Lompat ke konten

Peluang Franchise Sabana Fried Chicken: Syarat, Modal, Cara Daftar

Franchise Sabana Fried Chicken

Franchise Sabana Fried Chicken adalah peluang usaha yang bisa dicoba dijalankan sebagai bisnis utama, namun cocok pula dijadikan sebagai penghasilan sampingan.

Ayam Sabana merupakan brand penjual produk ayam goreng tepung dengan harga jualnya mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, kemitraannya pun sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis yang keuntungannya bisa dibilang lumayan menjanjikan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cara daftar franchise fried chicken Sabana disertai persyaratan, rincian modal, serta perkiraan perhitungan keuntungan franchise Sabana tersebut. Yuk, simak bahasan lengkapnya berikut ini!

Tentang Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken adalah brand kuliner yang menjual produk berupa ayam goreng tepung krispi, di mana olahan ini banyak sekali diminati oleh masyarakat di Indonesia. Mengapa produk Ayam Sabana disukai oleh masyarakat Indonesia? Hal ini selain cita rasanya lezat, juga harga jualnya terjangkau, sehingga banyak orang suka membelinya.

Sebelum masuk ke topik pendaftaran franchise fried chicken murah tersebut, mari kita mengulik terlebih dahulu tentang Sabana. Jadi, Sabana didirikan oleh H. Syamsalis yang awalnya memperhatikan bahwa kebanyakan gerai ayam fast food cukup memprihatinkan kualitasnya. Oleh karena itu, beliau kemudian mencoba mendirikan brand tersebut dengan mengedepankan kualitas produk, namun dijual dengan harga terjangkau supaya seluruh kalangan masyarakat dapat menikmatinya.

Selama membuka gerai ayam krispinya (termasuk gerai pertama), H. Syamsalis merupakan seorang religius dan selalu mengedepankan ajaran agama Islam dalam bisnisnya tersebut. Oleh karenanya, pengolahan ayamnya pun beliau pasti mengamalkan ajaran dan nilai-nilai yang dianut agama Islam, tujuannya supaya makanan yang dikonsumsi jadi halalan thayyiban.

Berkat perjuangan beliau yang tak kenal lelah, selalu mengedepankan kualitas produk, serta menerima kritik dan saran dengan bijak, akhirnya kini Sabana sudah mempunyai sebanyak lebih dari 2000 gerai tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Menariknya, produknya pun terjamin kehalalannya karena sudah memiliki sertifikat dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Bahkan, H. Syamsalis masih sering berkonsultasi kepada pihak MUI meskipun produk kulinernya sudah bersertifikat halal.

Franchise Ayam Sabana memang sangat menggiurkan omsetnya, apalagi harga waralabanya bisa dikatakan lumayan terjangkau. Setelah membaca sejarah singkat tentang brand kuliner populer ini, mari mengulas syarat mendaftar waralaba, modal, serta perhitungan keuntungannya pada poin selanjutnya.

Syarat Mendaftar Franchise Sabana Fried Chicken

Sabana franchise merupakan peluang usaha yang boleh dicoba karena pendaftarannya mudah, banyak peminatnya, dan harganya cukup terjangkau. Begini syarat daftar franchise fried chicken murah brand populer ini.

1. Mengajukan lokasi yang strategis

Apabila tertarik mengajukan diri untuk bergabung menjadi Sabana franchise, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan lokasi strategis. Hal ini penting dilakukan karena nanti kaitannya dengan omset penjualan, di mana jika lokasinya kurang sesuai atau sepi maka akan susah mendapatkan omset sesuai harapan.

Tidak ada salahnya apabila mengajukan lokasinya di lingkungan sekitar rumah, asalkan tempatnya strategis. Artinya, mudah dijangkau oleh manusia dan kendaraan, berada di lingkungan ramai, dan mempunyai prospek bagus. Apalagi terhitung mulai tahun 2022, pihak Sabana hanya memperbolehkan mitranya menjalankan usaha di kios/outlet, bukan kaki lima atau emperan.

2. Membayar biaya kemitraan

Ada biaya kemitraan perlu dibayarkan jika Anda ingin bergabung dengan franchise Ayam Sabana. Biaya kemitraan Sabana franchise khusus wilayah Jabodetabek sebesar 22 juta rupiah, sedangkan di luar wilayah itu dipatok harga 23 juta rupiah. Penjelasan rinci mengenai biayanya, nantinya dijelaskan pada poin selanjutnya.

3. Mengisi formulir kemitraan dan melampirkan data diri secara lengkap

Persyaratan selanjutnya yang harus dipenuhi apabila hendak mendaftarkan diri ke franchise Ayam Sabana yaitu mengisi formulir kemitraan secara lengkap dan datanya sesuai. Formulir ini diberikan saat Anda mengajukan diri bergabung dengan kemitraan. Syarat lainnya wajib dipenuhi calon mitra, berikut rinciannya:

  • KTP fotokopi dan pas foto
  • Mengisi formulir secara benar dan lengkap
  • Wajib mengikuti pelatihan resmi dari pihak manajemen Sabana pusat
  • Membeli bahan baku sesuai ketetapan kantor Sabana pusat
  • Tidak menjual produk lain yang sejenis sebagai kompetitor Sabana
  • Harga jual wajib sesuai dengan ketentuan dari kantor pusat
  • Mulai tahun 2022, gerai tidak diperbolehkan dalam bentuk emperan atau kaki lima. Namun kios/outlet, kemudian harus mendapat persetujuan dari kantor pusat

Nah, setelah mengetahui syarat daftar franchise fried chicken Sabana tersebut, mari kita ulas mengenai rincian modalnya. Selain itu, fasilitas apa saja yang didapatkan? Simak pada poin berikutnya.

Modal Untuk Membuka Franchise Sabana Fried Chicken

Harga franchise Sabana Fried Chicken untuk modal awalnya sendiri sebesar 22 juta bagi wilayah Jabodetabek, sedangkan untuk wilayah di luar itu sebesar 23 juta rupiah saja. Fasilitas yang didapatkan dengan harga tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • Gerobak bahan full stainless steel seharga 8 juta
  • Set penggorengan lengkap deep fryer seharga 7 juta
  • Peralatan pendukung lainnya seharga 1,8 juta
  • Bahan baku utama seharga 1,7 juta (modal awal opening gerai)
  • Biaya survei dan training pegawai 4,4 juta 
  • Plang Sabana seharga 500 ribu
  • Biaya pendaftaran
  • Banner, brosur, spanduk, balon untuk opening, dan lain-lain

Perhitungan Keuntungan Franchise Sabana Fried Chicken (Perkiraan)

Kira-kira, bagaimana perhitungan keuntungan franchise Sabana? Harga jual Ayam Sabana berkisar antara 8-13 ribu rupiah saja, sangat terjangkau. Bukan berarti meskipun harganya murah, Anda tidak mendapatkan omset besar, sebab justru kebalikannya,

Perkiraan harga jualnya rata-rata 11 ribu rupiah, maka jika Anda mampu menjual sebanyak 20 pcs per harinya dalam sehari mendapatkan 220 ribu. Kemudian jika sebulan akan mendapatkan omset sebesar 6,6 juta. Tentunya jumlah tersebut masih belum dikurangi dengan biaya operasional dan gaji karyawan, mungkin untuk pendapatan bersihnya kira-kira 3-4 juta (apabila biaya operasional 1 juta dan gaji karyawan 1-1,5 juta).

Cara Daftar Franchise Sabana Fried Chicken

Tertarik dengan omset per bulannya dan ingin bergabung dengan Sabana franchise yang sudah memiliki lebih dari 2000 gerai di Indonesia? Ini cara daftar franchise fried chicken murah dari Sabana.

  1. Cari terlebih dahulu lokasi strategis sebagai tempat usaha. Mengingat aturan dari pihak manajemen Sabana, mulai tahun 2022 tidak diperkenankan membuka kemitraan dalam bentuk kaki lima, tetapi dalam bentuk outlet atau kios.
  2. Buka website resmi Sabana di www.sabanaku.com untuk pendaftaran mitra. Bisa juga langsung mengakses formulirnya pada http://bit.ly/FormPendaftaranMitraSabana
  3. Isi formulirnya secara lengkap dan jawablah pertanyaannya sesuai kondisi.
  4. Jika masih ada pertanyaan seputar franchise Ayam Sabana, hubungi nomor 0817880690 sekaligus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proposal kemitraannya.
  5. Apabila sudah selesai mengisi formulir dan mengajukan proposal, nantinya proposal tersebut akan diproses untuk mendapatkan persetujuan dari pihak kantor pusat Sabana.
  6. Pihak Sabana pusat melakukan survei lokasi usaha berdasarkan isi proposal pengajuan franchise Ayam Sabana milik Anda. Apabila disetujui, selanjutnya membayar biaya kemitraan sesuai ketetapan. Namun jika ditolak, Anda diminta mencari lokasi usaha baru sesuai permintaan pihak manajemen.
  7. Proses selanjutnya ketika semua telah disetujui, Anda diminta mengikuti pelatihan (training) yang diadakan oleh Sabana pusat.
  8. Setelah mengikuti training, kantor pusat akan mengirimkan perlengkapan serta booth untuk memulai berjualan. Proses selesai, Anda sudah bisa menjual produknya.

Begitulah penjelasan mengenai franchise Ayam Sabana yang menarik untuk dilirik sebagai alternatif tambahan pendapatan. Setelah mengetahui omset menggiurkannya tersebut, apakah tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai mitra produk ayam goreng krispi populer satu ini? 

Temukan informasi menarik lainnya mengenai macam-macam franchise di Magnate yang bisa dicoba. Ada juga informasi bisnis franchise murah untuk pemula, lho!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.