Lompat ke konten

Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Bicara tentang masker kain, merupakan barang yang berguna dan dibutuhkan selama masa pandemi seperti ini. Sebab fungsinya adalah mencegah tubuh terpapar virus berbahaya yang dapat menular melalui udara terbuka. Bisnis masker kain sampai saat ini termasuk jarang sepi karena lumayan banyak orang mencarinya.

Sebelum menekuninya, sebaiknya membuat analisis SWOT bisnis masker kain terlebih dahulu supaya dapat mengetahui peluang sekaligus persaingan usaha tersebut. Tak perlu bingung bagaimana membuatnya, berikut kami hadirkan analisis SWOT bisnisnya agar dapat membuat strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha tersebut.

Tujuan Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Usaha masker kain belakangan ini banyak dilakukan mengingat saat ini masih musim pandemi, di mana virus penyebab penyakit dapat menular melalui udara bebas. Masker kain merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mencegah tertular penyakit tersebut karena fungsinya untuk menutup mulut dan hidung.

Peluang usaha masker berbahan kain yang semasa pandemi seperti ini memang terbilang lumayan bagus, Anda bisa mencoba membangun bisnis tersebut sebagai sampingan guna memperoleh penghasilan tambahan. Namun sebelum itu, membuat analisis SWOT usaha masker kain perca sebaiknya dilakukan dengan tujuan agar tahu strategi pengembangan bisnis yang tepat.

Jangan sembarangan membangun bisnis tanpa pertimbangan! Simak terlebih dahulu tujuan analisis SWOT bisnis masker kain berikut ini!

  • Mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan kompetitor bisnis serupa.
  • Melihat seberapa besar peluang berjualan di lokasi sekitar maupun secara online di marketplace.
  • Membuat target pasar secara lebih mudah.
  • Mempelajari cara memasarkan produk dengan baik supaya tetap laris dan selalu dicari.

Intinya, membuat analisa usaha bertujuan supaya dapat mengembangkan bisnis secara lebih baik karena adanya perencanaan matang. Tak hanya masker kain saja, usaha seblak pun juga perlu dibuat analisis SWOTnya agar dapat bertahan di era persaingan kuliner kekinian.

Manfaat Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Membuat analisis persaingan usaha masker kain pun mempunyai banyak manfaat. Sebab hal tersebut sangat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran yang tepat agar tetap bertahan di tengah-tengah persaingan. Maka dari itu, berikut ini merupakan contoh analisis SWOT usaha masker bahan kain perca yang dapat dijadikan sebagai referensi.

  • Mampu memahami kebutuhan konsumen mengenai jenis masker kain yang aman dan mampu memproteksi diri.
  • Memahami bagaimana strategi pemasaran produk sesuai target sekaligus kebutuhan konsumen sekitar.
  • Mampu mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan pesaing usaha masker kain lainnya, kemudian membaca strategi mereka.
  • Menjadikan kelemahan dari kompetitor sebagai kelebihan yang dimiliki oleh bisnis Anda.
  • Mencari lokasi strategis agar produk bisa laku keras dan gampang dicari.
  • Merinci kemungkinan terburuk yang dapat melanda usaha sewaktu-waktu karena belum bisa diprediksi secara pasti.

Bayangkan apabila Anda langsung membuka bisnis masker bahan kain tanpa melalui pertimbangan serta perencanaan sama sekali. Kemungkinan bisa berkembang lalu bertahan lama bisa jadi sangat kecil karena tak merencanakan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.

Ketika memuat analisis SWOT, nantinya akan menganalisa mengenai kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman dari suatu bisnis. Hal ini juga termasuk analisis persaingan usaha masker kain yang memang sampai saat ini banyak dilakukan, sehingga persaingannya bisa dikatakan cukup ketat.

Contoh Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Masih bingung bagaimana cara membuat analisa usaha dengan benar? Lihat contoh analisis SWOT usaha masker kain di bawah ini sebagai referensi.

Strength (kekuatan)

  • Musim pandemi seperti saat ini membutuhkan benda untuk melindungi diri dari serangan virus dan penyakit menular melalui udara.
  • Penggunaan masker yang bahannya kain bisa berkali-kali (bukan barang sekali pakai lalu buang).
  • Banyak motif lucu dan unik yang membuat tampilan masker tampak lebih menarik.
  • Harganya sangat terjangkau, sehingga dapat dimiliki oleh siapapun.
  • Barang proteksi diri tersebut memiliki kemampuan dalam menahan droplet ketika sedang bersin, jadi dapat melindungi diri sendiri maupun orang lain
  • Dapat dibuat melalui kain perca atau jenis kain lain yang memiliki kemampuan dalam mencegah masuknya virus ke tubuh orang lain.
  • Anda mempunyai peralatan menjahit lengkap sekaligus keterampilan menjahit baik.
  • Lokasi saat ini dekat dengan pusat penjualan kain dan tempat mudah dijangkau oleh banyak orang.
  • Orang-orang sekitar mempunyai kesadaran pentingnya penggunaan masker untuk menangkal virus berbahaya.

Weakness (kelemahan)

  • Petugas medis bukanlah target pasar yang sesuai, sebab mereka membutuhkan masker medis untuk bekerja.
  • Proteksinya mungkin masih di bawah masker medis, sehingga kemampuan mencegah virus masuk bisa jadi masih kurang baik (apalagi jika bahannya jelek).
  • Tak semua orang mau mencuci masker kain setelah digunakan, sehingga sebagian orang masih memilih masker medis untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Kurang nyaman untuk bernafas karena adanya rasa pengap, jadi belum tentu cocok untuk semua orang.
  • Menimbulkan limbah produk tekstil karena cukup sulit diuraikan, apalagi jika tidak dibuang di tempat khusus.
  • Cukup susah membuat masker dari kain yang nyaman dipakai tetapi juga tidak pengap ketika bernafas.
  • Butuh modal terbilang lumayan untuk membeli kain yang nyaman serta kemampuan menjahit secara presisi agar tidak mudah sobek atau melar.

Opportunity (peluang)

  • Saat ini Anda tinggal di lokasi strategis, dekat keramaian, dan mudah dijangkau oleh siapapun (bukan di pedalaman atau pinggiran).
  • Dalam radius 1 km belum ditemukan pesaing dengan usaha serupa, sehingga persaingan sedikit berkurang.
  • Warga sekitar sadar akan pentingnya masker untuk melindungi diri serta orang lain, bahkan mereka rutin membelinya saat sudah habis stoknya.
  • Jaringan internet kencang, dapat dijadikan peluang untuk memasarkan produk melalui platform media sosial dan marketplace.
  • Anda mempunyai kemampuan dalam hal marketing atau pemasaran, sehingga mudah mempengaruhi orang lain supaya mau membeli produk tersebut.
  • Anda mempunyai partner yang mau diajak bekerjasama untuk memasarkan produk sekaligus mengenalkannya kepada lebih banyak orang.
  • Memiliki gudang atau ruangan untuk menyimpan stok barang sekaligus sebagai etalase untuk menjual produknya.
  • Setelah masa pandemi, orang-orang tetap membutuhkan masker bukan hanya karena sudah menjadi kebiasaan ketika pandemi saja. Akan tetapi, masker merupakan bagian dari fashion, proteksi diri, maupun kebutuhan lainnya. Contohnya dipakai saat sedang berkendara supaya lebih aman serta terhindar dari paparan debu maupun panas.

Threat (ancaman)

  • Persaingan usahanya bisa dibilang lumayan ketat, sebab hampir di setiap titik lokasi ada penjual barang serupa.
  • Banyak pedagang mematok harga produknya lebih murah.
  • Lebih banyak ditemukan kompetitor di internet dan marketplace. Cukup susah memasarkannya karena kalah saing dalam hal pengikut akun dan popularitas akun.
  • Harga bahan baku tak selalu stabil.
  • Tak semua orang mau memakainya karena dianggap pengap atau mungkin malas mencucinya.

Strategi yang Dapat Diterapkan dari Analisis SWOT Bisnis Masker Kain

Berdasarkan contoh analisis SWOT usaha masker kain perca di atas, cobalah menerapkan strategi mengembangkan bisnis seperti ini supaya tetap bisa bertahan di tengah-tengah persaingan. Mengingat memang saat kompetisinya lumayan ketat, sebaiknya lakukanlah antisipasi sekaligus perencanaan matang.

  1. Promosikan produk secara mulut ke mulut (the word of mouth marketing strategy) kepada orang terdekat seperti teman, keluarga, maupun rekan kerja. Minta bantuan mereka pula untuk mempromosikan produk jualan Anda ke sosial media.
  2. Buatlah akun Instagram Bisnis untuk mempermudah perencanaan strategi pemasaran secara digital untuk produk masker. Unggah konten dengan desain menarik agar lebih dilirik publik.
  3. Carilah penyedia bahan baku dengan harga termurah tetapi tidak terlalu jauh dari lokasi usaha supaya lebih hemat uang transport.
  4. Gunakan bahan kain paling nyaman supaya masker nyaman dipakai.
  5. Kembangkan kelemahan pesaing, jadikan sebagai kelebihan usaha Anda.
  6. Memaksimalkan fasilitas lokasi usaha, perlengkapan, serta kemampuan menjahit untuk mengembangkan bisnis masker kain.

Analisis SWOT bisnis masker kain di atas dapat dimodifikasi sesuai keadaan saat ini. Buat perencanaan secara matang supaya bisnis tetap bisa berkembang sekaligus bertahan di tengah persaingan ketat.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *