Lompat ke konten

Jawaban Pertanyaan Rencana Karir 5 Tahun ke depan saat Interview

Seorang wanita menaiki tangga dengan bayangan superhero di sampingnya.

Dalam proses interview (wawancara), ada beragam pertanyaan yang diajukan oleh tim rekruiter atau HRD (human resource development). Mulai dari pengalaman kerja, organisasi, dan terkhususnya rencana karier 5 tahun ke depan. Walaupun terkesan tidak berhubungan dengan pekerjaan, ternyata pertanyaan tersebut bisa dijadikan dasar penilaian untuk diterima atau tidaknya seseorang menjadi karyawan. 

Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan jawaban agar bisa menampilkan yang terbaik di hadapan tim rekruiter. Lalu, bagaimana cara menjawabnya? Mari simak informasi lebih lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Mengapa HRD Menanyakan Rencana Karir 5 Tahun ke depan?

Tentu ada tujuan tim perusahaan menanyakan hal tersebut dan salah satunya berkaitan dengan performa calon karyawan nantinya apabila diterima di perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa alasan mengapa HRD mengajukan pertanyaan tersebut: 

1. Melihat Seberapa Besar Ambisi Pelamar

Di dalam dunia kerja, tentu seseorang haruslah memiliki ambisi atau rencana yang akan dicapai. Ambisi ini bisa berupa keinginan untuk mendapatkan gaji lebih tinggi, kenaikan jabatan atau posisi, dan sebagainya. 

Ambisi biasanya sudah direncanakan jauh-jauh dari sebelum seseorang memulai kariernya di dunia kerja. Oleh karena itu, HRD ingin mengetahui seberapa jauh dan besarnya ambisi Anda dalam pekerjaan. Informasi ini digunakan oleh HRD untuk mempertimbangkan bagaimana Anda melihat diri sendiri di masa mendatang.

Dengan begitu, perusahaan pun dapat menyesuaikan apakah mereka bisa mendukung rencana Anda atau tidak. Anda pun bisa menyesuaikan jika nantinya sistem dan budaya kerja di perusahaan bersangkutan cukup mendukung untuk mencapai rencana karier 5 tahun ke depan. 

2. Menilai Keseriusan Pelamar

Sebagai seorang karyawan, tentu Anda tidak ingin berada dalam satu posisi yang sama terus-menerus, bukan? Pastinya ada terbesit keinginan untuk mengembangkan kemampuan atau memiliki jabatan tinggi di bidang pekerjaan yang digeluti.

Itulah mengapa tim HRD ingin melihat bagaimana Anda mengatur rencana karier 5 tahun ke depan baik di dalam maupun di luar perusahaan tersebut. Dengan begitu, mereka juga dapat menilai seberapa serius dan menguasainya Anda di bidang pekerjaan yang digeluti. 

Misal, Anda bekerja sebagai teller bank. Dalam proses interview, Anda menjawab bahwa rencana karier 5 tahun ke depan adalah bisa naik jabatan menjadi pemimpin atau dipercayakan untuk mengerjakan proyek tertentu. 

3. Mempertimbangkan Apakah Pelamar akan Bekerja dengan Perusahaan dalam 5 Tahun Ke Depan

Terakhir, pertanyaan tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan apakah Anda loyal terhadap mereka atau tidak. Mengapa demikian? Karyawan yang mengundurkan diri tentu akan berdampak pada operasional perusahaan.

Untuk itu, jika Anda menjawab bahwa Anda berkeinginan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan di perusahaan tersebut dalam 5 tahun ke depan, mereka pun bisa mempersiapkan diri lebih dini. 

Pasalnya, karyawan baru yang menggantikan Anda tentu harus dilatih terlebih dahulu agar memahami sistem kerja perusahaan. Nah, proses ini memakan waktu dan biaya cukup banyak sehingga akan mengurangi efisiensi operasional perusahaan. 

Jawaban Pertanyaan Rencana Karir 5 Tahun ke depan saat Interview

Agar jawaban Anda menarik perhatian HRD, berikut ada beberapa jawaban pertanyaan yang bisa dijadikan referensi: 

  1. Saya memiliki passion dan ambisi untuk terus mengembangkan diri di bidang marketing. Dengan kemampuan saya sekarang ini, saya merencanakan untuk bisa memimpin sebuah proyek klien dan bekerja sama bersama perusahaan besar. Ditambah lagi, saya berencana untuk mengikuti beberapa pelatihan dan seminar untuk menambah wawasan baru. Maka dari itu, saya sangat antusias dan menantikan untuk segera dapat terlibat dalam pekerjaan di perusahaan ini.” 
  2. Dengan latar belakang di bidang kreatif, salah satu tujuan saja melamar pekerjaan di perusahaan ini karena tim kreatif diberi wadah cukup untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Jadi, saya merasa dalam 5 tahun ke depan saya bisa banyak berdiskusi dan berbagi ide bersama tim yang saling mendukung satu sama lain. Saya sangat tertarik dan antusias dengan sistem kerja di perusahaan ini sehingga saya sudah mempersiapkan diri untuk mempelajari tools baru dan mengikuti webinar guna menunjang pekerjaan saya.”
  3. Sebagai seseorang yang mendalami dalam bidang keuangan, saya ingin terus mengembangkan kemampuan saya. Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin lebih mahir dalam menguasai Microsoft Excel dan software penunjang penghitungan lainnya. Saya juga berencana mempelajari hal baru melalui kursus daring. Harapan saya adalah keahlian baru ini bisa diterapkan di perusahaan tempat saya bekerja dan terlebih lagi bisa membagikannya kepada rekan lainnya.”
  4. Dalam 5 tahun ke depan, saya berencana untuk bisa memimpin sebuah proyek pemasaran sendiri. Rencana itu bisa terwujud dengan membangun hubungan baik dengan klien, memperluas relasi, dan tentunya menggali informasi lebih banyak dari lingkungan sekitar. Saya juga sangat mengharapkan untuk memiliki seorang tutor atau pembimbing guna menjadi pemberi arahan dalam mewujudkan rencana ke depannya.”
  5. Saya berkeinginan untuk menggali wawasan dan keterampilan baru sebanyak mungkin dari perusahaan ini. Perusahaan ini terkenal di bidang pemasarannya sehingga saya bertekad untuk bisa berpartisipasi dalam salah satu proyek di perusahaan. Selain itu, saya juga berencana untuk bisa dipertimbangkan menjadi pemimpin di level supervisor atau manajemen. Dengan segala keterampilan yang dimiliki, saya yakin bisa berkontribusi banyak untuk perusahaan ini dan tentunya berkeinginan untuk terus belajar dan berkembang.”

Itulah beberapa jawaban pertanyaan rencana karier 5 tahun ke depan yang bisa dijadikan referensi saat interview. Pastikan Anda menjawab sesuai potensi dan keahlian diri sendiri di bidang pekerjaan terkait. Dengan begitu, perusahaan pun semakin yakin untuk menerima Anda sebagai karyawannya.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *