Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh online shop adalah menentukan metode pembayaran dan memastikan asal dari pembayaran tersebut. Pasalnya, dengan berkembangnya transaksi digital seperti saat ini, pedagang akan mendapatkan pesanan barang tidak hanya dari satu channel pemasaran saja, tetapi juga berbagai channel sekaligus.
Untungnya, perkembangan teknologi keuangan saat ini memungkinkan pedagang menggunakan fasilitas yang bernama virtual account atau akun virtual. Lantas, bagaimana akun virtual dapat menyelesaikan masalah di atas dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya berikut ini:
Apa Itu Virtual Account?
Virtual account (VA) adalah beberapa digit angka yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan keuangan lainnya sebagai metode pembayaran. Pelanggan tinggal menyalin nomor VA ini dan menempelkannya ke fitur virtual account di aplikasi mobile banking atau menuliskannya di ATM untuk melakukan pembayaran.
Dalam serangkaian angka tersebut terdapat nomor identifikasi pelanggan dan nomor identifikasi transaksi. Ini artinya, nomor VA tersebut hanya bisa dipakai untuk membayar satu transaksi oleh pelanggan tertentu saja.
Tidak jarang pembayaran menggunakan VA ini juga dibatasi waktu. Artinya, jika VA tersebut tidak digunakan untuk membayar dalam jangka waktu tertentu, pelanggan harus meminta nomor VA yang baru lagi.
Setelah VA digunakan untuk membayar pelanggan tersebut akan menerima struk bukti pembayaran, sementara pedagang akan menerima notifikasi pembayaran. Dengan demikian, pedagang tidak perlu memverifikasi adanya transaksi pembayaran lagi dan pelanggan tidak perlu mengirimkan bukti transfer kepada pelanggan.
Manfaat Virtual Account Untuk Bisnis
1. Praktis
Baik bagi pelanggan maupun bisnis, menggunakan virtual account sebagai metode pembayaran adalah alternatif yang praktis. Pelanggan tidak perlu repot-repot memasukkan nomor rekening, memastikan kebenaran nomor rekening pedagang dan mengirimkan bukti transfer jika bertransaksi menggunakan VA.
Sebaliknya, pebisnis juga tidak perlu menumpuk bukti pembayaran dari pelanggan untuk melakukan verifikasi pembayaran. Dengan demikian, transaksi perdagangan online jadi lebih praktis dan dinamis.
2. 24 jam
Kekurangan dari metode transfer biasa adalah baik pelanggan maupun pebisnis perlu menunggu proses kliring setidaknya 1 hari, sehingga tidak heran jika uang yang ditransfer sore kemarin, baru masuk siang ini. Apalagi jika transfer dilakukan pada weekend atau menjelang hari libur nasional. Tentu pedagang akan menerima hasil penjualannya lebih lama lagi. Dengan menggunakan virtual account, pelanggan dapat melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun.
3. Memudahkan pencatatan keuangan
Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam serangkaian nomor VA ada nomor identifikasi pelanggan dan transaksi. Adanya kedua nomor ini memudahkan pebisnis untuk melakukan verifikasi siapa orang yang telah melakukan transaksi dan berapa nominalnya.
Tentu hal ini memudahkan pebisnis untuk memverifikasi transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Apalagi jika Anda menggunakan VA sekaligus menggunakan aplikasi pengelolaan inventory (barang dagang). Dengan mengkombinasikan kedua teknologi ini, bisnis Anda akan terhindar dari masalah, seperti sales overlap dari satu kanal penjualan dengan yang lainnya karena data inventory akan diperbaharui secara otomatis.
4. Dapat digunakan diberbagai channel penjualan
Anda tidak hanya berdagang di online marketplace saja, tetapi juga secara offline dan di media sosial?Anda tidak perlu khawatir. Pembayaran menggunakan virtual account dapat dilakukan untuk berbagai kanal penjualan, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencocokkan data penjualan dari pelanggan yang satu dan pelanggan lainnya yang memesan produk Anda lewat jalur berbeda.
5. Aman
Apakah Anda pernah mendengar penipuan yang bermodus seseorang salah tujuan atau nominal transfer dan meminta Anda untuk mengembalikannya? Well, metode penipuan seperti ini dapat dicegah dengan menggunakan VA sebagai metode pembayaran.
Hal ini karena beberapa alasan. Pertama, jika ada orang transfer menggunakan VA, pebisnis akan langsung mendapatkan notifikasi. Kedua, biasanya sistem akan menolak pembayaran apabila nominal yang dimasukkan tidak sesuai dengan nominal transaksi. Ketiga, penggunaan VA terbatas waktu.
Cara Membuat Virtual Account Untuk Bisnis
Saat ini fitur pembuatan virtual account sudah disediakan oleh banyak perusahaan keuangan baik perbankan maupun non perbankan. Perusahaan perbankan yang menyediakan layanan ini, seperti Bank BCA, Bank Mandiri dan banyak lainnya. Sedangkan, perusahaan non perbankan yang menyediakan layanan ini adalah perusahaan payment gateway seperti Xendit, Oy! Indonesia dan banyak lainnya.
Setiap perusahaan menerapkan mekanisme dan biaya layanan yang berbeda. Tidak jarang biaya layanan ini tergantung dengan nominal transaksi dan cara pelanggan membayar nominal transaksi tersebut, apakah menggunakan mobile banking atau menggunakan cara lainnya.
Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui mekanisme dan besaran biaya layanan tersebut sebelum memilih perusahaan pembuat VA yang terbaik menurut Anda. Tanyakan kepada perusahaan penyedia jasa terkait mengenai hal ini.
Sebagai referensi, berikut ini cara pembuatan virtual account untuk bisnis di Bank BCA dan Oy! Indonesia:
Bank BCA
- Daftar sebagai nasabah bisnis Bank BCA untuk mendapatkan akses KlikBCA bisnis.
- Siapkan dokumen yang dibutuhkan. Selain data pribadi dan perusahaan, siapkan juga database pelanggan untuk diupload.
- Kunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat.
- Isi formulir dengan teliti.
- Ajukan permohonan pembuatan VA kepada customer service.
- Setelah permohonan selesai, virtual account perusahaan Anda tinggal diaktifkan dengan cara:
- Masuk ke KlikBCA Bisnis.
- Pilih menu “BCA Virtual Account”.
- Unggah data pelanggan yang telah Anda siapkan di “Upload File Pelanggan atau Nasabah”.
- Isi keterangan file lalu klik lanjut.
- Periksa kembali data yang Anda unggah.
- Klik simpan.
- Lakukan otorisasi transaksi untuk menyelesaikan proses upload. Tekan tombol cetak untuk mencetak data pelanggan jika diperlukan.
Di website KlikBCA Bisnis ini, Anda dapat mengubah data pelanggan dan mendapatkan laporan transaksi di BCA Virtual Account yang telah Anda buat.
Oy! Indonesia
- Daftar aplikasi Oy! Bisnis.
- Masuk ke Oy! Bisnis baik itu melalui aplikasi atau website.
- Pilih menu virtual account.
- Klik menu create VA.
- Pilih menu “Add virtual account detail manually” untuk pembuatan akun secara manual, atau unggah file berisi data pelangga berformat Excel yang telah Anda buat sebelumnya.
- Lengkapi kolom yang tersedia.
- Klik validate.
- Periksa dan perbaiki data yang bertanda merah jika ada.
- Klik validate.
- Virtual account sudah berhasil dibuat.
Kini teknologi pembayaran menggunakan VA sudah digunakan dalam berbagai industri, mulai dari aplikasi e-commerce, aplikasi investasi, akses layanan berlangganan dan lain sebagainya. Adanya virtual account membuat pembayaran online jadi lebih efektif dan efisien.