Lompat ke konten

10 Perlengkapan Usaha Cuci Karpet yang Harus Dimiliki

Perlengkapan Usaha Cuci Karpet

Usaha cuci karpet termasuk ke dalam bisnis laundry, keberadaannya dibutuhkan untuk membersihkan permadani kotor supaya jadi bersih kembali. Hampir mirip seperti bisnis laundry lainnya, tarif cuci karpet biasanya dapat ditentukan berdasarkan jumlah satuan maupun kiloan. Apakah tertarik untuk menekuninya, sebab mengingat bahwa peluang tersebut juga ternyata lumayan bagus?

Apabila tertarik menekuni usaha laundry karpet, pasti ada berbagai macam peralatan yang harus dipersiapkan guna menunjang jalannya bisnis tersebut. Selain vacuum cleaner dan detergen, adapun beberapa perlengkapan lainnya yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut.

1. Vacuum Cleaner Wet and Dry

Perlengkapan yang dibutuhkan jika ingin membuka usaha cuci karpet salah satunya adalah vacuum cleaner wet and dry. Vacuum cleaner dengan teknologi kering dan basah mampu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di permadani secara sempurna.

Vacuum cleaner wet and dry pun dapat menyedot segala jenis debu dan kotoran lain pada kondisi basah maupun kering. Oleh karena itu, vacuum cleaner ini keberadaannya memang harus ada di laundry karpet supaya dapat membersihkannya secara lebih maksimal.

Perlu diketahui lagi bahwa vacuum cleaner hanya dapat menghisap debu serta kotoran saja, tetapi tidak dapat sekaligus membilasnya. Apabila ingin fitur tambahan untuk membilas, sebaiknya pilih vacuum extractor saja.

2. Polisher

Ketika membuka usaha laundry karpet, Anda pasti membutuhkan alat cuci karpet berupa polisher untuk menyikat karpet secara otomatis. Alat ini bergerak dengan cara berputar untuk menyikat permadani hingga ke sela-sela, sehingga pasti lebih bersih jika dibandingkan melakukannya secara manual dengan tenaga manusia.

Menyikat secara manual menggunakan tangan dan sikat biasa hanya akan membuang-buang waktu, melelahkan, bahkan membuat durasi mencuci jadi lebih lama. Tak hanya itu, hasilnya pun kurang maksimal dan masih ada sisa kotoran masih menempel.  Apalagi jika kondisinya sangat kotor sampai menghitam, Anda pasti membutuhkan polisher untuk membantu menyikatnya dalam waktu singkat.

3. Detergen Khusus Karpet

Perlengkapan usaha laundry karpet berikutnya adalah detergen khusus karpet. Fungsinya tentu saja untuk membersihkan kotoran membandel supaya dapat terhempas kemudian membuatnya tampak seperti baru. Formulasi detergen tersebut berbeda dengan yang biasa digunakan di laundry pakaian, sehingga sebaiknya mencari grosir khususnya.

Pilih formula detergen yang tidak bersifat merusak kain-kain pada karpet, tetapi mampu melemburkan sekaligus membuatnya jadi bersih secara maksimal. Pemilihan sabun pembersih yang tepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan pada jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Selain itu, usahakan detergen bersifat ramah lingkungan supaya tak menimbulkan limbah di lingkungan perairan. 

4. Pewangi Khusus Karpet

Selain detergen, modal usaha laundry karpet lainnya adalah pewangi khusus permadani. Pewangi memberikan aroma harum pada permadani agar baunya tidak apek setelah dicuci, jadi perlengkapan berupa pengharum ini sangat dibutuhkan apabila hendak membuka usaha laundry suppaya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pewangi khusus karpet bisa dicari sekaligus membeli detergen, atau mungkin hendak mencarinya secara online pun tak ada salahnya. Banyak pilihan berbagai jenis pewangi, sebaiknya lakukan tester terlebih dahulu untuk mengetahui aroma kemudian memilih yang paling sesuai.

Usahakan ketika memilih pewangi, tidak mempunyai kandungan merusak kain maupun bahan dari karpet itu sendiri. Pilih dengan formula mampu melembutkan sekaligus menjadikan karpet harum tahan lama.

5. Alas Karet Anti Slip

Perlengkapan dasar sebagai modal usaha laundry karpet adalah alas karet anti slip agar permadani tak langsung menempel di lantai. Bentuk alas anti slip biasanya berlubang dan bahannya terbuat dari karet, sehingga tidak akan licin ketika melaksanakan aktivitas pencucian permadani.

Jika dibandingkan saat mencucinya tanpa alas karet, selain licin juga bersihnya kurang maksimal karena kotoran lebih gampang menempel kembali. Sedangkan ketika memakai alas anti slip, kotoran, debu, serta air langsung turun melalui lubang-lubang, sehingga permadani jadi bersih dan proses pencuciannya jauh lebih cepat.

6. Spinner

Proses lanjutan setelah mencuci karpet adalah mengeringkannya supaya tidak apek dan lembab saat dibawa pulang oleh pelanggan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan modal berupa Spinner, yaitu alat khusus untuk memeras karpet hingga kering sampai 90 persen. Tanpa spinner, pasti masih banyak sisa air tertahan di permadani lalu menimbulkan bau apek yang tak sedap.

Bandingkan jika Anda tak memakai spinner atau alat pengering karpet untuk memeras sekaligus membantu mengeringkan, tentu rasanya sangat berat karena hanya memakai tenaga manusia untuk memeras karpet ukuran besar. Adanya spinner dapat memudahkan pekerjaan tersebut karena tidak harus repot-repot melakukannya dengan tangan kosong, sebab sudah dilengkapi teknologi khusus agar membuat karpet jadi kering.

7. Mesin Blower

Sebagian karpet memiliki ukuran cukup besar, hingga membuatnya susah diangkat. Atau mungkin saat kondisi hujan tak kunjung reda, jadi susah mengeringkannya. Maka dari itu, Anda membutuhkan mesin blower guna mengatasi permasalahan tersebut, sebab jika hanya menggunakan vacuum cleaner tentu kurang maksimal.

Mesin blower tak hanya membantu mengeringkan karpet yang susah diangkat karena ukurannya terlalu besar saja. Tetapi juga membantu mengeringkan karena tidak tersedianya tempat jemur layak sekaligus besar, misalnya jika Anda membuka usaha ini di daerah perkotaan dengan luas lahan tidak terlalu besar.

8. Plastik Pembungkus Khusus

Perlengkapan usaha cuci karpet lainnya yang pasti dibutuhkan yaitu plastik pembungkus khusus karpet agar lebih steril dan mudah dibawa oleh pelanggan. Permadani jika telah selesai dicuci kering, kebanyakan akan dibungkus dengan cara digulung (bukan dilipat seperti laundry pakaian). Sehingga, plastik pembungkus khusus tersebut pasti diperlukan.

Berbeda halnya jika bentuk karpet Anda berbulu dan berbahan lemas, cukup dilipat seperti baju dan divakum saja supaya mudah dibawa oleh pelanggan. Meskipun begitu, tetap gunakan plastik pembungkus agar steril sekaligus terlihat rapi saat sampai ke pelanggan.

9. Alat Tagging dan Nota

Alat tagging berguna untuk memisahkan milik customer satu dengan lainnya supaya tidak tertukar maupun tercecer. Anda pasti membutuhkannya sebagai penanda, apalagi dalam bisnis laundry apapun sering terjadi barang tertukar ataupun hilang. Tidak ingin mengecewakan pelanggan karena hal seperti ini, bukan?

Selain itu, Anda pun membutuhkan nota sebagai bukti pembayaran agar customer tahu berapa jumlah yang harus dibayarkannya untuk laundry karpet miliknya. Siapkan setidaknya dua salinan setiap terjadi transaksi, di mana satu lembar untuk diberikan kepada customer sebagai syarat mengambil cuciannya, lalu satu lembar lagi disimpan oleh Anda.

10. Mesin Kasir Digital dan Meja

Terakhir, perlengkapan usaha cuci karpet yang tak kalah penting adalah mesin kasir digital serta meja. Mesin kasir digital berupa teknologi untuk melakukan transaksi secara praktis dan cepat dengan pelanggan, di mana perihal pencatatan transaksinya tidak perlu menghitung uang secara manual dengan kalkulator ataupun menggunakan buku nota karena tinggal klik lalu print struknya.

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan pembayaran digital pula memakai kode QRIS, ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya bagi penyuka sistem cashless (non tunai). Sediakan meja untuk mempermudah melakukan segala kegiatan maupun transaksi pada laundry cuci karpet.

Itulah perlengkapan usaha cuci karpet yang harus ada. Semoga bacaan ini sedikit banyak dapat membantu. Jangan lupa mempromosikan usaha laundry agar mendatangkan banyak pelanggan!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.