Lompat ke konten

Brand Value: Pengertian, Fungsi dan Cara Menyusunnya

Brand Value

Istilah brand value dalam dunia bisnis sebenarnya tidak asing lagi, artinya adalah kesetiaan (loyalitas) konsumen terhadap suatu produk maupun layanan sehingga rela mengeluarkan uang untuk membelinya. Padahal sebenarnya, pengertian brand value tak hanya terbatas pada merek dan logonya saja, tetapi juga meliputi kualitas produk atau layanannya untuk meningkatkan nilainya di mata konsumen.

Value atau nilai dari suatu brand sangat penting bagi kelangsungan bisnis karena kaitannya dengan loyalitas pelanggan terhadap produk. Bagi Anda yang sedang atau baru menggeluti dunia bisnis, ketahuilah apa pengertian brand value beserta fungsi dan cara menyusunnya.

Pengertian Brand Value

Pengertian brand value adalah nilai yang menunjukkan loyalitas atau kesetiaan konsumen terhadap suatu produk, sehingga rela membayarkan uang lebih ke produk brand tersebut dibandingkan brand lainnya. Hal ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan, jadi di kemudian hari mereka akan melakukan pembelian kembali pada brand tersebut.

Bagi sebuah bisnis atau perusahaan, brand value teramat penting karena kaitannya tak sebatas kepuasan pelanggan pada produk, tetapi juga penting guna tetap menjaga kualitasnya. Hal ini bertujuan agar mereka tetap setia memakai produk ataupun layanan dari perusahaan Anda.

Manfaat brand value atau nilai brand wajib diketahui oleh para pengusaha. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  • Meningkatkan pendapatan perusahaan.
  • Membangun loyalitas konsumen, jadi mereka tetap memilih brand tersebut dibandingkan yang lainnya meskipun produknya sejenis.
  • Memberikan respon positif terhadap masyarakat atau komunitas tertentu.
  • Menarik minat konsumen baru.
  • Meningkatkan penjualan secara signifikan.

Nilai brand membuat produk lebih dikenal oleh masyarakat umum. Apabila perusahaan mampu mempertahankan kualitas produknya, tentunya banyak orang akan tetap setia menggunakannya dibandingkan memilih merek lain. Oleh karena itu, brand value sangat berpengaruh pada bisnis, sebab dapat membantu meningkatkan penjualan sekaligus omsetnya.

Fungsi Brand Value

Sudah memahami tentang pengertian brand value pada penjelasan sebelumnya? Selanjutnya, ketahuilah apa saja fungsi brand value dan mengapa sangat penting bagi suatu produk maupun perusahaan.

  • Sebagai pembeda antara produk sejenis namun diproduksi oleh perusahaan berbeda.
  • Memberikan informasi lengkap tentang suatu produk.
  • Kredibilitas, keaslian, kejelasan, komitmen, pembeda (diferensiasi) suatu merek.
  • Membantu memprediksi omset bersih suatu perusahaan di masa mendatang.
  • Memberikan informasi tentang jumlah penjualan maupun keuangan suatu merek di pasaran.

Brand value memiliki fungsi dalam mempengaruhi pendapatan perusahaan, jadi sangat penting untuk meningkatkan brand awareness sebagai cara mengenalkan merek kepada konsumen sesuai target pasarnya. Maka, penting sekali untuk mempertahankan kualitas produk supaya tak ada perusahaan baru lainnya yang menguasai pasar secara dominan.

Fungsi dari brand value juga merupakan sebuah investasi. Meskipun tak berwujud secara fisik, namun sangat berharga nilainya jika dilihat dari segi finansial.

Cara Menyusun Brand Value

Nilai merek sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara menyusun brand value sebagai berikut ini untuk menambah omset sekaligus meningkatkan brand awareness.

1. Melakukan analisis pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara menyusun brand value adalah perlu melakukan analisis pasar yang penilaiannya dilakukan secara kuantitatif serta kualitatif. Tujuannya, antara lain untuk menemukan target konsumen yang sesuai, menganalisis pesaing, memahami kondisi serta perubahan yang terjadi di pasaran, serta melihat potensi bisnis.

Kegiatan analisis pasar dapat membantu meningkatkan nilai merek, sebab dari sanalah perusahaan dapat menentukan target konsumen potensial dari hasil analisis yang dilakukan. Selain itu, perusahaan pun akan mempelajari kelebihan maupun kekurangan produk milik kompetitor, jadi dapat diketahui apa yang harus dievaluasi serta dikembangkan agar mampu bersaing di pasaran.

Lakukanlah identifikasi margin produk perusahaan Anda di pasaran, kemudian bandingkanlah dengan milik kompetitor. Jika perusahaan memperoleh lebih banyak keuntungan penjualan maupun kepuasan konsumen dengan produk serupa, maka dapat dipastikan bahwa nilai brand milik Anda termasuk kuat.

2. Menerapkan strategi pemasaran yang tepat

Cara menyusun brand value selanjutnya, yaitu menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Berdasarkan hasil analisis pasar jika sudah menemukan segmen pasar serta target konsumennya, akan lebih mudah dalam menentukan strategi pemasarannya.

Strategi pemasaran atau marketing dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi sosial media maupun bantuan Search Engine Optimization (SEO). Mengoptimalkan teknologi dapat membantu menyebarluaskan produk secara lebih mudah sekaligus meningkatkan brand awareness agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

3. Membuat konten kreatif sekaligus menarik

Konten kreatif merupakan salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan untuk membangun brand value karena dapat membantu meningkatkan brand awareness. Konten dapat berupa gambar maupun video yang dikemas secara menarik untuk mengenalkan produk sekaligus merek kepada masyarakat luas.

Meningkatkan brand awareness demi membangun brand value memang penting. Jadi, unggahan kontennya pun harus diperhatikan, sebaiknya isinya menunjukkan citra positif dari perusahaan. Tentunya masyarakat lebih menyukai konten yang isinya positif, sehingga nantinya akan menentukan apakah mereka tertarik membeli produk atau tidak.

4. Bekerjasama dengan influencer sosial media

Cara mengenalkan suatu merek, dapat melalui kerjasama dengan influencer sosial media. Peranan influencer berpengaruh cukup besar di masyarakat karena memiliki banyak pengikut di dunia maya.

Influencer dapat membantu mengenalkan merek milik Anda ke masyarakat lebih luas. Meskipun harus membayar jasa mereka, namun tak ada salahnya dicoba karena hasilnya benar-benar terlihat dalam hal meningkatkan branding produk sekaligus penjualannya.

Lakukanlah kolaborasi dengan influencer yang tepat untuk branding. Apabila dilakukan dengan influencer yang tepat, maka dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, menarik minat konsumen baru, hingga peningkatan dalam penjualan. 

5. Menawarkan sampel produk atau layanan

Cara menyusun brand value juga boleh dengan menawarkan sampel (free trial) produk atau layanan dari perusahaan Anda, di mana melakukan hal ini juga sangat membantu promosi. Dengan begitu, masyarakat pun dapat menilai apakah produk Anda termasuk layak untuk dibeli atau tidak.

Konsumen yang menilai puas dari kualitas produk sampel atau free trial yang ditawarkan, kebanyakan nantinya akan melakukan pembelian dalam versi penuh. Mereka yang membeli dalam versi layanan atau produk penuh, pasti sudah percaya dengan kualitas merek milik Anda.

6. Mencari dukungan melalui investor dan sponsor

Dalam mengembangkan nilai merek, tak ada salahnya juga mencari dukungan dari investor dan sponsor. Membangun kerjasama dengan para investor ataupun mencari sponsor dari perusahaan besar tentu sangat membantu brand Anda dikenal lebih luas.

Apalagi jika perusahaannya termasuk terpercaya, di mana nantinya nilai merek pun dapat meningkat. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya jika mencari dukungan melalui investor maupun sponsor bagi bisnis Anda.

Melakukan branding demi membangun brand value memang penting bagi kelangsungan bisnis, namun perlu dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan kerugian. Lakukanlah caranya seperti penjelasan di atas untuk membantu menngembangkan bisnis.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *