Sejak beberapa waktu belakangan ini, brand lokal sedang naik daun di tengah-tengah masyarakat. Naik daun adalah istilah yang digunakan kepada suatu peluang bisnis yang sedang mendapat banyak perhatian masyarakat dan mendapatkan keuntungan tinggi. Brand lokal pantas dicap naik daun karena pangsa pasar luas dan antusias konsumen juga baik .
Tidak hanya itu saja, beberapa brand lokal juga banyak yang sudah dikenal di kancah internasional hingga memenangkan berbagai penghargaan. Lalu, apa sebenarnya alasan mengapa beberapa produk lokal belakangan ini sedang naik daun?
Simak 5 alasan mengapa brand lokal sedang naik daun di bawah ini!
1. Promo dan Iklan Menarik
Seorang konsumen biasanya akan lebih tertarik pada barang yang menawarkan promo-promo menarik. Begitu pula diterapkan oleh beberapa produk lokal di Indonesia.
Untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan, brand lokal biasanya akan melakukan promo diskon besar atau flash sale. Para pemilik brand bekerja sama dengan e-Commerce untuk memasarkan barangnya.
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan promo Harbolnas, 1.1, promo setiap tanggal 25, dan promo tanggal kembar lainnya. Para pebisnis memanfaatkan momen tersebut untuk menarik minat konsumen agar membeli barang lebih banyak.
Selain itu, penggunaan iklan menarik dan kreatif juga jadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Brand lokal sering bekerja sama dengan para pesohor negeri atau artis-artis yang dikenal umum oleh masyarakat. Para artis ini biasanya dijadikan brand ambassador untuk merepresentasikan wajah perusahaan sebagai pengguna produk.
Penggunaan desain dan kalimat persuasif juga banyak diterapkan oleh para pengusaha Indonesia. Bahasa daerah Indonesia yang beragam dipadukan untuk menghasilkan kalimat persuasif bagi pembeli.
Contohnya, brand lokal yang berpusat di Jawa Timur akan menggunakan bahasa Jawa lebih dominan untuk menarik minat masyarakat sekitar. Begitu pula di daerah-daerah lainnya. Hal inilah yang menjadikan brand Indonesia naik daun karena masyarakat merasa dekat dengan brand-brand tersebut.
2. Desain Unik
Selain promo menarik, ternyata desain unik brand lokal juga jadi salah satu alasan yang menjadikannya diminati oleh customer. Tak jarang beberapa produk lokal menggunakan desain khas budaya Indonesia hingga desain ‘nyeleneh’ pada barang mereka.
Penggunaan nama brand atau barang juga tidak jarang menggunakan bahasa daerah Indonesia untuk menarik minat customer. Selain itu, beberapa brand lokal juga kerapkali berkolaborasi bersama brand lainnya untuk menciptakan produk berbeda dari biasanya.
Selain itu, tema desain otentik dan orisinil dengan ciri khas budaya Indonesia juga akan membuat konsumen mendapatkan kesan eksklusif dari barang yang dipakai. Tidak jarang desain-desain ini memberi kesan limited edition yang membuat customer semakin tertarik untuk menjadi salah satu pemiliknya.
3. Harga Produk dan Ongkos Kirim Terjangkau
Produk brand lokal umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan barang dengan spesifikasi sama dari brand luar negeri. Namun, tidak jarang juga beberapa barang lokal bernilai jual mahal tergantung proses produksi dan kualitas yang ditawarkan.
Produk-produk lokal bisa didapatkan dengan harga murah karena proses produksinya dilakukan di dalam negeri sehingga tidak memerlukan banyak ongkos kirim bahan baku. Dengan begitu, produsen bisa mengurangi harga jual pasaran karena bahan baku mudah didapatkan dan harga bahan juga relatif murah.
Selain itu, ongkos pengiriman barang juga bisa terbilang terjangkau. Daerah-daerah di Indonesia bisa dijangkau dengan mudah dengan kendaraan yang tersedia. Namun, ada juga beberapa daerah masih memiliki kontur alam yang sulit untuk didatangi menggunakan baik kendaraan darat maupun laut.
Jadi, Brand lokal bekerja sama dengan e-Commerce untuk memberikan keuntungan lebih bagi customer, seperti potongan ongkos kirim. Bahkan, saat acara-acara tertentu, customer tidak perlu membayar ongkos kirim karena ongkos akan ditanggung oleh e-Commerce dan penjual itu sendiri.
Potongan ongkir bisa sangat membantu meringankan biaya kirim barang Anda tergantung seberapa jauh dan sulit medan perjalanannya. Namun, setiap perusahaan akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan Anda dengan memberikan opsi lebih banyak untuk metode kirim barang.
4. Kualitas Baik dengan Harga Murah
Harga murah bukan berarti menunjukkan kualitas suatu barang adalah buruk. Brand lokal diminati para customer karena harga murah, tetapi memiliki kualitas yang juga tidak main-main.
Para pengusaha biasanya mengurangi bahan baku impor agar biaya produksi tidak terlalu mahal. Dengan begitu, produk bisa dijual dengan harga lebih murah dan terjangkau.
Tidak jarang juga para pengusaha produk lokal ini melakukan survei atau investigasi kepada calon konsumen mengenai kebutuhan dan keinginan mereka. Misalnya, konsumen A ingin membeli produk pelembab di brand A, tetapi terkendala harga yang mahal. Kemudian, pengusaha akan mengevaluasi dan berusaha menjawab kebutuhan konsumen dengan tetap mempertahankan kualitas produk, tetapi menjualnya dengan harga lebih terjangkau.
5. Membuka Peluang Lapangan Kerja
Sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini menjadi sebuah permasalahan yang harus terus dibenahi. Dengan adanya brand lokal, lapangan kerja bisa terbuka lebih lebar bagi siapa pun yang membutuhkan pekerjaan.
Mendukung produk lokal berarti mendukung juga penggunaan sumber daya yang ada di Indonesia, mulai dari sumber daya alam hingga manusia. Produksi berkelanjutan dari sebuah perusahaan dalam membuat produk tentunya membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Dengan begitu, setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari lapangan pekerjaan yang tersedia.
Ditambah lagi, produk Indonesia juga tidak jarang bekerja sama dengan komunitas lokal dalam mengusung tema produk atau acara. Kerja sama kedua pihak ini tentu bisa memberikan keuntungan bagi keduanya tidak hanya berupa materi, tetapi juga mengenalkan lebih luas tentang komunitas yang ada di Indonesia.
Kelima alasan di atas menjadi pendorong kesuksesan brand lokal diminati konsumen dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan mengusung konsep dan strategi pemasaran yang tepat, penjualan barang lokal bisa terus meningkat dan tetap menjadi pilihan konsumen.