Belajar mengenai digital marketing memang tidak pernah ada habisnya. Selalu ada informasi dan ilmu yang menarik untuk dipelajari. Salah satunya mengenai leads. Anda tentu sudah tidak asing dengan kata ‘leads’ di dunia digital marketing.
Sering sekali orang-orang yang ahli di bidang ini membicarakan mengenai ‘leads’. Nah, sebenarnya apa sih yang disebut dengan leads itu. Berikut penjelasan mengenai pengertian, tujuan dan cara mendapatkannya. Simak selengkapnya berikut ini!
Pengertian Leads
Apa itu leads? Leads adalah sekumpulan orang yang menunjukkan ketertarikan atau minatnya terhadap produk, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. orang-orang inilah yang merupakan pelanggan potensial. Leads akan meninggalkan informasi pribadinya berupa email atau nomor ponsel saat keluar dari toko Anda.
Dengan informasi yang ditinggalkan entah itu nomor ponsel atau email, Anda sebagai pelaku bisnis bisa mengirimkan pesan-pesan promosi. Bisa berupa informasi produk, penawaran produk terbaru, pemberian diskon, voucher atau newsletter.
Jika leads adalah orang yang berminat pada produk atau jasa Anda, maka leads generation merupakan upaya untuk menarik sekumpulan orang yang mulai tertarik dengan jasa, layanan atau produk perusahaan Anda sehingga mereka melakukan pembelian atau bahkan menjadi pelanggan.
Namun demikian, upaya ini tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memiliki leads generation yang berkualitas supaya lebih mudah menarik konsumen untuk menjadi pelanggan. Perlu skill tersendiri yang bisa dipelajari.
Tujuan Leads
Kini Anda sudah mengetahui mengenai pengertian dari lead. Selanjutnya akan dibahas tujuannya. Apa sebenarnya tujuan dari lead dan lead generation? Simak selengkapnya berikut ini!
Memudahkan kegiatan promosi dan komunikasi ke pelanggan potensial
Dengan mengetahui orang-orang yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan maka akan lebih mudah melakukan kegiatan promosi atau pun komunikasi dengan pelanggan potensial. Anda bisa langsung mengirimkan konten promosi ke email atau nomor ponsel.
Memudahkan inbound dan targeting dari strategi pemasaran
Inbound adalah strategi pemasaran yang menggunakan sosial media sebagai wadahnya, teknik ini mengandalkan konten yang menarik sehingga bisa terjadi interaksi antara konsumen dengan barang atau jawa Anda. Sehingga lebih dekat dan tereduksi.
Sedangkan, targeting adalah menentukan siapa saja orang yang bisa menjadi target pasar dari penawaran produk, jasa atau layanan Anda. dengan mengetahui leads kedua teknik pemasaran baik inbound atau targeting lebih mudah ditemukan.
Mengetahui demografi calon pembeli
Teakhir, tujuan lead adalah mengetahui demografi dari calon pembeli. Demografi merupakan gambaran informasi calon pembeli, mulai dari umur, domisili dan preferensi. Dengan informasi demokrasi maka pemasaran menjadi lebih mudah.
Jenis-jenis Lead
Leads sendiri memiliki jenis lho. Berikut jenis-jenis leads yang wajib Anda tahu jika ingin menyukseskan strategi digital marketing perusahaan Anda.
Marketing Qualified Lead
Marketing qualified lead (MQL) merupakan orang-orang yang tertarik dengan brand Anda, sudah mulai melakukan interaksi dan melihat promosi namun belum tertarik untuk membeli. Sehingga perlu pendekatan lebih lagi supaya ia bisa melakukan pembelian, seperti menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
Product Qualified Lead
Product Qualified Lead (PQL) adalah orang-orang yang akhirnya sudah membeli produk basic dari layanan Anda lalu setelah merasakan manfaatnya, ia tertarik mencoba versi berbayar dengan cara berlangganan. Bisanya PQL ini adalah orang yang sedang mencoba free-trial product dan mulai bertanya-tanya mengenai brand Anda.
Sales Qualified Lead
Terakhir, sales qualifies lead merupakan orang yang sudah menunjukkan ketertarikannya pada produk, layanan atau jasa yang ditawarkan dan sudah berniat untuk membeli. Ini merupakan orang yang baru pertama kali membeli kemudian tertarik menjadi pelanggan. Biasanya SQL akan bersedia mengisi formulir atau meninggalkan kontak mereka.
Cara Mendapatkan Leads
Ada kini sudah mengetahui pengertian, jenis, dan tujuan leads. Kemudian Anda berpikir bahwa informasi ini tentu akan berguna untuk menjalankan strategi pemasaran perusahaan Anda. Nah, bagaimana untuk mendapatkan leads. Simak cara selengkapnya berikut ini!
1. Membagikan freebies
Freebies merupakan pembagian penggunaan jasa, barang atau layanan secara gratis. Anda yang penggemar K-Pop tentu sudah tidak asing dengan istilah freebies ini, Memang startegi ini diadopsi dari teknik marketing agensi K-Pop.
Dimana orang-orang yang berbelanja secara online atau mengikuti event yang diadakan perusahaan memperoleh hadiah berupa pernak-pernik gratis. Pada dasarnya, freebies memiliki banyak pilihan, bisa berbentuk stiker, kipas, poster dan lain sebagainya.
2. Memberi ebook
Salah satu strategi bisnis B2B adalah membagikan ebook. Anda bisa mencobanya untuk bisnis Anda. Ebook menarik bisa diberikan pada lead sebagai cinderamata. Ebook dipercaya mampu memberikan kesan produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan sudah terpercaya.
Anda kini sudah bisa menyusun ebook milik Anda sendiri. Setelah jadi, tugas utamanya adalah membagikannya secara gratis ke pembeli potensial. Dengan begitu Anda tahu mana yang sekiranya memang tertarik pada produk Anda atau tidak.
3. Menyediakan live chat di website Anda
Layanan live chat di website sangat membantu Anda mendapatkan leads. Sistem cara memperolehnya adalah orang-orang yang tertarik dengan brand Anda akan membuka website. Apabila ia tertarik dengan suatu produk maka ia akan mencoba menghubungi live chat untuk memastikan ketersedian produk atau memastikan kualitas produk.
Sebelum calon pembeli bertanya, Anda bisa sediakan formulir sederhana seperti nama, alamat, umur dan domisili. Dengan informasi itu saja yang terkumpul, Anda bisa menentukan leads secara gambaran kasar.
4. Beri opsi untuk subscribe konten
Strategi satu ini cukup banyak digunakan oleh brand ternama, opsi untuk subscribe konten. MIsalnya, pelanggan potensial ingin mengakses informasi lebih lanjut [ada blog ANda, maka ia diminta untuk masuk terlebih dahulu atau mengisi formulir. Dengan begitu Anda tahu mana yang memang benar-benar menginginkan produk Anda.
berbeda jenis produk dan layanan yang ditawarkan tentu beda strategi pengumpulan leads. Biasanya majalah atau berita online yang menggunakan strategi ini, membuat konten khusus untuk pengguna premium.
Pasalnya, orang yang sudah menggunakan produk atau layanan, merasakan manfaatnya tentu tidak akan berpikir ulang untuk berlangganan untuk memperoleh konten yang berkualitas dan eksklusif.
6. Susun landing page
Landing page merupakan halaman yang ada di website yang memang khusus untuk memperoleh informasi mengenai leads. Bisa berupa formulir dengan diisi informasi mengenai produk yang Anda jual. Menyisipkan landing page cukup efektif dan harus Anda coba!
7. Memaksimalkan penggunaan sosial media
Terakhir, cara mendapatkan leads adalah memaksimalkan penggunaan media sosial. Anda bisa melakukan voting, absen dan interaksi lainnya yang mendatangkan leads. Sehingga konten Anda harus bisa mendatangkan interaksi.Nah, berikut di atas merupakan pengertian, jenis, tujuan dan cara mendapatkan leads. Anda sudah bisa mulai dari sekarang untuk mengumpulkan informasinya. Sehingga strategi pemasaran yang dilakukan bisa lebih maksimal bekerja.