Lompat ke konten

Cara Memulai Usaha Antar Jemput Karyawan dan Prospeknya

Cara memulai jasa antar jemput karyawan

Saat ini banyak sekali bisnis yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan. Salah satu dari sekian banyak bisnis tersebut adalah bisnis antar jemput karyawan. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan apalagi daerah perkotaan yang setiap tahunnya selalu kedatangan pendatang seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain. 

Target konsumen utama usaha ini tentu saja adalah para karyawan yang tidak memiliki kendaraan bermotor. Selain itu, kalau bisa menyesuaikan jadwal dan padatnya perjalanan, Anda juga bisa menggaet konsumen dari anak-anak sekolah. 

Dalam membuka usaha, tentu Anda harus melakukan beberapa persiapan. Berikut ini cara memulai usaha antar jemput karyawan untuk Anda:

Cara Memulai Usaha Antar Jemput Karyawan

1. Persiapkan modal terlebih dahulu

Modal yang pertama tentu saja adalah mobil. Siapkan mobil dengan kapasitas yang cukup untuk beberapa orang dan segala perlengkapannya seperti, bensin, pembersih mobil dan lain sebagainya. Tidak disarankan untuk membeli mobil bekas sebab lebih rawan mogok dan memiliki biaya perawatan yang cenderung lebih mahal. 

Alangkah baiknya jika Anda mengendarai mobil ini sendiri dan tidak mempekerjakan seorang supir. Sebab itu artinya Anda dapat turun tangan langsung mengawasi pelayanan yang disediakan untuk calon customer. 

2. Mulai jaring konsumen

Anda bisa memasarkan bisnis sampingan ini ke berbagai media sosial yang Anda miliki. Tentunya, pada tahap-tahap awal penjaringan konsumen, Anda harus memberikan diskon khusus. 

Perlu diingat bahwasanya pada bisnis antar jemput seperti ini, kepercayaan adalah kunci. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menawarkan jasa melalui orang-orang terdekat terlebih dahulu yang notabene sudah mengenal kepribadian Anda. 

3. Petakan jadwal konsumen

Pada tahap-tahap awal, kemungkinan Anda hanya akan mendapat beberapa pelanggan. Namun tidak menutup kemungkinan jadwal dan rute yang ditempuh oleh para pelanggan tersebut akan bervariasi. 

Tentu hal ini akan memakan biaya dan tenaga yang tinggi kalau Anda tidak bisa pandai-pandai mengatur jadwal dan rute antar jemput pelanggan. Kecuali jika sedari awal Anda hanya menyediakan antar jemput untuk satu lokasi saja dan lokasi tersebut dekat dengan kantor atau rumah Anda. 

Disinilah pentingnya Anda untuk menulis perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum memulainya.

4. Mulai menjemput dan mengantar

Jika konsumen sudah ada dan armada mobil juga sudah siap, maka kini saatnya Anda mulai menjalankan bisnis ini. Seperti yang tertulis di atas, pada bisnis antar jemput indie seperti ini, kepercayaan konsumen adalah segalanya. Jadi, pastikan Anda membangun hal itu terlebih dahulu sebelum berekspansi dengan menambah armada atau merekrut sopir dan lain-lain. 

Prospek Bisnis Antar Jemput Karyawan

Strength

  • Tidak banyak pelaku bisnis antar jemput personal seperti ini. 
  • Dapat dijadikan pekerjaan sambilan dengan membuka bisnis antar jemput karyawan yang satu arah antara rumah dan kantor Anda. 
  • Dengan membuka bisnis ini, Anda secara tidak langsung bisa membuka jaringan baru antara Anda dengan pelanggan dan antar pelanggan selama jumlah pelanggan jasa Anda masih cukup terbatas. 
  • Bisa menggunakan mobil pribadi yang lama dengan tanpa membeli mobil baru tentunya dengan syarat mobil lama tersebut dirawat dengan baik. 

Weakness

  • Tidak memiliki institusi yang bisa melindungi keamanan pelanggan maupun driver. Sudah bukan rahasia lagi jika ojek online baik yang mobil maupun motor beberapa kali menjadi metode perampokan. Driver ojol pun rama rentannya dengan pelanggan. Dengan tanpa kualitas proteksi yang jelas, Anda bisa saja mendapat pelanggan yang memiliki niat kurang baik dengan Anda atau Anda kesulitan mendapat pelanggan karena pelanggan takut menaiki kendaraan yang berasal dari perusahaan yang tidak memiliki payung hukum yang jelas. 
  • Rute kantor pelanggan yang bermacam macam bisa menjadi faktor penyerap biaya dan waktu yang cukup banyak. 
  • Skala ekonomi terbatas. Kalaupun Anda menggunakan mobil, paling Anda hanya bisa membawa 5 sampai 7 orang pelanggan ke dalam mobil Anda dalam satu kali tumpangan. Lain halnya jika Anda membawa bus berkualitas baik sekaligus, Anda bisa bekerjasama dengan pihak perusahaan. 

Opportunity

  • Banyak pendatang di kota-kota besar di Indonesia yang tidak memiliki kendaraan bermotor dan terpaksa harus berdesak desakan di KRL supaya bisa datang tepat waktu ke kantor. Padahal jumlah pendatang ini terus bertambah setiap tahunnya. Keberadaan jasa ride sharing seperti ini tentu bisa membantu mereka berkendara lebih baik, aman dan nyaman. 
  • Bisnis ini bisa digabung menjadi bisnis penyedia  antar jemput anak-anak sekolah, ojek online dan antar jemput barang selama Anda tahu bagaimana harus mengkoordinasi waktu dan tempatnya. 

Threat

  • Saat ini tidak hanya bus, angkot atau taxi yang menjadi pesaing utama jasa ride sharing. Kini saingan jasa ride sharing adalah para ojek online yang keberadaannya sudah tersebar ke berbagai pelosok kota. Jika berniat membuka jasa ini, mau tidak mau Anda harus menyesuaikan harga dan fasilitas sebagaimana yang disediakan oleh para driver ojek online tersebut. 
  • Isu-isu keamanan ojek online juga bisa mencelakai bisnis Anda. 
  • Kemacetan yang seringkali menjadi penghalang utama kendaraan di kota-kota besar di Indonesia. 

Tips Memulai Usaha Antar Jemput Karyawan

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mulai membuka jasa antar jemput karyawan:

1. Mulai dari orang dekat dulu

Tips yang pertama adalah mulailah dengan memasarkan bisnis ini ke orang-orang terdekat yang membutuhkan terlebih dahulu. Sebab, mereka adalah orang yang sudah tahu bagaimana karakter Anda sehingga lebih memiliki peluang untuk diterima. 

2. Buka jasa antar jemput yang satu jalur dulu

Selain mulai dari orang terdekat, sebaiknya Anda juga membuka jasa antar jemput bagi orang-orang yang kantornya dekat rumah atau kantor Anda saja terlebih dahulu supaya Anda bisa mengantar mereka sambil pulang ke rumah atau pergi ke kantor. 

3. Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Konsumen

Konsumen naik kendaraan Anda karena ingin naik kendaraan yang aman dan nyaman. Oleh sebab itu, pastikan kedua hal ini terjamin dengan menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan baik ketika mereka mengendarai mobil Anda atau ketika mereka sudah sampai tujuan. Jika melakukan yang sebaliknya, bukan tidak mungkin Anda tidak akan dipercaya konsumen sama sekali. 

Bisnis ride sharing bisa jadi merupakan bisnis yang memiliki prospek tinggi terutama di kota-kota besar yang menampung banyak pendatang setiap tahunnya. Tapi, risiko bisnis ini tinggi juga apabila Anda tidak mampu menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan yang naik kendaraan Anda.

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *