Lompat ke konten

10 Peralatan Usaha Fotocopy yang Harus Dipunyai

seseorang sedang menggunakan mesin fotocopy.

Salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan adalah usaha jasa fotocopy. Pasalnya, banyak orang membutuhkan jasa ini untuk mencetak dokumen, menggandakan dokumen, menjilid, dan masih banyak lagi. Pelanggannya pun beragam mulai dari siswa sekolah hingga masyarakat umum. 

Apabila Anda tertarik untuk membuka usaha fotocopy, ada 10 peralatan yang harus dipunyai. Peralatan ini nantinya berfungsi untuk menunjang operasional bisnis. Semakin lengkap peralatan yang dipunya, semakin besar juga peluang usaha Anda akan laris dan diminati banyak orang.

Mari simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini mengenai 10 peralatan usaha fotocopy yang harus dipunyai!

1. Mesin Fotocopy

Peralatan pertama yang wajib dipunya oleh para pengusaha fotocopy tentunya mesin fotocopy. Mesin ini berfungsi untuk menggandakan atau menyalin dokumen dalam jumlah banyak.  

Ada berbagai merek dan jenis mesin fotocopy yang bisa digunakan. Salah satu merek yang paling umum dipakai oleh para pengusaha adalah Fuji Xerox Docucentre SC2020. Untuk memiliki mesin ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp35.000.000,00. Namun, ada juga yang harganya di bawah merek tersebut berkisar belasan juta rupiah. 

2. Printer

Mesin printer atau mesin cetak juga perlu dimiliki pada usaha fotocopy. Pasalnya, tidak jarang pelanggan ingin mencetak dokumen mereka terlebih dahulu baru kemudian menggandakannya menggunakan mesin fotocopy. 

Printer akan sangat berguna untuk mencetak dokumen berwarna atau pun hitam putih. Dengan demikian, Anda sudah menawarkan layanan tambahan yang akan meningkatkan daya tarik pelanggan. 

Ada rekomendasi merek printer terkenal yang bisa Anda gunakan, yaitu EPSON L4160. Dengan harga mulai Rp3 jutaan, Anda sudah mendapatkan printer dengan kualitas terbaik. Printer ini dapat mencetak dokumen dengan cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. 

3. Komputer

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah komputer. Dengan memiliki komputer, Anda bisa menambah daya tarik kepada pelanggan. Pelanggan bisa meminta Anda untuk mengedit dokumen sebelum dicetak. Tidak semua pelanggan memiliki perangkat komputer memadai sehingga dengan fasilitas ini, Anda bisa membantu mereka dengan lebih maksimal. 

Selain itu, dengan komputer, Anda juga bisa membuka lebih banyak peluang jenis usaha, seperti mengedit pasfoto, jasa edit dokumen, dan masih banyak lagi. Beli dan gunakan merek komputer dengan kualitas terbaik seperti AXIO PC All in One MYPC U23.

Untuk memiliki komputer ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp2 jutaan. Komputer ini cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari, seperti mengedit, membuka dokumen, dan lain sebagainya. 

4. Alat Pemotong Kertas

Pelanggan tidak jarang meminta bantuan jasa fotocopy untuk memotong kertas sesuai ukuran yang diinginkan. Untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan tersebut, Anda perlu menyiapkan alat pemotong kertas. 

Alat ini akan mempermudah pekerjaan Anda untuk memotong kertas secara efektif dan cepat. Dengan alat ini, Anda tidak perlu lagi takut potongan akan terlalu miring atau tidak sesuai pola. 

Salah satu rekomendasi merek alat pemotong kertas yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha adalah Joyko Paper Trimmer. Alat ini bisa memotong kertas berukuran A4 dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat memotong 20 kertas sekaligus dalam satu waktu. Sangat efisien, bukan? 

5. Etalase Kaca

Etalase kaca berperan dalam menunjang operasional usaha fotocopy Anda karena bisa digunakan untuk menaruh dan memajang barang dagangan Anda. Dalam menjalankan usaha fotocopy, tentu Anda tidak hanya menawarkan jasa fotocopy, bukan? Umumnya, usaha ini juga menjual barang lainnya, seperti ATK (alat tulis kantor), buku tulis, kertas, dan masih banyak lagi. 

Agar pembeli tahu barang apa saja yang dijual, Anda bisa meletakkannya di dalam etalase kaca. Selain itu, etalase juga akan membuat tampilan usaha Anda semakin rapi dan menarik. 

6. ATK (Alat Tulis Kantor)

Selanjutnya, jangan lewatkan untuk menyiapkan ATK sebagai penunjang usaha. ATK di sini mencakup spidol, gunting, stapler, cutter, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut dapat digunakan untuk merapikan potongan kertas, menulis nota, menyatukan berbagai dokumen dengan stapler, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Anda juga dapat menjualnya untuk memenuhi kebutuhan pembeli, seperti para pelajar atau karyawan. 

7. Mesin Laminating

Pelanggan terkadang ingin melapisi dokumen mereka dengan plastik rekat agar tidak rusak terkena air, tidak mudah robek, dan tidak kusut. Nah, untuk memfasilitasinya, siapkan mesin laminating di usaha Anda. 

Mesin laminating ini terdiri dari berbagai bentuk, mulai dari kecil hingga besar. Misalnya, ada mesin laminating yang berukuran kertas A3 di mana Anda hanya bisa melapisi kertas berukuran kecil hingga sedang. 

Ada rekomendasi merek mesin laminating yang bisa Anda gunakan, yaitu Deli Laminator. Mesin ini tidak membutuhkan daya listrik yang besar karena hanya berdaya sebesar 265 Watt. Merek ini juga memiliki fungsi yang sama dengan kelebihan tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising. 

8. Mesin Scan

Berikutnya, mesin scan atau scanner juga harus dipunyai dalam usaha fotocopy untuk membantu pelanggan yang ingin memindai dokumen. Scanner akan menyalin dokumen cetak menjadi bentuk digital ke komputer.

Nantinya, hasil scan ini bisa dikirimkan ke perangkat pelanggan dan mereka bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Nah, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membeli mesin printer yang sudah memiliki fitur scan di dalamnya. Namun, jika Anda ingin scanner yang terpisah, Anda bisa menggunakan merek Epson ES-50. Harga scanner mulai dari Rp1 jutaan ini bisa bantu maksimalkan operasional bisnis. 

9. Jilid Spiral

Setelah menggandakan dokumen, tidak jarang pelanggan meminta dokumen tersebut untuk dijilid. Jilid itu sendiri berfungsi untuk menyatukan berbagai dokumen agar lebih tersusun dan tidak berantakan. 

Nah, Anda bisa menyiapkan mesin jilid spiral agar dokumen yang disatukan bisa lebih rapi dan sesuai pola. 

10. Meja dan Kursi

Peralatan terakhir yang perlu disiapkan adalah meja dan kursi. Kedua alat ini bisa membantu pekerjaan Anda dan karyawan agar lebih fokus. Meja juga dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang dan bahan-bahan lainnya yang menunjang operasional bisnis.

Selain itu, adanya kursi juga bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan sembari menunggu pesanan mereka selesai. Itulah 10 peralatan usaha fotocopy yang harus dipunyai. Secara keseluruhan, total modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ini dengan berbagai peralatan tersebut adalah sebesar Rp14.000.000,00 – Rp50.000.000. Modal tersebut tergantung lagi dari harga setiap mesin atau alat yang dibeli. Jika dirasa harga tersebut di luar budget usaha, Anda bisa menari referensi merek atau alat lain yang seimbang.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *