Lompat ke konten

10 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat HP

Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat HP

Teknologi kini sudah semakin canggih dan hampir merambah ke seluruh dunia. Salah satu bentuk teknologi masa kini yang banyak digunakan oleh hampir setiap manusia yaitu ponsel atau HP.

Penggunaan HP biasanya untuk sarana berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh. Selain sebagai sarana komunikasi, HP juga banyak digunakan untuk menunjang berbagai macam aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah untuk bekerja dan mendapatkan uang.

Mendapatkan uang melalui internet rasanya mungkin sangat sulit, apalagi jika bisa dilakukan tanpa modal. Padahal, banyak sekali cara ataupun peluang mendapatkan tambahan penghasilan melalui internet hanya dengan modal HP.

Butuh ketelatenan dan kesabaran supaya bisa mendapatkan uang tanpa modal lewat HP. Sehingga, bukan tak mungkin jika Anda pun bisa melakukannya. Meskipun membutuhkan usaha, hasilnya juga bisa fantastis jika dilakukan secara sabar, tekun, dan telaten.

Penasaran bagaimana caranya? Simak cara mendapatkan uang tanpa modal lewat HP dalam ulasan berikut ini.

1. Mendapatkan Uang Tanpa Modal dengan Menggunakan Aplikasi di HP

Cara mendapatkan uang tanpa modal, bisa menggunakan aplikasi di HP. Saat ini sudah bukan kesulitan dan kemustahilan lagi mencari uang di internet. Caranya sangat mudah, tinggal siapkan ponsel pintar, kemudian unduh aplikasi dan gunakan. Beberapa aplikasi berikut ini bisa membantu Anda untuk mencari tambahan penghasilan hanya dengan modal HP.

a. Aplikasi E-Commerce untuk Menjual Barang Bekas

Menggunakan HP untuk mendapatkan uang tanpa modal di internet, bisa dengan berbagai aplikasi e-commerce, contohnya Amazon, Facebook Marketplace, eBay, OLX, Shopee, Lazada, Alibaba, JDID, dan sebagainya. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara menjual barang bekas seperti pakaian, buku-buku, maupun barang lainnya yang masih layak pakai.

Selain membuat rumah menjadi lebih lega, barang bekas yang sudah tidak digunakan tapi masih layak pakai, dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Melalui e-commerce, Anda juga bisa mempromosikan barang dagangan secara gratis dan lebih mudah.

b. Aplikasi untuk Menjual Hasil Foto

Mendapatkan uang dari internet tidak hanya dengan menjual barang bekas saja. Jika memiliki hobi di bidang fotografi, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjual foto hasil jepretan di internet.

Saat ini sudah banyak aplikasi khusus jual-beli foto secara online. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menjual foto, antara lain Shutterstock Contributor, iStockPhoto, EyeEM, Agora Image, dan lain-lain.

Sebelum menjual produk hasil fotografi, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kualitas hasil jepretan.Semakin baik kualitas, maka harga foto tersebut juga semakin tinggi. Tertarik untuk mencobanya?

2. Menjalankan Program Afiliasi

Saat ini sedang menjadi tren program afiliasi, yaitu sistem bisnis online dengan cara menjual suatu produk kepada konsumen tanpa harus memiliki produk tersebut. Di sini, pihak yang mengadakan program afiliasi akan membagikan link khusus untuk dipromosikan.

Link khusus tersebut berisi suatu produk yang harus Anda promosikan kepada calon konsumen. Sehingga, ketika seseorang mengklik link tersebut, jika dia membeli produknya makan Anda akan mendapatkan komisi dari produsen (pemilik produk).

Mendaftar program afiliasi sebenarnya tidaklah sulit. Banyak e-commerce penyedia program afiliasi, contohnya Shopee, Lazada, Zalora, Blibli, dan lain-lain.

Keuntungan menjalankan program afiliasi selain mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu pengerjaannya bisa dilakukan di mana saja, bahkan dari rumah. Selain itu, program afiliasi ini dapat dilakukan hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang.

Akan tetapi, tidak semua penjual atau produsen bisa memberikan link produk tanpa perlu membeli barangnya terlebih dahulu. Beberapa penjual bisa saja meminta Anda membeli produknya terlebih dahulu untuk dipromosikan.

3. Menjalankan Bisnis Online seperti Dropship

Bisnis dropship sudah ada sejak dahulu. Bisnis online ini terkenal tanpa membutuhkan modal sepeserpun dan hanya membutuhkan HP atau laptop.

Definisi dari bisnis online dropship, yaitu menjual produk orang lain di toko online tanpa harus memiliki produk tersebut. Jadi, Anda hanya bertugas mempromosikan barang dagangan orang lain melalui toko Anda pribadi.

Dropship kedengarannya mirip dengan program afiliasi. Bedanya, pada program afiliasi tidak mengharuskan Anda memiliki toko online, sebab hanya mempromosikan link produk kepada calon konsumen supaya mendapatkan komisi.

Keuntungan menjalankan bisnis online seperti menjadi dropshipper selain bisa mendapatkan uang tanpa modal lewat HP, adalah bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, Anda tidak perlu pusing membeli produknya karena hanya bertugas untuk mempromosikan barang dagangan orang lain.

4. Berkontribusi Suatu Karya Tulis pada Website Besar

Apabila Anda memiliki hobi dalam bidang tulis-menulis, mencoba mendapatkan uang tanpa modal dan hanya lewat HP bisa dilakukan. Caranya adalah dengan melakukan kontribusi pada website besar melalui hasil karya tulis, misalnya artikel, ulasan produk, puisi, dan lain-lain.

Mungkin rasanya menulis di blog pribadi tak menghasilkan apapun karena traffic pengunjung cenderung sepi. Sehingga, cobalah untuk berkontribusi pada website besar dengan traffic pengunjung yang jauh lebih ramai supaya bisa menghasilkan uang melalui internet, meski hanya bermodal HP. 

Banyak website besar yang menyediakan wadah untuk menyalurkan karya tulis sekaligus membayar para penulisnya, tentunya dengan kriteria proses seleksi. Beberapa situs tersebut, antara lain IDN Times, Jalantikus, UC News, dan lain-lain.

5. Menjadi Influencer atau Konten Kreator Melalui Sosial Media Youtube, Instagram, Tik Tok, dan Lain-lain

Pada zaman modern ini, hampir semua orang di berbagai belahan dunia menggunakan sosial media bukan hanya berinteraksi saja, tetapi juga sebagai wadah eksistensi diri. Apalagi, saat ini sosial media seperti Instagram, Tik Tok, Twitter, Youtube, dan lain-lain sudah banyak dijadikan ladang bisnis supaya bisa mendapatkan uang dari internet.

Salah satu cara mendapatkan uang di sosial media yaitu dengan cara menjadi influencer atau konten kreator. Menjadi influencer atau konten kreator dunia maya sangat menjanjikan peluangnya karena penghasilannya pun tidak main-main. Anda bisa mencoba melakukannya dengan tanpa modal, misalnya mereview produk kosmetik, skincare, tutorial melakukan sesuatu hal, ataupun memainkan game online kemudian diupload untuk menjadi konten di sosial media.

Kunci menjadi konten kreator atau influencer sukses adalah memiliki sifat konsisten, jadi setiap hari sebaiknya ada konten diunggah ke sosial media, entah itu Youtube, Instagram, Tik Tok, dan lain-lain. Selain itu, tetap jaga sikap supaya tidak memiliki citra buruk di mata publik.

6. Menjadi Freelancer atau Pekerja Lepas

Cara mendapatkan uang tanpa modal dan hanya lewat HP, bisa juga dilakukan dengan cara menjadi freelancer atau pekerja lepas. Waktu kerja seorang pekerja lepas cenderung fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja.

Penghasilan seorang freelancer pun sangat bervariasi, biasanya tergantung dari jenis pekerjaannya. Namun, banyak pekerja lepas memiliki pendapatan sangat fantastis, padahal waktu kerjanya pun cenderung fleksibel.

Freelancer  tidak hanya tentang dunia kepenulisan, bisa juga tentang web design, desain grafis, videografer, fotografer, dunia permusikan, dan lain-lain. Cara mendaftarnya pun sangat mudah, Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Freelance melalui beberapa situs seperti LinkedIn, Glints, maupun situs penyedia lowongan kerja lainnya.

7. Membuka Jasa Titip (Jastip) Barang

Bisnis jastip atau jasa titip barang saat ini sedang populer, terutama di kalangan anak muda. Alasan mengadakan jastip karena akhir-akhir ini banyak orang sangat malas untuk keluar rumah membeli barang. 

Bisnis ini pun bisa dilakukan hanya bermodal HP saja, yaitu dengan membeli barang titipan dari orang atau tempat lain, kemudian mengambil keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Meskipun tak membutuhkan modal sepeser pun, menjalankan jastip juga membutuhkan perjuangan. Terutama jika melayani pembelian barang dari luar kota atau luar negeri, sebab harus rela mengantri dan membawa barangnya langsung dari lokasi.

8. Menjadi Seorang Blogger

Banyak orang tak mengetahui bahwa menjadi seorang blogger juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apalagi jika rutin mempublikasikan hasil karya berupa tulisan maupun ulasan di blog. Anda dapat mulai mempublikasikan hasil tulisan melalui Blogger.

Cara mendapatkan uang tanpa modal di internet melalui blog, yaitu dengan memasang iklan  melalui Google Adsense. Dengan catatan bahwa publikasi konten harus rutin sekaligus konsisten supaya dapat meningkatkan jumlah pengunjung hariannya, sehingga lebih banyak dalam mendapatkan uang.

Konten blog sebaiknya tidak hasil jiplakan dari website lain, sehingga memang harus orisinil dari Anda sendiri. Contoh konten yang bisa dibuat, misalnya ulasan suatu produk atau aplikasi, resep masakan, cerita motivasi, tutorial melakukan suatu hal, dan lain-lain.

9. Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Game Online

Saat ini, hobi bermain game online belum tentu menjadi kegiatan yang membuang-buang uang dan juga tenaga. Pundi-pundi rupiah juga bisa dihasilkan dari game online.

Mendapatkan penghasilan tambahan melalui game online yaitu hanya dengan HP dan melakukan perekaman layar selama proses bermain. Anda bisa mengunggah hasil rekaman tersebut di sosial media, termasuk Youtube.

Rutin mengunggah konten akan mempermudah meningkatkan jumlah traffic pengunjung, sehingga kesempatan mendapatkan uang dari internet pun juga semakin besar. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri, dengan tidak terlalu ketagihan main game online.

10. Menjadi Tutor Online atau Menyediakan Jasa Tertentu

Cara mendapatkan uang tanpa modal lewat HP yang satu ini hampir mirip dengan freelance karena waktunya cenderung fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja. Menjadi tutor online atau menyediakan jasa tertentu bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan pendapatan tambahan.

Cara menjadi tutor online atau penyedia jasa bisa dengan mempromosikan diri melalui situs atau sosial media. Misalnya seperti guru les, joki tugas, reviewer curriculum vitae, jasa pembuat CV, translator, pembawa acara, dan lain-lain.

Itulah berbagai cara mendapatkan uang tanpa modal dan bisa dilakukan melalui internet di  HP. Sangat mudah, bukan?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *