Lompat ke konten

7 Franchise Barbershop Terbaik dan Murah

Franchise Barbershop Terbaik dan Murah

Barbershop adalah jasa pangkas dan potong rambut yang hingga saat ini semakin populer. Meskipun menyediakan jasa sama saja dengan tempat tukang cukur lainnya, barbershop kebanyakan menyediakan layanan premium tambahan, misalnya creambath, snack dan minuman, pijat selama perawatan, maupun fasilitas premium tambahan lainnya.

Peluang bisnis waralaba atau franchise barbershop terbuka sangat lebar. Sehingga, banyak para pelaku bisnis berlomba-lomba menanamkan modal untuk membangun usaha potong rambut pria. Selain banyak dibutuhkan, juga mendatangkan keuntungan besar dan balik modalnya bisa terbilang singkat.

Harga franchise potong rambut pria bervariasi. Variasi harga tersebut tergantung seberapa banyak fasilitas yang nantinya diberikan. Maka dari itu, tak ada salahnya jika terjun di bisnis potong rambut pria atau barbershop ini guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisnis potong rambut pria bisa dibilang cukup menggiurkan karena banyak dibutuhkan. Apalagi bisnis ini bisa dimulai dari modal relatif kecil, yakni 40-an juta rupiah. Tidak terlalu mahal namun cepat balik modal.

Banyak sekali rekomendasi waralaba pangkas rambut pria dengan modal awal terjangkau dan berkualitas. Coba simak beberapa rekomendasi franchise barbershop terbaik dan murah yang bisa Anda jajal sebagai usaha sampingan berikut ini.

Sekilas Prospek Bisnis Barbershop

Prospek bisnis barbershop bisa dibilang sangat menjanjikan. Selain balik modalnya cepat, usaha jasa potong sekaligus perawatan rambut pria selalu dibutuhkan. Hal ini karena setiap orang pasti butuh merawat rambutnya, salah satunya memangkasnya supaya penampilan jadi lebih rapi.

Meskipun harga jasa pangkas rambut di barbershop cenderung lebih mahal daripada di tukang cukur biasa, namun orang-orang pasti tetap datang sebagai pelanggan karena terdapat beberapa layanan premium seperti creambath, hair coloring, dan hair styling. Maka dari itu, prospek bisnis barbershop ini pasti menjanjikan untuk jangka panjang.

Melihat tingginya prospek bisnis waralaba ini, banyak pengusaha menanamkan modalnya untuk membangun barbershop. Bahkan usaha waralaba ini bisa dimulai dengan modal cukup terjangkau dan dilakukan oleh pemula, sehingga pasti dibimbing dari awal bagaimana harus menjalankannya.

Bergabung dengan waralaba usaha pangkas rambut pria banyak sekali keuntungannya. Salah satunya tak perlu membangun brand dari awal karena sudah bergabung dengan brand yang sudah ada.

Daftar Franchise Barbershop Terbaik

Mengingat bahwa waralaba potong rambut pria sangat menjanjikan, jika Anda tertarik menjajal bisnis franchise barbershop, ini rekomendasinya yang terbaik dan murah.

1. Arfa Barbershop

Arfa Barbershop adalah salah satu franchise bisnis pangkas rambut pria terbaik dan murah. Didirikan sejak tahun 2007 dan berpusat di Yogyakarta, hingga kini Arfa sudah memiliki cabang gerai total sebanyak 60 gerai yang tersebar di Yogyakarta, Solo, Klaten, Semarang, dan Cilacap.

Modal awal untuk paket franchise barbershop Arfa yaitu hanya sebesar 50 juta rupiah. Meskipun harganya terjangkau, tentu saja Arfa mengedepankan kualitas pelayanan, tempat, dan karyawannya. Semua karyawan pada setiap gerai harus profesional dan punya keahlian di bidangnya, bahkan untuk fasilitas seperti kursi dan tempatnya harus sesuai dengan barbershop.

Modal awal investasi 50 juta rupiah tersebut sudah mendapatkan berbagai fasilitas lengkap. Dengan jumlah modal tersebut, Anda sudah mendapatkan tiga orang barber, empat kursi barber dengan standar internasional, branding, peralatan profesional sebanyak tiga set, dan cermin.

2. Raja Cukur Barbershop

Raja Cukur adalah barbershop asal Semarang, Jawa Tengah yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Hingga saat ini, Raja Cukur sudah memiliki total sebanyak 135 cabang gerai yang tersebar di Semarang, Solo, Klaten, Rembang, Cilacap, Surabaya, Tasikmalaya, Bali, Tangerang, Depok, Jakarta, Lampung, Pekanbaru, dan Banjarmasin.

Waralaba Raja Cukur dinilai sangat terjangkau dan tanpa royalti. Bahkan modal awalnya bervariasi, mulai dari Paket Super Hemat senilai 17,5 juta rupiah sampai Paket Jadi senilai 250 juta rupiah. Masing-masing pilihan modal pasti akan mendapatkan pelatihan supaya mendapatkan sumber daya manusia atau barber profesional,

Apabila tertarik memulai dengan Paket Super Hemat, tak bisa disepelekan meski jumlahnya kecil. Sebab fasilitas yang diberikan cukup lengkap, antara lain satu orang calon barber untuk dilatih, satu set alat cukur lengkap, sebuah kursi hidrolik standar, serta kesempatan konsultasi selama masa kemitraan.

3. Moxie Barbershop

Bisnis waralaba Moxie Barbershop adalah usaha pangkas rambut pria, didirikan sejak tahun 2011 di Jatinangor, Bandung, Jawa Barat. Sampai saat ini, Moxie sudah memiliki total 17 cabang tersebar di Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, hingga Lampung.

Modal awal untuk menjalankan franchise barbershop Moxie ini sangat terjangkau, sebab tersedia Paket Silver harga mulai 18 juta rupiah hingga Paket Gold senilai 35 juta rupiah. Meskipun modalnya sangat amat terjangkau, fasilitasnya pun tak boleh diremehkan karena cukup lengkap dan balik modalnya dalam kurun waktu enam bulan.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Moxie disesuaikan dengan pilihan masing-masing paketnya. Pada Paket Silver mendapatkan semua peralatan lengkap untuk barbershop. Sedangkan pada Paket Gold ada tambahan berupa TV LED, pendingin ruangan atau AC, dan kursi hidrolik standar.

Jumlah modal awal tersebut masih belum termasuk sewa tempat. Moxie menyarankan luasan minimal untuk menjalankan usaha yaitu ruangan ukuran 3 x 3 m2. Kontrak mitranya berlangsung selama satu tahun lalu dapat diperpanjang lagi dengan membayar sebesar 4 juta rupiah setiap tahunnya untuk franchise fee. Royal fee selama menjalankan bisnis waralaba pangkas rambut kaum adam ini gratis setiap bulannya.

4. Lanang Barbershop

Franchise barbershop terbaik dan murah selanjutnya yaitu Lanang Barbershop yang sudah termasuk pemain lama usaha pada bidang ini. Berdiri sejak tahun 2007 lalu, Lanang sudah memiliki total 100 cabang lebih tersebar di daerah Jabodetabek dan Semarang.

Modal awal bergabung dengan kemitraan Lanang Barbershop hanya sebesar 50 hingga 60 juta rupiah saja. Berdasarkan jumlah tersebut, Anda sudah bisa memiliki set peralatan barber lengkap, kursi barber standar internasional, ruangan ber-AC, dan pegawai professional.

Tak perlu diragukan kualitasnya karena para barber pasti akan mendapatkan training dari profesional supaya kualitasnya baik dan memberikan kepuasan kepada konsumen saat nanti sudah terjun ke lapangan. Selain itu, Lanang Barbershop juga memberikan fasilitas berupa AC dan tempat nyaman supaya pelanggan bisa memperoleh kenyamanan selama mendapatkan perawatan rambut.

5. Serious Cut Barbershop

Serious Cut termasuk franchise barbershop terbaik dan murah di Indonesia. Serious Cut sudah berdiri sejak tahun 2014, hingga kini sudah punya 20 cabang tersebar di daerah Bandung, Tangerang, Jakarta, Serang, dan Karanganyar.

Anda bisa menginvestasikan modal sebesar 60 juta rupiah saja untuk memulai franchise Serious Cut, Pada paket standar tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan perabot, dana marketing, seragam kapster, dan dua buah kursi barber standar. Biaya tersebut belum termasuk tempat atau lokasi usaha, sehingga perlu mencari tempat usahanya sendiri. 

Kualitas dari Serious Cut tak sembarangan. Selain interior ruangannya menarik, para kapsternya juga melayani dengan kemampuannya yang sangat baik dan profesional.

6. Mister T-One Barbershop

Selanjutnya ada Mister T-One yaitu salah satu franchise barbershop terbaik dan murah. Mister T-One didirikan di Tangerang Selatan pada tahun 2018.

Modal awal untuk menjalankan bisnis franchise barbershop Mister T-One dibanderol mulai 45 juta Paket Basic, 75 juta untuk Paket Reguler, dan 120 juta untuk Paket Premium. Masing-masing mendapatkan fasilitas berupa set peralatan lengkap, kapster untuk ditraining, training manajemen, dekorasi interior, hingga grand opening.

Mister T-One juga mengadakan konsultasi gratis apabila mitranya sedang mengalami masalah ketika menjalankan usaha. Selain itu, royalti feenya pun sangat terjangkau, hanya sebesar 10% saja.

7. Giovani Barbershop

Selanjutnya ada bisnis franchise barbershop yang dinilai sangat praktis karena kosepnya adalah direct management, sebut saja Giovani Barbershop. Artinya, segala perencanaan, pembangunan usaha, pemasaran, hingga pengaturan administrasi pasti dilakukan oleh pihak Giovani langsung.

Modal awal dikeluarkan untuk bergabung sebagai mitra Giovani cukup terjangkau, yakni hanya sebesar 70 juta rupiah saja dengan masa kontrak selama 5 tahun. Nilai 70 juta rupiah tersebut sudah termasuk karyawan, promosi, marketing dan branding, serta perencanaan oleh pihak Giovani.

Itulah ketujuh franchise barbershop terbaik dan murah yang bisa Anda coba. Usaha waralaba pangkas rambut pria tersebut bisa dijajal sebagai peluang untuk memberikan penghasilan tambahan dalam jangka panjang.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.