Lompat ke konten

Cara Membuat Bisnis Dessert Box Dengan Modal Kecil

Bisnis Dessert Box

Bisnis dessert box populer sejak tahun 2018-2019 di Indonesia dan hingga saat ini masih punya banyak peminat. Selain karena rasanya ringan dan manis, varian rasanya pun bermacam-macam dan cocok bagi lidah orang di Indonesia.

Dessert box adalah suatu kudapan manis yang memiliki beberapa lapisan, yaitu kue spons, krim lembut, biskuit, topping, dan isian lainnya. Kudapan manis ini biasa dikemas pada suatu wadah kotak transparan dengan berbagai macam ukuran. Banyak sekali pesaing usaha kuliner ini, sehingga apabila Anda berniat memulainya sebaiknya lebih berhati-hati agar mampu bersaing. 

Bisnis ini masih bisa dibilang paling aman, apalagi jika dijalankan saat masa pandemi seperti ini. Anda bisa membuatnya melalui sistem pre-order guna meminimalisir kerugian akibat adanya pembatalan pesanan secara mendadak.

Tren dessert kemasan box ini bergerak sangat cepat, sehingga peluang usahanya terbuka lebar hingga kini. Meskipun begitu, banyak masyarakat tidak bosan menikmatinya sebagai hidangan penutup. Selain itu, dari waktu ke waktu, kreasi kuliner manis ini semakin bermacam-macam, sehingga peminatnya pun masih banyak.

Omset bisnis dessert box semanis rasanya. Begini cara membuat bisnis dessert box dengan modal kecil.

Peluang usaha dessert box

Peluang usaha dessert box bisa dibilang masih terbuka lebar. Banyak orang dari berbagai gender dan kalangan menyukai makanan manis, seperti hidangan penutup yang populer satu ini. Khususnya anak muda, mereka sangat menyukainya untuk dijadikan sebagai cemilan maupun bingkisan atau hadiah.

Tak perlu khawatir biaya sewa tempat, jualan dessert box bisa dilakukan secara rumahan. Kecuali Anda membutuhkan outlet khusus dan banyak karyawan, tentu sewa tempat dibutuhkan. Namun dalam skala kecil, Anda bisa melakukannya di rumah dengan alat dan bahan sederhana.

Kelemahan dan keuntungan bisnis dessert box

Omset dessert kemasan box semanis rasanya, bahkan modalnya tidak terlalu besar dan bisa balik modal dalam waktu singkat. Akan tetapi, tentunya usaha ini punya kekurangan tersendiri. Maka dari itu, berdasarkan hal tersebut Anda pun harus bisa mempertimbangkan kelemahan dan keuntungan bisnis dessert box sebelum memulainya.

Kelemahan

  • Tak setiap hari orang membeli makanan manis. Meskipun dessert box banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan gender, tidak semua orang setiap hari akan membelinya karena berbagai alasan, misalnya kesehatan, finansial, dan sebagainya. Sehingga ada kalanya usaha Anda jadi sepi pembeli.
  • Mudah meleleh atau berubah bentuk jika dibawa perjalanan jauh. Dessert box adalah dessert atau makanan penutup dengan tekstur lembut dan manis disertai topping di atasnya. Sehingga, makanan ini mudah sekali berubah bentuk apabila dibawa dalam perjalanan dalam waktu cukup lama.

Jarang sekali pengusaha bisnis dessert ini mengirimkan produknya ke luar daerah karena takut akan risiko tersebut. Maka, cara mengatasi hal ini yaitu hanya mengirimkannya ke daerah sekitar saja. Jika ingin mengirimkannya ke luar kota, sebaiknya gunakan jasa pengiriman same day (instan) disertai pengamanan tertentu (misalnya box kemasan dilengkapi bubble wrap dan thermafreeze atau ice gel) serta label makanan.

  • Persaingannya ketat. Tak dipungkiri lagi bahwa usaha dessert populer ini punya banyak pesaing yang berlomba-lomba menghasilkan dessert box dengan berbagai rasa dan varian. Cara supaya bisa bertahan adalah dengan terus memberikan pelayanan dan kualitas terbaik pada masyarakat, serta mengikuti tren dan melakukan ATM (amati, tiru, dan modifikasi) namun tetap mempertahankan ciri khas tanpa betul-betul menjiplak brand lain.

Selain itu, menggencarkan promosi juga penting agar bisa dikenal masyarakat secara lebih luas. Selalu yakinkan konsumen dengan berbagai bukti bahwa produk Anda menarik dan tidak membosankan.

Keuntungan

  • Disukai oleh banyak orang, khususnya anak-anak muda. Rasanya manis serta memiliki bentuk simpel dan kekinian, jadi juga sering dijadikan sebagai kado ataupun hampers untuk merayakan sesuatu di samping dijadikan sebagai cemilan biasa. Bentuknya yang menarik dan cantik ini pun bisa digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun.
  • Modal tidak terlalu besar, namun untungnya besar. Jualan dessert box sebenarnya membutuhkan modal relatif tak terlalu besar, tergantung topping dan isian produknya.

Anda bisa memulai dengan modal mulai 50 ribu rupiah untuk membuat ukuran sedang. Modal tersebut bisa saja kurang atau lebih tergantung jenis topping dan isiannya.

  • Cara pembuatannya relatif mudah, bahkan bahan serta alat yang dibutuhkan sederhana. Tak butuh alat khusus seperti oven atau mesin berat tertentu untuk membuat produk makanan manis populer satu ini. Bahan untuk membuatnya, antara lain susu UHT, margarin, biskuit, maizena, whip cream, bubuk agar tawar, serta topping dan isian.
  • Bisa dijual di mana saja misalnya jualan di kontrakan atau rumah sendiri melalui platform apa saja. Anda bisa menjual dessert box melalui aplikasi seperti pesan makan online, Instagram, Telegram, Line, ataupun online shop seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Menjualnya secara online menghemat biaya operasional karena tak perlu melakukan sewa tempat. Bahkan, pemasarannya pun bisa dilakukan secara daring agar bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Meskipun begitu, apabila ada pesanan ke luar kota, selalu siapkan cara pengiriman yang tepat agar tidak merugikan konsumen.

Cara memulai bisnis dessert box dengan modal kecil

Jualan dessert box dapat dimulai dengan modal kecil dan menggunakan peralatan sederhana. Begini cara memulainya agar selalu untung.

1. Siapkan berbagai varian menu populer dan berbagai ukuran

Sebelum memutuskan untuk jualan dessert box, Anda perlu merencanakan varian rasa dan isian dessert tersebut. Pilihlah rasa yang cenderung populer dan banyak disukai oleh masyarakat luas, misalnya rasa coklat, green tea, keju, tiramisu, gula aren, red velvet, milo, oreo, nutella, dan lain sebagainya.

Hindari berpikir untuk menciptakan varian rasa baru yang kurang familiar maupun terdengar aneh untuk sebuah dessert di lidah masyarakat Indonesia, misalnya rasa wasabi, seblak, kaldu ayam, dan lain-lain. Gunakan varian yang sewajarnya saja agar lebih menarik.

Apabila ingin sedikit berbeda, sebaiknya cobalah mengkombinasikan rasa secara wajar dan sudah melalui proses trial and error sekaligus testimoni jujur dari orang lain. Adanya masukan dari masyarakat berpengaruh bagi perkembangan bisnis ke depannya.

2. Hitung rincian modalnya

Apapun bisnisnya, menghitung rincian modal selalu diperlukan agar tahu berapa harga jual yang ditetapkan dan menghindari potensi kerugian. Berikut rincian modal dibutuhkan untuk membuat satu kemasan dessert box ukuran sedang.

Alat dan BahanJumlahHarga
Biskuit atau oreo1 bungkusRp              9,000
Margarin3 sdmRp              2,000
Susu UHT500 mlRp              8,500
Whip cream250 mlRp           20,000
Bubuk agar plain1/2 bungkusRp              3,000
Isian lain Rp           10,000
Topping tambahan Rp              3,500
Tepung maizena2 sdmRp              1,500
Total modal untuk 1 kemasanRp           57,500
Total modal untuk 30 kemasanRp         1,725,000

Itu adalah rincian modal secara kasar pembuatan dessert box jika bisa menjual 30 kemasan, akan tetapi harganya bisa saja berbeda tergantung jenis isian, topping, tambahan biaya operasional lain, box kemasan, dan lain-lain. Misalnya jika produk dijual dengan harga Rp75.000 satu boxnya, jadi keuntungan diperoleh sebesar Rp2.250.000 namun belum keuntungan bersih.

3. Promosikan melalui sosial media dan orang sekitar

Peluang usaha dessert box sebenarnya terbuka lebar. Meskipun begitu, Anda tetap harus gencar melakukan promosi supaya produk lebih dikenal.

Gencarkan promosi dagangan Anda ke sosial media karena penyebarannya lebih cepat, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Jangan lupa membuat tampilan postingan secara menarik sekaligus rapi supaya lebih menarik minat masyarakat luas.

Postingan rapi dan menarik menarik minat banyak orang karena terkesan profesional dan bersih. Maka dari itu, Anda patut mempertimbangkan untuk membuat desain promosi secara menarik, khususnya kekonsistenan warna.

Tak hanya itu, usahakan selalu membuat konten sosial media secara aktif dan konsisten tanpa melakukan spamming. Tidak ada salahnya juga mengikuti tren agar memberikan kesan bahwa usaha Anda aktif dan menarik.

Selain sosial media, mungkin menjualnya ke orang terdekat seperti tetangga ataupun keluarga pun bisa dilakukan. Anda bisa menawarkan mereka dessert box untuk digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun, hadiah, maupun kudapan manis untuk berbagai acara lain.

4. Beri diskon saat perkenalan supaya lebih menarik

Siapapun pasti senang apabila membeli barang diskon karena dinilai lebih menghemat biaya. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda pun memberikan diskon dessert box saat opening.

Usahakan memberikan diskon tanpa merugikan diri sendiri namun tetap menarik minat orang banyak untuk membelinya. Contohnya adalah beli satu gratis satu dessert box mini, paket bundling, dan lain sebagainya.

Itulah cara membuat bisnis dessert box dengan modal kecil. Tertarik mencobanya sebagai usaha rumahan sederhana?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.