Lompat ke konten

Cara Membuat Diskon dengan Strategi yang Menarik dan Efektif

Cara Membuat Diskon yang Menarik

Cara membuat diskon dengan strategi tepat namun menarik mampu membantu meningkatkan jumlah penjualan, apalagi siapapun pasti menyukai potongan harga saat berbelanja. Kebanyakan orang membeli sesuatu dalam jumlah banyak ketika ada promo karena dinilai lebih hemat, jadi tak heran mungkin beberapa dari mereka bahkan sampai memborong barang yang sedang diskon.

Sebagai seorang pemilik usaha, supaya penjualan produk dapat meningkat sebaiknya terapkan potongan harga atau paket menarik. Begini cara membuat strategi diskon yang menarik agar ramai pembeli.

Mengapa Memberikan Diskon?

Terkadang ada saatnya bisnis mulai sepi, entah karena baru pertama kalinya opening atau memang kurang diketahui oleh banyak orang. Sehingga salah satu cara tepat agar bisa mendongkrak penjualan sekaligus menarik minat calon konsumen adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga menarik.

Sebelum memberikan promo untuk disebarluaskan, tentunya ada strategi yang harus diterapkan agar prosesnya dapat berjalan lancar dan tetap memperoleh keuntungan dari hasil penjualan. Cara menarik konsumen dengan memanfaatkan diskon juga sebagai salah satu teknik promosi, di mana ketika saat itu banyak orang membeli produk Anda maka akan semakin banyak orang pula mengenal brand tersebut.

Cara Membuat Diskon yang Menarik

Menerapkan strategi diskon yang tepat merupakan salah satu cara menarik konsumen agar mereka mau membeli produk tersebut. Berikut ini macam strategi promosi sekaligus contoh promo diskon menarik supaya penjualan bisa meningkat.

1. Manfaatkan promo happy hour

Sebagai pemilik suatu usaha, tentunya sudah tidak asing lagi dengan strategi promosi happy hour atau memanfaatkan momen tertentu ketika outlet sedang sepi pengunjung atau pada jam tertentu. Teknik happy hour dapat digabungkan dengan berbagai promo lainnya. Sesuai namanya, trik tersebut tidak dapat sembarang diterapkan karena harus melihat momen tertentu.

Misalnya ketika outlet sedang sepi pembeli, maka Anda dapat mencoba menggaet pelanggan dengan menerapkan teknik happy hour. Cobalah menggabungkannya dengan promo lain, misalnya paket bundling, beli 1 gratis 1, dan sebagainya.

Bagaimana contoh promo diskon menarik dengan memanfaatkan teknik happy hour? Begini misalnya.

  • BELI 1 GRATIS 1 ALL VARIAN MILK TEA (Regular Size), hanya hari ini jam 13.00-17.00 saja! Buruan borong sekarang!!!
  • DISKON MAKAN SIANG SELAMANYA. Gratis Es Teh/Teh Hangat setiap jam 11.00-13.00 WIB. Hanya untuk makan di tempat.

2. Terapkan ilmu psikologi harga

Pernahkah Anda melihat harga tanggung yang tidak dibulatkan saat berbelanja mungkin di supermarket, ataupun pada pertokoan tertentu seperti Rp9.990, Rp179.900, dan sebagainya? Jika pernah melihatnya atau mungkin sering mengalaminya, maka itulah yang dimaksud dengan ilmu psikologi harga.

Dengan menerapkan ilmu psikologi harga, konsumen merasa bahwa harga Rrp179.900 masih lebih murah daripada Rp180.000 kemudian membelinya karena merupakan diskon meskipun hanya selisih beberapa rupiah saja. Hal ini karena sebagian besar pembeli pasti akan membelanjakan uangnya untuk produk yang lebih murah.

Coba gunakan strategi diskon seperti ini secara tepat. Begini contoh promo diskon menarik dengan menerapkan ilmu psikologi harga.

  • BELI SEKARANG! Flowery Cardigan DISKON dari Rp75.000, jadi Rp74.500 saja khusus bulan Juni 2022
  • Promo Stroberi Korea murah, hanya Rp99.900/pack (Periode 10-25 April 2021)

3. Pahami persentase potongan diskon

Ketika berpikir mengenai cara menghitung diskon agar dapat menarik banyak pembeli, maka pahami terlebih dahulu tentang persentasenya potongannya. Tujuannya selain mampu mendongkrak penjualan, juga berguna untuk menghabiskan stok lama di gudang supaya tidak menumpuk.

Diskon kecil seperti 3%, 5%, atau mungkin 10% mungkin kedengarannya kurang menarik karena dirasa kurang menguntungkan. Konsumen kebanyakan lebih menyukai potongan harga yang lumayan besar, misalnya di atas 20%.

Maka dari itu, cara promosi yang menarik adalah coba menggunakan potongan persentase di atas 20%. Ini contoh kalimat promosi diskon sebagai inspirasi.

  • MONDAY MADNESS. Get 40% Discount for All Variant Coffee Based (max. Rp15.000). *dine-in/take away
  • Dapatkan potongan harga hingga 25% dengan pembelanjaan minimal Rp100.000 khusus hari Jumat!

4. Manfaatkan event tertentu untuk promosi

Pada saat ada event atau momen tertentu, pasti kebanyakan toko menerapkan cara promosi yang menarik. Contohnya pada saat bulan Ramadhan, menjelang Idul Fitri, Imlek, maupun saat Natal dan Tahun Baru pasti ada diskon besar-besaran yang ditawarkan. Strategi diskon seperti itu faktanya mampu menggaet lebih banyak orang agar mau berbelanja di tempat tersebut.

Sebagai pemilik usaha, cobalah menerapkan strategi diskon dengan memanfaatkan event tertentu untuk melakukan promosi, misalnya saat akhir tahun menjelang Natal dan Tahun Baru. Kira-kira begini contoh kalimat promosi diskon untuk menaikkan pelanggan dan penjualan.

  • Nikmati DISKON AKHIR TAHUN untuk semua produk sepatu lokal. Dapatkan potongan harga 30% setiap pembelanjaan minimal Rp150.000 saja
  • Rayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dengan kue manis. Dapatkan potongan 20% dan tambahan Voucher 15% tanpa minimal pembelian

5. Gratis ongkir

Gratis ongkos kirim (ongkir) adalah salah satu strategi diskon paling menarik karena mampu menghemat pengeluaran. Anda dapat mencoba menetapkan gratis ongkir pada jangkauan jarak tertentu guna mengambil hati calon pelanggan.

Strategi menerapkan gratis ongkir agar tidak merugikan diri sendiri dan menguntungkan kedua belah pihak adalah dengan menetapkan minimal jumlah pembelian maupun jangkauan jarak tempuh maksimal. Dengan begitu, kedua pihak tetap saling diuntungkan dan perlahan membawa lebih banyak pelanggan.

Ini contoh promo diskon menarik terkait gratis ongkir. Cocok diterapkan untuk berbagai jenis usaha.

  • Laundry di tempat kami, dijamin GRATIS ONGKIR khusus wilayah Jogja Kota. Syarat minimal cucian kotor 3 kg
  • Tidak sempat pergi ke Pet Shop untuk beli makan anabul kamu? Hubungi AB Pet Shop sekarang untuk beli perlengkapan anabul, pasti GRATIS ONGKIR. Maksimal jangkauan 3 km

6. Free gift

Memberikan hadiah gratis (free gift) kepada pembeli adalah salah satu strategi diskon yang wajib dicoba. Strategi tersebut mungkin kedengarannya sepele, tetapi mampu membangun rasa loyalitas pembeli. Jadi, Anda dapat memberikan free gift dengan syarat dan ketentuan khusus sewaktu-waktu guna menggaet pembeli.

Anda bisa memanfaatkan hadiah dengan nominal murah agar momen free gift tidak merugikan bisnis. Begini cara membuat diskon yang menarik disertai contoh barang yang dapat dijadikan hadiah.

  • Belanja produk apapun minimal Rp200.000, lalu dapatkan hadiah Handuk Gratis yang lembut (bisa pilih warna)
  • Dapatkan Payung Cantik jika berbelanja senilai Rp100.000 (berlaku kelipatan)

7. Diskon eksklusif lewat sosial media

Selain strategi diskon di atas, manfaatkanlah pula diskon eksklusif melalui sosial media. Misalnya dengan menunjukkan Insta-Story isi promo dari tempat tersebut, melakukan tag, maupun mention. Ini contoh cara membuat diskon yang menarik.

  • Tunjukkan postingan ini ke kasir dan jangan lupa follow kami, kemudian dapatkan potongan harga 15% untuk setiap menu dimsum
  • Mention 5 teman kamu di postingan ini, screen shot, lalu tunjukkan ke barista agar bisa mendapatkan potongan harga 30% tanpa minimal pembelian
  • Mau dapat diskon 30% untuk semua menu nasi? Buat Instagram Story saat di XY Coffee & Eatery dan jangan lupa tag, yaa!

8. Penawaran potongan harga dari aplikasi

Penawaran potongan harga dari aplikasi kurang lebih mirip dengan diskon eksklusif sosial media. Bedanya, Anda perlu mengarahkan pembeli untuk mengunduh aplikasi tertentu agar bisa mendapatkan potongan. Begini contoh kalimatnya.

  • Unduh dan registrasi di aplikasi ABC buat dapetin promo BUY 1 GET 1 sekarang juga
  • KHUSUS PENGGUNA BARU! Nikmati potongan harga 50% untuk pembelian 1 minuman varian coffee maupun non-coffee jika registrasi di XYZ App
  • Klaim dan tunjukkan kupon ini ke kasir untuk Promo Saturdate!

9. Hindari menawarkan diskon dengan syarat rumit

Sebaiknya saat ingin memberikan diskon, jangan menawarkan dengan syarat yang rumit. Tentu saja dapat ditebak bahwa hal tersebut justru sama sekali tak bisa mengambil hati calon konsumen.

Bayangkan jika Anda memberikan penawaran seperti ini saat pertama kali membuka gerai:

  • Nikmati makan siang GRATIS sepuasnya untuk 2 orang dengan membawa rombongan minimal 100 orang ke restoran kami!
  • Belanja minimal 1 juta, Anda bisa dapat 1 piring cantik eksklusif ini
  • Mention 10 teman kamu di postingan ini, lalu dapatkan voucher 10%
  • Share postingan ini ke minimal 10 grup WhatsApp atau Line aktif, screenshot, dan tunjukkan ke barista. Lalu nikmati potongan harga 15% minimal transaksi Rp50.000 saja.

Melihat contoh kalimat promosi diskon seperti itu, kira-kira apakah ada orang yang tertarik melakukannya? Apalagi syaratnya bukan hanya rumit, tetapi hampir tidak masuk akal. Sebaiknya gunakan syarat dan ketentuan sewajarnya agar mampu mengambil hati calon konsumen.

Cara membuat diskon yang menarik harus mempertimbangkan strateginya secara tepat agar mampu menaikkan minat calon pembeli sekaligus mendongkrak penjualan. Coba terapkan kesembilan hal itu pada bisnis Anda agar semakin laris manis!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.