Lompat ke konten

Fungsi Hastag di Instagram dan Contoh Penggunaannya untuk Marketing

Fungsi hastag di instagram

Saat ini, media sosial bisa jadi salah satu tempat promosi yang mendatangkan banyak keuntungan. Pasalnya semua orang zaman sekarang tentu memiliki media sosial untuk sekedar berbagi cerita atau bersangkutan dengan pekerjaannya.

Salah satu media sosial yang sedang gencarnya digunakan untuk melakukan promosi usaha adalah instagram. Instagram dengan berbagai fitur yang tersedia didalamnya mempermudah seseorang melakukan penawaran penjualan.

Eits, tetapi bagi Anda yang baru berkecimpung di instagram mungkin belum banyak tahu tips dan trik supaya iklan Anda sampai ke target konsumen. Penggunaan hastag adalah salah satu caranya. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi hastag di instagram, cara penggunaan dan contohnya. Penasaran bukan? Simak selengkapnya berikut ini!

Fungsi Hastag di Instagram 

Anda mungkin sudah pernah melihat postingan instagram sebuah brand penjualan pakaian yang mengenakan banyak hastag di bagian akhir bukan? Penggunaan hastag ini bukan tanpa alasan lho. Berikut fungsi hastag di instagram yang wajib Anda tahu untuk memaksimalkan penjualan Anda!

1. Meningkatkan jangkauan postingan 

Salah satu fungsi hastag di instagram adalah meningkatkan jangkauan postingan Anda. Dengan begitu, maka setiap postingan yang menggunakan hastag akan meningkatkan engagement yang merupakan salah satu strategi marketing instagram. Orang yang tidak mengikuti Anda bahkan bisa melihat postingan Anda. tak jarang, instagram merekomendasikan hastag tertentu sesuai ketertarikan penggunanya.

Tentu jangkauan yang luas itu tidak lepas dari riset hashtag sebelumnya. Sebelum menggunakan sebuah hastag Anda harus mengetahui seberapa kekuatan kompetitor yang menggunakan hastag demikian. Hal ini bisa menjadi patokan seberapa besar peluang postingan Anda untuk memiliki keterjangkauan yang luas dan mendapat perhatian dari calon konsumen.

2. Membangun brand awareness

Fungsi hastag di instagram selanjutnya adalah membangun brand awareness. Ya, dengan jangkauan begitu luas membuat clon pelanggan akan melirik produk-produk yang sedang dipromosikan. Tak jarang, setelah tertarik calon pelanggan akan mengulik lebih lanjut akun Anda. Tentu selain menyiapkan hastag, Anda juga harus menyusun akun Anda supaya menarik.

Ketika orang yang mengulik akun Anda itu kemudian menjadi pelanggan setia Anda, itu artinya brand awareness Anda sudah terbangun dan terus berkembang. Jadi memang fungsi hastag itu salah satunya untuk mengenalkan produk jualan pada lebih banyak orang. 

3. Menyesuaikan konteks postingan

Instagram memang memberikan lebih banyak teks yang bisa ditampilkan jika dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Twitter. Namun caption yang panjang juga tidak menjamin kalimatnya menjadi efektif dan menarik perhatian pengguna instagram. 

Supaya postingan lebih sesuai konteks dan lebih berkelompok maka solusinya menggunakan hastag. Dengan hastag, Anda bisa menyesuaikan konteks postingan dengan apa yang ingin dilihat pengguna instagram.

Misalnya Anda ingin pengguna instagram mengetahui bahwa tas yang dijual memiliki harga yang murah, tanpa harus memberikan penjelasan panjang lebar Anda cukup menambahkan hastag #tasmurah #taslucumurah dan lain sebagainya.

4. Memudahkan target pasar menemukan postingan

Fungsi hastag di instagram lainnya adalah memudahkan target pasar untuk menemukan postingan Anda. Beberapa orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berselancar lama di instagram, mereka cukup mengetikkan hastag yang diinginkan dan muncul postingan yang menggunakan hastag tersebut. Sehingga konsumen lebih mudah menemukan postingan.

Terkadang, di beranda Anda akan muncul postingan dengan hastag yang sering Anda cari. Jadi lebih mudah Anda tidak harus mencari-cari lagi. Itulah fungsi hashtag di instagram sangat berguna untuk menemukan target pasar.

5. Menunjukkan kerjasama dengan influencer atau tantangan tertentu 

Fungsi hastag di instagram bisa juga untuk menunjukkan kerjasama dengan influencer tertentu. Misalnya, Anda merupakan penjualan produk kecantikan, kemudian menggendong beauty influencer untuk mempromosikan produk kosmetik.

Anda meminta influencer tersebut memberikan tantangan kepada pengguna akun instagram, entah itu tantangan menggunakan produk selama 7 hari, tantangan menghilangkan masalah kulit tercepat dan lain sebagainya. 

Supaya bisa menunjukkan kerjasama dari influencer dan seberapa sih animo masyarakat mengikuti tantangan tersebut, Anda bisa menggunakan hastag yang dibuat sendiri. Biasanya formatnya #namabrandxnamainfluencer.

6. Menarik perhatikan calon konsumen 

Terakhir, fungsi hastag di instagram bisa menarik perhatian calon konsumen. Misalnya Anda menggunakan hastag viral yang nyeleneh dan unik membuat produk tersisipkan di berita yang lucu atau video lucu lainnya.

Barangkali itu akan menjangkau lebih banyak audien untuk usaha Anda. bisa juga membuat produk menjadi viral tanpa diduga-duga. Anda mungkin perlu sesekali mencoba menggunakan hastag yang sedang viral.

Cara Penggunaan Hastag di Instagram untuk Marketing

Kini Anda sudah mengetahui apa saja fungsi hastag di instagram, nah lalu bagaimana cara menggunakannya? Simak cara penggunaan hastag di instagram untuk marketing berikut ini!

Gunakan hastag yang relevan

Cara menggunakan hastag di instagram untuk marketing yang pertama adalah menggunakan hastag relevan. Artinya memang sesuai dengan apa yang hendak Anda jual. Dengan hastag relevan maka lebih banyak pengguna yang akan menemukan produk Anda. sebaliknya, jika kurang relevan maka postingan Anda mungkin ditemukan oleh orang yang bukan target pasar.

Sesuaikan jumlahnya 

Batas maksimal penggunaan hastag dalam satu postingan adalah 30 hastag. Namun bukan berarti Anda harus memaksimalkan jumlahnya. Supaya lebih efektif, Anda bisa mengikuti saran jumlah hastag dari Smart Insight berikut ini.

  • Akun dengan >100.000 followers bisa menggunakan 6 hashtag di caption dan komentar pertama.
  • Akun dengan 50.000 hingga 100.000 followers bisa menggunakan 8 hashtag di caption serta 12 hashtag di komentar pertama.
  • Akun dengan 10.000 hingga 50.000 followers bisa menggunakan 2 hashtag di caption dan 11 hastag di kolom komentar pertama.
  • Akun dengan 5.000 hingga 10.000 followers bisa menggunakan 5 hastag di komentar pertama beserta 13 hastag di caption
  • Akun dengan <5000 followers bisa menggunakan 9 hastag di komentar pertama dan 5 hastag di caption postingan. 

Tambahkan branded hashtag

pada dasarnya jenis hastag ada banyak, bisa hashtag komunitas, general atau penjualan. Nah, gunakan branded hashtag untuk marketing. Anda bisa menggunakan nama bisnis, nama variasi atau slogan usaha. 

Imbuhi hastag brand Anda di profil

Terakhir, supaya maksimal Anda bisa menambahkan hastag usaha atau bisnis di profil instagram. Hal ini supaya diketahui bahwa Andalah yang menciptakan hastag tersebut untuk bisnis Anda. 

Contoh Penggunaan Hastag di Instagram untuk Marketing

Beberapa contoh penggunaan hashtag yang bisa dijadikan referensi adalah sebagai berikut:

  1. Siapa yang sudah coba varian terbaru dari Indomie? Mie Goreng rasa Kebab Rendang. Yuk cobain sekarang juga!”

#HidupkanInspirasi #Kolaboramie#Indomieseleraku

  1. “Milo merupakan sumber energi untuk si kecil di sekolah.”

#EnergiUntukTumbuhAktifTiapHari #MILOIndonesia

  1. “Coba produk dari Avoskin yaitu My Serendipity Deep Body Cleanser”

#LevelUpYourBodyExperience 

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan mengenai fungsi hastag di instagram dan cara penggunaannya untuk marketing. Anda mungkin perlu mencoba-coba untuk menemukan formula terbaik untuk mengembangkan instagram Anda. jadi jangan pernah lelah untuk mencoba!

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *