Lompat ke konten

10 Cara Promosi Di Instagram Story yang Kreatif dan Efektif

Layar Instagram Story di perangkat handphone.

Di tengah era serba modern sekarang ini, para pebisnis harus pintar beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Apabila tidak bisa menyesuaikan, kemungkinan bisnis tidak dikenal oleh banyak orang akan semakin besar. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, bukan?

Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan teknologi masa kini, khususnya sosial media, sebagai platform bisnis dan promosi produk atau layanan. Sosial media seperti Instagram memiliki banyak pengguna dari berbagai belahan dunia sehingga menjadi platform yang tepat untuk mencapai target pasar. 

Ada banyak fitur yang disediakan oleh Instagram dan salah satunya adalah Instagram Story (IG Story). Namun, masih banyak pebisnis yang belum dapat memaksimalkan penggunaannya. Nah, agar Anda bisa menggunakan Instagram Story untuk promosi, mari simak 10 cara promosi yang kreatif dan efektif di bawah ini untuk diterapkan pada perusahaan Anda! 

1. Buatlah Desain Promosi yang Menarik

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah membuat desain postingan promosi yang menarik. Hal ini harus diperhatikan karena biasanya pembeli akan tertarik dengan postingan yang unik atau bahkan sedikit ‘nyeleneh’. Anda bisa mengombinasikan berbagai desain berdasarkan tren yang berlangsung.

Misalnya, Anda dapat menyematkan meme lucu dan disesuaikan dengan identitas bisnis. Dengan begitu, calon pembeli akan merasa dekat dengan bisnis Anda karena dirasa memahami tren dan bisa mengombinasikannya dengan baik. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat rencana konten yang bisa menarik perhatian followers Instagram. Contoh konten yang bisa diterapkan seperti Instagram Take Over, video behind the scene proses pembuatan produk, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencari referensi konten dari akun bisnis atau media sosial lainnya. 

2. Manfaatkan Stiker “Add Link” di Postingan Instagram Story

Pada fitur Instagram Story, terdapat fitur “Add Link” di mana Anda bisa menyematkan link website, e-commerce, atau katalog produk. Jadi, viewers IG Story tidak lagi harus membuka profil bisnis yang akan memakan waktu banyak. 

Mereka bisa langsung melakukan pemesanan atau mencari informasi seputar produk atau layanan melalui link tersebut. 

3. Gunakan Hashtag untuk Menambah Viewers

Sama seperti media sosial lainnya, IG Story juga bisa ditambahkan hashtag guna menambah jumlah pengunjung atau viewers. Melalui hashtag, pengguna lain yang tidak mengikuti akun bisnis Anda pun bisa tetap melihat postingan IG Story bisnis. 

Dengan begitu, target pasar bisnis Anda pun akan semakin luas dan tidak terbatas pada followers yang mengikuti akun bisnis saja. Maksimalkan penggunaan hashtag ini dengan menuliskan kata kunci sesuai kebutuhan.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang fashion. Nah, Anda dapat menggunakan hashtag seperti #fashion, #clothing, dan lain sebagainya. Jadi, pengguna lain yang sedang mencari informasi seputar fashion bisa menghampiri akun Anda. 

4. Bangun Koneksi dengan Followers Menggunakan Stiker “QnA”

Walaupun IG Story memang diperuntukkan untuk promosi, bukan berarti Anda tidak perlu membangun komunikasi dengan para pengikut akun bisnis. Koneksi dan komunikasi ini penting dilakukan untuk menciptakan brand awareness followers dan Anda pun bisa mengetahui kebutuhan mereka lebih dalam lagi. 

Para followers pun akan merasa semakin dekat dengan perusahaan Anda dengan metode pelayanan yang dilakukan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan stiker “QnA” atau tanya jawab di IG Story. 

Stiker ini memungkinkan para pengikut akun untuk mengajukan pertanyaan seputar topik tertentu atau terkait produk bisnis. Anda pun bisa menjawabnya secara langsung di postingan berikutnya berdasarkan pertanyaan yang diajukan. 

5. Pasang Instagram Ads 

Untuk memaksimalkan promosi, Anda dapat memasang Instagram Ads di akun perusahaan. Instagram Ads ini berfungsi untuk memunculkan akun Anda di beranda pengguna lain berdasarkan algoritma pengguna tersebut.

Misalnya, pengguna lain sedang mencari skincare dengan kandungan tertentu. Apabila perusahaan Anda menyediakan produk tersebut, akun bisnis akan muncul di Instagram Story pengguna tersebut. Menarik, bukan? Dengan begitu, target konsumen perusahaan pun akan semakin luas dan target promosi bisa lebih maksimal. 

6. Beralih ke Akun Instagram Business

Agar penggunaan Instagram perusahaan semakin optimal, Anda bisa beralih ke Instagram Business yang hadirkan beberapa fitur penunjang promosi. Berbeda dari akun IG pada umumnya, IG Business fokus untuk membantu Anda mencari konsumen secara praktis melalui fitur-fitur yang tersedia. 

Fitur IG Business yang bisa digunakan, antara lain fitur Shop, fitur Insight, fitur Ads Tool, dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, informasi produk atau layanan bisnis Anda bisa tersebar secara optimal. 

7. Simpan dan Buat Highlights Instagram Story di Akun Bisnis

Agar informasi seputar promosi, QnA, atau yang lainnya tetap bisa dilihat oleh followers dan pengguna lain, Anda bisa menyimpan postingan IG Story di highlights. Highlights di sini berfungsi untuk menampilkan postingan di akun bisnis agar lebih mudah dilihat.

Selain itu, Anda juga dapat membuat highlights berdasarkan kategori masing-masing, seperti highlights khusus promosi, khusus QnA, khusus tata cara order (pemesanan), dan lain sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

8. Kombinasikan Stiker dan GIF Unik dan Menarik

Berikutnya, hindari mengunggah IG Story yang polos dan tidak ceria. Hal ini disebabkan karena biasanya followers akan lebih tertarik dengan unggahan yang ramai dan menarik. Nah, cara mewujudkannya adalah dengan mengombinasikan stiker dan GIF unik yang tersedia di Instagram. 

Selain itu, biasanya stiker dan GIF tersebut bisa mengarah pada tren yang berlangsung sehingga bisa menjangkau target viewers lebih banyak lagi. 

9. Tampilkan Testimoni atau Ulasan Pelanggan Lain

Apabila memposisikan diri sebagai pembeli, sebelum membeli produk, tentu Anda akan melihat testimoni atau ulasan dari pelanggan sebelumnya dahulu, bukan? 

Sebagai pebisnis, apabila Anda menampilkan testimoni tersebut, pasti pembeli akan merasa terbantu dan tertarik untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda. Testimoni tersebut bisa disematkan di desain postingan IG Story agar mudah dilihat oleh banyak orang. 

10. Konsisten untuk Aktif Promosi di Instagram Story

Instagram Story menjadi salah satu fitur dari Instagram yang paling menjanjikan sebagai media promosi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena sekarang ini pengguna Instagram lebih banyak melihat IG Story dibandingkan postingan grid biasa. 

Jadi, pastikan Anda konsisten untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis di Instagram Story agar konten lebih sering dilihat oleh followers. Buatlah rencana konten beserta jadwal pengunggahannya agar informasi bisa tersampaikan dengan maksimal.

Demikianlah 10 cara promosi di Instagram Story yang kreatif dan efektif untuk bisa diterapkan di perusahaan Anda. Maksimalkan seluruh fitur yang ada di Instagram Story agar target konsumen bisnis bisa tepat sasaran dan bahkan lebih banyak lagi.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *