Lompat ke konten

Rekomendasi Platform Toko Online Gratisan untuk Jualan

Toko Online Gratis

Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan membuat website jualan, sehingga Anda memiliki platform tersendiri untuk memperluas pasar sekaligus mempermudah transaksi dengan pembeli. Tidak semua pembuatan website toko online berbayar, masih banyak platform yang menyediakannya secara gratis dengan kumpulan fitur lumayan lengkap.

Tidak perlu takut dagangan jadi sepi, apalagi saat ini zaman serba digital, di mana lebih banyak orang senang melakukan segala jenis transaksi secara online karena lebih praktis. Mau tahu apa saja rekomendasi website jualan yang fiturnya bisa dinikmati secara gratis? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Lummoshop (Tokko)

Tokko per 17 Januari 2022 resmi berganti nama menjadi Lummoshop dengan menghadirkan warna baru serta tampilan user interface yang lebih enak dilihat sekaligus mudah dipahami. Lummoshop menjadi salah satu website toko online gratis dengan fitur sangat lengkap. Anda bisa mengelola online shop secara lebih mudah jika menggunakan fiturnya.

Berdasarkan pernyataan dari website resmi Lummoshop, fitur pembuatan website jualan melalui platform tersebut saat ini dijamin selalu gratis. Bahkan Anda bisa mengunggah foto katalog secara lebih mudah kemudian bisa membagikannya ke sosial media lainnya. Biaya transaksinya pun cenderung rendah, yakni hanya 2,5% untuk kategori makanan/minuman, sedangkan kategori lainnya hanya 1% saja.

Selain termasuk website toko online gratis dan potongan biaya transaksinya murah, Lummoshop menyediakan fitur keamanan tinggi, baik dalam sistem pembayaran maupun terkait keamanan data. Cara pendaftarannya tinggal mendaftarkan bisnis Anda di website Lummoshop, unggah foto katalog produk, dan selesai. Setelah itu Anda dapat membagikan katalognya ke sosial media untuk memperluas pemasaran.

2. Sirclo Store

Sirclo adalah website toko online gratis yang menawarkan fitur menarik, terutama bagi penggiat UMKM agar bisa memperluas pasarnya. Sudah sejak tahun 2013 lalu, Sirclo Store banyak membantu lebih dari 100.000 para pelaku usaha memperdagangkan produknya dengan sistem digital, sehingga tak heran jika website ini banyak digemari oleh penggiat bisnis online.

Jika menggunakan Sirclo, Anda bisa membuat domain website jualan sendiri secara gratis, memasarkan produk secara lebih luas melalui sosial media dan platform internet lainnya, serta dapat terhubung ke e-commerce dan jasa pengiriman secara lebih mudah. Jika ingin mendaftar, masuklah ke website Sirclo Store lalu klik Daftar Gratis, selanjutnya tinggal mengisi formulir terkait bisnis Anda.

3. WooCommerce

WooCommerce adalah platform e-commerce gratis untuk membantu mengembangkan bisnis secara praktis, bahkan termasuk lumayan populer. Tampilan aplikasi toko online gratis ini cukup user friendly, sehingga seorang pemula masih bisa mengoperasikannya dengan baik. Menariknya lagi, Anda tidak perlu membayar biaya transaksi, tetapi cukup membayar penyedia layanannya saja.

Sayang sekali di WooCommerce tidak menyediakan hosting, apabila ingin membuat domain agar dapat diakses dengan mudah oleh pengguna lain dari berbagai belahan dunia, maka perlu membayar sejumlah biaya kepada penyedia jasa hosting. Daftarkan bisnis sekarang juga, kunjungi website WooCommerce maupun aplikasi (Android dan iOS), lalu klik Get Started untuk daftar.

4. Big Cartel

Mempunyai produk kerajinan tangan tetapi bingung di mana harus menjualnya? Coba saja memasarkan kerajinan tangan Anda di Big Cartel! Aplikasi toko online gratis dari Big Cartel ini memang dirancang untuk para seniman yang ingin memasarkan karya seninya secara gratis sekaligus praktis, bahkan tidak dibebankan biaya transaksi apapun jika menggunakan aplikasi tersebut.

Anda bisa mengakses Big Cartel secara gratis untuk memasarkan produk kerajinan. Namun ada pun fitur Platinum dan Diamond jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan bisa mengunggah foto produk lebih banyak. Daftar melalui website Big Cartel untuk mulai memasarkan hasil kerajinan tangan, atau mengunduh aplikasinya di Google Play dan App Store.

5. OpenCart

Membangun online shop sendiri dengan mudah dan gratis, tak ada salahnya mencoba OpenCart. Website jualan berbasis CMS (Content Management System) tersebut memang dirancang agar pengguna dapat membuat online shopnya sendiri karena sudah dilengkapi fasilitas back-end dan front-end.

Melalui OpenCart, banyak keunggulan yang bisa didapatkan, antara lain kemudahan dalam bertransaksi dengan pembeli, membangun SEO untuk meningkatkan jangkauan penjualan, serta menginput produk secara gampang. Anda bisa mendaftarkan usaha sekaligus mengelolanya di website OpenCart secara gratis. Jika sedikit ragu, bisa mencoba versi demo terlebih dahulu.

6. PrestaShop

Para pemilik bisnis UMKM mungkin bisa mencoba website toko online gratis, yakni PrestaShop. Terhitung sejak tahun 2007, PrestaShop membantu para pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya. Tampilan user interfacenya tidak membingungkan, sehingga lebih mudah dipahami baik oleh penjual maupun pembeli.

Melalui PrestaShop, penjual dapat melihat grafik penjualannya pada fitur Analytics tanpa harus menginstall software tambahan. Anda bisa mendaftar dengan cara mengunjungi website PrestaShop tanpa dipungut biaya apapun. Meskipun penjualannya termasuk level internasional, namun masih ada forum khusus pengguna asal Indonesia untuk berdiskusi.

7. Magento Commerce

Magento Commerce tidak terlalu populer di Indonesia, namun sudah sejak tahun 2008 silam platform tersebut hingga saat ini masih terkenal di luar negeri. Bahkan Magento Commerce menyandang penghargaan sebagai Best New Open Source Project sejak perilisan pertamanya saat itu.

Di Magento Commerce, penjual dapat menikmati banyak fitur dan plugin tema gratis, optimasi SEO, jaminan keamanan data, serta tersedia banyak pilihan sistem pembayaran. Meskipun tersedia paket berbayar, menggunakan fiturnya secara gratis pun sudah cukup untuk membantu mengembangkan bisnis. Jika hendak mendaftarkan usaha di Magento Commerce, akses terlebih dahulu Free Demo agar bisa menjelajahi layanannya.

8. BukaOlshop

Aplikasi toko online gratis asal Indonesia untuk membantu memperluas pemasaran produk, bisa coba mengunduh BukaOlshop (hanya tersedia di perangkat Android). Melalui aplikasi BukaOlshop, banyak fitur gratis yang bisa dinikmati oleh penjual, antara lain kebebasan memilih tampilan toko, serta tersedia untuk layanan dropship.

Keunggulan aplikasi BukaOlshop lainnya, yaitu dapat melihat grafik transaksi penjualan secara real time, pembuatan file APK, kemudahan mengunggah katalog produk, dan sebagainya. Unduh aplikasinya melalui Play Store, daftarkan bisnis, lalu mulailah mengelola toko virtual dengan sangat mudah sekarang juga!

9. Web.co.in App

Web.co.in App merupakan aplikasi toko online gratis yang dapat dimanfaatkan untuk membuat website jualan online melalui berbagai perangkat. Tidak perlu meragukan tingkat keamanan Web.co.id App karena dirancang supaya tidak mudah diretas oleh orang lain. Tak hanya itu saja, Anda bisa membuat domain gratis sesuai keinginan.

Sebagian website maupun aplikasi sejenis mungkin masih menerapkan layanan berbayar untuk hosting, namun di Web.co.in App Anda bisa menggunakannya tanpa dibebankan biaya tambahan. Keunggulan lainnya yaitu adanya fitur SEO dapat membantu meningkatkan penjualan, tidak terbatas upload foto produk, bahkan secara otomatis tersambung ke sosial media yang ditautkan. Download sekarang aplikasinya di Play Store dan mulailah mengelola toko virtual sesuai keinginan!

10. Joomla

Joomla termasuk salah satu software dan website toko online gratis yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Selain tampilan user interfacenya memanjakan mata dan mudah sekali dioperasikan, adapun berbagai layanan serta modul berbahasa Inggris untuk membangun toko daring secara lengkap. 

Penasaran mengapa Joomla sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia? Kunjungi website resmi Joomla kemudian unduh softwarenya secara gratis dan mulailah daftarkan usaha Anda!

Itulah rekomendasi platform toko online gratis untuk membantu memasarkan penjualan lebih luas. Semoga bacaan ini dapat membantu!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.