Dengan pengguna lebih dari 119 juta orang di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwasanya Facebook merupakan salah satu media sosial paling populer di negeri ini. Menurut data dari Napoleon Cat sebanyak 53,7% pengguna Facebook merupakan laki-laki dan 46,3% sisanya merupakan perempuan.
Penelitian lain melaporkan bahwa kini Facebook relatif lebih banyak digunakan oleh individu berusia 40-50 tahunan dan tidak begitu banyak generasi muda yang menggunakan aplikasi ini. Hal ini membuat facebook terus berinovasi dengan menghadirkan jenis iklan facebook yang bermacam-macam.
Akan tetapi sebelum Anda mulai beriklan di aplikasi ini, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu jenis-jenis iklan Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan. Supaya Anda bisa menggunakan iklan di platform ini dengan lebih maksimal.
1. Facebook Feeds
Jenis pertama iklan Facebook Ads adalah Facebook feeds. Sesuai dengan namanya, iklan yang Anda pajang nantinya akan ditampilkan di beranda target pengguna Facebook yang Anda inginkan.
Dalam iklan jenis ini, Anda setidaknya bisa memilih beriklan dalam 2 format, yaitu format gambar dan video. Untuk gambar, pastikan resolusi gambar Anda mencapai 1080 x 1080 pixel atau 1200 x 628 pixel dengan resolusi 9:16 dengan format PNG atau JPG. Adapun untuk tulisan dalam iklan tersebut pastikan tidak lebih dari 125 karakter atau huruf.
Adapun untuk iklan dalam bentuk video bisa berbentuk landscape atau potrait. Jika Anda memilih landscape, pastikan resolusinya mencapai 600 x 315 pixels dengan rasio 9:16. Namun jika Anda memilih portrait, rasio iklannya adalah sebesar 600 x 600 pixels dengan rasio 1:1. Sama halnya dengan gambar, kata-kata dalam iklan berbentuk video sebaiknya juga tidak lebih dari 125 karakter.
2. Facebook Story Ads
Beberapa tahun yang lalu, Facebook juga mengembangkan fitur story sebagaimana Instagram dan WhatsApp. Sedikit berbeda dengan iklan di Facebook feeds, iklan di Facebook story memiliki jangka waktu tayang selama 1 hari saja. Oleh sebab itu, fitur iklan ini lebih cocok untuk iklan Facebook jangka pendek dan singkat.
Adapun untuk format yang bisa digunakan adalah:
a. Gambar:
- Resolusi : 1080 x 1920 pixels.
- Rasio : 9:16.
- File : JPG dan PNG.
- Durasi : 5 Detik.
b. Video:
- Resolusi: 1080 x 1920 pixels.
- Rasio : 9:16.
- File: MP4 atau MOV.
- Durasi : 15 detik.
3. Facebook Right Column Ads
Jenis ketiga dari Facebook iklan adalah Facebook right column ads. Iklan dengan format ini akan tampak di bagian kanan beranda pelanggan. Format iklan jenis ini relatif lebih kecil dibandingkan iklan di feeds maupun di story. Meskipun demikian, Facebook right column Ads cocok untuk Anda yang ingin memperkenalkan produk Anda kepada pelanggan dengan cara yang lebih halus.
Adapun untuk format iklan, Facebook right column ads hanya bisa untuk iklan dalam format gambar dengan 1200 x 628 pixel dan rasio 9:16. Untuk melengkapi informasi produk yang Anda jual, iklan ini juga bisa ditambahi dengan kata-kata meskipun terbatas hanya 125 karakter saja.
4. Facebook In-Stream Video Ads
Selain story, dalam beberapa tahun ini Facebook juga mengembangkan konten dalam bentuk video. Anda dapat mengatur iklan perusahaan Anda supaya bisa ditampilkan di tengah konten video ini. Iklan di tengah konten video ini disebut dengan Facebook In-Stream Video Ads.
Facebook In-Stream Video Ads bisa dibuat selama 5 detik hingga 10 menit, sehingga cocok untuk perusahaan yang ingin menyampaikan kampanye pemasaran yang lebih kompleks. Selain itu, iklan ini juga akan otomatis dimainkan di tengah video. Berikut ini format yang sebaiknya digunakan dalam menyusun Facebook In-Stream Video Ads:
- Resolusi: 1080 x 1920 pixels.
- Rasio : 9:16.
- File: MP4 atau MOV.
- Durasi : 5 detik sampai 10 menit.
5. Facebook Network Native Ads
Tidak hanya di aplikasi Facebook, Anda juga bisa membuat iklan Facebook yang bisa dijangkau oleh pengguna aplikasi dan website lain selain aplikasi ini. Caranya adalah dengan menggunakan Facebook network native Ads. Dengan menggunakan metode ini, developer dari website dan aplikasi terkait akan bisa memilih iklan Anda dan memasang iklan tersebut di website atau aplikasi mereka.
Untuk bisa menggunakan iklan ini dengan maksimal, berikut ini format konten iklan yang perlu Anda siapkan:
- Format: Gambar atau video. Gambar dengan format JPG atau PNG, sementara video dengan format MP4 dan MOV.
- Rasio : 9:16.
- Resolusi : 1200 x 628 pixels.
- Durasi : 120 detik.
Dalam iklan format ini, Anda juga bisa menuliskan teks deskripsi dengan maksimal 30 dan karakter, teks headline maksimal 25 karakter.
6. Facebook Carousel Ads
Anda memiliki banyak produk yang ingin dipromosikan? Maka iklan dengan format carousel adalah pilihan yang cocok. Dengan iklan model ini, pengguna bisa menggeser gambar atau video iklan ke kanan dan ke kiri serta mengklik langsung tombol CTA di bawahnya untuk melihat rincian produk.
Adapun format gambar dan video yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut:
- Resolusi: 1080 x 1080 pixels.
- Rasio : 1:1.
- Format : MP4 atau MOV (video) dan JPG atau PNG (gambar).
- Slide : 2-10 slide video atau gambar dengan durasi total maksimal 240 menit untuk video.
Selain gambar dan video, Anda juga bisa menambahkan kata-kata untuk headline, deskripsi dan teks masing-masing dengan panjang maksimal 25 karakter, 30 karakter dan 125 karakter.
7. Facebook Collection Ads
Format iklan ini mirip dengan iklan carousel. Bedanya adalah dalam satu slide gambar, Anda bisa menampilkan satu gambar utama besar dan beberapa gambar yang lebih kecil di bawahnya. Begitu pula ketika audience menggeser ke kanan, mereka akan melihat gambar iklan dengan format yang sama. Facebook collection Ads cocok untuk Anda yang memiliki banyak produk dan ingin memasarkannya sekaligus.
Berikut ini rincian format yang diperlukan untuk membuat iklan ini:
- Resolusi : 1200 x 628 pixels.
- Rasio : 9:16.
- Format: MP4 atau MOV (video) dan JPG atau PNG (gambar).
Sama seperti iklan carousel, Anda juga bisa memasukkan kata-kata untuk deskripsi dengan maksimal 30 karakter dan headline dengan maksimal 25 karakter.
Nah, itu tadi beberapa jenis iklan Facebook Ads yang bisa Anda pilih. Selain penempatan dan format, Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal, seperti kata-kata atau teks copy yang digunakan di bagian headline dan deskripsi, gambar yang terpilih, serta budget dan durasi iklan.
Facebook menerapkan besaran biaya iklan progresif sesuai dengan jangka waktu dan jangkauan iklan. Jadi, semakin lama iklan Anda ditayangkan dan semakin luas jangkauan audience iklan tersebut, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus Anda tanggung. Oleh karena itu, pilihlah jenis iklan facebook yang sesuai dengan anggaran dan target pemasaran yang telah Anda terapkan.