Di tengah dunia serba modern sekarang ini, baik para pelamar dan para recruiter semakin dipermudah untuk mencapai tujuannya. Salah satunya adalah dari penggunaan LinkedIn sebagai media mencari dan membagikan informasi.
Bagi para pelamar yang ingin mencari pekerjaan, media ini sangat tepat karena Anda bisa membuat koneksi secara langsung dengan perusahaan atau tim recruiter bersangkutan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengirim pesan connection request ke akun yang dituju.
Namun, bagaimana cara membuat koneksi di LinkedIn? Apakah ada referensi pesan connection request yang bisa diikuti? Daripada penasaran, mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!
Pentingnya Membuat Koneksi di LinkedIn
Membuat akun LinkedIn tidak hanya soal menunjukkan siapa diri Anda dan mencari informasi seputar dunia kerja. Akan tetapi, penting pula untuk membuat koneksi dengan pengguna lain. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini:
1. Membangun Relasi
Hal pertama yang bisa dirasakan dari membuat koneksi di LinkedIn adalah terbangunnya relasi dengan pengguna lain. Relasi ini tidak hanya sekadar meminta pengguna lain menerima Anda sebagai rekan, tetapi juga bisa menjalin komunikasi baik dengan pengguna tersebut.
LinkedIn merupakan tempat berkumpulnya orang-orang profesional. Maka dari itu, Anda perlu memanfaatkanya sebaik mungkin untuk bisa berkenalan dan berkomunikasi lebih dalam lagi bersama orang-orang hebat.
Ditambah lagi jika Anda mengirimkan pesan connection request kepada pengguna lain. Walaupun terlihat sederhana, pesan yang dikirimkan ternyata bisa berpeluang untuk menggali informasi baru dan bahkan membangun hubungan lebih banyak lagi.
2. Memperluas Wawasan
LinkedIn pada dasarnya bukan hanya berfungsi untuk mencari informasi terkait dunia pekerjaan saja, melainkan juga wadah berdiskusi dengan pengguna lain. Melalui status atau informasi yang dibagikan oleh orang lain, Anda dapat ikut turut serta dalam topik yang sedang dibahas.
Anda juga bisa membuka diskusi untuk para pengguna lainnya jika Anda ingin melihat sudut pandang baru terhadap suatu topik. Dengan kata lain, membuat koneksi tidak hanya sekadar menambah jumlah pertemanan saja. Akan tetapi, lebih bermakna dari itu di mana Anda bisa memperluas wawasan Anda menjadi lebih banyak dan beragam lagi.
Koneksi dengan pengguna lain yang memiliki bidang pekerjaan sama akan meningkatkan wawasan Anda terhadap perkembangan bidang yang berlangsung. Misalnya, wawasan tentang tips dan trik, tools terbaru yang bisa digunakan, cara menyelesaikan suatu kasus, dan masih banyak lagi.
3. Membuka Kesempatan Baru
Kesempatan dan peluang baru akan terbuka lebar bagi Anda dari membuat koneksi di LinkedIn. Bagaimana caranya? Caranya tentu dari profil diri dan pesan connection request yang Anda kirimkan.
Dari mengirim pesan, pengguna lain akan penasaran dengan diri Anda dan mencari tahu apa saja yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya. Ditambah lagi jika Anda mengirim permintaan koneksi ke tim HR (human resource) suatu perusahaan. Bisa saja dari tindakan tersebut justru mengarahkan Anda untuk mendapat pekerjaan baru.
Cara Membuat Koneksi di LinkedIn
Berteman di LinkedIn bukan hanya dengan mengeklik permintaan pertemanan di profil pengguna lain, melainkan perlu dibuat koneksi lebih dalam agar lebih bermanfaat. Lalu, bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips di bawah ini:
1. Aktif Berdiskusi dengan Pengguna Lain
Koneksi tidak hanya didapat dari orang yang Anda kenal saja. Akan tetapi, Anda juga bisa berkenalan dengan pengguna lain dari ruang diskusi yang ada. Diskusi terbuka ini biasanya dilakukan dari mengomentari sebuah konten atau status yang dibagikan oleh seseorang.
Dari hal tersebut, Anda bisa mengajukan permintaan koneksi apabila dirasa ada komentar yang menarik perhatian dan ingin berdiskusi lebih lanjut. Begitu pula yang akan dilakukan pengguna lain terhadap akun Anda.
Selain memperluas wawasan dari diskusi, semakin aktif berkomentar, besar peluang Anda untuk di-reach out oleh perusahaan. Tentu Anda menginginkan hal tersebut, bukan?
2. Mengirim Pesan Connection Request
Berkoneksi di LinkedIn akan semakin bermanfaat apabila Anda mengirimkan pesan kepada pengguna lain. Mengapa demikian? Tindakan tersebut akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan seseorang tersebut dan ingin membangun hubungan lebih profesional.
Jadi, Anda tidak hanya sekadar ingin menambah pertemanan saja, tetapi juga ingin menjalin hubungan lebih profesional dengan seseorang tersebut.
3. Bagikan Konten Menarik
Terakhir, Anda bisa membagikan konten menarik untuk membuat koneksi di LinkedIn. Dari konten yang dibagikan, pengguna lain bisa melihatnya di linimasa mereka dan berpeluang untuk menambah relasi. Semakin aktif Anda membagikan konten, besar juga peluang untuk dilirik oleh perusahaan.
Contoh Pesan Connection Request di LinkedIn
Pesan connection request di LinkedIn akan sangat berpengaruh terhadap terbangunnya koneksi dan relasi. Anda bisa mengirim pesan ini ke teman satu almamater, rekan kerja, calon perusahaan, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada beberapa contoh pesan yang bisa diterapkan saat Anda akan meminta permintaan pertemanan:
- Selamat pagi/siang/sore, Ibu Safira
Saya adalah junior accountant di perusahaan Maju Bersama. Saya melihat bahwa Anda berasal dari kampus yang sama dengan saya dan sedang bekerja di perusahaan CDE. Walaupun kita tidak pernah bertemu secara langsung, saya mendengar bahwa anda memiliki kemampuan menangani sejumlah kasus di bidang akuntansi yang luar biasa. Saya ingin mengenal Anda lebih jauh lagi dan berharap bisa bekerja sama di masa depan.
Dengan hormat,
Diva Melia
- Selamat pagi/siang/sore, Bapak Guntur
Saya adalah karyawan baru di divisi content writer di perusahaan Literasi Tinggi. Saya melihat bahwa divisi ini memiliki komitmen untuk membuat tulisan yang kreatif dan inspiratif bagi para pembacanya. Oleh karena itu, saya ingin membangun koneksi dengan Bapak dan berdiskusi mengenai kepenulisan dari divisi yang Bapak ampu, yaitu media kreatif.
Hormat saya,
Julius Christian
- Selamat pagi/siang/sore, Ibu Rania
Saya sangat senang dapat mengikuti seminar tentang digital marketing yang dilaksanakan pekan lalu di aula Taman Mini.
Saya sangat terinspirasi dengan bagaimana Ibu menyampaikan informasi dan ingin tahu lebih lanjut mengenai seminar Anda selanjutnya. Maka dari itu, saya ingin tetap terhubung dengan Anda di LinkedIn dan berdiskusi mengenai topik digital marketing lebih banyak lagi. Terima kasih.
Dengan hormat,
Sarah Renata
Demikianlah beberapa cara membuat koneksi di LinkedIn yang bisa diterapkan. Dalam membuat koneksi, ada baiknya untuk mengirim pesan connection request menggunakan beberapa referensi yang sudah dibahas di atas. Jalin hubungan yang baik dengan pengguna lain di LinkedIn untuk merasakan sejumlah manfaatnya.