Lompat ke konten

Peluang Bisnis Pet Shop Online, Modal & Tips Memulainya

tangan sedang memegang tempat makan hewan

Meningkatnya pemilik hewan belakangan ini dapat dijadikan kesempatan bagi Anda yang ingin berbisnis pet shop. Kebutuhan akan makanan, kandang, obat-obatan, hingga perawatan hewan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Kendati demikian, dalam memulai usaha pet shop ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini lantaran karena bisnis menyangkut kehidupan makhluk hidup sehingga perlu diperhatikan dalam hal pelayanan dan produk yang dijual. 

Anda tertarik untuk mulai berbisnis pet shop online? Cari tahu berapa besar modal yang dibutuhkan dan tips memulai usaha dari penjelasan artikel di bawah ini!

Peluang Bisnis Pet Shop Online

Ketika seseorang memelihara hewan, baik itu kucing, anjing, kelinci, maupun hewan lainnya, pastilah hewan-hewan tersebut membutuhkan perlakuan khusus. Mulai dari penggunaan kandang, peralatan makan, mainan hewan, makanan dan minuman hewan, hingga perawatan tubuh hewan. 

Segala kebutuhan tersebut bisa Anda bantu penuhi dengan membuka bisnis pet shop online. Selain itu, bisnis pet shop juga menjanjikan karena hewan tidak dapat diberi makanan atau produk pendukung lainnya secara sembarangan. Maka dari itu, Anda bisa menawarkan produk makanan atau kebutuhan hewan yang berkualitas dengan harga terjangkau. 

Apa bedanya pet shop online dengan offline? Bedanya adalah di modal yang Anda keluarkan. Ketika membuka bisnis offline, Anda perlu mempertimbangkan biaya toko, perawatan ruangan, gaji pekerja, dan sebagainya.

Berbisnis online bisa mengurangi beberapa pengeluaran seperti biaya toko dan perawatan ruangan. Anda bisa menjual produk hewan dari mana saja selama memiliki gadget dan platform yang mendukung. 

Tips Memulai Bisnis Pet Shop Online

Sebelum memulai usaha pet shop, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebagai landasan berbisnis:

1. Analisis kebutuhan pasar dan tentukan target konsumen

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu kebutuhan pasar dan menentukan target konsumen bisnis Anda. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa lebih memfokuskan layanan atau produk tertentu yang akan ditawarkan. 

Misalnya, pelanggan sedang banyak membutuhkan vitamin penambah nafsu makan untuk hewan. Anda bisa menawarkan produk vitamin tersebut dengan berbagai merek dan kisaran harga berbeda pada tiap produknya.

2. Bangun brand awareness

Sama seperti memulai usaha pada umumnya, membuka toko pet shop online juga memerlukan identitas diri. Hal-hal seperti nama usaha, logo bisnis, tagline, dan lainnya yang berkaitan dengan identitas perusahaan haruslah diperhatikan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap perusahaan Anda. Buatlah logo visual atau nama bisnis menarik yang mudah diingat pelanggan. Bisa juga Anda membuat tagline kreatif yang merepresentasikan visi dan misi perusahaan. 

Jadi, perusahaan Anda akan berbeda dari kompetitor lainnya sehingga dapat bersaing dengan optimal. 

3. Tentukan layanan atau produk bisnis pet shop

Tips berikutnya adalah menentukan jenis produk apa yang akan Anda jual. Anda bisa menjual lebih dari satu produk seperti makanan, obat-obatan, kandang, mainan hewan, dan sebagainya.

Dengan variasi produk tersebut, konsumen bisa memiliki opsi lebih banyak saat berbelanja di online shop Anda. Jadi, pelanggan tidak perlu mencari toko lain untuk memenuhi kebutuhan lainnya. 

Anda juga bisa membuka layanan konsultasi produk yang cocok untuk hewan tertentu. Dengan begitu, konsumen tidak akan bingung untuk memilih barang yang sesuai untuk hewan kesayangan mereka.  

4. Pastikan kualitas produk yang terbaik

Dalam berbisnis, pastinya Anda ingin memberikan layanan atau barang yang terbaik bukan? Terlebih usaha pet shop berhubungan dengan hewan yang juga memerlukan produk berkualitas.

Jika Anda menjual produk vitamin, makanan, atau obat-obatan hewan, pastikan semua barang tersebut sudah memiliki sertifikasi dan aman bagi hewan. Jangan sampai produk-produk itu akan memberikan efek buruk kepada hewan yang tentu akan merugikan konsumen dan keberlangsungan bisnis Anda sendiri. 

Anda bisa mengobservasi merek produk hewan yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai spesifikasi dan harga jualnya. Dengan begitu, pengetahuan Anda akan barang tersebut akan meningkat dan dapat mempertanggungjawabkan barang dagangan Anda. 

5. Masifkan pemasaran bisnis di media sosial

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mempromosikan toko pet shop online Anda di berbagai media sosial. Manfaatkan platform yang tersedia seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau marketplace lainnya sebagai media pemasaran produk atau layanan bisnis. 

Anda juga bisa memaksimalkan fitur pada beberapa platform, seperti Instagram Ads, pesan broadcast, dan masih banyak lagi. 

Analisis Usaha

Berikut adalah contoh analisis usaha pet shop online yang bisa Anda lakukan: 

1. Modal awal

Pertama-tama, tentukan dahulu total keseluruhan produk yang akan Anda jual untuk mengetahui modal usaha pet shop:

Rincian Modal Awal Usaha Pet Shop Online

No. KeteranganHarga
1. Kandang hewanRp5.000.000,00
2. Makanan hewanRp10.000.000,00
3.Produk kesehatan hewan (vitamin, obat-obatan, dsb)Rp5.500.000,00
4.Perlengkapan mandi hewan (sabun, sampo, dsb)Rp4.000.000,00
5.Aksesoris hewan peliharaan (kalung, mainan, dsb)Rp2.000.000,00
6.Perlengkapan lainnya (tempat tidur, tempat makan, dsb)Rp3.500.000,00
TotalRp30.000.000,00

2. Biaya operasional

Biaya operasional usaha pet shop online meliputi biaya tenaga kerja, biaya pengiriman dan logistik, biaya paket internet dan gadget, biaya iklan, gaji karyawan, dan sebagainya. 

Berikut adalah gambaran biaya operasional toko pet shop:

Rincian Biaya Operasional Usaha Pet Shop Online

No. KeteranganHarga
1. Stok produk makanan hewan peliharaan, peralatan dan aksesoris, serta obat-obatan hewanRp6.000.000,00
2. Biaya pengiriman dan logistikRp1.000.000,00
3.Biaya internet dan listrik Rp1.000.000,00
4.Gaji karyawan (jika ada)Rp1.500.000,00
TotalRp9.500.000,00

3. Omzet

Misalnya, dalam sehari Anda berhasil meraup Rp8,5 juta dari penjualan makanan hewan dan produk kesehatan lainnya. Maka, keuntungan yang bisa didapatkan setiap bulannya adalah:

  • Keuntungan penjualan makanan hewan= Rp8.500.000,00
  • Keuntungan penjualan aksesoris hewan dan lainnya= Rp3.500.000,00
  • Produk kesehatan hewan (vitamin, obat-obatan, dsb): Rp4.000.000,00
  • Keuntungan penjualan perlengkapan hewan lainnya: Rp2.000.000,00

Total Keuntungan Per-bulan: Rp18.000.000,00

Profit Bersih Per-bulan:

(Total keuntungan per-bulan) – (Biaya operasional per-bulan):

Rp18.000.000,00 – Rp9.500.000,00 = Rp8.500.000,00

Estimasi omzet tersebut tentulah dapat berubah sewaktu-waktu menjadi lebih rendah atau lebih tinggi tergantung fluktuasi penjualan bisnis. Pastikan juga Anda memperhitungkan biaya tak terduga seperti retur barang. 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk membuka toko pet shop online? Jika tertarik, pastikan Anda sudah mengikuti beberapa tips di atas dan menganalisis peluang usaha ini. 

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *