Lompat ke konten

Untung Rugi Menjadi Agen Pos Indonesia Beserta Syaratnya

untung rugi menjadi agen pos

Bisnis logistik di Indonesia semakin menggeliat akibat peningkatan jumlah perdagangan online pasca pandemi covid19. Tidak hanya perusahaan swasta kini perusahaan logistik milik pemerintah, PT Pos Indonesia pun membuka peluang kemitraan. 

Dengan peluang kemitraan ini, Anda bisa menjadi mitra PT Pos yang tidak hanya bisa melayani jasa kirim dan terima paket, tetapi juga jasa penjualan PPOB dan lain-lain. Tentu peluang bisnis ini cukup menggiurkan apalagi di tengah masa-masa sulit seperti saat ini. 

Namun, sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu untung rugi menjadi agen pos Indonesia supaya Anda bisa menentukan keputusan yang tepat:

Peluang Bisnis Agen Pos Indonesia

PT Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN tertua yang dimiliki Indonesia. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1756 ini kini memiliki layanan di 54 ribu titik di seluruh Indonesia. 

Sempat dibilang ketinggalan zaman, kini PT Pos Indonesia mulai berbenah dengan menarget pasar milenial dengan mengembangkan aplikasi pengiriman dan kemitraan. Salah satu program kemitraan PT Pos Indonesia adalah Agen Pos. 

Layanan yang disediakan oleh Agen Pos sama halnya dengan kantor pos lainnya. Hanya saja, Agen pos dibuka di daerah-daerah yang relatif jauh dari kantor pos sehingga PT Pos Indonesia bisa mendekatkan layanan pos kepada konsumen. 

Menurut Vice President perusahaan ini, Tata Sugiarta sebagaimana dikutip dari laman Media Indonesia, salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh PT Pos Indonesia untuk menjadi mitra adalah sharing fee sebanyak 22,5%. 

Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk para mitra. Apalagi jika mengingat bahwa PT Pos Indonesia sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. 

Jenis Pelayanan Agen Pos

Berikut beberapa layanan yang bisa dilayani oleh agen pos:

  1. Layanan pengiriman dan penerimaan barang. 
  2. Jual beli benda pos seperti perangko dan materai. 
  3. Jual beli pulsa, paket data.
  4. Top Up listrik dan PDAM.
  5. Pembayaran angsuran. 
  6. Pengiriman uang menggunakan Wesel Pos Instan

Keuntungan Menjadi Agen Pos Indonesia

Terdapat beberapa keuntungan menjadi agen PT pos Indonesia yaitu:

  1. PT Pos Indonesia sudah memiliki nama tersendiri di hati masyarakat Indonesia sehingga pengusaha tidak perlu mengembangkan konsep branding yang baru lagi. 
  2. PT Pos Indonesia memiliki jangkauan layanan ke lebih dari 50 ribu titik di seluruh Indonesia dan luar negeri. Ini artinya pelanggan bisa mengirim dan menerima paket dari manapun yang mereka mau. 
  3. Sharing fee bersifat progresif hingga 22,5%. 
  4. Menjadi mitra agen pos juga bisa menjual PPOB dan berbagai produk PT pos Indonesia lainnya. 
  5. Lapak Agen Pos bisa digabung dengan usaha lain seperti, toko kelontong, toko baju, layanan fotokopi dan lain-lain selama lapak tersebut terletak di pinggir jalan. 

Kerugian dan Tantangan Menjadi Agen Pos Indonesia

Terlepas dari beberapa keuntungan yang ditawarkan di atas, menjadi Agen pos Indonesia juga memiliki kerugian dan tantangan. Berikut ini beberapa kerugian yang akan Anda hadapi jika memilih menjadi mitra perusahaan ini:

  1. Tantangan dari pesaing yang semakin kencang. Tidak seperti 20 atau 30 tahun lalu, PT Pos Indonesia bukanlah satu-satunya pemain dalam industri logistik lokal. Bahkan saat ini startup logistik dari luar negeri seperti Deliveree pun turut meramaikan industri logistik negeri ini. Akibatnya, sebagai mitra Anda harus pandai-pandai memberikan layanan supaya pelanggan tidak beralih menggunakan jasa logistik lain. 
  2. Layanan kemitraan yang tidak sepenuhnya online. Untuk menjadi Agen Pos, Anda harus datang dan mengirim dokumen secara offline ke kantor pos terdekat. Selain itu, tidak ada informasi mengenai paket kemitraan yang disediakan dalam website resmi perusahaan ini sehingga Anda tidak akan tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk bekerjasama. Anda hanya akan tahu informasi mengenai hal ini ketika Anda mengajukan permohonan keagenan secara langsung ke kantor pos terdekat. 
  3. Berat kiriman yang dihitung berdasarkan gram. Ini membuat beban kiriman akan terasa lebih terjangkau untuk konsumen tapi potensi margin keuntungan untuk mitra menjadi lebih sedikit. 
  4. Citra PT Pos Indonesia yang terkesan ketinggalan zaman. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya PT Pos Indonesia harus berusaha bangkit kembali dengan mengembangkan berbagai layanan logistik yang sesuai dengan tuntutan zaman. 
  5. Keuntungan yang ditawarkan dari penjualan PPOB relatif lebih sedikit dibanding dengan perusahaan lain. Hal ini karena harga paket data dan pulsa yang lebih mahal sementara gap untuk pembayaran PDAM dan listrik lebih murah dibandingkan perusahaan lain. 
  6. Menurut salah satu sumber, pembinaan dan pelatihan yang diperoleh agen dari perusahaan ini masih kurang memadai.
  7. Mitra diminta untuk mengirimkan paket yang diserahkan oleh pelanggan ke kantor pos terdekat sehingga ada tambahan biaya pengiriman yang harus ditanggung mitra. 

Syarat dan Ketentuan Menjadi Agen Pos

  1. Mengajukan permohonan tertulis untuk menjadi agen pos ke kantor pos terdekat.
  2. Mendapatkan persetujuan dari kantor pos terdekat tersebut. 
  3. Menandatangani perjanjian.
  4. Memiliki lokasi usaha yang tidak dekat dengan kantor pos atau agen pos lain yang sudah ada sebelumnya.
  5. Memiliki komputer, printer dan telepon kantor.
  6. Bersedia menyerahkan kiriman ke kantor pos pada waktu yang telah disepakati setiap harinya.

Adapun syarat dokumen yang harus dikumpulkan ketika mengajukan surat permohonan adalah:

Badan Usaha:

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang masih berlaku.
  2. NPWP
  3. Akta pendirian perusahaan
  4. Tanda daftar perusahaan
  5. Denah lokasi
  6. Identitas pemilik dan pimpinan pengelola
  7. Keterangan status legalitas lokasi
  8. Izin lingkungan

Individu:

  1. Identitas diri (KTP/SIM/Passport) yang masih berlaku.
  2. NPWP
  3. Keterangan legalitas lokasi
  4. Izin lingkungan

Fasilitas Yang Diperoleh Mitra

Berikut ini beberapa fasilitas yang akan diperoleh oleh mitra agen pos:

  1. Pelatihan petugas.
  2. Instalasi software. 
  3. Dukungan pemasaran.
  4. Bimbingan manajemen usaha.
  5. Pembinaan usaha. 

Tahapan Menjadi Mitra

Untuk menjadi mitra agen pos, Anda harus melewati beberapa tahapan berikut ini:

  1. Mengajukan surat permohonan untuk menjadi agen pos ke kantor pos terdekat.
  2. Petugas dari kantor pos lantas akan melakukan survey kelayakan lokasi. 
  3. PT Pos Indonesia akan memberikan surat persetujuan dan perjanjian untuk mitra terkait.
  4. Pelatihan persiapan pengoperasian agen pos. 

Nah, itu tadi untung rugi menjadi agen pos dan syarat-syarat yang perlu Anda penuhi untuk bekerjasama dengan perusahaan ini.

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *