Lompat ke konten

10 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

Salah satu ide bisnis terbaik adalah membuka usaha yang langka tapi menguntungkan. Langka bukan berarti aneh, tampak sepele, maupun tidak terlihat meyakinkan, namun terkesan unik dan mampu membantu menyediakan kebutuhan konsumen. Jadi meskipun jarang dilakoni oleh banyak orang, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Saat ini salah satu bisnis paling populer dijalankan, yaitu kuliner seperti boba, coffee shop, restoran ala Korea, dan lain sebagainya. Diantara usaha populer tersebut, Anda bisa mencoba peruntungan pada usaha yang masih jarang tapi menguntungkan, misalnya pakaian hewan, katering makanan organik, jasa mural untuk cafe, dan lainnya. Dinilai menguntungkan karena sampai saat ini masih banyak pencarinya, meskipun belum tentu tersedia di berbagai daerah atau jaraknya saling berjauhan, sehingga persaingannya tidak begitu nyata.

Tertarik mencoba berbagai peluang usaha yang belum banyak pesaing? Jadi, simaklah pembahasan mengenai usaha yang langka tapi menguntungkan berikut ini.

1. Jualan Paket Makanan Siap Masak

Paket Makanan Siap Masak

Ide peluang usaha yang belum banyak pesaing namun pasti dibutuhkan oleh banyak orang, yaitu berjualan paket makanan siap masak. Mengapa masih jarang pesaingnya? Sebab kebanyakan orang lebih memilih menjual bahan mentah secara satuan agar konsumen dapat memilihnya sendiri.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa menghasilkan keuntungan karena bersaing dengan pedagang bahan makanan, Anda salah. Justru berjualan paket siap masak ini mampu menjawab kebutuhan sebagian orang yang ingin serba praktis karena tidak punya banyak waktu untuk menakar masakannya sendiri. Contohnya menjual sayur sop, sayur asem, nasi goreng, dan sebagainya kemudian dikemas dalam suatu wadah, diberi bumbu sesuai takaran, lalu dijual.

2. Jasa Penyewaan Peralatan Bayi

Jasa Penyewaan Peralatan Bayi

Peralatan bayi memang pasti digunakan untuk membantu para orang tua dalam merawat buah hatinya. Akan tetapi, tentu saat si kecil bertambah usia pasti peralatan tersebut sudah tidak dipakai lagi dan dibiarkan begitu saja. Ini bisa dicoba jadi peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Jadi, daripada peralatan bayi menumpuk lalu terbuang sia-sia, sebaiknya disewakan saja. Mengingat tidak semua orang mampu membelinya karena harganya memang cukup mahal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjalankan usaha yang belum banyak pesaingnya seperti ini karena di beberapa daerah belum tentu ada.

Anda bisa mencoba menyewakan peralatan bayi misalnya dalam jangka waktu harian, mingguan, maupun bulanan. Supaya konsumen tidak semena-mena merusakkan barang tersebut, tegaskan dengan adanya denda jika terjadi kerusakan.

3. Jasa Bersih Kost, Apartemen, atau Rumah

Jasa Bersih Kost

Masih mahasiswa tapi ingin mendapatkan tambahan uang jajan dan waktunya fleksibel? Cobalah peluang usaha yang belum banyak pesaing, yaitu jasa bersih kost, apartemen, dan rumah dengan tarif terjangkau. Termasuk jasa kebersihan, membuka bisnis seperti ini tidak ada salahnya dilakukan dengan waktunya dapat diatur sendiri sesuai keinginan.

Peluang ini terbuka lebar karena tidak semua orang rajin membersihkan ruangannya sendiri karena enggan atau mungkin memang punya banyak kesibukan. Oleh karena itu, sebagian dari mereka pasti membutuhkan jasa cleaning service untuk melakukannya. Usaha yang masih jarang tapi menguntungkan tersebut bisa dilakukan ketika Anda sedang punya banyak waktu luang, misalnya setiap weekend atau memanfaatkan masa libur semester.

4. Bisnis Toko Accu (Aki)

Bisnis Toko Accu

Ide usaha yang langka tapi menguntungkan dan bisa dicoba selanjutnya, yaitu bisnis toko accu atau aki. Meskipun sekarang jarang ada atau mungkin susah dicari, tetapi pasti dibutuhkan karena termasuk bagian penting pada kendaraan bermotor dan otomotif lainnya. Apalagi aki adalah suatu komponen penting pada kendaraan.

Mungkin bisnis toko aki ada di sejumlah daerah, namun belum tentu jaraknya berdekatan, sehingga persaingannya tidak terlalu ketat. Anda bisa mengumpulkan modal untuk membuka toko aki di rumah maupun bekerjasama dengan bengkel agar saling menguntungkan.

5. Foto Katalog Produk

Foto Katalog Produk

Dapat dilihat bahwa kini banyak sekali bermunculan bisnis, mulai dari pakaian, kuliner, aksesoris, serta lainnya. Sehingga, banyak pula permintaan penyewaan jasa sewa fotografer untuk membuat foto katalog produk. Ini ide bagus menjadikannya sebuah peluang usaha yang belum banyak pesaing, apalagi jika kemampuan fotografi Anda sangat baik.

Foto katalog produk ini memang menjadi sangat penting, mengingat konsumen lebih tertarik membeli sesuatu dengan melihat gambarnya terlebih dahulu. Anda bisa mencoba mulai menawarkan diri kepada para pelaku usaha UMKM dan rumahan, buatlah portofolio supaya lebih meyakinkan. Bisnis jasa ini termasuk usaha yang masih jarang tapi menguntungkan karena belum tentu ada di setiap daerah, Anda bisa memanfaatkan momen ini sekaligus meningkatkan kemampuan secara lebih baik lagi.

6. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Jasa penitipan hewan peliharaan merupakan usaha yang langka tapi menguntungkan karena tak semua tempat seperti pet shop atau klinik hewan punya penitipan khusus peliharaan. Meskipun menguntungkan, tetapi perlu pertimbangan sebelum membuka bisnis seperti ini, sebab Anda harus mampu mengurus piaraan milik orang lain mulai dari memberi pakan dan memastikan bahwa lingkungannya nyaman.

Jasa penitipan hewan peliharaan memang termasuk usaha langka, tapi banyak dibutuhkan terutama bagi orang luar daerah lalu hendak mudik ke kampung halaman pasti bingung harus menitipkan piaraannya ke mana. Jadikanlah ini sebagai peluang usaha, namun pastikan bahwa Anda mampu menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan piaraan mereka supaya lebih meyakinkan.

7. Bisnis Katering Makanan Sehat dan Organik

Bisnis Katering Makanan Sehat dan Organik

Bisnis kuliner seperti steak, jajanan korea, masakan jepang, dan minuman manis mungkin sudah biasa dan banyak sekali pesaingnya di berbagai titik. Tapi, pernahkah Anda berpikir untuk membuka katering makanan sehat dan organik di antara maraknya persaingan bisnis kuliner tersebut?

Bisnis katering makanan sehat dan organik termasuk usaha langka, namun mendatangkan keuntungan lumayan besar. Apalagi ini dibutuhkan oleh mereka pejuang diet namun tidak selalu punya banyak waktu untuk menyiapkan makanannya. Selain itu, bisnis dessert box bisa dibuka dengan modal kecil saja.

Cobalah menjualnya dengan kemasan menarik dan contoh produknya, yaitu salad sayur, overnight oat, smoothies bowl sehat, pancake sehat, mie diet, serta menu lainnya.

8. Jasa Pembersihan Dinding

Jasa Pembersihan Dinding

Bisnis jasa satu ini kedengarannya asing dan mungkin Anda pun bertanya-tanya mengapa ada saja orang mencarinya? Biasanya orang memilih jasa pembersihan dinding karena merasa bahwa mereka tidak memiliki peralatan lengkap dan merasa kurang bersih jika melakukannya sendiri, sehingga lebih memilih untuk membayar jasa saja.

Jasa pembersihan dinding biasanya disewa ketika ada coretan yang hendak dihapus secara bersih dan sempurna seperti baru. Maka tak heran usaha langka ini memang jarang sekali pesaingnya dan keuntungannya bisa dikatakan lumayan menjanjikan.

9. Melukis Mural untuk Studio atau Tempat Kuliner

Melukis Mural

Berkebalikan dengan jasa pembersihan dinding, melukis mural juga usaha yang masih jarang tapi menguntungkan. Jasa seperti ini cocok dilakoni apabila Anda sangat menyukai dan mampu melakukan pekerjaan seni lukis khususnya di tembok, tentu ini peluang sangat bagus dan menjanjikan.

Saat ini banyak dibuka bisnis cafe, warung kopi, maupun warung makan yang membutuhkan jasa melukis mural agar tampilan tempatnya jadi lebih menarik. Cobalah memulainya dengan menunjukkan portofolio profesional agar bisa meyakinkan calon konsumen.

10. Jualan Baju Khusus Hewan Piaraan

Jualan Baju Khusus Hewan Piaraan

Melihat hewan piaraan seperti kucing dan anjing memakai baju memang sangat lucu serta menggemaskan. Apalagi baju tersebut seolah ingin memperlihatkan bahwa piaraan pun juga bisa terlihat keren dan menarik. Maka, inilah momen untuk Anda membuka bisnis tersebut.

Berjualan baju khusus hewan piaraan target pasarnya tentu saja para pemilik hewan. Apalagi akhir-akhir ini baju hewan banyak dicari karena pemilik menginginkan peliharaannya tampil lucu dan menggemaskan. Referensi modelnya pun juga banyak, cobalah mempertimbangkan untuk membuka usaha ini karena memang lumayan menjanjikan.

Itulah berbagai usaha yang langka tapi menguntungkan. Tidak ada salahnya mencoba ide usaha di atas, selagi persaingannya masih belum terlalu ketat.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.