Lompat ke konten

7 Ide Usaha Kerajinan Kain Flanel yang Menguntungkan

Usaha Kerajinan Kain Flanel

Usaha kerajinan kain flanel saat ini sudah memasuki babak bisnis yang baru. Pasalnya banyak sekali pengusaha sudah melirik potensi keuntungan besar pada bisnis ini. Apalagi bisnis kerajinan menjadi salah satu usaha yang didukung secara besar-besaran oleh pemerintah untuk dikembangkan. Sehingga dalam proses merintisnya pasti akan lebih mudah.

Kain flanel adalah salah satu jenis kain yang berbahan dasar serat wol diproses tanpa ditenun.  Untuk harganya sendiri, kain flanel biasanya dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Nah, jika Anda tertarik membuka usaha kerajinan kain flanel, informasi di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda membuka bisnis kain flanel yang sukses dan menguntungkan.

Apakah Usaha Kerajinan Kain Flanel Bisa Sukses?

Usaha kerajinan kain flanel jika ditekuni dapat membawa Anda pada kesuksesan. Pasalnya dengan kreativitas sebagai modalnya, Anda bisa membuat berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Apalagi respon masyarakat saat ini yang positif membuat bisnis ini tentu akan mendulang kesuksesan. Dengan kekuatan tangan kreatif serta ketekunan dalam memulai usaha, Anda harus yakin bahwa Anda bisa memiliki usaha kerajinan kain flanel yang sukses.

7 Ide Usaha Kerajinan Kain Flanel

Berikut tujuh ide kerajinan yang bisa Anda buat untuk membuka bisnis kerajinan tangan dari kain flanel. Yuk simak!

1. Boneka Flanel

Ide bisnis kerajinan dari kain flanel yang pertama adalah membuat boneka. Boneka dari kain flanel bukan sesuatu yang asing lagi. Bahan flanel dirasa cocok menjadi boneka sehingga disukai oleh anak-anak.

Anda bisa mengkreasikan bentuk boneka sesuai dengan apa yang terpikirkan dalam benak Anda. Tentunya disesuaikan dengan selera pasar hasil riset dan kemampuan dalam mewujudkannya dalam karya nyata. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat boneka cukup mudah ditemui. Sebagai permulaan, boneka juga bisa dibentuk dengan tangan. Jadi bagi Anda yang benar-benar sedang memulai untuk membuka usaha ini, mesin produksi belum diperlukan.

2. Bantal

Ide kedua yang bisa dijadikan produk dalam membuka bisnis kerajinan ini adalah bantal. Kain flanel memiliki tekstur lembut cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan bantal. Sedangkan corak warna-warninya cocok untuk dikreasikan menjadi berbagai karakter yang disukai oleh anak-anak.

Kerajinan ini juga bisa dibuat dengan tangan, sehingga cocok untuk pemula. Bentuk bantal yang sederhana membuatnya mudah dibuat, tetapi jika hendak dikreasikan bentuknya akan lebih baik.

Anda bisa mulai memasarkan produk secara langsung ke ibu-ibu arisan ataupun pengajian. Atau bisa juga mempromosikannya di area yang berdekatan dengan sekolah sehingga menarik minat anak kecil.

3. Gantungan kunci

Barang selanjutnya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci dengan berbagai bentuk karakter unik dan warna mencolok cukup menarik perhatian anak-anak untuk membelinya. 

Produk ini memiliki keunggulan harga jual relatif murah apabila dibandingkan dengan jenis produk flanel lainnya. Sehingga biasanya dibeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Anda bisa menjadi salah satu produsennya.

4. Sepatu bayi

Produk satu ini mungkin cukup unik. Ya, kerajinan flanel salah satunya adalah sepatu bayi. Lagi-lagi karena teksturnya lembut membuat flanel cocok dijadikan sepatu bayi. Apalagi sepatu bayi kebanyakan hanya digunakan untuk menghangatkan kaki saja.

Peluang bisnis kerajinan sepatu bayi ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Sebab biasanya ibu-ibu muda banyak memburu sepatu yang memiliki keindahan, dan juga bisa membelinya dalam jumlah banyak. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini!

5. Tempat pensil flanel

Pernahkan Anda melihat tempat pensil yang terbuat dari kain flanel? Tentu menjadi ide yang menarik bukan? Tempat pensil yang biasanya terbuat dari plastik, kali ini terbuat dari kain bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk.

Anda bisa menyesuaikan warna dan bentuk sesuai dengan target pasar yang hendak dicapai. Kabar baiknya, untuk membuat produk ini Anda tidak memerlukan banyak bahan tambahan, proses menjahit nya pun cukup sederhana. Jadi sangat cocok untuk pemula.

6. Tempat tisu

Selain berfungsi menjadi wadah untuk tisu, saat ini tempat tisu memiliki fungsi lain yaitu untuk menambah kesan estetika atau keindahan ruangan. Maka dari itu, perlu dibuat inovasi baru berupa tempat tisu dengan berbagai bentuk dan ragam warna.

Memanfaatkan peluang ini, untuk membuat tempat tisu sekreatif mungkin dan semenarik mungkin. Semakin unik desain tempat tisu dibuat maka akan semakin banyak peminatnya. Anda bisa mencari inspirasi melalui berbagai desain ruangan dan menjelaskannya dengan tempat tisu.

7. Tas flanel

Terakhir, produk kerajinan yang bisa dibuat dengan tangan adalah tas kecil untuk pergi atau hangout bersama teman. Apalagi saat ini sudah banyak sekali style fashion berbeda dan terlihat unik.

Sehingga peluang untuk mendatangkan keuntungan dengan membuat produk ini cukup menjanjikan. Selain sebagai pelengkap fashion, tas dari flanel jug biasanya belum dimiliki oleh banyak orang. Sehingga cocok untuk konsumen yang menyukai eksklusivitas.

Tips Usaha Kerajinan Kain Flanel 

Setelah mengetahui berbagai ide kerajinan, kini saatnya Anda mulai pelan-pelan membuka usaha Anda. Nah, bagi Anda seorang pemula, berikut tips dalam menjalankan usaha kerajinan kain flanel supaya mendatangkan keuntungan.

1. Pahami peluang yang ada

Membaca peluang memang bukan sesuatu mudah. Perlu ketelitian dan ketekunan supaya ahli dalam bidang ini. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak melakukannya. Percobaan yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat Anda menjadi lebih mahir.

Dengan mengetahui peluang produk flanel apa saja yang sekiranya laku di pasaran dan disukai oleh target pasar, akan membuat bisnis Anda semakin mudah berkembang. Inilah salah satu manfaat dari riset pasar sebelum membuka usaha.

2. Mempertahankan kualitas

Memenuhi target penjualan setiap harinya adalah sesuatu yang penting dalam kemajuan sebuah bisnis. Namun, kualitas produk tetaplah yang utama. Pastikan Anda bisa mempertahankan kualitas produk bahkan setelah produk terjual ribuan pcs.

Anda harus memastikan bahwa kain yang digunakan merupakan flanel berkualitas tinggi sehingga lembut saat digunakan, benang hingga alat yang digunakan dirawat dengan baik. Hal ini membuat produk Anda dipercaya konsumen dan membuat usaha cepat maju.

3. Terus berinovasi

Bisnis tanpa kreativitas dan inovasi merupakan sesuatu yang hampa. Sebab dengan keduanya, bisnis menjadi bertahan dalam menghadapi berbagai persoalan yang didapatkan.

Berinovasi disini bisa dimulai dengan membuat bentuk produk yang sesuai dengan tren yang ada. Misalnya minggu ini, tokoh film animasi tertentu sedang naik daun. Anda mungkin bisa segera beradaptasi dan mulai membuat bentuk tokoh film animasi tersebut. Itu lah salah satu contoh inovasi dalam bisnis.

Nah, berikut di atas merupakan ide sekaligus tips dalam membuka usaha kerajinan dari kain flanel. Sebagai pengusaha, Anda tentunya harus memiliki berbagai persiapan yang matang juga perencanaan bisnis yang baik.

Supaya ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan yang ada, Anda dan bisnis yang sedang dirintis bisa melewatinya dan terus mempertahankan apa yang sudah dimulai. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.