Ketika sudah beberapa tahun bekerja di sebuah perusahaan, sudah wajar jika Anda ingin mendapatkan promosi jabatan di perusahaan tersebut. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri jika kenaikan atau promosi jabatan di sebuah perusahaan atau instansi bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, jumlah posisi middle management yang perlu diisi hanya sedikit, tapi orang yang menginginkannya ada banyak.
Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan promosi jabatan ini? Ikuti beberapa tipsnya berikut ini:
Keuntungan Mendapat Promosi Jabatan dalam Karir
Bagi seorang karyawan, promosi jabatan tentunya merupakan suatu hal yang diidam-idamkan. Pasalnya, dengan adanya promosi ini menunjukkan kalau kinerja dan kesetiaan karyawan tersebut diapresiasi oleh perusahaan. Belum lagi fakta kalau kenaikan promosi jabatan sama dengan kenaikan take home pay dan perluasan tanggung jawab.
Bagi sebuah perusahaan, menyediakan peluang promosi jabatan dalam karir berarti meningkatkan kepuasan karyawan tersebut dalam bekerja, sehingga etos kerjanya bisa lebih baik lagi. Selain itu, adanya peluang ini juga bisa diartikan penghematan biaya dan proses seleksi karyawan, mengingat perusahaan bisa langsung mengisi jabatan terkait secara internal dan tidak perlu mencari tenaga kerja lagi.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Promosi Jabatan
Terdapat beberapa faktor yang perlu Anda evaluasi jika Anda ingin mendapatkan promosi jabatan.
1. Capaian kinerja
Faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah capaian kinerja Anda selama ini. Hal ini penting untuk menunjukkan kalau Anda mampu dan siap untuk mendapatkan tanggung jawab lebih berat. Tulis capaian kinerja Anda selama ini ke dalam bentuk dokumen dan presentasi dan sampaikan di depan manager HRD dan orang-orang berkepentingan lainnya, ketika perusahaan membuka peluang untuk kenaikan jabatan.
2. Loyalitas kepada perusahaan
Apakah Anda sudah bekerja selama beberapa tahun di sebuah perusahaan dan tidak pernah menyampaikan informasi rahasia perusahaan kepada publik? Hal ini bisa menjadi poin plus Anda untuk mendapatkan promosi. Sebab selain membutuhkan karyawan kompeten, perusahaan juga membutuhkan karyawan loyal supaya informasi internal perusahaan tidak bocor ke perusahaan pesaing atau stakeholder lainnya.
3. Kemampuan kepemimpinan (Leadership skill)
Ketika Anda sudah berada di jabatan manajerial, tentunya Anda akan diminta untuk mengayomi orang-orang yang bekerja di bawah naungan Anda supaya mereka bisa bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, perusahaan tentu akan melihat kemampuan Anda dalam memimpin orang sebelum memberikan amanah jabatan baru kepada Anda.
4. Jumlah posisi yang dibuka
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya biasanya jumlah posisi yang dibuka untuk kenaikan jabatan terbilang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah staf yang ingin mendapatkan kenaikan jabatan tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika tidak semua orang bisa mendapatkan promosi jabatan ini.
Selain jumlah posisi yang dibuka, perusahaan biasanya juga memiliki anggaran terbatas untuk kenaikan jabatan ini. Mengingat promosi jabatan sama halnya dengan kenaikan gaji, maka tidak heran jika jumlah staff yang diterima untuk naik jabatan juga disesuaikan dengan jumlah kenaikan gaji.
5. Hasil test
Dalam perusahaan atau instansi tertentu, capaian kinerja, loyalitas dan leadership skill saja seringkali tidak cukup untuk naik jabatan. Karyawan yang ingin naik jabatan biasanya juga harus melalui serangkaian tes baik itu tes tertulis maupun wawancara. Bahkan beberapa instansi pemerintahan juga menerapkan sistem sertifikasi untuk staff yang ingin naik jabatan.
Tips untuk Mendapatkan Promosi Jabatan
1. Up to Date dengan lowongan pekerjaan yang diiklankan perusahaan
Tips pertama untuk mendapatkan promosi adalah mengetahui lowongan kerja terbaru di perusahaan tersebut, khususnya untuk level supervisor atau manajerial. Tujuannya adalah supaya ketika lowongan yang Anda inginkan dibuka, Anda bisa langsung menyerahkan dokumen lamaran yang telah Anda susun sebelumnya kepada manajer HRD dan pihak-pihak terkait. Dengan adanya teknologi, kini Anda tidak hanya bisa mengetahui informasi lowongan tersebut melalui gosip di kantor, tetapi juga bisa melalui website perusahaan.
2. Menunjukkan skill leadership dan memiliki inisiatif yang tinggi
Tips kedua adalah tunjukkan kalau selama bekerja, Anda merupakan individu yang memiliki kemampuan leadership yang baik dan sering memberikan ide-ide dan inisiatif yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya, dengan sukarela menjadi team leader di lapangan ketika dibutuhkan atau memberikan ide-ide menarik saat rapat. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan kalau Anda adalah orang yang memiliki kemampuan leadership dan problem solving yang bagus dan dapat diandalkan.
3. Menunjukkan keinginan belajar yang tinggi
Perusahaan yang baik tentunya merupakan perusahaan yang mendukung perkembangan skill dan keilmuan yang dimiliki oleh karyawannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan promosi jabatan, pastikan Anda selama bekerja di perusahaan tersebut menunjukkan sikap ingin belajar yang tinggi. Misalnya, tidak mangkir ketika ada konferensi atau pelatihan dan mau diberikan tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar.
4. Menunjukkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi
Perusahaan tentunya juga akan lebih suka terhadap orang-orang yang disiplin saat bekerja dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Misalnya, jarang telat datang ke kantor, menyelesaikan pekerjaan hingga benar-benar selesai dan mau bertanggung jawab jika ada kesalahan pada pengerjaan tugas tersebut.
5. Mengembangkan relasi di kantor
Kalau Anda ingin mendapatkan promosi jabatan di kantor, sebaiknya Anda tidak hanya bergaul dengan rekan-rekan satu divisi Anda saja. Sebab, tidak jarang seorang supervisor atau manajer juga membawahi divisi lain, sehingga relasi dengan anggota-anggota divisi lain itu juga penting. Cara membangun relasi antar divisi ini, seperti dengan rajin mengikuti event kantor, jarang absen ketika ada kegiatan antar divisi di kantor dan lain sebagainya.
6. Memiliki komitmen untuk mengembangkan perusahaan
Hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan promosi di perusahaan adalah Anda menyukai pekerjaan Anda dan berkomitmen untuk terus mengembangkan perusahaan. Dengan komitmen ini, Anda bisa menunjukkan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan dan dapat memberikan pernyataan yang sesuai mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk mendapatkan promosi tersebut dengan tanpa mendiskreditkan rekan-rekan Anda.
Terakhir, siapkan presentasi untuk menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut. Sampaikan presentasi ini di depan manajer HRD dan pihak lain yang berkepentingan setelah masa review tahunan. Dalam presentasi ini, tunjukkan kalau Anda memiliki skill leadership yang bagus, memiliki rekam jejak kinerja yang tinggi, disiplin dan memiliki komitmen untuk mengembangkan perusahaan.