Lompat ke konten

Cara Membuat Katalog Online yang Menarik dan Informatif

Cara Membuat Katalog Online

Katalog produk adalah hal penting untuk menunjang bisnis, sebab fungsinya untuk memberikan informasi lengkap kepada konsumen agar mereka tahu barang apa yang sedang dijual. Dalam membuat katalog online, perlu dirancang sebaik dan semenarik mungkin karena fungsinya memang sebagai salah satu media promosi paling efektif.

Merancang katalog yang menarik sangat ampuh dalam menarik minat konsumen untuk melirik jualan Anda. Begini cara membuat katalog online menarik sekaligus informatif!

Apa itu Katalog Produk Online?

Katalog produk online adalah daftar barang atau produk yang dijual oleh toko dan dibuat sekaligus disebarluaskan secara daring melalui internet. Daftar barang dalam katalog disusun secara rapi disertai informasi lengkap mengenai masing-masing produknya, sehingga sangat membantu para konsumen memahami isinya. Oleh karena itu, merancangnya semenarik dan seinformatif mungkin perlu dilakukan supaya tidak membingungkan konsumen.

Cara buat katalog online dapat dilakukan melalui beberapa software desain, misalnya CorelDraw, PicsArt, Canva, Power Point, BeFunky, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya. Meskipun hanya merupakan daftar barang jualan beserta informasinya, namun penting sekali memperhatikan konsep desain dan komposisinya supaya dapat membuat isi katalog yang menarik juga informatif. Sebab jika membuatnya secara asal-asalan, justru membuatnya hanya tampak ada namun enggan dilirik calon konsumen.

Isi Katalog Produk Apa Saja?

Isi katalog produk meliputi semua informasi detail mengenai daftar barang/jasa jualan, deskripsi lengkap masing-masing produk, logo dan nama perusahaan/toko, alamat perusahaan/toko, nomor telepon, serta alamat email. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa wujud fisik (cetak) maupun online.

Katalog online biasanya dibuat dalam bentuk foto, video, ataupun dokumen PDF yang biasanya diposting di internet, baik melalui media sosial maupun website. Isi katalog haruslah lengkap, padat, tidak bertele-tele, tetapi sangat informatif supaya mudah dipahami oleh konsumen. Supaya lebih terlihat menarik, tambahkan pula gambar di dalamnya sesuai barang/jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Cara membuat katalog online supaya isinya tersusun rapi dan terlihat menarik, perlu dilakukan pengelompokan berdasarkan jenis produk atau layanannya, harga, ataupun sesuai kebutuhan perusahaan. Isi katalog lainnya, jangan lupa juga untuk menjelaskan keunggulannya secara singkat, bukan sebatas mencantumkan deskripsi saja.

Cara Membuat Katalog Produk Online

Cara membuat katalog online tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Sebab harus memperhatikan siapa saja target audiensnya, konsep, isinya, hingga komposisi desain supaya hasilnya tak hanya informatif, tetapi juga menarik. 

Punya bisnis tapi masih bingung cara membuatnya? Begini cara buat katalog produk online yang menarik dan informatif!

1. Menentukan target audiens

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam cara membuat katalog online, yaitu tentukan terlebih dahulu target audiensnya. Menentukan target audiens termasuk penting karena ini berkaitan dengan jenis barang yang dijual.

Contohnya Anda punya bisnis alat pertanian, maka target utamanya adalah para petani dan peneliti bidang pertanian. Atau mungkin apabila punya bisnis travel, berarti targetnya masyarakat umum.

Menentukan target audiens dapat membantu Anda merancang konsep secara lebih tepat sasaran. Intinya, penentuan target dapat ditentukan berdasarkan profesi, usia, jenis kelamin, hobi, dan lain-lain disesuaikan kebutuhan perusahaan.

2. Buatlah konsep desain yang sesuai

Selanjutnya buatlah konsep desain yang sesuai, jadi bukan sebatas meletakkan foto produk dan deskripsi saja. Membuat konsep haruslah tepat supaya lebih mudah diakses, tampilannya tidak membingungkan, serta menyajikan informasi lengkap yang dibutuhkan oleh konsumen. 

Konsep juga meliputi tema yang disuguhkan, misalnya saat ada perayaan Hari Natal, Lebaran, Tahun Baru, Valentine, dan lainnya perlu menyajikan tema sesuai event tersebut. Sedangkan jika konsepnya tanpa hari spesial, Anda bisa menyusunnya sesuai konsep dari perusahaan.

Apapun konsep desainnya, hal terpenting adalah bagaimana cara meletakkan susunan kata-kata hingga gambar secara rapi dan memudahkan konsumen. Pastikan pula menerapkan navigasi yang benar-benar user friendly agar tidak membingungkan ketika diakses.

3. Perhatian visual katalog produk

Selain memperhatikan konsep, komposisi visual produk harus diperhatikan yang meliputi warna, gambar, dan teks. Menerapkan visual katalog yang menarik dengan memperhatikan komposisi warna senada tidak membuat mata menjadi pusing, tetapi justru nyaman ketika melihatnya.

Cara membuat katalog online menarik, perhatikanlah peletakan setiap komponen seperti gambar, tombol navigasi, ukuran teks, maupun ukuran agar lebih user friendly. Maka dari itu, Anda perlu merencanakan susunan setiap komponen supaya hasilnya rapi, tidak sesak, dan enak dilihat.

4. Pakailah software atau aplikasi untuk membuat katalog

Tidak mudah memang untuk membuat katalog online dalam kanvas kosong (blank) karena perlu memikirkan dari awal bagaimana konsepnya, susunan setiap komponen, dan sebagainya. Guna mengatasi kendala seperti ini, terdapat aplikasi membuat katalog online gratis yang dapat dicoba, biasanya sudah disertai template yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan.

Contoh aplikasi untuk membuat katalog produk yang sudah disediakan template, misalnya Canva, PicsArt, dan BeFunky. Di sana terdapat banyak sekali template gratis hingga berbayar yang dapat dicoba untuk memudahkan perusahaan membuat katalog. 

Apabila ingin membuatnya dari awal dengan konsep sendiri, Anda bisa mencoba melalui aplikasi Adobe Photoshop, Figma, CorelDraw, Power Point, dan sejenisnya. Meskipun tidak ada template khusus, fiturnya cukup lengkap untuk mendesain katalog produk.

5. Cantumkan informasi secara rinci

Cara buat katalog produk informatif, maka wajib mencantumkan informasinya secara rinci. Isinya haruslah lengkap, meliputi nama barang, deskripsi, harga, warna, dimensi, kegunaan/fungsi, dan sebagainya sesuai apa jenis barang atau layanannya.

Supaya informasi tersebut tersampaikan dengan baik, perhatikanlah peletakan dan susunan kalimatnya agar tidak membingungkan konsumen. Contoh katalog online susunannya bisa dimulai dari nama produk/layanan, harga, kemudian deskripsi.

Dalam merancang katalog online, sebaiknya jangan menyertakan informasi yang setengah-setengah. Misalnya tidak mencantumkan harga ataupun deskripsi produk, maka hal seperti ini justru sangat membingungkan siapapun saat membacanya. Akibatnya mereka jadi enggan membeli karena sudah tidak tertarik karena isinya terasa kurang informatif.

6. Perbarui secara berkala

Jika semua konsep sudah sesuai dan mungkin sudah dipublikasikan ke internet, cara membuat katalog online supaya selalu up to date adalah dengan memperbaruinya secara berkala. Tidak perlu diperbarui setiap hari, tetapi desainnya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan, kemudian menaikkan lagi ke internet katalognya. Tujuannya supaya publik tahu bahwa toko tersebut masih aktif berjualan.

Meskipun desain katalog online dapat digunakan untuk jangka waktu panjang (bukan karena ada event), lakukanlah pembaharuan pada waktu tertentu, misalnya enam bulan atau setahun sekali dengan konsep serta visual yang lebih baru. Sedangkan apabila terdapat event tertentu seperti lebaran, bulan puasa, paskah, natal, dan lainnya sebaiknya disesuaikan konsepnya dengan perayaan tersebut agar tampak lebih hidup sekaligus up to date.

7. Promosikan di internet dan sosial media

Inilah yang paling penting ketika katalog produk sudah dibuat, yakni mempromosikannya di internet dan sosial media. Katalog merupakan media promosi paling ampuh dan terjangkau untuk memasarkan produk ke masyarakat luas, sehingga harus disebarluaskan agar lebih efektif pemasarannya.

Cara mempromosikan katalog online dapat melalui website, blog, serta sosial media. Anda tidak perlu mencetaknya secara fisik, sebab mempublikasikannya ke internet termasuk cara yang ampuh dalam menarik perhatian audiens. Apalagi jika isi dan desainnya menarik, banyak orang akan meliriknya.

Promosikan secara berkala katalog tersebut dan dijadikan highlight atau pinned content agar banyak orang tahu. Anda dapat mengunggahnya mungkin seminggu sekali jika mempromosikannya ke sosial media. Dengan begitu, banyak orang jadi tahu bahwa toko atau perusahaan Anda masih aktif.

Fungsi Katalog Produk yang Menarik

Sudah tahu cara membuat katalog online? Sebagai informasi tambahan, katalog mempunyai berbagai fungsi yang menjadikannya penting dan sebaiknya ada dalam bisnis.

Mengapa katalog termasuk penting dan harus didesain menarik? Berikut penjelasan mengenai fungsi katalog produk yang menarik.

1. Memberikan informasi lengkap seputar produk

Fungsi katalog produk adalah untuk memberikan informasi lengkap seputar produk barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, pada cara buat katalog produk haruslah dirancang dengan konsep menarik serta komposisi visual yang tepat agar konsumen betah membaca isinya.

Tanpa adanya katalog, calon konsumen malah kebingungan mencari informasi seputar barang atau jasa. Bahkan hal ini pun dapat merepotkan penjual karena harus berulang kali menjelaskannya kepada konsumen.

2. Media promosi yang lebih murah

Fungsi lainnya, yaitu sebagai salah satu media promosi yang lebih murah. Katalog online termasuk jauh lebih terjangkau dibandingkan menyewa jasa endorse influencer media sosial, paid promote, dan sejenisnya.

Apabila katalog online dinaikkan berkala pada timeline waktu tertentu dapat meningkatkan brand awareness, sehingga jumlah audiens pun semakin meningkat. Sangat efektif sekaligus efisien karena mampu menekan biaya promosi, kan?

3. Bahan pertimbangan bagi konsumen

Katalog produk juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini karena dalam katalog sudah disertai deskripsi lengkap seputar produk. Tak hanya itu, mereka pun dapat memperoleh informasi tentang bagaimana cara membeli maupun menghubungi perusahaan tersebut.

Dengan adanya katalog produk, mereka tidak perlu langsung datang ke lokasi untuk melihat-lihat barangnya. Sebab semuanya sudah dicantumkan secara lengkap dalam katalog, bahkan sudah dapat melihat harga hingga spesifikasinya supaya dapat mempertimbangkannya sebelum membeli.

Cara membuat katalog online menarik dan informatif, harus memperhatikan susunan setiap komponennya agar user friendly atau mudah dimengerti. Banyak pula kelebihan jika menggunakan dalam bentuk online, yakni lebih mudah diakses dan disimpan, tak perlu mengeluarkan biaya cetak, serta menekan biaya promosi.

Sudah ada ide atau konsep untuk katalog produk online? Semoga bacaan ini bisa membantu, ya!

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *