Membahas tentang waralaba bisnis kuliner tak ada bosan-bosannya, salah satunya tentang franchise Hisana yang merupakan bisnis ayam goreng tepung brand lokal. Sebagai brand lokal yang menjual hidangan ayam goreng krispi paling populer di Indonesia, Hisana mampu bersaing dengan kompetitor lainnya dengan cara menyajikan makanan berkualitas sekaligus lezat.
Banyak masyarakat Indonesia menyukai hidangan ayam goreng krispi karena rasanya lezat, cocok dijadikan sebagai cemilan, maupun lauk makan. Oleh karena itu, prospek bisnis kuliner tersebut sangat bagus apabila dijalankan di Indonesia.
Mengingat kepopuleran Hisana tersebut, banyak pengusaha ingin bekerja sama atau menjalin kemitraan. Mengapa demikian? Maka dari itu, bacalah peluang, keuntungan, serta cara membuka franchise Hisana berikut ini.
Peluang Franchise Hisana
Peluang franchise Hisana sebagai kuliner ayam goreng tepung krispi sangat bagus prospek ke depannya, sebab makanan tersebut banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, produk makanan siap saji satu ini sejak tahun 2005 hingga saat ini jarang sekali sepi pembeli, bahkan pada tahun 2016 semakin berkembang dan mempunyai lebih banyak pelanggan setia. Berikutnya, mari kita ketahui tentang sejarah Hisana.
Didirikan sejak tahun 2005 oleh Tatang Suharta di bawah naungan PT Selahonje Jaya Abadi, Hisana adalah brand makanan siap saji yang menyediakan menu utama berupa ayam goreng krispi. Awal mula bisnis kuliner ayam Hisana berdiri, konsepnya adalah berjualan dengan mendorong gerobak supaya bisa berpindah dan mendapatkan lebih banyak pelanggan di berbagai tempat. Sehingga, pada waktu itu lebih banyak orang membelinya dengan dibawa pulang atau take away.
Namun seiring berjalannya waktu, Hisana semakin berkembang dan kemudian membuka ruko kecil supaya orang-orang bisa makan di tempat (dine-in) sekaligus take away. Alasan Tatang Suharta menerapkan konsep awal berupa gerobak, yakni untuk menekan biaya produksi. Sebab ketika menggunakan gerobak, biayanya jadi jauh lebih murah karena tak perlu repot memikirkan biaya sewa tempat.
Banyak orang mulai mengenal brand ayam goreng milik Tatang Suharta tersebut dan banyak orang memberikan review positif, sehingga hal ini membuat beliau mulai mengambil peluang untuk memperluas bisnisnya dengan cara membuka franchise Hisana. Sampai tahun 2016, franchise Hisana sudah tercatat sebanyak 630 gerai yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Tatang Suharta berencana untuk mencapai target 2000 gerai agar lebih banyak orang bisa menikmati hidangan ayam krispi dari brand tersebut.
Meskipun saat ini belum diketahui kabar tentang rencana pembukaan 2000 outlet Hisana tersebut, namun tetap banyak orang suka dengan ayam Hisana. Rasanya yang gurih dan harganya sangat terjangkau, brand satu ini tentunya memiliki pelanggan setia.
Keuntungan Franchise Hisana
Membuka bisnis waralaba Hisana tidak ada ruginya dilakukan, mengingat hingga kini masih banyak orang menyukainya karena harganya yang super terjangkau dan rasanya tak kalah lezat dari kompetitor besarnya. Selain dari segi harga makanan dan rasanya, di bawah ini merupakan keuntungan franchise Hisana yang perlu Anda pertimbangkan sebagai bisnis franchise murah.
1. Harga franchise terjangkau
Keuntungan franchise Hisana yang pertama dan wajib diketahui, yaitu bahwa harga bisnis waralabanya termasuk terjangkau. Hanya bermodal sekitar 16,5 juta rupiah saja, Anda bisa membuka usaha dalam bentuk gerobak (bukan outlet ruko). Jadi, dengan kisaran biaya tersebut sudah mendapatkan bahan baku dan lisensi brand resmi dari Hisana.
Termasuk bisnis waralaba dengan harga terjangkau, tentu saja juga harus mempertimbangkan lokasi usaha yang strategis guna menghindari kerugian akibat sepi pembeli. Disarankan untuk membangunnya di daerah potensial, misalnya area kampus atau sekolahan, perkantoran, hingga pemukiman ramai penduduk supaya dapat mencapai target serta waktu balik modal lebih cepat.
Apabila Anda ingin membuka outlet, mungkin harganya jauh lebih mahal karena harus menyewa ruko sebagai tempat pelanggan untuk dine-in atau makan di tempat. Tak hanya itu, butuh pula beberapa perlengkapan seperti meja, kursi, mesin kasir, dan lain-lain.
2. Sudah populer atau memiliki nama
Jika menjalankan usaha waralaba satu ini, tentu saja banyak keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya karena Hisana sudah punya nama baik dan terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Akibat kepopulerannya tersebut, Anda tidak perlu merintis bisnis dari awal apalagi menentukan nama brand sendiri.
Dari biaya sebesar 16,5 juta tersebut saja, Anda sudah memperoleh lisensi brand Hisana Fried Chicken untuk berjualan beserta segala perlengkapannya. Meskipun konsepnya gerobak, ayam Hisana jarang sekali sepi pembeli karena peminatnya pun banyak. Hal paling penting dilakukan adalah memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen agar semakin ramai.
Bergabung sebagai franchise Hisana harga waralabanya terjangkau, bahkan sebelum memulainya Anda diharuskan mengikuti proses training terlebih dahulu agar tahu apa saja yang harus dilakukan selama bergabung kemitraan. Nantinya, pihak pusat Hisana Fried Chicken akan selalu memantau guna memastikan bahwa bisnis berjalan dengan baik.
3. Semua prosesnya berdasarkan konsep syariah
Mempertanyakan status kehalalan produk makanan di Hisana Fried Chicken? Perlu diketahui bahwa di Hisana selalu menerapkan segala prosesnya sesuai dengan konsep syariah, artinya tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam mulai dari proses pemotongan hewan hingga pengolahannya menjadi makanan siap saji.
Oleh karena itu, Anda pun tak perlu ragu untuk memutuskan ingin membuka franchise Hisana karena bisa dikatakan bahwa produk makanannya termasuk halal. Sang pemilik sudah menjalankan konsep syariah sejak awal berjualan, serta selalu mempertahankan kualitas makanannya.
Tatang Suharta selaku pemilik ayam Hisana mengatakan bahwa beliau akan selalu mempertahankan konsep syariah tersebut, apalagi di Indonesia sendiri mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Hal ini pun dibuktikan pula bahwa Hisana Fried Chicken sudah memiliki sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).
4. Rasanya lezat dan banyak disukai
Hal lainnya yang merupakan keuntungan franchise ayam Hisana, yaitu tidak dipungkiri lagi bahwa rasanya memang lezat, sehingga tak heran apabila aneka menu ayam gorengnya banyak disukai. Meskipun produk minumannya tidak sebanyak di restoran lain, namun ayam Hisana tetap disukai. Jadi, tak perlu ragu outletnya sepi!
Hisana Fried Chicken selalu berusaha melakukan inovasi produk pada menu makanan siap sajinya supaya tetap bisa bersaing dengan kompetitor sekaligus tetap mempertahankan kualitas produknya. Menu Hisana, antara lain ayam goreng krispi, ayam geprek, nasi putih, chicken nugget, ceker crispy, usus crispy, sambal geprek, kentang goreng, kulit crispy, serta minuman teh.
Harga ayam Hisana pun terbilang masih sangat terjangkau untuk masyarakat berbagai kalangan, yakni mulai 4 ribu hingga 22 ribu rupiah saja tergantung menunya. Menariknya lagi, konsumen bisa memilih paket makanan yang disediakan di sana supaya lebih hemat dan free minuman.
Cara Membuka Franchise Hisana
Setelah mengetahui banyaknya keuntungan waralaba ayam Hisana, mungkin Anda pun penasaran bagaimana cara membuka franchise Hisana. Apalagi brand kuliner siap saji tersebut termasuk populer dan memiliki peminat tersendiri dari berbagai kalangan masyarakat.
Sayangnya, ayam Hisana masih belum diketahui saat ini membuka kemitraan untuk umum kembali atau tidak. Sebab, sejak tahun 2016 mereka sudah memiliki sebanyak 630 outlet pada 11 provinsi di Indonesia, namun sang pemilik brand belum mengkonfirmasi lebih lanjut terkait kemitraan bisnis.
Jika ingin bertanya lebih lanjut terkait kemitraan ayam Hisana, Anda bisa menghubungi mereka melalui nomor HP 08111537337 yang tertera di website resmi mereka.
Alternatif lainnya yang dapat dicoba jika ingin membuka bisnis ayam goreng krispi, cobalah bergabung dengan franchise Sabana Fried Chicken karena mereka membuka peluang tersebut untuk umum. Harga kemitraannya tidak jauh berbeda, bahkan tak kalah populer pula dengan ayam Hisana.
Begitulah penjelasan lengkap terkait franchise Hisana beserta peluang usaha, keuntungan, serta cara membuka waralabanya. Sudah pernahkah Anda mencoba kuliner siap saji yang populer tersebut?