Lompat ke konten

Cara Promosi Makanan di Instagram dan Contoh Captionnya

Cara Promosi Makanan di Instagram

Cara promosi makanan di Instagram yang paling penting adalah konsisten, bisa membuat konten, sekaligus caption menarik agar bisa menarik minat orang lain untuk membelinya. Meskipun menjual makanan unik maupun populer, namun target penjualan tentu tak bisa semudah itu diraih jika tak mempromosikan produknya.

Mengingat saat ini di internet bisa melakukan apapun secara bebas, salah satunya memasarkan produk kuliner melalui sosial media Instagram. Maka dari itu, berikut kami jelaskan bagaimana cara promosi makanan di Instagram disertai contoh captionnya.

Cara Membuat Promosi Makanan di Instagram

Mempunyai produk kuliner untuk jualan, supaya laris manis harus dipromosikan. Apalagi saat ini sosial media Instagram bukan hanya untuk memposting konten-konten dengan tujuan sosial saja, Anda juga memanfaatkannya untuk tujuan komersial seperti berjualan atau menyediakan layanan jasa.

Tujuan mempromosikan produk kuliner di Instagram karena banyaknya pengguna serta mampu menyebarluaskan informasi secara lebih cepat sehingga dapat diketahui oleh lebih banyak orang. Ini cara promosi makanan lewat Instagram agar banyak yang beli.

1. Buat akun Instagram Bisnis

Jika Anda memiliki produk jualan, daripada memakai Instagram pribadi sebaiknya ubah pengaturannya ke akun bisnis. Alasannya karena di Instagram bisnis mempunyai lebih banyak fitur pendukung, antara lain promote dan analytics. Fitur promote mempermudah memasarkan jualan, sedangkan analytics membantu menganalisa berapa jumlah traffic pengunjung serta pertambahan jumlah pengikut dalam satu periode.

Ketika mengubah pengaturan ke akun bisnis, sebaiknya jangan sampai menguncinya agar mempermudah banyak orang melihat-lihat produk dagangan Anda. Sebab jika dikunci atau set ke private account membuat mereka kesulitan melihat produk lalu lebih memilih membeli ke penjual lain. Jadi biarkan postingan tersebut dapat diketahui oleh umum supaya lebih menarik, mereka pasti akan melakukan following jika dagangan Anda menarik.

2. Buat bio menarik sekaligus informatif

Meskipun akun sudah diatur ke fitur bisnis, namun jika tak membuat bio menarik sekaligus informatif tentu rasanya ada yang kurang. Hal ini karena melalui bio Instagram, orang-orang tahu apa yang Anda jual, di mana lokasinya, dan bagaimana transaksinya. Sedangkan apabila membiarkannya kosongan tanpa informasi, mereka akan mengira bahwa jualan sedang tidak aktif atau dianggap tak jelas.

Pelajari cara membuat bio Instagram untuk jualan agar menarik sekaligus informatif. Buatlah bio secara singkat, padat, namun jelas alias tak perlu bertele-tele. Cukup cantumkan beberapa komponen penting, antara lain nama dan jenis produk, lokasi asal, kontak aktif, serta keterangan tambahan lainnya seperti prosedur transaksi, link jualan, prosedur pengiriman, dan lainnya. Cukup singkat saja asalkan informasi tersampaikan dengan baik ke orang lain.

3. Posting konten menarik dan rapi

Postingan konten (foto dan video) adalah pemain utama dalam hal promosi melalui media sosial Instagram, sebab orang lain pasti tertarik sekaligus penasaran tentang suatu produk apabila isi kontennya bagus dan rapi. Mengunggah foto serta video dengan grafik berkualitas dapat menjadi nilai tambah tersendiri, apalagi jika didukung isi yang memang menarik untuk dilihat atau ditonton.

Unggahlah postingan foto maupun video namun pastikan bahwa kualitas grafiknya sangat baik, artinya tidak pecah atau buram. Anda juga boleh memakai jasa foto produk atau videografer profesional supaya hasil gambarnya berkualitas. 

Selain konten video dan foto, pelajari pula cara menyusun feeds di profil agar rapi sekaligus enak dilihat. Gunakanlah warna-warna senada, sederhana, serta tak terlalu ramai. Dengan begitu, calon pembeli jadi lebih nyaman meskipun melakukan scroll sampai ke dasar.

4. Buat caption yang persuasif atau mengandung unsur ajakan

Kebanyakan orang saat membeli sesuatu selain dipengaruhi oleh isi kontennya, juga dipengaruhi dari caption, yakni kata-kata promosi makanan di Instagram. Maka dari itu jika mempunyai usaha kuliner di Instagram, perhatikanlah bagaimana isi caption makanan di Instagram yang Anda pajang. Apakah merupakan tulisan persuasif atau berisi unsur ajakan atau tidak?

Caption makanan di Instagram, bisa dibuat dengan menggunakan kata-kata promosi makanan lucu, informatif, mendesak calon pembeli, atau mungkin mengandung unsur diskon. Terbukti ketika melakukan cara membuat caption seperti itu membuat mereka ingin membeli produknya. Apalagi jika didukung oleh isi konten menarik.

Sah-sah saja apabila hendak mendeskripsikan suatu produk secara menarik, misalnya tentang rasa produk baru, keuntungan jika memakannya, dan sebagainya. Sehingga hal tersebut membuat mereka tahu apa yang hendak dibelinya sekaligus bayangan tentang rasanya.

5. Manfaatkan fitur promosi gratis maupun berbayar

Cara promosi di Instagram yang bisa dipilih yaitu berbayar atau gratis. Promosi berbayar di Instagram mengharuskan Anda membayar biayanya sesuai paket. Teknik pemasaran seperti ini sangat membantu memasarkan produk secara lebih luas karena menghadirkan iklan atau sponsor, sehingga insightnya jauh lebih besar dibandingkan versi gratis atau memasarkannya manual.

Namun apabila ingin memasarkan produk secara gratis tanpa membayar sepeserpun, cobalah menarik pelanggan dengan cara rutin posting, membuat konten menarik, serta menyebarluaskan link produk dari Instagram ke media sosial lainnya, misalnya Facebook, WhatsApp, Twitter, Telegram, dan sebagainya.

6. Sewa jasa influencer untuk mempromosikan produk makanan

Mempromosikan produk makanan dapat dikatakan gampang-gampang susah, apalagi ketika kurang memiliki kemampuan dalam hal promosi produk. Cara promosi makanan di Instagram yang gampang yaitu dengan menyewa jasa influencer atau selebgram. Mungkin membutuhkan biaya tidak sedikit, namun hasilnya sangat memuaskan jika sudah mencobanya.

Tips promosi makanan di Instagram melalui influencer yaitu pilihlah selebgram yang sedang naik daun. Tujuannya supaya insight produk Anda semakin meningkat karena popularitas sang selebgram tersebut dapat mempengaruhi para pengikutnya untuk membeli produk makanan Anda.

Biasanya para influencer tersebut akan memposting produk promosi di Instagram story, baik berupa foto maupun video dengan durasi tertentu. Jumlah biaya dapat menyesuaikan dengan selebgram siapa Anda bekerja sama serta SOP dari mereka.

7. Optimasi dengan hashtag

Kebanyakan orang mengira bahwa memakai hashtag atau tagar agak mengganggu estetika caption karena dianggap terlalu panjang. Tentu saja hal itu tidaklah benar! Adanya tagar dapat mempermudah pengguna sosial media saat mencari produk makanan incarannya.

Sedikit banyak, adanya hashtag ternyata juga membantu mempromosikan produk makanan, asalkan tidak digunakan secara berlebihan. Gunakan tagar di setiap postingan feeds sesuai isi kontennya. Contohnya jika menjual dessert box rumahan, maka gunakan tagar #jualdessertbox #dessertboxmurah #dessertbox(lokasi jualan).

8. Aktif posting tetapi tidak spam

Konsisten mengunggah postingan di feeds bukan berarti setiap jam sekali harus melakukannya. Justru hal tersebut bisa membuat akun dideteksi sebagai spam akibat banyaknya mengunggah postingan dalam waktu berdekatan.

Meskipun baru menekuni dunia bisnis kuliner, cara promosi makanan di Instagram yaitu dengan mengunggah konten setidaknya sehari sekali atau paling ideal yaitu 2 hari sekali. Lakukan pada jam-jam banyak orang sedang bermain sosial media, kemudian promosikan pula di akun pribadi serta sosial media lainnya agar lebih banyak orang melihat produk tersebut.

Contoh Caption Instagram untuk Promosi Makanan

Sudah memahami bagaimana cara promosi makanan di Instagram setelah membaca tipsnya pada poin sebelumnya? Nah, sekarang adalah contoh captionnya agar menarik!

  • Bundling Ricebowl Katsu Paket Pasangan FREE Es Teh Manis cuma Rp35.000 saja tanpa syarat! Berlaku mulai 1 Agustus 2022-1 September 2022.
  • Kenalin, menu baru dari ABCDessert: Caramel Berry Dessert Box dengan rasa asam manis yang nyegerin khas strawberry dan paduan karamel. Kamu pasti nagih dibuatnya!
  • PROMO HAPPY HOUR! Buy 1 Get 1 setiap pembelian Chicken Korean Series
  • Perayaan ulang tahun, hari jadi, serta momen spesial lainnya sering diucapkan dengan memberikan kue manis. Maka, rayakan momen spesial dengan memberikan bento cake spesial dari BenCake. Tersedia custom desain sesuai keinginan, yuk chat kami sekarang!

Seperti itulah cara promosi makanan di Instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur pada akun bisnis. Buatlah caption menarik, mengandung unsur ajakan (bersifat persuasif), serta kreatif supaya banyak pembeli berdatangan!

Tertarik usaha kuliner seblak di Instagram? Lihat contoh analisis SWOT seblak terlebih dahulu agar bisa membuat pertimbangan untuk mengembangkan bisnis!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.