginap di hotel. Namun nama bisa jadi membawa pengaruh jika penulisannya susah atau tidak jelas, contohnya Anda mempunyai restoran yang juga menyatu dengan penginapannya lalu hanya menuliskan nama restorannya saja. Tentu hal ini akan menjadi masalah jika tak segera diganti, bahkan orang lain pun tak akan tahu bahwa itu merupakan sebuah hotel.

Kemudian berdasarkan segi lokasi atau merupakan elemen pendukung untuk menarik calon pengunjung. Selalu usahakan lokasi hotel atau penginapan yang dicantumkan jelas, baik itu di internet maupun media cetak. Apabila tak jelas di mana titik tempatnya, hal ini justru membuat konsumen ragu dan memilih hotel lain untuk menginap.

2. Deskripsikan fasilitas kamarnya

Cara membuat iklan hotel supaya ramai dan banyak peminat, cobalah mencantumkan deskripsi fasilitas kamarnya secara jelas. Ini merupakan salah satu faktor penentu minat atau tidaknya calon konsumen. Sebab jika tanpa adanya penjelasan tentang apa saja fasilitas yang ditawarkan, mereka tentunya ragu untuk memilih dan berkunjung.

Cara promosi hotel salah satunya yaitu memberikan deskripsikan fasilitas hotel sesuai keadaan sebenarnya, tetapi cukup berikan kelebihannya saja. Misalnya jika tak ada pemanas air (water heater), maka tak perlu menuliskannya. Anda bisa memberikan beberapa fasilitas unggulan kepada masyarakat, contohnya kolam renang bersih, kamar mandi dilengkapi bathtub, wi-fi kencang, dan lain sebagainya sesuai keadaan.  

3. Perjelas isi promosi dengan konten video maupun foto

Masih berkaitan dengan poin nomor 2, jika mendeskripsikan fasilitas maka sebaiknya dukung iklan hotel dengan adanya konten berupa gambar maupun video. Sebab apabila Anda menjelaskan tentang fasilitas tanpa bukti, maka sama saja hal tersebut dengan omong kosong belaka. Inilah mengapa calon pengunjung biasanya lebih suka melihat gambar calon penginapan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginap.

Oleh karena itu, lampirkanlah bukti foto untuk iklan hotel supaya lebih menarik sekaligus gampang  dilirik. Berikan gambar atau video yang jelas atau detail, penerangannya baik, tidak buram, dan intinya jangan sampai asal-asalan. Ambil gambar maupun video isi kamar dengan jelas, usahakan bersih agar semakin menarik.

4. Tambahkan link atau kontak untuk pemesanan kamar

Pernah mengalami kesusahan menghubungi pemilik properti ketika hendak menginap karena tak ada kontak aktifnya? Jika melihat dari sudut pandang calon pengunjung, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebagai cara promosi hotel yaitu ada atau tidaknya kontak aktif yang bisa dihubungi.

Kontak aktif untuk memesan kamar terutama di luar aplikasi/website khusus harus ada dalam iklan hotel. Tujuannya agar konsumen tahu bagaimana cara menghubungi pemilik properti atau adminnya untuk memesan kamar, komplain keluhan, ataupun bertanya seputar kamarnya. Alasan lainnya yaitu tak semua orang bisa datang untuk check in tepat waktu, misalnya di guest house atau non-hotel berbintang 3-5 biasanya penjaga atau resepsionisnya terbatas, sehingga tak bisa 24 jam melayani pengunjung.

5. Buat kalimat promosi yang persuasif

Cara promosi hotel yang menarik tak lepas dari penggunaan kata-kata untuk mengiklankan penginapan tersebut. Pembuatan kata-kata untuk promosi harus memakai kata-kata persuasif atau mengandung unsur ajakan. Teknik ini wajib diketahui oleh pemilik properti supaya kamar yang disewakannya selalu ramai.

Pemilihan kata-kata iklannya sedikit berbeda dengan promosi salon kecantikan, elektronik, ataupun non properti lainnya. Biasanya tak perlu mencantumkan diskon, tetapi cenderung mengajak konsumen untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan ketika menginap. Bandingkan jika memakai kalimat tanpa unsur persuasif atau hanya sebatas deskripsi saja, apakah orang lain akan tertarik?

6. Jelaskan harga kamarnya

Sebelum memilih hotel, masyarakat biasanya tak hanya melakukan survei kamar saja, tetapi juga harganya untuk menyesuaikan kemampuan kantong. Biasanya di internet ketika kita mencari nama hotel, di bawahnya muncul kisaran harga per malam di beberapa platform. Namun tidak semuanya muncul, terkadang penginapan baru atau yang sudah lama tak diupgrade atau didaftarkan ke platform tak ada tampilan biaya sewa kamar per malamnya.

Cobalah mencantumkan harganya secara jelas, lakukan update harga juga secara berkala supaya masyarakat tahu bahwa hotel Anda masih aktif beroperasi. Dalam cara promosi hotel apabila diperlukan, daftarkan penginapan Anda ke platform khusus booking penginapan, misalnya Traveloka, Pegi-pegi, Agoda, OYO, Reddoorz, dan sejenisnya untuk menjangkau masyarakat lebih luas.

7. Jelaskan kelebihan jika menginap di hotel tersebut

Berkaitan dengan poin nomor 2 dan 3, cara promosi hotel yang benar yaitu jangan lupa menjelaskan kelebihan jika menginap di hotel tersebut. Ini merupakan tambahan dari deskripsi fasilitas, tetapi juga harus dibuktikan dengan foto maupun video.

Contoh kelebihan yang dapat ditambahkan untuk membuat iklan hotel lebih menarik, misalnya menjelaskan tentang view sekitar, dekat pusat perbelanjaan/tempat wisata, ada fasilitas gym gratis, pet friendly, dan sebagainya. Sebagai tambahan informasi bagi para pemilik properti penginapan, iklan hotel yang detail dan menarik merupakan daya tarik tersendiri. Maka dari itu, buatlah sebaik mungkin. 

Contoh Promosi Hotel yang Menarik

Beberapa contoh promo hotel maupun jenis penginapan lainnya di bawah ini bisa coba dijadikan sebagai referensi. Penggunaan kalimat untuk membuat iklan hotel berikut, tetap menggunakan kaidah penyusunan seperti pada poin sebelumnya.

1. Iklan promosi hotel/penginapan

Dapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan dan tak terlupakan di Grand XY Kota Surabaya. Nikmati juga fasilitas kolam renang dan gym secara gratis untuk semua tipe kamar. Berikut fasilitas lain yang kami sediakan:

  • View gedung
  • Dekat stasiun dan pusat perbelanjaan
  • Fasilitas gym
  • Swimming pool
  • Free breakfast*
  • Kamar bersih
  • AC dingin
  • Water heater
  • Kamar mandi dengan bathtub*
  • Laundry hotel

*Syarat dan ketentuan berlaku.

Hubungi kami sekarang untuk melakukan reservasi. Kami tunggu kedatangan Anda!

Nomor HP: 0821XXXXXXXX atau melalui email [email protected] 

2. Iklan promosi guest house

Liburan ke Bali tapi bingung mau nginep di mana? Nginep di Amaya Classic Guest House Bali aja! Cukup 500 ribu per malam, sudah bisa menikmati kamar dengan nuansa aesthetic.

Nikmati juga berbagai fasilitas menarik dari Amaya Classic Guest House berikut:

  • Dekat pantai dan tempat rental kendaraan
  • Dekat pusat oleh-oleh
  • Fasilitas taman bermain anak
  • Gazebo dan cafe
  • Free breakfast
  • AC dan water heater

Hubungi kami dan lakukan reservasi sekarang sebelum kehabisan! Nomor WA: 0853XXXXXXXX 

3. Iklan promosi villa

Liburan nggak harus mahal. Yuk, liburan murah ke Bandung dan menginap di Saras Villa! Harganya terjangkau dan fasilitasnya lengkap, dijamin bakal jadi pengalaman menyengakan!

Fasilitas Saras Villa:

  • Tersedia 3 kamar luas, bisa muat sampai 5 orang per kamar
  • AC 
  • 2 kamar mandi dengan shower, hair dryer, dan water heater
  • Halaman cantik dan luas
  • Peralatan dapur dan pemanggang lengkap
  • Kolam renang

Reservasi sekarang untuk liburan asik ke Bandung! Hubungi kami di 0819XXXXXXXX.

Itulah contoh promo hotel dan cara membuat susunan iklan hotel yang tepat supaya lebih menarik dan dilirik. Semoga tips ini bisa membantu!

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *