Lompat ke konten

10 Usaha yang Cocok di Rumah Kontrakan

Usaha yang Cocok di Rumah Kontrakan

Karena harga rumah di perkotaan yang selangit, banyak generasi muda yang akhirnya memutuskan untuk mengontrak rumah sederhana. Meskipun statusnya hunian kontrak, namun bukan berarti rumah kontrakan tidak bisa dijadikan tempat usaha rumahan

Cuma bedanya, jika Anda ingin membuka usaha di rumah kontrakan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal tambahan seperti, ruangan yang tersedia dan kapasitas listrik rumah serta persetujuan dari pihak pemilik rumah kontrakan. Tujuannya supaya tidak ada pihak yang dirugikan. Berikut ini 10 usaha yang cocok di rumah kontrakan versi magnate.id:

1. Toko Buku Online

Saat ini untuk membuka sebuah toko buku Anda tidak harus memiliki toko offline sebagaimana beberapa tahun lalu. Anda bisa membuka toko buku online baik itu toko buku yang hanya menjual e-book atau menjual fisik buku juga. 

Stok buku fisik bisa Anda simpan di rumah kontrakan Anda. Selain akun toko online, yang Anda butuhkan untuk membuka toko buku ini adalah beberapa rak dan almari yang berisi berbagai buku fisik yang Anda jual dan siap dikirimkan kepada pembeli. 

2. Bisnis Makanan

Sama seperti toko buku online, kini Anda juga bisa membuat bisnis makanan online dan offline sekaligus. Bisnis makanan disini bisa berupa lapak jualan snack dan makanan berat atau berjualan makanan catering on demand

Jika Anda memilih untuk berbisnis catering on demand, khususnya untuk usaha kue atau makanan penutup lain, jangan lupa pastikan kalau rumah kontrakan Anda memiliki daya listrik yang cukup. Sebab, peralatan membuat kue seperti oven, microwave, mixer dan lain sebagainya pasti membutuhkan listrik yang banyak. 

3. Usaha Laundry

Banyak masyarakat yang saat ini tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika baju. Manfaatkanlah peluang ini dengan membuka usaha laundry rumahan. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini relatif tidak besar namun yang Anda butuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan. 

Sama seperti bisnis makanan, saat ingin membuka usaha laundry pastikan juga daya listrik rumah kontrakan Anda mencukupi. Karena baik mesin cuci maupun setrika membutuhkan listrik yang banyak. 

4. Jasa Penerjemah dan Proofreader

Anda memiliki kemampuan berbahasa asing? Maka salah satu usaha yang bisa Anda lakukan dimanapun termasuk di rumah kontrakan adalah usaha jasa penerjemah dan proofreader. 

Peluang jasa ini terbilang cukup besar mengingat banyak perusahaan asing (khususnya dari China) yang ingin masuk ke pasar Indonesia. Selain itu, banyak juga mahasiswa yang perlu menerjemahkan tugas akhirnya ke dalam Bahasa Inggris atas permintaan dosen mereka atau untuk keperluan jurnal. 

Baik jasa penerjemah maupun proofreader adalah jasa yang dibayar per kata. Jadi, semisal harga perkata 20 rupiah dan jumlah kata yang diterjemahkan dalam satu dokumen adalah 10.000 kata, maka sekali menerjemahkan Anda bisa mendapat uang 200.000 rupiah. Menarik bukan?

5. Jasa Desain Grafis dan Editor Konten Visual

Skill desain grafis adalah salah satu keahlian yang dalam beberapa tahun belakangan ini banyak dicari oleh masyarakat dan perusahaan. Hal ini karena saat ini sosial media cenderung memberikan konten visual dan tidak hanya berupa tulisan saja. 

Tidak jarang perusahaan tidak merekrut ahli desain grafis untuk menjadi karyawan melainkan mencari desainer grafis profesional secara outsource sehingga desainer terkait bisa bekerja dari mana saja. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa desain grafis dan editor konten visual. 

6. Jasa Editor Audio

Dengan perkembangan aplikasi berbasis konten audio seperti Spotify, Joox dan Noice di Indonesia, saat ini jasa editor audio memiliki prospek yang cukup cerah. Tidak hanya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, menjadi editor audio juga memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari musisi, konten kreator hingga perusahaan. 

Untuk membuka usaha ini Anda juga tidak memerlukan ruang dan kapasitas listrik yang besar. Hanya saja, Anda perlu menguasai beberapa aplikasi olah audio seperti Audacity, Adobe illustrator dan tidak jarang aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan laptop yang memadai. 

7. Jasa Bimbingan Belajar Sederhana

Jasa bimbingan belajar adalah salah satu jenis jasa lain yang bisa dilakukan di rumah saja baik itu di rumah sendiri maupun di rumah kontrakan. Target konsumennya tentu saja adalah anak-anak tetangga rumah. 

Anda bisa saja mengajar pelajaran SD, SMP atau membuka jasa bimbingan belajar baca tulis Al Quran. Tentu usaha ini akan menguntungkan terutama jika di sekitar tempat tinggal Anda tidak ada masjid atau sekolah keagamaan yang membuka pengajaran al Qur’an.

Jasa ini tidak membutuhkan biaya yang relatif besar. Anda hanya perlu menyediakan beberapa meja, papan tulis dan beberapa peralatan mengajar. Selain itu, Anda hanya perlu sabar dan telaten menghadapi murid-murid yang memiliki karakteristik beragam. 

8. Usaha Tempat penitipan Anak-Anak

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang tua muda di perkotaan saat ini adalah keamanan anak mereka. Banyak dari orang tua muda tersebut tidak bisa menitipkan anak mereka ke kakek dan neneknya karena tinggal dirantauan. Di sisi lain, mereka juga tidak bisa sepenuhnya mempercayakan anak ke pengasuh pribadi.

Salah satu solusinya adalah dengan menitipkan anak ke childcare atau tempat penitipan anak. Oleh sebab itu, bisnis ini adalah salah satu usaha yang bisa Anda buka di rumah kontrakan. Khususnya jika rumah kontrakan Anda terletak di dekat perkantoran.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda miliki saat membuka usaha ini. Hal yang pertama adalah kepercayaan orang tua si anak, kedua fasilitas bermain (karena biasanya yang dititipkan adalah balita sampai anak usia 8 tahunan), kurikulum yang baik dan lain sebagainya.

9. Toko Aksesoris dan Mainan Anak-Anak

Usaha lain yang bisa Anda buka di rumah kontrakan adalah toko aksesoris dan mainan anak-anak. Berbeda dengan usaha-usaha di atas, supaya usaha toko ini bisa sukses, Anda perlu mencari rumah kontrakan yang sudah memiliki lapak toko dan dipinggir jalan raya. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan dan stok toko. 

10. Usaha Make Up Artist (MUA)

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki peralatan make up lengkap dan keahlian untuk membuat seseorang menjadi lebih cantik atau tampan. Untuk membuka bisnis ini, Anda tidak perlu memiliki perlengkapan salon lengkap. Anda cukup memiliki seperangkat make up dan kalau memungkinkan memiliki beberapa kebaya atau baju adat yang siap untuk disewakan saat wisuda atau karnaval. Anda juga bisa mengembangkan usaha ini dengan bekerja sama dengan Wedding Organizer sehingga konsumen Anda bukan hanya mereka yang memesan jasa Anda secara pribadi melainkan juga yang memesan jasa Wedding Organizer tersebut.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.