Lompat ke konten

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promo Happy Hour

Promo Happy Hour

Promo happy hour menarik untuk dicoba karena mampu meningkatkan penjualan karena sama dengan memberikan diskon, namun hanya pada jam tertentu. Jenis promo ini bukan hanya bisa dilakukan oleh para pemilik usaha kuliner saja, tetapi jenis usaha lain seperti toko kecantikan, salon, atau mungkin pada bisnis jasa. Bahkan strategi ini dapat dikombinasikan dengan teknik promosi lainnya supaya lebih menarik minat calon pembeli.

Kebanyakan orang sangat menyukai diskon dan promo karena dinilai lebih hemat ketika membeli barang tersebut. Maka dari itu, strategi yang diterapkan dengan baik oleh pemilik usaha, dapat membantu mendatangkan banyak pelanggan nantinya. Meskipun begitu, teknik happy hour tidak bisa dilakukan di sembarang waktu sesuai dengan namanya.

Maka dari itu, melalui pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai teknik promosi paling menarik ini. Simak penjelasan rinci mengenai cara meningkatkan penjualan dengan promo happy hour berikut ini.

Apa itu Promo Happy Hour?

Promo happy hour adalah salah satu strategi promosi yang memiliki tujuan dalam hal meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa dengan mempertimbangkan waktu. Jadi, menerapkan promo ini berarti tidak bisa asal melakukannya dan harus melihat jam khusus untuk memberikan potongan harga atau diskon. Tentu saja hal ini sangat membantu dalam meningkatkan penjualan, sehingga banyak diterapkan oleh beberapa usaha barang, kuliner, maupun jasa.

Meskipun tidak bisa diterapkan di sembarang waktu, namun banyak sekali keuntungan bisa didapatkan. Keuntungan tersebut bukan hanya dari sisi penjualan saja, tetapi juga Anda memiliki kesempatan mendapatkan banyak pesanan sekaligus pelanggan-pelanggan baru. Sehingga, adanya happy hour terbukti dapat membantu meningkatkan profit bagi suatu bisnis sekaligus memperkenalkan produknya secara lebih luas ke masyarakat.

Sebagai pelaku usaha, sebaiknya Anda perlu memahami lebih jauh mengenai promo happy hour ini agar penjualan dan jumlah pelanggan dapat lebih meningkat. Terutama bagi para pemilik bisnis kuliner, strategi ini sangat berguna supaya makanan atau minuman bisa banyak terjual habis dalam satu hari atau waktu tertentu. Apalagi biasanya banyak orang tertarik pada suatu produk dengan adanya diskon, sehingga berpotensi menemukan pelanggan baru yang awalnya penasaran ingin mencoba.

Sebab mempertimbangkan waktu untuk memberikan potongan harga atau diskon menarik kepada para pembeli, jadi sebaiknya Anda mempelajari waktu tertentu untuk melakukannya. Memberikan diskon tersebut dapat dilakukan ketika sedang sepi pengunjung atau saat masih ada banyak stok pada produk tertentu, tinggal menyesuaikan saja. Kemudian manfaatkan kecanggihan internet dan sosial media untuk melakukannya.

Tak hanya berupa potongan harga saja, Anda juga bisa memberikan voucher maupun paket bundling dan buy 1 get 1. Banyak sekali contohnya untuk dijadikan sebagai referensi, namun pastikan ketika membuat happy hour tetap utamakan keuntungan. Akan tetapi, jangan lupakan juga kepuasan pelanggan dan keuntungan mereka ketika membelinya.

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promo Happy Hour

Tentunya, ada strategi pemasaran tertentu agar penjualan semakin meningkat sekaligus menambah banyak pelanggan baru. Salah satu caranya yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu strategis guna menarik minat masyarakat. Setelah dijelaskan mengenai berbagai keuntungan menerapkan happy hour, Anda bisa memulai menjalankannya untuk meramaikan toko atau usaha Anda.

Carilah berbagai peluang bisnis melalui waktu tertentu, salah satunya ketika jam makan siang maupun saat adanya acara pada suatu hari. Jenis promo ini membuat orang lain penasaran dan tergesa-gesa karena tak ingin ketinggalan diskon menarik, yang mungkin belum tentu bisa didapatkan di waktu lain. Jadi jika tekniknya dilakukan dengan benar, toko pasti ramai pembeli dan secara otomatis mendatangkan omset lumayan besar karena semua produk laku dibeli oleh mereka.

Tertarik dengan strategi promosi dengan happy hour? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan guna meningkatkan penjualan dengan promo happy hour.

1. Manfaatkan platform sosial media dan internet

Sudah tidak diragukan lagi bahwa internet dan sosial media adalah tempat paling canggih untuk memasarkan produk kepada masyarakat karena dapat menjangkau secara lebih luas. Apapun informasinya, penyebarannya jadi sangat cepat dan jadi mudah dikenal oleh banyak orang. Jadi, jangan sia-siakan adanya teknologi untuk melakukan branding pada usaha Anda.

Dalam menjalankan happy hour, pastikan Anda telah mempersiapkan konten untuk diunggah ke internet. Kemudian postinglah pada waktu yang telah disepakati sebelumnya, misalnya saat jam makan siang, sore hari, atau mungkin sebagai pengingat kepada calon pembeli bahwa ada diskon pada hari tertentu. Pastikan gunakan konten menarik dan enak dipandang agar lebih menarik calon pembeli nantinya.

2. Buat macam-macam promo menarik

Banyak sekali promo menarik yang bisa dijadikan sebagai strategi menjalankan happy hour. Siapapun pasti sangat menyukai adanya diskon karena lebih hemat bahkan mendapatkan banyak barang dengan harga lebih murah. Maka dari itu, cobalah membuat potongan harga yang tidak hanya menguntungkan bisnis, tetapi juga konsumen.

Banyak sekali referensi diskon dan promo menarik yang bisa dicoba untuk dikombinasikan saat happy hour. Contohnya, yaitu buy one get one, paket bundling, diskon sekian persen, potongan harga saat jam makan siang, dan sebagainya. Buatlah semenarik dan sebaik mungkin supaya mampu memikat banyak pembeli nantinya.

3. Pilih waktu ketika sedang sepi pengunjung

Teknik menerapkan happy hour paling ampuh yaitu ketika sedang sepi pengunjung atau pada hari tertentu. Mungkin pada saat tidak ada pembeli, Anda bingung harus melakukan apa untuk menarik pelanggan agar bisa meramaikan jualan. Maka dari itu, happy hour adalah solusi yang bisa dicoba.

4. Tawarkan harga murah ataupun diskon tertentu saat promo happy hour

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, diskon atau potongan harga pada jam tertentu sebaiknya ditawarkan harga menarik sekaligus menguntungkan konsumen ketika membelinya. Hal ini karena bisa jadi mereka melakukan perhitungan dan pertimbangan khusus sebelum membelinya.

Maka dari itu ketika mengadakan diskon, usahakan memang harga produknya lebih murah dibandingkan harga jual biasanya. Selain itu apabila mengadakan paket bundling pun, cobalah meyakinkan calon konsumen bahwa jika membeli beberapa produk jatuhnya lebih hemat daripada membeli satuan.

Teknik Promosi Lain yang Bisa Dikombinasikan dengan Happy Hour

Berbagai teknik promosi dapat dikombinasikan dengan happy hour. Ini adalah macam-macam teknik promosi yang bisa dicoba.

1. Mengadakan paket bundling

Paket bundling adalah paket berisi dua atau lebih produk, di mana ketika membelinya sekaligus akan mendapatkan harga lebih hemat daripada membelinya secara satuan. Adanya bundling ini sangat cocok bagi para konsumen yang ingin membeli barang banyak tapi hemat.

2. Mendapatkan hadiah jika membeli produk tertentu

Teknik promosi lainnya yaitu memberikan hadiah jika konsumen membeli produk tertentu atau minimal transaksi dalam jumlah tertentu. Hadiahnya bisa disesuaikan dengan budget usaha, bisa juga dengan menggratiskan satu produk dari brand Anda.

3. Mengajak menjadi member untuk mendapatkan diskon

Apabila Anda memiliki usaha menerapkan adanya kartu member, strategi promo happy hour ini cocok bagi bisnis Anda. Cobalah menawarkan konsumen agar mau menjadi member supaya mendapatkan berbagai keuntungan menarik, misalnya potongan harga setiap kali transaksi, produk gratis saat momen tertentu, atau diskon lainnya.

4. Voucher dan potongan harga menarik

Siapapun pasti senang jika mendapatkan voucher dan potongan harga menarik karena hemat. Berikan voucher khusus ataupun diskon pada saat jam tertentu supaya semakin menarik minat pembeli.

Meningkatkan penjualan dengan promo happy hour sangat menguntungkan karena mampu menarik minat lebih banyak konsumen. Terapkan strategi ini secara tepat supaya dapat meningkatkan penjualan sekaligus menambah omset.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.