Pada era serba modern sekarang ini, menjadi pengusaha tidak sulit dan tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Banyaknya inovasi baru bisa Anda coba implementasikan pada usaha Anda.
Untuk itulah sekarang saatnya bagi Anda mulai berani membangun bisnis dengan mencoba beberapa ide usaha viral yang potensial. Beberapa ide ini tidak hanya viral karena diminati oleh banyak konsumen, tetapi juga berpotensi untuk beroperasi dalam waktu jangka panjang.
Akan tetapi, Anda pun harus tahu bagaimana cara mengembangkan dan mempertahankan ide bisnis viral ini agar tidak hanya bersifat sementara. Penasaran? Mari simak 7 ide usaha viral yang potensial untuk jangka panjang pada artikel di bawah ini!
Ide Usaha Viral yang Potensial untuk Jangka Panjang
Berikut ada beberapa ide usaha viral yang potensial untuk bisa jadi referensi rencana bisnis Anda:
1. Coffee Shop atau Warung Kopi
Sejak beberapa tahun belakangan ini, bisnis coffee shop atau warung kopi menjamur di mana-mana. Sekarang, konsumen tidak perlu repot lagi untuk mencari tempat nongkrong atau bersantai karena tersedia warung kopi di berbagai sudut jalan.
Nah, kesempatan akan kebutuhan konsumen ini bisa jadi peluang terbaik untuk Anda terjun ke bisnis FnB (food and beverages). Anda dapat menawarkan menu otentik dan unik yang bisa ditemukan hanya di toko Anda.
Selain itu, Anda juga dapat bersaing dari segi harga, pelayanan, dan fasilitas dengan kompetitor lainnya. Misalnya, Anda menyediakan tempat yang nyaman untuk para pengunjung yang ingin bekerja (work from anywhere/WFA) sambil menikmati kopi dan snacks.
2. Vendor Merchandise
Kebutuhan akan pembuatan barang dalam jumlah banyak masih diperlukan hingga sekarang ini. Terlebih bagi organisasi/instansi/perusahaan yang ingin membuat barang atau merchandise seperti botol minum, gantungan kunci, tas, dsb dalam jumlah banyak.
Dengan target pasar tersebut, Anda berpeluang untuk membangun bisnis vendor merchandise. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan lain, organsisasi, atau bahkan individu untuk menyediakan produk terbaik.
Buka kesempatan layanan pembuatan merchandise untuk berbagai acara (event), seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, seminar, dan masih banyak lagi.
3. Warmindo
Bisnis makanan dan minuman memang tidak pernah salah untuk dijadikan ide usaha. Salah satu jenis bisnis yang bisa Anda bangun adalah warmindo (warung makan indomie).
Bisnis ini menjadi salah satu bisnis viral yang sifatnya tidak hanya sementara, loh! Dengan menyediakan beragam menu makanan dan minuman menarik, Anda bisa menjangkau target pasar yang luas.
Walaupun bernama “warung makan indomie”, Anda tetap dapat memvariasikan menu dengan menawarkan produk bubur kacang hijau, kopi, nasi goreng, minuman sachet, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menawarkan beragam jenis mie dari seluruh negara untuk menjadi penarik perhatian.
4. Bisnis Thrift Shop (Thrifting/Preloved)
Siapa sangka ternyata menjual pakaian bekas bisa jadi ide bisnis viral yang potensial untuk jangka panjang? Ya, beberapa tahun belakangan ini, usaha thrift shop atau jual baju bekas menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Bisnis ini bisa Anda lakukan secara online dan offline, loh! Jadi, Anda tidak memerlukan biaya sewa toko yang besar jika ingin menghemat modal dan pengeluaran.
Agar menjadikan bisnis ini berbeda dari kompetitor lainnya, Anda perlu menjual produk barang bekas yang masih layak pakai dan berkualitas tinggi.
Selain itu, tentunya Anda harus bersaing harga agar lebih unggul dari toko lainnya. Anda juga dapat memberikan opsi menjual produk secara satuan atau bundle agar bisa dibeli konsumen dengan harga lebih terjangkau.
5. Reseller atau Dropshipper
Ingin membangun bisnis yang tidak memerlukan pembuatan merek baru atau membutuhkan ruang yang luas? Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi reseller atau dropshipper!
Konsep bisnis reseller atau dropshipper ini adalah menjual kembali produk suatu merek bisnis dengan harga tertentu. Jadi, Anda membeli produk dalam jumlah tertentu yang didapatkan dengan harga lebih rendah dari harga pasaran. Setelah itu, Anda bisa menjualnya kembali sesuai harga yang Anda tetapkan.
Namun, biasanya beberapa merek bisnis sudah menentukan harga jual pasaran maksimal yang bisa Anda jual. Tujuannya adalah agar tidak menurunkan harga pasar dan tetap seimbang.
6. Bisnis Cuci Sepatu (Laundry Sepatu)
Beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai disadarkan dengan pentingnya merawat sepatu. Perawatan sepatu ini berkaitan dengan cara mencuci sepatu yang benar agar produk tidak cepat rusak.
Untuk menjawab kebutuhan konsumen ini, Anda bisa membangun bisnis cuci sepatu (laundry sepatu). Anda dapat memberikan layanan pembersihan sepatu yang instan, murah, dan bisa diantar hingga ke tempat tujuan. Dengan begitu, Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.
7. Makeup Artist (MUA)
Peluang usaha viral yang terakhir ini adalah Anda bisa menjadi makeup artist atau MUA. Tingginya permintaan akan perias wajah untuk berbagai macam acara menjadikan peluang tersendiri.
Bahkan, beberapa konsumen pun rela menyewa jasa MUA untuk merias wajah mereka demi acara tertentu. Anda bisa meraup banyak keuntungan dengan menampilkan portfolio hasil riasan sebelumnya sebagai nilai jual.
Cara Mengembangkan Usaha Viral agar Selalu Laris
Salah satu kelemahan bisnis viral adalah cepat ditinggalkan oleh konsumen. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa cara mengembangkan usaha viral agar selalu laris:
1. Ciptakan Konten Menarik
Sebuah bisnis bisa jadi viral atau terkenal berkat adanya konten viral yang menarik perhatian netizen atau pengguna media sosial. Konsumen sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka sosial media sehingga perlu menjangkau mereka lebih maksimal melalui pembuatan konten.
Konten menarik di sini bisa berupa video pendek (TikTok, Shorts, Reels, dsb), carousel, foto, infografis, dan sebagainya. Untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, Anda perlu mengimplementasikan digital marketing dalam proses pembuatan konten.
Digital marketing atau pemasaran digital di sini berkaitan dengan penyesuaian tren, copywriting, SEO, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, konten Anda bisa menciptakan brand awareness yang membuat konsumen lebih penasaran dengan produk/layanan bisnis.
2. Bangun Brand Storytelling yang Unik
Merek bisnis bisa dikenal dan dekat dengan konsumen berkat adanya brand storytelling yang unik. Sederhananya, brand storytelling adalah strategi marketing yang disampaikan dengan cara bercerita melalui iklan.
Anda bisa memadukan isu atau fenomena sosial yang sedang tren di masyarakat dengan tetap mempromosikan produk/layanan bisnis. Dengan implementasi strategi ini, Anda bisa menarik simpati, empati, dan kepekaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.
Dengan kata lain, mereka bisa mereferensikan atau mengingat bisnis Anda melalui iklan yang dibuat.
3. Maksimalkan Pemasaran di Sosial Media
Terakhir, bisnis viral bisa terus bertahan dan laris berkat pemasaran di sosial media yang optimal. Anda dapat memanfaatkan platform yang ada seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, dan sebagainya sesuai target konsumen bisnis.
Promosikan bisnis dengan cara yang menarik melalui pembuatan konten dan pemasangan iklan digital (digital ads). Dengan cara tersebut, peluang viewers atau pengunjung yang datang ke situs atau profil sosial media perusahaan akan semakin tinggi.
Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari 7 ide usaha viral yang potensial untuk jangka panjang? Jika tertarik, sekaranglah saat yang tepat untuk mencobanya dengan mengimplementasi cara pengembangannya agar selalu laris. Semoga berhasil!