Lompat ke konten

Contoh Kata-Kata Promosi Produk Kerajinan, Ampuh dan Menarik

Kata-Kata Promosi Produk Kerajinan

Produk kerajinan mungkin bukan sesuatu yang terlalu dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari, namun memiliki fungsi tertentu, misalnya mempercantik penampilan, ruangan. Meskipun dijadikan pajangan saja, kerajinan pun memiliki nilai estetika supaya suatu tampilan pada suatu tempat tidak terkesan terlalu polos dan sepi.

Hal yang menjadi kendala kebanyakan pengrajin, cukup sulit untuk mempromosikan produk kerajinan apalagi jika termasuk baru merintisnya. Maka dari itu, artikel ini diharapkan dapat membantu para pengrajin untuk memasarkannya secara lebih luas. Mari kita intip bagaimana kata-kata promosi produk kerajinan yang menarik dan ampuh supaya terus banjir orderan.

Cara Menyusun Kata-Kata Promosi Produk Kerajinan

Salah satu kendala memiliki dagangan berupa barang kerajinan adalah memasarkannya kepada masyarakat secara luas, sehingga berdampak jualan jadi sepi pembeli. Oleh karenanya, gunakan cara menyusun kata-kata promosi produk kerajinan yang tepat menggunakan teknik seperti ini.

1. Berikan keunikan dari produk kerajinan tersebut

Cara mempromosikan produk kerajinan supaya laku keras dan sering banyak orderan yaitu dengan memberikan keunikan mengenai produk tersebut. Seperti yang kita ketahui, sebenarnya setiap barang yang dirancang oleh para pengrajin tentunya mempunyai desain unik dan penuh makna. Anda bisa menjelaskan keunikannya melalui makna tersebut sekaligus filosofinya.

Selain mengenai makna dan filosofi, menceritakan keunikan bisa melalui jenis bahan yang digunakan. Misalnya kerajinan kulit, rotan, daur ulang, dan lain sebagainya.

Referensi kalimat promosinya bisa saja seperti ini:

“Tas kulit dengan keaslian yang terjamin dan dibuat oleh pengrajin lokal dengan desain fashionable. Yuk, mulai pakai produk lokal!”

“Semua dream catcher untuk pajangan kamar ini dibuat dari bahan daur ulang yang kemudian disterilkan agar bebas kuman. Membeli dream catcher daur ulang ini, sama dengan melestarikan lingkungan, lho”

2. Tunjukkan diskon atau potongan harga menarik

Sebagian orang merasa bahwa barang kerajinan mempunyai harga mahal, sehingga mereka lebih memilih tidak membelinya, misalnya seperti guci, vas, lukisan. Mematok harga tinggi sama artinya dengan menghargai seniman yang menghasilkan karya tersebut, apalagi pada jenis lukisan karena pasti ada makna tersendiri di dalamnya.

Namun, memang tidak semua barang seperti itu dibanderol dengan harga selangit. Jika Anda pemula dalam bisnis ini, cara mempromosikannya adalah dengan menunjukkan adanya diskon atau potongan harga menarik. Ini contoh promosi produk kerajinan menggunakan diskon.

“PAKET BUNDLING! 1 paket vas minimalis isi 3 hanya Rp150.000. Beli sekarang juga!”

“Dapatkan potongan sebesar 25% setiap melakukan transaksi minimal Rp500.000”

“Diskon 15% untuk guci naga ukuran sedang, berlaku sampai akhir bulan”

3. Tunjukkan fungsi atau kegunaan produk kerajinan

Alasan mengapa sebagian orang tidak membeli barang kerajinan yaitu karena belum mengetahui fungsinya secara jelas. Padahal selain menambah nilai estetika, barang tersebut juga mempunyai nilai guna yang mungkin juga dibutuhkan. Misalnya pada produk tas, sepatu, pakaian rajut, vas, lukisan, dan sebagainya di mana benda-benda tersebut ada manfaatnya.

Tas, sepatu, serta pakaian rajut memang jelas fungsinya untuk dipakai sebagai pelengkap kegiatan sehari-hari. Sedangkan vas, lukisan, guci tentu fungsinya sebagai penambah keindahan suatu ruangan agar tidak terasa kosong. Bagaimana cara mempromosikannya melalui kegunaan produk kerajinan tersebut?

“Dapatkan sepatu kulit berkualitas untuk melengkapi penampilan agar paripurna”

“Tas kulit ini dirancang dengan bahan kulit asli yang premium supaya lebih kuat saat membawa barang berat dan tidak mudah robek”

“Percantik ruang tamu Anda dengan vas bunga minimalis dari toko kami”

4. Berikan detail dan gambaran produk secara jelas

Cara memasarkan produk kerajinan paling penting yaitu memberikan detail dan gambaran benda kerajinan tersebut secara jelas. Caranya bisa dengan membuat konten video maupun meletakkan deskripsi lengkap pada caption disertai detail melalui foto. Memberikan detail jelas akan membuat konsumen berpikir untuk membelinya.

Ketika mempromosikan dengan cara ini, siapkan kamera yang mumpuni. Bisa bermodalkan kamera belakang ponsel saja, kemudian mengunggahnya di sosial media. Ini contoh dialog promosi kerajinan melalui media sosial untuk menarik minat calon pembeli.

“Vas murah ini dibuat secara detail menggunakan tali rami. Bisa teman-teman lihat bagaimana detailnya, dijamin vas ini lebih tahan lama”

“Jahitan sepatu pantofel kulitnya rapi, nih. Solnya empuk, sepatunya juga ringan dipakai. Mumpung murah, mari silahkan diborong!”

“Ini detail salah satu tas kanvas produk kami, bahannya kuat jadi kalian tenang saja karena nggak akan gampang sobek. Di dalemnya ada bagian kantong kecil juga untuk menyimpan kunci, pin, kertas, dan lainnya”

“Dompet kulit dari toko kami bukan kulit sintetis, dijamin asli. Bisa dilihat ya kalau jahitannya rapi, kalau dipakai pun bisa tahan lama karena bukan kulit sintetis”

Terkadang, saat memposting video maupun foto untuk konten di media sosial kualitasnya jadi buruk, di mana gambarnya jadi terlihat pecah. Hal ini akan berdampak terhadap konten itu sendiri karena jadi kurang jelas detailnya. Maka sebaiknya lakukan pengeditan terlebih dahulu sebelum diunggah.

5. Jelaskan keunggulan adanya benda kerajinan tersebut

Penjelasan mengenai keunggulan produk kerajinan yang dijual pun perlu dijelaskan, sehingga pembeli jadi lebih paham bagaimana fungsinya dan memastikan tidak akan menyesal ketika membelinya. Misalnya dibuat dengan bahan premium yang berkualitas, mempercantik ruangan, membuat penampilan seseorang terlihat semakin mewah, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menjelaskan keunggulan untuk dipromosikan? Ini contoh promosi produk kerajinan melalui keunggulannya.

“Clutch kulit premium dari brand kami akan membuat penampilan Anda menjadi elegan, masih ragu membelinya?”

“Dapatkan tampilan ruangan semakin cantik dengan memajang lukisan ukir di dinding Anda”

Contoh Kata-Kata Promosi Produk Kerajinan

Ingin tahu apa saja kata-kata promosi produk kerajinan lainnya? Yuk, simak contohnya di bawah ini untuk dijadikan sebagai referensi!

“DISKON AKHIR TAHUN 20% khusus syal dan sarung tangan rajut. Borong semuanya, yuk!”

“Dapatkan GRATIS sepasang kaos kaki katun setiap pembelian 2 sepatu dari toko kami”

“Hangatkan tubuh saat dinginnya malam dengan sweater rajut tebal dari brand kami. Kualitas terbaik dan nyaman dipakai”

“Karpet unik ini dibuat dari limbah eceng gondok. Meletakkannya di ruang tamu akan membuat tampilan ruangan terkesan lebih natural”

“Bangga pakai produk lokal! Ingin custom tas? Segera hubungi kami di nomor 08XXXXXXXXXX”

Cara Mempromosikan Produk Kerajinan secara Efektif

Setelah mengetahui kata-kata promosi produk kerajinan, selanjutnya mari kita ketahui tentang cara mempromosikannya secara efektif. Simak tipsnya sebagai berikut.

1. Manfaatkan kecanggihan sosial media dan internet

Teknologi kini sudah semakin canggih. Jika mempunyai barang kerajinan yang hendak dijual, manfaatkanlah internet dan sosial media. Mempromosikannya melalui media tersebut penyebarannya jadi lebih luas, sehingga akan lebih cepat dikenal oleh publik.

Anda bisa mempromosikannya melalui WhatsApp ataupun berpromosi di Telegram. Cara ini ampuh untuk mengenalkan kerajinan Anda ke publik secara luas dibandingkan hanya melalui door to door serta mulut ke mulut.

2.  Endorsement melalui selebgram, artis, atau influencer

Endorsement melalui publik figur memang dipatok dengan harga tinggi, namun feedback yang diberikan dijamin tidak akan mengecewakan. Publik figur pasti mempunyai banyak pengikut, di mana pengikutnya pun dapat terpengaruh ketika idolanya membeli suatu produk, terlebih jika barangnya menarik.

3. Buat konten menarik

Hal paling penting saat mempromosikan produk kerajinan adalah dengan membuat konten menarik, baik video maupun foto. Anda bisa menyisipkan contoh kata-kata promosi produk kerajinan pada poin sebelumnya di atas sebagai pelengkap supaya dapat banjir pesanan.

Konten menarik bukan mengenai caption atau kalimatnya saja, tetapi juga kualitas gambar dan videonya. Maka dari itu, gunakan kamera berkualitas (bisa HP, mirrorless, SLR, DSLR, dan sebagainya), kemudian edit supaya kualitasnya tidak pecah atau buram. Berikan detail yang jelas pada barang kerajinan tersebut.

4. Promosi secara personal atau mulut ke mulut

Promosi melalui mulut ke mulut (word of mouth) pun sangat efektif untuk menarik minat calon pembeli. Mulailah dari orang terdekat, rekan kerja, atau mungkin sampai memperkenalkan kerajinan milik Anda melalui katalog ke orang yang ditemui.

Itulah contoh promosi produk kerajinan yang ampu dan menarik. Semoga dapat membantu!

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *