Lompat ke konten

Mengulas Strategi Pemasaran Scarlett Whitening yang Sedang Viral

Strategi Pemasaran Scarlett Whitening

Scarlett Whitening adalah brand kecantikan milik Felicya Angelista yang menjual berbagai produk perawatan tubuh dan skincare. Scarlett Whitening sejak awal peluncurannya pada tahun 2017 pun cepat melejit namanya, sebab mereka melakukan strategi pemasaran secara tepat sesuai target agar mampu mendongkrak penjualan produknya.

Karena kesuksesan dalam hal pemasarannya itulah membuat omset Scarlett Whitening pun terus meningkat, apalagi Felicya Angelista selaku pemilik brand pun selalu berusaha menjaga kualitas produknya demi kepuasan pelanggan. Kira-kira bagaimana strategi pemasaran Scarlett Whitening hingga membuat brand kecantikan satu ini semakin banyak dikenal masyarakat? Berikut kami ungkap strategi marketingnya!

1. Memasarkan secara mulut ke mulut 

Strategi pemasaran Scarlett Whitening yang masih cukup banyak dilakukan, yakni melalui mulut ke mulut atau the words of mouth (WOM). Meskipun Scarlett merupakan brand terkenal di Tanah Air, mereka tetap mempromosikannya secara langsung sekaligus menunjukkan testimoninya kepada orang-orang terdekat.

Strategi marketing secara mulut ke mulut ternyata cukup ampuh, membuat produk dikenal dengan cara berbeda. Apalagi jika yang memberikan testimoni dan promosi tersebut merupakan orang yang dikenal, tentu lebih terpercaya dibandingkan orang asing yang melakukannya.

Teknik promosi produk Scarlett seperti ini pun masih konsisten dilakukan. Hal ini karena penjual dapat menjelaskan secara langsung mengenai kelebihan dan testimoni asli produknya. 

2. Membuat konten marketing yang menarik

Selanjutnya, strategi pemasaran Scarlett Whitening yang sedang viral dan hingga saat ini termasuk sangat ampuh dilakukan, yakni membuat konten marketing menarik. Konten yang dibuat dapat berupa video maupun foto, kemudian dikemas sebaik mungkin agar mampu meningkatkan engagement sekaligus brand awareness.

Kebanyakan orang paling senang menikmati konten yang disajikan di berbagai platform sosial media, apalagi jika isinya berbobot, menghibur, juga mengikuti tren. Maka, pihak Scarlett pun berusaha sebisa mungkin membuat konten kreatif dengan tujuan menarik minat publik agar tertarik untuk membeli produknya.

Postingan kontennya tak hanya estetik, tetapi juga menghadirkan artis maupun influencer terkenal. Inilah yang menjadi daya tarik, sehingga memancing audiens supaya tertarik membeli produk kecantikan dari Scarlett.

3. Menggaet selebgram atau influencer terkenal

Strategi pemasaran Scarlett Whitening lainnya adalah mereka bekerjasama dengan selebgram atau influencer terkenal untuk mempromosikan produknya. Kerjasama yang dilakukan dalam bentuk endorse ataupun paid promote, biasanya dikemas dalam bentuk konten supaya dapat menjangkau audiens lebih banyak.

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh, terutama di internet dan sosial media. Mereka memiliki banyak pengikut, sehingga hal ini dapat dilihat sebagai peluang untuk mempromosikan produk, seperti yang dilakukan oleh Scarlett Whitening.

Target konsumen Scarlett tidak hanya wanita, tetapi juga para pria yang ingin melakukan perawatan pada tubuhnya. Oleh karena itu, influencer yang diajak bekerja sama tidak hanya wanita berkulit putih, tetapi influencer pria maupun wanita dengan berbagai karakter dan jenis kulit.

Setiap influencer memiliki keunikan karakternya sendiri, mereka pun mampu berpikir secara kreatif untuk mempromosikan suatu produk kepada para pengikutnya. Strategi pemasaran dengan mengandalkan influencer dampaknya sangat besar dalam mendongkrak penjualan produk, yakin tak ingin mencoba melakukannya?

4. Menggaet artis lokal dan luar negeri ternama sebagai Brand Ambassador (BA)

Selain memanfaatkan influencer, menjadikan artis lokal maupun luar negeri ternama sebagai Brand Ambassador (BA) merupakan strategi pemasaran Scarlett Whitening yang cukup sering diterapkan demi meningkatkan penjualan sekaligus brand awareness. Sama dengan influencer, BA dari artis lokal dan luar negeri pengaruhnya pun cukup besar karena popularitasnya.

Felicya Angelista selaku pemilik brand Scarlett sering menggandeng artis lokal untuk memasarkan produknya maupun sebagai BA, contohnya Ria Ricis dan Fadil Jaidi. Kemudian pada tahun 2021 menunjuk Song Joong Ki (aktor Korea populer) sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening. Adanya Brand Ambassador tersebut bertujuan untuk menciptakan image pada brand sekaligus membangun brand value.

5. Sering melakukan inovasi produk

Seperti yang kita tahu, bahwa produk dari Scarlett Whitening tidak hanya untuk perawatan tubuh dan rambut saja, tetapi juga skincare untuk merawat kulit wajah. Sebagai pemilik brand, Felicya Angelista tak merasa ragu untuk berinovasi agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Tentunya bukan tanpa alasan Felicya Angelista melakukannya, sebab tujuannya agar konsumen dapat memilih produk perawatan kulitnya sesuai kebutuhan. Jadi, tak heran jika produk Scarlett Whitening banyak macamnya, mulai dari body lotion, body wash, scrub badan, shampoo, hingga produk perawatan wajah yang cukup lengkap.

Meskipun produk yang dihadirkan sudah cukup lengkap, bukan berarti Scarlett Whitening nantinya akan berhenti berinovasi. Mereka tetap melihat kebutuhan pasar sekaligus menganalisis pasar untuk membuat inovasi terbaru.

6. Mengiklankan secara online

Scarlett Whitening menerapkan digital marketing untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya dengan mengiklankan brandnya secara online. Membuat iklan online jauh lebih menguntungkan dibandingkan mempromosikannya dari mulut ke mulut saja, terutama jika mampu menerapkan strategi digital marketing yang tepat.

Strategi pemasaran Scarlett Whitening secara online, antara lain bekerjasama dengan influencer atau selebriti ternama, membuat konten menarik, menerapkan SEO dan SEM, maupun jenis marketing online lainnya. Terbukti bahwa menerapkan digital marketing untuk membuat iklan ampuh dalam meningkatkan brand awareness sekaligus peningkatan dari segi omset.

Sama seperti brand Scarlett, tak ada salahnya jika mencoba menerapkan digital marketing untuk memasarkan produk.  Baca strategi dan jenis digital marketing di sini!

7. Membuka kesempatan menjadi reseller

Strategi pemasaran Scarlett Whitening yang sedang viral dan ampuh meningkatkan jumlah penjualan, yakni membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk menjadi reseller. Pihak Scarlett pun memberikan paket khusus reseller dengan harga relatif terjangkau agar dapat dijual kembali.

Adanya reseller sangat membantu dalam memasarkan produk Scarlett secara lebih luas, terutama pada daerah yang pasarnya belum terjangkau. Membuka kesempatan reseller tak hanya menguntungkan pihak brand, tetapi juga orang-orang yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan berjualan aneka perawatan kulit dari Scarlett Whitening.

8. Memberikan diskon menarik

Selain itu, strategi pemasaran Scarlett Whitening yang cukup efektif adalah sering memberikan diskon menarik. Ini tentu saja menarik dilakukan, sebab hampir semua orang pasti senang jika mendapatkan diskon atau potongan harga untuk menghemat pengeluaran.

Biasanya, pada tanggal-tanggal atau event tertentu diadakan diskon besar-besaran dan potongan harga. Anda pun dapat mencoba strategi bisnis seperti ini untuk pemasarannya karena dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan secara signifikan.

Tak hanya diskon, voucher, dan potongan harga saja, terkadang Scarlett juga menawarkan paket bundling supaya belanja jadi lebih murah. Trik ini membuat konsumen merasa diuntungkan dan tak akan ragu membelinya.

9. Selalu memberi jaminan kualitas produk

Selalu memberikan jaminan kualitas merupakan cara Scarlett Whitening tetap mampu bertahan di pasar dan ketatnya persaingan. Felicya Angelista berusaha untuk selalu mengutamakan kualitas produknya demi kepuasan konsumen, bahkan menjamin bahwa setiap produk perawatan kulit dari Scarlett dibuat dari bahan-bahan berkualitas sekaligus aman.

Memberikan jaminan keamanan serta kualitas produk itulah yang membuat masyarakat percaya untuk membelinya lebih dari satu kali. Dengan begitu, kegiatan pemasaran pun tak pernah sepi karena sering banjir orderan.

10. Memasarkan produk ke berbagai platform

Demi memperluas jangkauan pasarnya, Scarlett juga menjalin kerjasama dengan berbagai platform e-commerce maupun sosial media seperti Shopee, Lazada, Tokopedia,  Facebook, Instagram, Tik Tok, dan lainnya. Memasarkan produk pada platform populer sangat membantu menaikkan penjualan sekaligus menjangkau konsumen lebih luas.

Jumlah pengguna sosial media dan e-commerce mencapai jutaan, sehingga potensinya untuk menjangkau audiens pun lebih besar. Kebanyakan orang memanfaatkan platform tersebut untuk belanja online karena dinilai lebih praktis, jadi bukan tak mungkin penjualan maupun omset Scarlett Whitening terus meningkat.

Supaya lebih meyakinkan, pelajari juga cara membuat kata-kata promosi Scarlett Whitening yang menarik di sini. 

Ulasan mengenai strategi pemasaran Scarlett Whitening di atas dapat dijadikan referensi untuk bisnis Anda. Semoga bahasan ini bisa membantu!

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *