Lompat ke konten

8 Perangkat Lunak Bisnis Terbaik dan Efisien

Perangkat lunak bisnis

Teknologi memudahkan manusia untuk melakukan kegiatan sehari hari mereka. Termasuk diantaranya adalah teknologi memudahkan manusia untuk mengurus bisnis. Jika 10 tahun lalu Anda harus berkutat dengan setumpuk buku tulis dan buku telepon untuk mengelola bisnis, kini hanya perlu menggunakan software bisnis misalnya. 

Ada beberapa jenis perangkat lunak bisnis yang perlu Anda ketahui. Jenis pertama adalah perangkat lunak keuangan yang berkaitan dengan keuangan bisnis seperti pencatatan faktur, pencatatan pembelian dan lain-lain. Jenis kedua adalah perangkat lunak human resource yaitu perangkat lunak yang terkait dengan pengelolaan data karyawan baik yang terkait gaji, data pribadi maupun penggunaan cuti. 

Jenis ketiga adalah perangkat lunak yang terkait dengan distribusi baik itu pengelolaan gudang ataupun proses distribusi ke pengecer. Jenis keempat adalah perangkat lunak yang terkait dengan pelanggan yang meliputi data pemesanan pelanggan dan lain-lain. 

Tidak jarang keempat jenis perangkat ini tergabung ke dalam satu ekosistem perangkat lunak bisnis yang seringkali disebut sebagai ekosistem perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning). 

Kelebihan menggunakan perangkat lunak dalam bisnis antara lain:

  1. Data relatif aman dari bencana alam sebab data tersimpan di penyimpanan clod dan dapat di restore kembali. 
  2. Data dapat diedit oleh orang-orang yang diberikan akses oleh pemilik bisnis. 
  3. Umumnya salah satu fitur yang ditawarkan perangkat lunak ini adalah laporan berkala otomatis sehingga Anda tidak perlu memeriksa data bulanan satu per satu.
  4. Data bisnis dari berbagai aspek seperti keuangan, rantai pasok dan lain-lain dapat digabung menjadi satu sehingga lebih mudah diatur dan efisien. 

Namun kekurangannya adalah untuk berlangganan atau mengakses perangkat lunak ini, Anda memerlukan pengeluaran tambahan yang jumlahnya bervariasi tergantung kebutuhan Anda. 

Berikut ini 8 perangkat lunak bisnis yang terbaik dan dapat membantu kinerja bisnis Anda menjadi lebih efisien:

1. Simplidots

Simplidots adalah software bisnis yang fokus untuk mempermudah proses distribusi barang. Anda dapat berlangganan perangkat lunak ini baik sebagai distributor maupun pedagang biasa. 

Dengan menggunakan software ini, sebagai pemilik bisnis atau manajer Anda bisa memantau proses distribusi barang dari kantor Anda secara real time. Bagi salesman atau petugas lapangan perusahaan Anda, aplikasi ini membantu untuk mencatat dan memasukkan pesanan barang secara cepat dan real time. Sebab, sales dapat secara langsung mengetahui harga barang yang dimaksud. 

Jika Anda adalah pelanggan, aplikasi ini juga dapat memastikan kapan barang yang dipesan datang dan memesan barang secara otomatis. Dengan demikian proses distribusi dapat dilakukan secara terukur dan lebih pasti. 

2. Jurnal 

Jurnal adalah aplikasi dan software bisnis yang berkaitan dengan keuangan baik itu akuntansi, pembukuan ataupun stok barang. Perangkat lunak bisnis ini dikembangkan oleh Mekari, perusahaan penyedia software untuk bisnis terkemuka di Indonesia. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencatat data pendapatan dan pengeluaran perusahaan Anda, merubah data stok barang dan membuat barang dengan klasifikasi tertentu dan lain-lain. 

Kelebihan lain dari perangkat lunak ini adalah Anda dapat menggabungkan Jurnal dengan aplikasi online marketplace sehingga setiap pemesanan dan pendapatan yang masuk dari penjualan online perusahaan dapat secara otomatis tercatat di aplikasi. 

3. KlikPajak

Pajak seringkali menjadi permasalahan tersendiri dalam bisnis. Sebabnya adalah tidak jarang pebisnis lupa membayar pajak atau tidak tahu jika barang yang dia buat adalah barang yang terkena pajak PPn. Apalagi jika jumlah barang yang diproduksi sangat banyak dan bermacam-macam. 

Perangkat lunak KlikPajak ini hadir untuk membantu perusahaan baik yang sudah besar maupun yang masih UMKM dalam proses pengurusan pajak mulai dari pencatatan hingga pengiriman dan perekaman data pembayaran pajak. Akibatnya, Anda tidak perlu takut telat bayar pajak. 

Data hasil pembayaran pajak yang dirilis dan direkam aplikasi ini juga resmi dari Direktorat Jenderal Pajak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika datanya palsu. 

4. Talenta

Karyawan adalah sumber daya penting bagi perusahaan. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda memberikan gaji atau benefit yang tidak sesuai dengan kinerja karyawan perusahaan. Pastikan karyawan Anda mendapatkan pembayaran yang selayaknya menggunakan perangkat lunak bisnis khusus HR, Talenta. 

Masih dalam payung Mekari, software Talenta akan memudahkan Anda menghitung berapa seharusnya jumlah pendapatan yang dapat dibawa pulang oleh pegawai perusahaan Anda pada bulan terkait. 

Aplikasi ini secara otomatis akan menghitung data yang mempengaruhi jumlah take home pay karyawan mulai dari gaji pokok, bonus, gaji lembur, sanksi keterlambatan hingga absensi. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pembayaran yang sesuai dengan kinerja karyawan dengan lebih baik.

5. Odoo

Odoo adalah software dan aplikasi bisnis yang dapat membantu Anda mengelola gudang. Apalagi jika Anda memiliki gudang yang besar dan berisi ribuan barang dan memiliki beberapa gudang sekaligus. 

Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mencatat jumlah dan jenis barang yang keluar masuk serta dimana letak barang tersebut di gudang Anda. Jika ada barang yang stoknya di gudang Anda sudah habis, maka aplikasi dapat secara otomatis melaporkannya untuk Anda. 

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot berkeliling gudang yang besar hanya untuk mencari satu barang yang besarnya bisa jadi tak seberapa. 

6. Moka Pos

Moka Pos adalah perangkat lunak bisnis yang berjenis aplikasi kasir. Jika Anda pernah datang ke restoran modern seperti Pizza Hut, KFC atau yang lainnya, Anda pasti menyadari bahwa saat memesan dan membayar pesanan di kasir, petugas kasir akan memasukkan data pesanan Anda ke sebuah hardware dan aplikasi khusus. 

Aplikasi seperti ini disebut sebagai aplikasi kasir. Saat ini, aplikasi jenis ini tidak hanya dapat dipakai untuk bisnis restoran atau supermarket saja, tetapi juga bisnis-bisnis lain yang membuka sistem pre order. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, pihak pengelola bisnis dapat memasukkan data pesanan pelanggan secara otomatis. Bahkan dalam beberapa kasus, aplikasi seperti ini digunakan oleh pelayan untuk mencatat pesanan pelanggan yang sedang mengantri sehingga antrian dapat berjalan lebih cepat. 

7. Quickbooks Self-Employed

Jika aplikasi-aplikasi di atas cocok untuk bisnis yang lebih konvensional, Quickbooks Self-Employed adalah perangkat lunak bisnis yang didesain khusus untuk pekerja lepas alias freelancer. 

Software ini menyediakan proses penghitungan akuntansi sederhana yang cocok untuk pekerja lepas mulai dari pencatatan penerimaan per proyek, penghitungan pajak otomatis hingga penagihan pembayaran otomatis dan terjadwal kepada klien.

Jadi, dengan software ini, Anda tidak perlu lagi takut ditinggalkan aka di ghosting oleh klien yang belum bayar.

8. Qontak

Qontak adalah perangkat lunak bisnis yang digunakan dalam rangka mengelola informasi dari pelanggan. Informasi yang masuk ke dalam aplikasi ini seperti, nama pelanggan, asal perusahaan, nomor pelanggan tersebut dan riwayat percakapan pelanggan dengan customer service. 

Data-data ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk mengirim newsletter marketing perusahaan, sebagai data penentuan siapa dan bagaimana perilaku ekonomi pelanggan Anda dan tentunya bagaimana kualitas pelayanan tim customer service perusahaan Anda. 

Dengan demikian, strategi pemasaran perusahaan Anda dapat lebih terarah ke target konsumen tertentu. 

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *