Lompat ke konten

10 Strategi Marketing Instagram yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

Strategi marketing instagram

Strategi marketing tak habis-habisnya dibahas. Apalagi sekarang ini, media sosial berkembang menjadi salah satu wadah atau tempat menjalankan strategi pemasaran yang sudah dipersiapkan matang-matang sebelumnya. Dari banyaknya media sosial, instagram jadi salah satu yang ternyata memiliki potensi besar dalam branding produk dan meningkatkan penjualan.

Eits, tetapi tidak bisa sembarangan. Strategi pemasaran melalui media sosial instagram perlu dipikirkan supaya efektif dan bisa benar-benar mendatangkan konsumen baru. Bagaimana strategi marketing instagram yang tepat? Yuk simak 10 strategi marketing instagram terbukti meningkatkan penjualan. Baca sampai habis artikel berikut ini!

1. Beralih ke instagram bisnis 

Sebelum menjalankan strategi pemasaran yang tepat, hal pertama harus dilakukan adalah beralih ke instagram bisnis. Instagram bisnis memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang sehingga bisa menjadi sarana dalam meningkatkan penjualan. Berbagai fitur hanya tersedia di instagram bisnis jadi lebih baik segera beralih.

Instagram bisnis membantu Anda melakukan promosi produk dengan lebih mudah, terdapat skema yang bisa dijalankan setelah Anda menyetujui segala syarat dan ketentuan. Produk Anda akan direkomendasikan dan muncul di beranda target pasar, jadi lebih banyak orang mengetahui produk dan hal ini baik untuk meningkatkan penjualan.

Tak hanya itu saja, dengan instagram bisnis, memungkinkan Anda untuk melihat insight cerita atau pun postingan yang sudah dibuat dan diiklankan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui, seberapa efektif promosi yang dilakukan, menganalisis apakah target pasar sudah tepat, dan seberapa menariknya produk dan postingan yang dibuat untuk mengundang seseorang membeli produk Anda.

2. Tampilkan branding produk yang kuat untuk strategi marketing instagram terbaik

Selanjutnya, strategi marketing instagram yang tepat setelah Anda beralih dari instagram biasa ke instagram khusus untuk melakukan pemasaran adalah segera merencanakan branding yang kuat untuk produk. Branding yang berkualitas akan lebih mudah menarik konsumen tertarik pada produk Anda.

Brand sendiri artinya identitas, atau karakter. Lebih mudahnya brand produk adalah bagaimana Anda ingin konsumen melihat suatu barang atau jasa berbeda dengan pesaing lainnya. Entah itu dari segi keunggulan, kemasan, slogan, hingga bagaimana pembawaan produk.

Memang, untuk membangun brand sebuah produk bukan hal yang mudah. Anda mungkin memerlukan konsultan untuk hal ini. Karena memang diperlukan perencanaan secara matang. Dengan branding yang kuat, Anda bisa bersaing dengan produk lain, dan pelanggan lebih loyal pada produk yang Anda jual.

3. Optimalkan profil instagram 

Setelah berhasil mengubah ke instagram bisnis dan merencanakan secara matang branding produk selanjutnya adalah memaksimalkan profil instagram Anda. Mulai dari memasang foto profil yang jelas dan menarik, memilih username yang mudah ditemukan dan diingat, dan menginformasikan dengan jelas mengenai produk Anda.

Hal yang paling penting dari profil instagram yang baik adalah mencantumkan bagaimana pelanggan melakukan aksi pembelian. Entah itu nomor pribadi yang bisa dihubungi, atau link marketplace yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian.

Sebab seoptimal apapun profil instagram jika tidak ada petunjuk bagaimana pelanggan membeli maka akan sia-sia saja, karena serangkai promosi yang dilakukan tujuannya tidak lain tidak bukan untuk meningkatkan penjualan produk.

4. Pelajari setiap fitur yang ada

Pada dasarnya, instagram bisnis memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi dengan optimal. Beberapa fitur utama yang biasa digunakan adalah instagram stories, instagram feed dan reels, hingga fitur live

Sebisa mungkin, Anda benar-benar memahami beberapa fitur dengan baik. Dari bagaimana membuatnya hingga bagaimana cara kerja fitur tersebut hingga mendatangkan konsumen potensial. Sudah banyak sekali pelatihan gratis di berbagai platform sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Jadi setiap fitur memang dimanfaatkan dengan baik dan tidak sia-sia. Optimalisasi ini memang membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Sehingga untuk meningkatkan penjualan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara instan.

5. Sajikan konten berkualitas dan terbaik

Setelah mengetahui fungsi dan cara kerja setiap fitur yang ada, strategi pemasaran melalui media sosial instagram selanjutnya adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas dan terbaik supaya promosi di instagram sukses. Mulai dari penyajian gambar, kualitas hingga isinya, pastikan memang sudah direncanakan secara matang.

Hindari melakukan spam yang membuat konsumen tidak nyaman untuk mengikuti akun Anda, Anda juga bisa menyiasati dengan melakukan semacam giveaway, games atau konten menarik lainnya. Rencanakan dengan baik konten setiap hari yang akan diposting. Anda bisa membayar seorang social media specialist untuk tugas ini.

6. Sisipkan konten edukasi

Meski dalam rangka melakukan konten iklan, tetapi jangan lupa bahwa konsumen membutuhkan asupan lain yang membuatnya merasa bermanfaat ketika memutuskan untuk mengikuti akun Anda.

Oleh karena itu sebisa mungkin sisipkan konten yang berupa edukasi. Misalnya, Anda menjual berbagai peralatan rumah tangga, mulai dari sapu, pel dan lain sebagainya. Nah, Anda bisa menambahkan konten edukasi berupa tips menyapu lebih bersih, membersihkan noda minyak di lantai hingga tips membersihkan kaca lebih efektif. 

Anda bisa mengambil sumber kredibel dan terpercaya, atau bisa juga menyajikan konten saat melakukannya. Kemudian disisipkan dengan rekomendasi produk untuk tips tersebut. Ini akan efektif untuk melakukan promosi karena konsumen mendapatkan ilmu dan rekomendasi secara bersamaan.

7. Tunjukkan kepedulian pada loyalitas konsumen 

Biasanya, apabila Anda berhasil melakukan branding dan konsumen mulai tertarik pada produk Anda maka konsumen akan membeli. Tak hanya sampai situ saja, konsumen akan memotret produk dan mengunggahnya di media sosial instagram.

Mungkin bisa review produk, rekomendasi atau hanya sekedar memotret produk Anda yang estetik. Nah, selalu hargai dan peduli pada loyalitas yang ditunjukkan konsumen. Dengan mengunggahnya di media sosial artinya konsumen merasa bangga saat menggunakan produk Anda sekaligus ini menunjukkan bukti bahwa mereka loyal pada produk Anda.

Sekedar apresiasi berupa mengunggah ulang di akun Anda sudah sangat disukai oleh konsumen. Atau misalnya, produk diunggah dan di review oleh selebgram yang cukup menaikkan penjualan tanpa sebelumnya melakukan perjanjian kerjasama, nah untuk mengapresiasi Anda bisa mengirim produk Anda pada influencer tersebut.

8. Memanfaatkan kekuatan hastag 

Kekuatan hastag atau tagar ternyata cukup mendatangkan kebaikan untuk setiap konten diunggah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Track Maven, sebuah postingan instagram yang diunggah dengan menggunakan 9 hastag atau tagar tampil hingga 2.5 kali lebih banyak daripada dengan hastag yang lebih sedikit.

Jadi manfaatkan tagar atau hastag ini disetiap postingan untuk strategi marketing instagram terbaik. Pastikan pas dan tidak terlalu banyak, misalnya setiap postingan sejumlah 5 tagar yang sekiranya berpotensi besar. Pelajari kekuatan agar lebih lanjut untuk lebih jelasnya.

9. Perhatikan waktu posting setiap konten 

Selanjutnya, untuk melakukan strategi marketing yang tepat selalu perhatikan waktu setiap posting konten. Mudahnya, perkirakan waktu dimana lebih banyak orang bersantai kemudian memutuskan berselancar di media sosial. Misalnya, di sore hari sepulang orang-orang bekerja, atau malam hari sebelum tidur, atau di jam makan siang.

Anda bisa memperkirakan waktu sesuai dengan target pasar masing-masing. Contohnya, target pasar Anda adalah para pelajar, berarti waktu posting yang tepat adalah di waktu istirahat, di sore hari sepulang sekolah, di hari libur atau bisa juga di malam hari. Tinggal pilih mana yang cenderung mendatangkan penonton konten lebih banyak.

10. Lakukan evaluasi strategi marketing yang dijalankan

Terakhir, tentu strategi marketing instagram terbaik pun membutuhkan evaluasi untuk selalu memperbaiki apa yang sudah dijalankan, dan melakukan efisiensi dengan membuang hal-hal yang tidak perlu. Kemudian merumuskan cara mana yang paling efektif dari semua strategi yang dicoba.

Nah, berikut di atas merupakan 10 strategi marketing di media sosial instagram yang bisa dicoba dan diterapkan untuk meningkatkan penjualan Anda. ingat, menemukan dan memahami algoritma setiap akun instagram bukan sesuatu yang mudah, sehingga Anda harus mencoba terus melakukan berbagai strategi untuk kemudian menemukan yang terbaik. Selamat berproses!

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *