Lompat ke konten

Cara Membuka Toko di Tokopedia dan Tips Jualannya

tokopedia

Memperluas jangkauan pasar sangat efektif dilakukan dengan mendaftarkan bisnis pada platform e-commerce seperti Tokopedia (Tokped). Tokopedia memiliki jumlah pengguna yang cukup besar dan tersebar di seluruh daerah Indonesia sehingga bisa memperluas target pasar bisnis Anda.

Selain itu, Tokopedia juga membuka kesempatan lebar kepada pebisnis untuk mendaftarkan toko online-nya secara mudah dan gratis. Nah, Anda pun bisa membuka toko di Tokopedia untuk meningkatkan penjualan.

Lantas, bagaimana cara membuka toko di Tokopedia? Setelah berhasil mendaftar, apakah ada tips jualannya agar bisa laris? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak pembahasannya pada artikel di bawah ini!

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Bagi Anda yang pemula dalam berbisnis, berikut ada beberapa cara membuka toko di Tokopedia yang mudah dilakukan. Mari simak baik-baik, ya!

1. Daftarkan Akun Bisnis di Tokopedia

Cara buka toko di Tokped yang pertama adalah pastikan Anda sudah mendaftarkan akun bisnis. Caranya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Tokopedia di perangkat Anda. Lalu, klik opsi “Menu utama” dan pilih “Buka Toko”;
  2. Setelah itu, akan muncul laman “Mulai Berjualan”. Anda akan dihadapkan pada opsi jenis toko yang akan dibuka. Nah, Anda perlu klik “Toko Perorangan atau Official Store” dan tekan tombol “Lanjut”.

2. Verifikasi Data Diri dan Toko

Setelah memilih jenis toko, berikutnya adalah verifikasikan data diri pribadi dan data toko. Ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Kemudian, Anda akan masuk ke laman “Verifikasi Data Diri”. Langkah berikutnya adalah klik “Mulai Verifikasi”;
  2. Setelah itu, Anda diminta untuk mengambil foto KTP. Ikuti arahan dari aplikasi dan sesuaikan pengambilan foto; 
  3. Kemudian, verifikasi wajah Anda sesuai arahan dari aplikasi;
  4. Sistem Tokopedia akan memverifikasi data Anda apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum;
  5. Apabila data sudah sesuai, Anda akan diarahkan ke halaman yang menyatakan bahwa verifikasi akun berhasil. 

3. Lengkapi Informasi Toko

Pastikan verifikasi data Anda berhasil agar bisa beralih ke kelengkapan informasi toko. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk melengkapi informasi: 

  1. Setelah verifikasi, tuliskan nama toko Anda. Pastikan Anda menulis nama toko dengan benar karena nama tokok tidak bisa diubah nantinya;
  2. Kemudian, tuliskan domain toko online Anda. Domain ini berfungsi sebagai link online yang akan mempermudah pelanggan mengakses bisnis Anda; 
  3. Lalu, tentukan lokasi toko Anda dengan tepat. Pastikan lokasi sesuai titik untuk mempermudah proses pengiriman barang; 
  4. Setelah semua informasi terisi, akun Anda resmi menjadi Seller Power Merchant Tokopedia!

4. Tambah Produk Bisnis di Tokopedia

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan produk bisnis Anda di toko Tokopedia, ya. Anda bisa menambahkan foto, deskripsi, dan harga agar mempermudah pelanggan dalam mencari informasi produk. Berikut adalah langkahnya: 

  1. Pastikan Anda menambahkan produk di Tokopedia tidak lebih dari 90 hari. Jika selama 90 hari belum ada informasi produk bisnis, akun toko Anda akan ditangguhkan. 

Tips Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Bagaimana? Sudah berhasil melakukan cara buka toko di Tokped di atas? Apabila sudah berhasil, berikut ada beberapa cara jualan di Tokopedia agar cepat laku! Penasaran? Mari simak tipsnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Berikan Deskripsi Toko dan Produk dengan Jelas 

Cara jualan di Tokopedia agar cepat laku yang pertama adalah pastikan Anda memasukkan informasi atau deskripsi toko dan produk dengan jelas. Informasi ini berupa jenis perusahaan Anda, produk apa saja yang dijual, harga produk, lokasi toko, nomor yang bisa dihubungi, dan sebagainya.

Semakin lengkap informasi yang ditampilkan, semakin besar pula peluang pelanggan untuk membeli produk Anda. Hal ini disebabkan karena semua informasi sudah tersedia dan menjawab kebutuhan pelanggan. 

Selain itu, Anda juga harus menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan tidak menimbulkan makna ganda (kesalahpahaman), ya! Jadi, perhatikan dengan benar penyusunan kalimat dan pemilihan kata yang akan ditampilkan. 

2. Pasang Harga Setelah Menyesuaikan Potongan Persen Aplikasi

Tokopedia sebagai platform e-commerce tentunya juga memasang tarif potongan berupa persenan yang dibebankan kepada pebisnis. Hal ini sama halnya dengan Anda menyewa toko atau menggunakan jasa pihak ketiga untuk memasarkan produk bisnis. 

Dilansir dari situs resmi Tokopedia, per 1 Mei 2024, biaya layanan Tokopedia yang dikenakan adalah sebesar 4% hingga 6,5%. Persenan ini berlaku untuk seluruh Seller Power Merchant dan Power Merchant PRO. 

Besar kecilnya potongan disesuaikan berdasarkan kategori produk yang dijual. Maka dari itu, pastikan Anda memahami berapa besar persenan produk yang akan dijual berdasarkan peraturan yang berlaku. 

Misalnya, kategori produk bisnis Anda adalah peralatan elektronik. Nah, berdasarkan peraturan Tokopedia, produk elektronik masuk ke kategori A. Kategori A akan dikenakan biaya potongan sebesar 6,5%. 

3. Manfaatkan Fitur Pemasaran dari Tokopedia

Perlu Anda ketahui bahwa Tokopedia juga menyediakan beberapa fitur pemasaran yang bisa dimaksimalkan untuk mempromosikan produk Anda, loh! Salah satunya adalah fitur Tokopedia Ads atau Top Ads. 

Anda bisa memasang iklan toko Anda di Tokopedia agar muncul di beranda pelanggan berdasarkan algoritma yang sesuai. 

4. Fast Respond Pesan yang Masuk dari Pelanggan

Berikutnya, cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang perlu diperhatikan adalah seberapa cepat Anda membalas atau menanggapi pesan yang masuk dari pelanggan. Kecepatan dan ketepatan pemberian informasi kepada pelanggan akan memengaruhi performa bisnis.

Anda harus bisa memberi informasi yang lengkap dan cepat agar peluang pelanggan membeli produk bisnis pun semakin besar. 

5. Dapatkan Logo Gold Tokopedia

Terakhir, Anda bisa berupaya untuk mendapatkan logo Gold yang disediakan oleh Tokopedia. Logo ini bisa dikatakan bahwa Anda masuk sebagai merchant premium sehingga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis di hadapan pelanggan. 

Tidak hanya itu saja, logo Gold pun bisa memberikan sejumlah keuntungan, antara lain: 

  • Akun toko bisa dikelola lebih dari 1 user/admin;
  • Etalase toko bisa lebih banyak;
  • Tingkatkan loyalitas dan kredibilitas bisnis di hadapan pelanggan

Nah, itulah beberapa cara membuka toko di Tokopedia yang bisa Anda lakukan. Cukup mudah, bukan? Setelah berhasil membuka toko, jangan lupa untuk mengimplementasikan beberapa tips jualan di Tokopedia untuk pemula agar produk Anda cepat laku, ya!

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *