Lompat ke konten

7 Cara Jual Tanah agar Cepat Laku

Cara Jual Tanah agar Cepat Laku

Tidak mudah menjual aset properti seperti tanah, sebab bukanlah barang kebutuhan primer. Apalagi harga tanah semakin tahun memang semakin tinggi, tak semua orang berminat untuk membelinya. Kebanyakan masyarakat lebih memilih membeli lahan beserta bangunannya, jadi bukan hanya lahannya saja.

Meskipun begitu, ada banyak cara dilakukan agar aset properti tersebut cepat laku. Misalnya dengan gencar membuat iklan, menjual melalui perantara atau pihak ketiga, dan lainnya. Berikut kami jelaskan penyebab mengapa tanah tidak laku dan cara jual tanah agar cepat laku.

Penyebab Jualan Tanah Tidak Laku

Menjual properti seperti lahan memang tidak mudah dilakukan karena bukanlah sebuah kebutuhan pokok, terlebih harganya dari waktu ke waktu melambung tinggi. Selain soal harga yang tinggi, ini adalah penyebab jual tanah susah laku.

1. Iklan kurang jelas dan kurang aktif

Biasanya, tanah susah laku karena penjual kurang jelas ataupun kurang aktif dalam mengiklankan propertinya, baik secara online maupun lewat media lainnya. Iklan yang kurang jelas membuat calon pembeli bingung dan bahkan malah tidak tertarik untuk melihat properti tersebut. Apalagi jika sangat jarang dipromosikan, malah membuatnya terlihat tidak aktif atau mungkin dianggap sudah terjual.

Tak hanya itu, bisa jadi deskripsinya pun juga kurang jelas. Misalnya tidak menggambarkan kondisi lahan, lokasinya kurang rinci, dan sebagainya. Cara mengiklankan penting sekali diperhatikan, sebab calon pembeli pasti mempertimbangkan kualitas lahan dan lokasinya sebelum memutuskan untuk membeli tanah tersebut.

2. Tidak memakai jasa makelar atau bank

Penyebab jual tanah susah laku lainnya, bisa jadi karena Anda memilih menjualnya sendiri dan tidak memakai perantara sama sekali. Perantara atau pihak ketiga yang dimaksud adalah makelar dan bank, keduanya merupakan opsi yang sangat membantu supaya lahan cepat laku.

Biasanya makelar tanah mempunyai banyak koneksi, sehingga mempermudah Anda mendapatkan pembeli dalam waktu singkat. Namun kekurangannya adalah Anda sebagai penjual tidak memperoleh harga penuh karena memakai sistem bagi hasil dengan makelar tersebut. Sedangkan jika ingin mendapatkan keuntungan penjualan penuh, cobalah memanfaatkan jasa bank.

3. Harga terlalu tinggi tak sesuai kualitas

Biasanya, orang mencari lahan diukur berdasarkan segi lokasi dan potensi. Jadi tak heran jika banyak orang mencari lahan yang aksesnya bagus, tidak jauh dari perkotaan, kondisi tanahnya tidak gampang longsor ataupun tergenang banjir. Sedangkan bagi pemilik bisnis, biasanya mereka mencari yang berpotensi mendatangkan banyak pelanggan dan daerah ramai penduduk demi kelancaran bisnisnya.

Harga tanah pun dari tahun ke tahun memang semakin melambung nilainya, namun bukan berarti boleh menjualnya secara asal tanpa melihat potensi serta kualitasnya. Memasang harga terlalu tinggi tetapi tak sesuai kualitas dan potensinya justru membuat tanah susah laku.

Cara Jual Tanah agar Cepat Laku

Sudah paham mengapa tanah susah laku dijual kepada publik? Coba pertimbangkan untuk melakukan cara jual tanah agar cepat laku seperti berikut ini untuk menarik minat masyarakat.

1. Jual tanah lewat bank

Ikuti cara jual tanah lewat bank agar semakin cepat membuatnya laku. Hal ini karena mereka mempunyai banyak koneksi, baik nasabah maupun non nasabah mereka. Cara ini pun sangat aman dilakukan karena bank merupakan lembaga keuangan resmi negara yang sistemnya solid, legal, serta keamanannya terjamin.

Ketika menjual tanah ke bank, sistemnya bukanlah bagi hasil seperti makelar sehingga nantinya Anda tetap mendapatkan harga penuh. Namun bank akan memberikan sistem pembayaran secara kredit kepada pembeli supaya lebih ringan. Sertifikat tanah nantinya ditahan oleh pihak bank sampai pembeli melunasi angsurannya agar bisa melanjutkan proses pindah nama, kemudian proses pindah nama juga melibatkan Anda sebagai penjual.

Jika ingin menjual tanah ke bank, periksa dahulu jenis kepemilikan sertifikatnya dan apakah sudah pindah nama atau belum. Apabila ingin mengubahnya, cobalah akses website ATR BPN untuk menemukan syarat dan prosedur lengkapnya.

2. Gunakan jasa makelar tanah

Selain mencoba cara menjual tanah ke bank, menggunakan jasa makelar pun tak ada salahnya dilakukan. Biasanya seorang makelar mempunyai banyak koneksi, nantinya mereka yang akan membantu mengiklankan tanah ke koneksi mereka.

Cara jual tanah agar cepat laku, cobalah pertimbangkan untuk memakai jasa makelar tanah memang lebih efektif karena tak perlu terlalu pusing mengiklankan secara gencar. Namun sayangnya jasa makelar tidak seperti bank karena menerapkan sistem bagi hasil ketika properti tersebut berhasil terjual. Kedengarannya memang kurang menguntungkan karena tak bisa memperoleh harga penuh, namun tak ada salahnya jika dicoba.

3. Aktif mengiklankan di media cetak maupun online

Media kini semakin canggih dan bisa diakses oleh siapapun. Jika merasa tanah susah sekali laku, cobalah mulai mengiklankannya melalui media cetak maupun online, misalnya koran dan media sosial secara aktif.

Cara cepat jual tanah online yaitu cobalah mengiklankan lewat media sosial, berarti Anda perlu mencantumkan foto lokasi secara lengkap dan jelas, disertai caption berisi luasan aset, kondisi sekitar lahan, jenis sertifikat, serta lokasi detail. Sedangkan jika melalui media cetak tak perlu memakai tambahan foto, tetapi cukup menuliskan luasan, alamat lengkap, jenis sertifikat. Jangan lupa pula mencantumkan nama dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Bersihkan semak pengganggu di area lahan

Terkadang, tanah susah laku karena kondisinya seperti kurang terawat dan terlihat tidak berpotensi atau memiliki nilai jual sama sekali. Apalagi jika di sekitarnya banyak sekali semak belukar, rumput tinggi, ataupun bekas vandalisme tak bertanggung jawab. Penyebab tersebut justru membuat calon pembeli tidak tertarik dan merasa lahan tersebut tak berpotensi karena kelihatannya tidak diurus.

Sebaiknya sebelum menjual tanah ke publik, bersihkan terlebih dahulu semak pengganggu dan rerumputan agar lebih terlihat jelas pula kondisi sesungguhnya. Kemudian iklankan dengan foto di internet disertai deskripsi yang sejelas-jelasnya. Dengan begitu, calon pembeli lebih tertarik untuk bertanya lebih jauh.

5. Pasang harga jual yang bersaing

Seperti yang tertera pada poin Penyebab Jualan Tanah Tidak Laku, mungkin karena Anda sebagai penjual memasang harga terlalu tinggi. Meskipun saat ini nilainya sudah semakin tinggi, bukan berarti Anda seenaknya memasang harga tanpa melihat kondisi serta kualitasnya.

Cara jual tanah agar cepat laku Sebaiknya lakukanlah survei harga di pasaran terlebih dahulu, setelah itu pasanglah harga jual yang bersaing sesuai kondisi sebenarnya. Misalnya di daerah pinggiran dan nyaris di pedalaman mematok Rp15.000.000 per meter persegi, sedangkan di dekat kota ada lahan senilai Rp8.000.000 per meter persegi. Tentu saja orang lebih memilih membeli di daerah dekat kota karena mempertimbangkan segi lokasi dan harganya.

6. Jelaskan keunggulan lahan yang dijual

Cara jual tanah agar cepat laku lainnya yaitu menjelaskan keunggulan lahan yang hendak dijual. Baik melalui media online maupun surat kabar, cantumkanlah deskripsi jelas berisi rincian lokasi, luasan lahan, jenis kepemilikan sertifikat, serta peruntukan lokasi (misalnya ruko, perumahan, kebun, dan sebagainya).

Menjelaskan keunggulan lahan membuat calon pembeli lebih tertarik karena mereka dapat membayangkan seperti apa kondisinya. Misalnya jelaskan bahwa lahan tersebut cocok apabila dibangun pertokoan maupun perumahan, bisa dijadikan sebagai sawah ataupun perkebunan, lokasinya strategis, dan sebagainya supaya lebih meyakinkan calon pembeli.

7. Ketahui kebutuhan calon pembeli

Salah satu cara jual tanah agar cepat laku lainnya yaitu mengetahui kebutuhan calon pembeli terlebih dahulu. Bagaimanapun juga pembeli pasti menanyakan informasi lengkap terkait lahan yang ingin dibelinya, mulai dari segi kestrategisan lokasi, peruntukannya, hingga harga jualnya. Maka dari itu, tugas Anda sebagai penjual adalah memberikan segala informasi lengkap terkait hal tersebut kepada mereka.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dengan cara menanyakan kepada pembeli apa yang sedang mereka cari dan butuhkan. Setelah itu jelaskan bahwa tanah Anda cocok dengan kebutuhan mereka saat ini maupun jangka panjang. Gunakan kata-kata yang meyakinkan, pastikan pula bahwa Anda memberikan semua informasi sesuai kebutuhan calon pembeli.

Cara jual tanah agar cepat laku membutuhkan usaha lebih supaya menarik minat calon pembeli. Jadi, semoga tips di atas dapat menjadi solusi dari permasalahan Anda yang sedang kesusahan menjual tanah.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.